Contoh Teks Laporan Hasil Observasi beserta Strukturnya

contoh-teks-laporan-hasil-observasi-beserta-strukturnya-binatang-langka-tumbuhan-sampah

Contoh teks laporan hasil observasi pada artikel ini disusun secara sederhana, singkat dan mudah dipahami untuk memperlancar proses pembelajaran. Berikut adalah beberapa contoh teks contoh laporan observasi beserta strukturnya dengan berbagai tema.

Sebagai bahan pengingat materi ini, teks laporan hasil observasi merupakan teks yang mendeskripsikan hasil pengamatan atau observasi yang telah dilaksanakan. Strukturnya sendiri terdiri dari: pernyataan umum (definsi umum), deskripsi bagian, dan simpulan.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Binatang Langka

Pengamatan Harimau Sumatra

Pernyataan Umum (Definisi Umum)

Harimau sumatra atau dalam bahasa latin adalah phantera tigris sumatrae merupakan subspesies harimau yang habitat aslinya berasal dari pulau sumatra. Hewan ini adalah salah satu dari enam subspesies harimau yang masih ada. Namun harimau sumatra sudah diklasifikasikan menjadi hewan langka yang terancam punah. Populasinya diperkirakaan hanya tersisa 400 hingga 500 ekor saja dan kebanyakan hidup di taman-taman nasional Sumatra.

Deskripsi Bagian (Tubuh)

Harimau ini memiliki tubuh yang cukup panjang. Sementara tinggi badannya tidak sepadan dengan panjangnya tersebut. Harimau sumatra adalah hewan berkaki empat dan memiliki ekor. Meskipun begitu, salah satu keunikan hewan ini adalah ukurannya yang lebih kecil dari jenis harimau yang lain.

Deskripsi Bagian (Bulu/Rambut)

Warna bulunya coklat dihiasi oleh motif belang yang berwarna hitam. Pola hitamnya berukuran cukup lebar dan jaraknya rapat malah terkadang mendempet satu sama lain. Motif belang tersebut bergelombang mengikuti bentuk tubuhnya. Sebagian bulu di pipi, perut dan bagian dalam kakinya berwarna putih gading dan tampak sedikit lebih lebat dari bagian yang lain.

Deskripsi Bagian (Kepala)

Kepala hewan ini lonjong dengan moncong yang tidak terlalu mencolok. Kupingnya lebar dan besar. Matanya bulat diselimuti kelopak mata yang miring dan bersudut tajam. Warna matanya kuning dengan aksen hitam di bagian pupilnya. Pola strip hitam masih menyelimuti wajahnya, bulu di alis  dan  pipinya putih dan berjanggut cukup panjang. Mulutnya lebar dan bertaring tajam.

Deskripsi Bagian (Kaki)

Telapak kakinya besar dan bercakar. Uniknya, di sela-sela jarinya terdapat selaput yang sepertinya menjadi alasan hewan ini mampu berenang cepat. Hal tersebut berkaitan dengan salah satu teknik berburu harimau sumatra yang sering menyudutkan mangsanya ke air. Karena harimau sumatra adalah perenang yang ulung dan binatang buruan mereka biasanya tidak mahir berenang.

Simpulan

Harimau sumatra adalah binatang anggun yang unik dan hanya ada di Indonesia. Sangat disayangkan bahwa populasi mereka kian menipis dan terancam punah. Sudah sepatutnya kita sebagai manusia turut membantu mempertahankan keberadaannya. Bukan hanya sebagai simbol negara saja, namun sebagai salah satu bentuk kekayaan nusantara yang tiada tara.

Observasi Hewan Komodo

Pernyataan Umum / Definisi Umum

Komodo merupakan hewan sejenis reptil besar yang berkaki empat dan wujudnya menyerupai kadal-kadal-an. Bedanya, ukuran hewan ini sangatlah besar. Komodo merupakan hewan langka yang sudah masuk kategori dilindungi. Komodo sudah dicanangkan menjadi satwa nasional bagi negeri ini.

Deskripsi Bagian (Tubuh)

Jika dilihat dari jauh dan dilihat sekilas komodo tampak seperti biawak biasa. Tapi ketika perhatikan dengan seksama binatang ini ukurannya jauh lebih besar dari biawak. Panjang tubuhnya bisa mencapai tinggi rata-rata orang indonesia, atau sekitar 165 cm. Panjang ekornya sendiri setara dengan panjang badannya, sehingga membuat panjang total hewan ini menjadi sekitar 3 meter lebih. Komodo memiliki badan yang panjang, lebih besar dari kepalanya.

