Jika Anda ingin memberikan dukungan kepada serupa.id, silakan gunakan beberapa metode donasi di bawah ini.

Saweria

Donasi melalui Saweria yang menerima pembayaran OVO, Gopay, Dana, dan berbagai Fintech serta Bank konvensional Indonesia lainnya dengan mengklik alamat resmi Saweria serupa.id di bawah ini.

https://saweria.co/serupaid

Paypal

Donasi menggunakan Paypal dengan mengklik alamat resmi Paypal serupa.id di bawah ini.

https://paypal.me/serupaid

Mengapa Berdonasi?

Sejauh ini serupa menggunakan model pemasangan iklan berupa program Adsense dari Google untuk mendapatkan biaya operasional agar dapat terus berjalan. Namun demikian penghasilan dari iklan ini belum sepenuhnya memenuhi kebutuhan operasional serupa.id, terutama dalam rencana pengembangannya.

Berbeda dengan kebanyakan website lainnya, serupa.id dibuat dengan misi agar pengguna mendapatkan informasi dan pengetahuan yang dapat dipertanggungjawabkan dengan referensi dari ahli, jurnal ilmiah, dan buku sebagai penguat dan pembanding yang terpercaya. Sehingga proses penulisannya tidaklah mudah dan membutuhkan waktu dan upaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, donasi dari Pengguna akan sangat membantu Penulis untuk terus merealisasikan visi dan misi serupa.id.

Rencana Pengembangan Serupa.id

Selain untuk membantu biaya operasional, donasi juga pada akhirnya akan digunakan untuk mengembangkan layanan pendidikan dan pembelajaran dari serupa.id. Beberapa upaya pengembangan yang ingin dilakukan serupa.id meliputi beberapa gagasan sementara di bawah ini.

  • Kanal YouTube yang berisi video pembelajaran pengetahuan populer dan formal yang disajikan dengan animasi atau demonstrasi sederhana yang menarik dan mudah dipahami.
  • Glosarium istilah teknis dan istilah keilmuan yang sesuai dengan bidangnya masing-masing dalam bentuk aplikasi web dan mobile (mobile apps).
  • Games mobile yang dirancang sebagai pure entertainment namun berisi berbagai konten pengetahuan di dalamnya. Kami percaya bahwa media pembelajaran terbaik adalah hiburan murni dan konsep edutainment haruslah terbawa di dalamnya, bukan sengaja dibuat menjadi permainan pembelajaran yang malah cenderung terasa dipaksakan.
  • Live streaming merupakan platform baru yang sangat kuat dan mampu menghadirkan lingkungan interaktif tanpa batas kapan pun di mana pun. Oleh karena itu, serupa.id sangat tertarik untuk merealisasikan suatu konsep live streaming berbasis edukasi, di mana streamer dan penonton dapat belajar bersama dalam lingkungan interaktif virtual tak terbatas.