Berikut adalah contoh soal teks eksplanasi yang disusun berdasarkan HOTS atau higher order thinking skill yang merupakan salah satu syarat penting dalam menyusun soal pada kurikulum 2013. Soal terdiri atas 30 butir pilihan ganda, dan 5 esai. Kisi-kisi, kunci jawaban, dan rubrik panduan penilaian tersedia di bagian bawah artikel (setelah soal) buka daftar isi untuk memudahkan aksesnya.

A. Soal Pilihan Ganda

  1. Bakteri termasuk hewan yang bersel satu dan sangat sulit untuk dilihat dengan mata telanjang. Dalam pertumbuhannya, bakteri memproduksi sampah yang disebut toksin. Bila toksik yang dihasilkan oleh bakteri masuk kedalam tubuh, ia akan menyerang aliran darah dan menjalar ke bagian-bagian lain dalam tubuh. Toksin itulah penyebab kita sakit dengan gejala seperti sakit kepala, sakit perut hingga sakit tenggorokan. Adapun penyakit yang disebabkan oleh virus yaitu: flu, cacar air, gondok, dsb.
    Teks di atas mengandung isi yang menjelaskan bahwa…
    1. Bakteri sangat membahayakan kehidupan manusia
    2. Bakteri merupakan salah satu penyebab timbulnya beberapa penyakit 
    3. Berbagai penyakit selalu disebabkan oleh bakteri
    4. Berbagai penyakit disebabkan oleh virus
  2. Mula-mula suhu disekitar akan naik dan mata air disekitar akan menjadi kering. Lalu gunung akan mengeluarkan suara bergemuruh, kadang disertai getara atau gempa kecil. Kemudian Endapan magma terdorong dari perut bumi oleh gas bertekanan tinggi. Setelah itu letusan gunung berapi menghasilkan lava, lahar, gas vulkanik, hujan abu dan awan yang panas. (…)
    Lengkapi teks di atas dengan penjelasan yang paling tepat di bawah ini
    1. Sehingga fenomena bencana tersebut akan menyebabkan berbagai kerusakan seperti kerusakan lingkungan, tercemarnya udara dan bahaya langsung bagi mahluk hidup yang ada disekitarnya.
    2. Karena itu fenomena bencana tersebut akan menyebabkan berbagai kerusakan seperti kerusakan lingkungan, tercemarnya udara dan bahaya langsung bagi mahluk hidup yang ada disekitarnya.
    3. Oleh sebab itu fenomena bencana tersebut akan menyebabkan berbagai kerusakan seperti kerusakan lingkungan, tercemarnya udara dan bahaya langsung bagi mahluk hidup yang ada disekitarnya.
    4. Pada akhirnya fenomena bencana tersebut akan menyebabkan berbagai kerusakan seperti kerusakan lingkungan, tercemarnya udara dan bahaya langsung bagi mahluk hidup yang ada disekitarnya.
  3. Badai, angin topan, angin puting beliung, angin ribut, dan sejenisnya merupakan bencana alam yang disebabkan oleh pergerakan udara yang sangat kencang yang dipicu oleh perbedaan tekanan udara. Bencana ini mengakibatkan kerusakan lingkungan, seperti robohnya bangunan dan pepohonan, porak-porandanya areal pertanian dan perkebunan, dan tingginya ombak di laut.
    Apabila kita menyusun teks eksplanasi, kutipan tersebut harus ditempatkan pada bagian…
    1. Pernyataan umum
    2. Abstraksi
    3. Deretan Penjelasan
    4. Interpretasi
  4. Kutipan pada soal no. 3 di atas sebaiknya dikembangkan dalam teks eksplanasi yang bertopik…
    1. Lingkungan Hidup
    2. Pertanian
    3. Kelautan
    4. Bencana Alam
  5. Gunung meletus adalah peristiwa keluarnya endapan magma dari perut bumi yang didorong oleh gas bertekanan tinggi yang terpadi pada gunung berapi. Hasil letusan gunung berapi antara lain: lava, lahar, gas vulkanik, hujan abu, dan awan panas. Bentuk kerusakan lingkungan yang dapat diakibatkan oleh meletusnya gunung berapi adalah sebagai berikut. (…)
    Penjelasan untuk melengkapi teks di atas sebaiknya berupa…