Deskripsi Bagian (Kepala)

Kepalanya agak memanjang, mirip dengan reptil pada umumnya. Matanya kecil dan berwarna.  Mulutnya agak memanjang. Giginya banyak, menyelimuti rahang disekujur rahangnya. Gigi Komodo cukup panjang dan sangat tajam. Lidahnya yang berwarna kuning sering menjulur keluar dan bercabang pada tepiannya.

Deskripsi Bagian (Kulit)

Kulitnya bersisik dan tampak keras namun memiliki pola yang Indah. Warna kulitnya coklat kehitam-hitaman dengan sedikit bias kuning keemasan. Pada bagian leher terdapat lipatan-lipatan kulitnya yang bersisik. Lipatan tersebut ditemukan pula di bagian ketiak depan dan lipatan paha bagian belakang. Bagian punggung ekornya bersisik menyerupai gergaji dengan arah miring ke belakang.

Deskripsi Bagian (Cakar)

Cakar komodo sangatlah tajam dan menukik. Bentuknya mirip dengancakar burung elang. Warnanya hitam legam dan biasa digunakan untuk bertarung melawan mangsanya.

Simpulan

Binatang ini boleh dibilang merupakan hewan yang menyeramkan namun memiliki sisik yang indah dan bertubuh kekar dan gagah. Komodo merupakan salah satu satwa nasional yang harus dipertahankan sebagai salah satu bukti nyata kekayaan negeri ini.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Tumbuhan

Observasi Bunga Melati

Pernyataan Umum (Definisi Umum)

Bunga melati adalah tumbuhan yang hanya tumbuh di sebagian asia tenggara dan australia. Bunga ini ditetapkan sebagai bunga bangsa bagi Indonesia atau tepatnya Puspa Bangsa. Artinya, bunga ini diakui sebagai salah satu bunga ciri khas negara Indonesia.

Deskripsi Bagian (Batang)

Pohon ini tingginya sedang, sekitar setengah tinggi rata-rata orang dewasa atau setelah diukur tinggi tepatnya adalah 83 cm. Batangnya bulat berkayu dengan tinggi 4 – 60 cm. Batang tumbuhanya bercabang dan berwarna cokelat di bagian pangkal dan cokelat muda di bagian ujungnya.

Deskripsi Bagian (Daun)

Letak daunnya saling berhadapan dalam sebuah tangkai atau batang. Helaian daunnya berbentuk bulat telur, dan menjorong ke bagian tepi. Namun ujungnya runcing, sementara itu  pangkalnya membulat, tepiannya rata dan tulang daunnya menyirip. Warnanya hijau tua untuk daun yang besar. Hijau muda untuk yang muda/kecil. Beberapa daun permukaannya berkerut atau tidak mulus.

Deskripsi Bagian (Bunga)

Bunganya tumbuh di antara daunnya. Jumlahnya terbatas, hanya ada 1 hingga 3 bunga untuk setiap kumpulan daun. Setiap bunga memiliki antara 4 hingga 9 kelopak, 4 ovula dan 2 lokulus. Sementara itu benang sarinya sangat pendek jika dibandingkan dengan bunga lainnya. Ukuran bunganya rata-rata berdiameter 2,5. Warnanya putih cerah dengan aksen putih lilin atau sedikit kekuningan. Mahkota bunganya berbentuk lembaran mengerut, seperti terompet namun pendek.

Deskripsi Bagian (Aroma)

Jika dicium dengan seksama bunga ini menghasilkan wewangian. Aromanya segar dan berbau manis. Konon bunga melati lebih banyak melepaskan aromanya di malam hari namun pada masa observasi berlangsung di siang hari bunga ini tetap beraroma kuat jika diendus dari dekat.

Simpulan

Bunga melati adalah salah satu kekayaan tumbuhan negara yang telah ditetapkan sebagai bunga bangsa. Aromanya yang memikat membuat bunga ini sering dijadikan teh bunga melati yang biasa dicampurkan dengan daun teh muda. Mari kita turut melestarikannya dengan cara ikut menanamnya atau sesederhana mencicip tehnya yang terkenal harum dan menyegarkan.

Observasi Anggrek Bulan

Berikut adalah contoh teks laporan hasil observasi singkat mengenai tumbuhan anggrek bulan.

Pernyataan Umum (Definisi Umum)

Anggrek bulan merupakan bunga yang hanya ditemukan di sekitar asia tenggara dan oceania timur. Tumbuhan ini dinobatkan menjadi puspa pesona, mendampingi melati sebagai puspa bangsa dan raflesia sebagai puspa langka. Penobatan tersebut tidaklah mengherankan, karena bunga anggrek bulan memang sangat cantik dan anggun.

Deskripsi Bagian (Batang)

Batangnya sangat pendek dan terbungkus oleh seludang daun. Tangkai dari tumbuhan ini menyokong 10-12 kuntum bunga dengan daun penumpu yang berbentuk mirip segitiga.

Deskripsi Bagian (Daun)

Daunnya dapat dihitung dengan jari, hanya lima buah. Warnanya hijau, bentuknya tebal dab berdaging. Bentuknya lonjong seperti telur, melebar di bagian ujungnya, berujung tumpul, atau sedikit meruncing.

Deskripsi Bagian (Bunga)

Bunganya mekar serempak, memanjang dan menjuntai kedepan. Warnanya putih bersih dan susunan perhiasan bunganya membulat seperti bulan. Pada bagian tengahnya terdapat mahkota berwarna kuning.

Deskripsi Bagian (Akar)

Karena anggrek adalah tanaman yang tumbuh di atas pohon lain, kita dapat melihat akarnya. Bentuk akarnya bulat, terasa berdaging dan memanjang. Warnanya putih namun menjadi hijau di bagian ujungnya.

Simpulan

Bunga ini sangatlah indah dan memesona dan patut disandangkan gelar puspa pesona. Sudah sepatutnya kita menjaga kelestarian bunga ini dengan cara yang setidaknya mampu untuk mengapresiasinya dengan baik terlebih dahulu.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Sampah

Sampah Anorganik

Pernyataan Umum (Definisi Umum)

Sampah anorganik adalah sampah yang tidak dapat terurai dan dapat bertahan hingga ribuan tahun. Sampah jenis ini meliputi kemasan berbahan plastik, botol, minuman kaleng, dan material lain yang tidak dapat terurai. Sampah anorganik sebaiknya dibuang ke tempat khusus untuk di daur ulang. Observasi ini dilaksanakan dengan mengamati isi tong sampah anorganik.

Deskripsi Bagian (Temuan isi tong sampah)

Setelah diamati tong sampah ini baru setengahnya saja terisi. Di dalamnya terdapat  sampah berupa botol plastik, kaleng minuman, kemasan makanan ringan, tempat makan berbahan styrofoam dan sayangnya ditemukan beberapa tissue berkas. Padahal, tissue bukanlah sampah anorganik.

Sayangnya lagi ditemukan baterai yang dibuang di sini. Meskipun merupakan sampah anorganik namun baterai seharusnya diserahkan ke pengolahan sampah khusus. Baterai adalah sampah yang berbahaya karena mengandung racun dan berpotensi membahayakan jika tidak ditangani dengan cara yang tepat.

Deskripsi Bagian (Sampah plastik)

Kebanyakan botol minum plastik terlihat utuh dan lengkap dengan tutupnya. Kebanyakan botol masih berbentuk utuh namun ditemukan ada yang sedikit penyok. Terdapat satu botol plastik yang tampaknya sengaja diremas untuk mengecilkan ukurannya sebelum dibuang ke tempat sampah. Sampah makanan ringan tampak memenuhi tempat sampah ini dengan ukurannya yang besar. Padahal sampah tersebut kopong dan tidak berisi apa-apa. Padahal melipatnya dengan teknik khusus sebelum membuangnya akan membuat sampah jenis ini menjadi lebih kecil.

Deskripsi Bagian (Sampah Kaleng)

Sementara itu sampah kaleng didominasi oleh kaleng bekas minuman yang langsing namun lebih tinggi. Beberapa kaleng lain tampak lebih tambun namun lebih pendek. Bentuknya cenderung utuh dan hanya terlihat beberapa bagian kecil yang penyok. Lagi-lagi sampah seperti ini sebetulnya akan jauh lebih efisien ukurannya jika kita memenyokannya terlebih dahulu sebelum dibuang.

Simpulan

Membuang sampah pada tempatnya adalah kewajiban yang harus dilaksanakan oleh kita semua. Selain menjaga lingkungan, mengolah sampah dengan semestinya akan memberikan keunggulan nilai ekonomi juga bagi kita semua. Oleh karena itu disarankan untuk membuang sampah anorganik sesuai pada tempatnya agar sampah tersebut tidak akan merusak lingkungan karena tidak dapat terurai.

Berikan Komentar

Kembali ke Atas