    1. Jenis-jenis gunung berapi
    2. Penyebab gunung berapi
    3. Akibat letusan gunung berapi
    4. Proses terjadinya gunung berapi
  6. Kutipan pada soal no. 5 di atas bertopik…
    1. Lingkungan Hidup
    2. Pertanian
    3. Kelautan
    4. Bencana Alam
  7. Sejak dahulu kala, para astronom (ahli bintang) mempelajari bintang-bintang di langit malam. Kemudian, mereka berhasil melihatnya melalui teleskop. Sekarang, kita dapat mempelajari luar angkasa dari dekat dengan pesawat satelit dan kendaraan antariksa yang melakukan perjalanan ke planet-planet. Para astronom menemukan berbagai penemuan yang luar biasa disana.
    Teks di atas disusun dengan pola penulisan teks eksplanasi …
    1. Perbandingan
    2. Kronologis
    3. Kausalitas
    4. Pertentangan dan perbandingan
  8. Gempa bumi terjadi saat batuan di dalam bumi mengalami tekanan yang hebat. Dua lempengan kulit bumi saling bergesekan. Lempang yang dimaksud yaitu lempeng samudra dan lempeng benua. Ketika lempeng saling bergesek dan bertumbukan, akan menghasilkan gelombang dahsyat, yang kita rasakan sebagai gempa bumi.
    Teks di atas disusun dengan pola penulisan teks eksplanasi …
    1. Perbandingan
    2. Kronologis
    3. Kausalitas
    4. Pertentangan dan perbandingan
  9. Mencairnya es di kutub utara dan selatan, kenaikan permukaan laut, dan kenaikan suhu secara global adalah beberapa akibat atau dampak yang ditimbulkan oleh pemanasan global. Adapun pemanasan global sendiri disebabkan oleh gas rumah kaca yang terbentuk dari komponen-komponen gas berbahaya seperti CO2, N2O, dan CH4.
    Teks di atas disusun dengan pola penulisan teks eksplanasi …
    1. Kausalitas
    2. Kronologis
    3. Perbandingan
    4. Pertentangan dan perbandingan
  10. Menanam banyak pepohonan, mengurangi penggunaan bahan bakar fosil, dan sebagainya adalah beberapa upaya yang dapat dilakukan manusia untuk mengurangi pemanasan global. Jika upaya-upaya tersebut dilakukan, maka gas rumah kaca pun akan menipis dan bahkan tidak terbentuk. Jika gas rumah kaca menipis atau bahkan tidak terbentuk, maka pemanasan global pun bisa dikurangi.
    Teks di atas disusun dengan pola penulisan teks eksplanasi …
    1. Kausalitas
    2. Kronologis
    3. Perbandingan
    4. Pertentangan dan perbandingan
  11. Pada tahun 1977, Pemerintah Indonesia telah menunjuk tanah seluas 56 km2 di Sangiran sebagai Daerah Cagar Budaya. Kemudian, dibangun sebuah situs museum dan konservasi laboratorium lokal sederhana pada tahun 1988. Lalu, pada tanggal 15 Desember 2011, museum diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.Teks di atas disusun dengan pola penulisan teks eksplanasi …
    1. Perbandingan
    2. Kronologis
    3. Kausalitas
    4. Pertentangan dan perbandingan
  12. Sebelum ulangan akhir semester, Wawan telah belajar setiap hari. Hal pertama yang ia lakukan adalah membaca materi sambil mencatat ringkasan. Kemudian, Wawan melakukan latihan soal.Teks di atas disusun dengan pola penulisan teks eksplanasi …
    1. Perbandingan
    2. Kronologis
    3. Kausalitas
    4. Pertentangan dan perbandingan
  13. Akhir-akhir ini demonstrasi kerap terjadi hampir setiap waktu dan terjadi dimana-mana. Menanggapi fenomena tersebut, seorang kepala daerah menyatakan bahwa penyebab demonstrasi tidak lain adalah faktor laparnya masyarakat dan pengangguran. Lantas, ia mencontohkan rakyat Malaysia dan Brunei yang lebih tenang, karena kesejahteraan mereka terpenuhi, sehingga demonstrasi di negara-negara tersebut jarang terjadi.Bagian teks di atas disebut sebagai pernyataan umum karena…
    1. Berupa pendapat umum penulis yang akan dijelaskan pada paparan selanjutnya
    2. Mengandung suatu definisi yang bersifat umum
    3. Berupa penjelasan awal tentang latar belakang atas masalah yang akan disampaikan
    4. Mengandung pengertian dan latar belakang masalah yang akan disampaikan
  14. Karena terdapat hubungan secara langsung dengan batas lempeng bumi, sebagian besar aktivitas gunung berapi berhubungan dengan zona kegempaan yang aktif. Salah satu tanda yang bsia dikenali sebelum terjadi gunung meletus adalah terdapat aktivitas seperti perubahan suhu dan tekanan yang signifikan pada batas lempeng bumi.Paragraf di atas merupakan salah satu bagian dari struktur teks eksplanasi yang disebut…
    1. Pernyataan umum
    2. Deretan Penjelasan
    3. Kesimpulan
    4. Interpretasi
  15. Menurut saya, untuk mengurangi dampak negatif dari pemanasan global adalah dengan cara melakukannya dari sekarang. Kita tidak dapat menunggu hingga dampak negatifnya semakin meluas. Mulai lakukan berbagai hal kecil seperti hindari kantong plastik saat belanja, gunakan tissue dengan bijak dan jangan membuang sampah sembarangan.Paragraf di atas merupakan salah satu bagian dari struktur teks eksplanasi yang disebut…
    1. Pernyataan umum
    2. Deretan Penjelasan
    3. Kesimpulan
    4. Interpretasi
  16. Maka dari itu, hingga saat ini salah satu bencana yang mengerikan bagi masayarakat adalah gunung meletus. Kehebatan dari letusan gunung berapi juga bisa memecah pulau dan menciptakan danau…Paragraf di atas merupakan salah satu bagian dari struktur teks eksplanasi yang disebut…
    1. Pernyataan umum
    2. Deretan Penjelasan
    3. Kesimpulan
    4. Interpretasi
  17. Pengertian dari sampah adalah suatu benda yang telah tidak dimanfaatkan lagi. Keberadaan dari sampah sangat mengganggu kesehatan masyarakat yang berada di sekitarnya. Jenis sampah di bagi menjadi dua macam, yaitu sampah organik dan sampaknon-organik. Sampak organik adalah sampah yang bisa dengan mudah terurai oleh bakteri. Sedangkan untuk sampah anorganik adalah jenis sampah yang sulit untuk diuraikan.Paragraf di atas merupakan salah satu bagian dari struktur teks eksplanasi yang disebut…
    1. Pernyataan umum
    2. Deretan Penjelasan
    3. Kesimpulan
    4. Interpretasi
  18. Sejak dahulu kala, para astronom (ahli bintang) mempelajari bintang-bintang di langit malam. Kemudian, mereka berhasil melihatnya melalui teleskop. Sekarang, kita dapat mempelajari luar angkasa dari dekat dengan pesawat satelit dan kendaraan antariksa yang melakukan perjalanan ke planet-planet. Para astronom menemukan berbagai penemuan yang luar biasa disana.Paragraf di atas merupakan salah satu bagian dari struktur teks eksplanasi yang disebut…
    1. Pernyataan umum
    2. Deretan Penjelasan
    3. Kesimpulan
    4. Interpretasi
  19. 1) Berdasarkan piagam itu, Sultan Agung diangkat Tumenggung Wiraangunangun sebagai Bupati Bandung. (2) Ketika itu, pemerintah Kabupaten Bandung berpusat di daerah Krapyak atau Bojongasih. (3) Tepatnya, di tepi Sungai Cikapundung, dekat muaranya, yaitu sungai Citarum. (4) Nama Krapyak kemudian berganti menjadi Citereup. (5) Pada Akhirnya nama itu hingga kini tetap abadi menjadi salah satu nama desa di Dayeuhkolot.
    Pada kalimat berapakah terdapat konjungsi kronologis?
    1. Satu dan dua
    2. Dua dan tiga
    3. Tiga dan empat
    4. Empat dan lima
  20. Kalimat manakah yang hanya menggunakan konjungsi kausalitas?
    1. Kerusakan tersebut disebabkan oleh maraknya penebangan liar yang setelah itu mengakibatkan menurunnya fungsi hutan sebagai resapan air.
    2. Kerusakan tersebut disebabkan oleh maraknya penebangan liar yang kemudian mengakibatkan menurunnya fungsi hutan sebagai resapan air.
    3. Kerusakan tersebut disebabkan oleh maraknya penebangan liar yang mengakibatkan menurunnya fungsi hutan sebagai resapan air.
    4. Kerusakan tersebut disebabkan oleh maraknya penebangan liar yang pada akhirnya mengakibatkan menurunnya fungsi hutan sebagai resapan air.
  21. Kalimat manakah yang menggunakan konjungsi kronologis?
    1. Biasanya, Ayah selalu mengantar Maya terlebih dahulu ke sekolah, lalulangsung berangkat ke kantor
    2. Kamu akan menjadi juara pertama di kelasjika belajar dengan rajin
    3. Dia terjatuh di depan kelaskarena terpeleset bungkus makanan yang dibuang sembarangan
    4. Lingkungan rumah kami kebanjiran karena banyak warga yang membuang sampah sembarangan ke sungai
  22. Kalimat manakah yang menggunakan konjungsi kausalitas?
    1. Biasanya, Ibu selalu pergi ke pasar sesudahsalat subuh
    2. Rupiah semakin melemahakibat naiknya harga minyak dunia
    3. Setelah sampai di pasar,  lalu Ibu membeli sayur-sayuran dan beberapa macam bumbu-bumbu dapur
    4. Aku akan pulang ke rumah sebelummatahari terbenam
  23. Kalimat manakah yang menggunakan konjungsi kronologis?
    1. Wanita itu tidak masuk ke dalam nominasikarena suaranya tidak bagus
    2. Harga pakaian di supermarket itu sedang diskon besar-besaran, oleh sebab itu banyak pengunjung yang datang hari ini
    3. Kamar adik terlihat sangat berantakan karena ia bermain dengan teman-temannya di dalam kamar sejak pagi
    4. Para siswa berhamburan meninggalkan kelas sesudahbel istirahat berbunyi
  24. Kalimat manakah yang menggunakan konjungsi kausalitas?
    1. Ayam goreng yang telah matang tersebut ditiriskan dulu sejenak, sesudah itu baru disajikan dan disantap
    2. Bantu dulu Ibu memasak di dapur, sesudahitu kau baru boleh bermain bersama teman-temanmu
    3. Tuti akan segera sembuh jikaia rajin meminum obatnya
    4. Andi baru diizinkan menaiki motor oleh Ayahnya sesudah dia lulus SMA
  25. Teks di bawah ini untuk menjawab pertanyaaan nomor 25 – 26
    (1) Terpuruknya industri pariwisata saat ini, ternyata telah mendorong masyarakat pedesaan melirik sektor pertanian. (2) Banyak pemuda atau pasangan muda yang dulu bekerja di kota seperti Denpasar, Sanur atau Kuta, kemudian memilih pulang kampung. (3) Pasalnya, krisis akibat terpuruknya pariwisata itu tidak hanya dirasakan industri pariwisata. (4) Krisis itu juga juga dirasakan oleh perajin kesenian daerah pula.
    Kata benda fenomena terdapat pada kalimat nomor…
    1. Satu
    2. Dua
    3. Tiga
    4. Empat
  26. Kata peristilahan / teknis terdapat pada kalimat nomor…
    1. Satu
    2. Dua
    3. Tiga
    4. Empat
  27. Manakah yang termasuk kata benda fenomena…
    1. Angin tornado
    2. Dunia seni
    3. Industri otomotif
    4. Pasar Menengah
  28. Manakah yang termasuk kata peristilahan / teknis …
    1. Angin tornado
    2. Tata surya
    3. Industri otomotif
    4. Gerhana matahari
  29. Manakah yang bukan termasuk kata peristilahan / teknis …
    1. Dunia seni
    2. Industri otomotif
    3. Pasar Menengah
    4. Kerajinan tangan
  30. Manakah yang bukan termasuk kata benda fenomena…
    1. Angin tornado
    2. Kincir Angin
    3. Tata surya
    4. Gerhana matahari

B. Soal Esai

  1. Saat gempa terjadi dan permukaan dasar laut naik turun di sepanjang patahan maka saat itulah tsunami terbentuk. Patahan itu menyebabkan keseimbangan air laut terganggu. Patahan yang besar akan menghasilkan gelombang yang besar juga. Sesaat setelah gempa terjadi, air laut akan mengalami surut dan akan kembali ke daratan dalam bentuk gelombang besar (tsunami).Tsunami juga terjadi karena letusan gunung berapi di dasar laut yang mengakibatkan tingginya pergerakan air laut atau perairan di dekatnya. (…)
    Teks di atas mengandung isi yang menjelaskan bahwa…
  2. Buatlah satu kalimat deretan penjelasan dalam teks eksplanasi pola pengembangan kronologis dengan menggunakan konjungsi hubungan waktu (kronologis)
  3. Pergunjingan merupakan bagian dari kehidupan sosial manusia sebagai sarana untuk meluapkan kekecewaan seseorang dlam suatu interaksi.Kalimat di atas dapat disisipkan pada struktur teks eksplanasi apa? utarakan alasanmu…
  4. Buatlah satu kalimat yang menggunakan konjungsi kausalitas!
  5. Perhatikan beberapa kata/frasa di bawah ini
    1. Industri pariwisata
    2. sektor pertanian
    3. kesenian daerah
    4. industri kreatif

    Kata mana saja yang merupakan contoh dari kata teknis/peristilahan dari teks eksplanasi? ungkapkan alasanmu

Kisi-Kisi Soal

No. Kompetensi Dasar No. Indikator Tingkat Kognitif No. Soal
3.10 Menelaah teks eksplanasi berupa paparan kejadian suatu fenomena alam yang diperdengarkan atau dibaca 3.10.1

 

 

Menelaah isi teks eksplanasi

 

C4 PG: 1,2,3,4,5,6

Esai: 1

3.10.2

 

 

Mengidentifikasi pola pengembangan teks eksplansi

 

C4 PG: 7,8,9,10,11,12 Esai: 2
3.10.3

 

Menelaah struktur teks eskplanasi

 

C4 PG: 13, 14, 15, 16, 17, 18

Esai: 3

3.10.4

 

Menemukan konjungsi kausalitas atau kronologis dalam teks eksplansi

 

C4 PG: 19, 20, 21, 22, 23, 24

Esai: 4

 

3.10.5

 

Menemukan kata benda fenomena atau kata teknis/peristilahan dalam teks eksplansi C4 PG: 25, 26, 27, 28, 29, 30

Esai: 5

Keterangan:

C1: Pengetahuan

C2: Pemahaman

C3: Aplikasi

C4: Analisis

C5: Evaluasi

C6: Kreasi/Penciptaan

Kunci Jawaban & Rubrik Penilaian Soal PG

No Kunci jawaban Kriteria Skor
1. B Tepat

Tidak Tepat

1

0

2. D Tepat

Tidak Tepat

1

0

3. A Tepat

Tidak Tepat

1

0

4. D Tepat

Tidak Tepat

1

0

5. C Tepat

Tidak Tepat

1

0

6. D Tepat

Tidak Tepat

1

0

7. B Tepat

Tidak Tepat

1

0

8. C Tepat

Tidak Tepat

1

0

9. A Tepat

Tidak Tepat

1

0

10. A Tepat

Tidak Tepat

1

0

11. B Tepat

Tidak Tepat

1

0

12. B Tepat

Tidak Tepat

1

0

13. C Tepat

Tidak Tepat

1

0

14. B Tepat

Tidak Tepat

1

0

15. D Tepat

Tidak Tepat

1

0

16. D Tepat

Tidak Tepat

1

0

17. A Tepat

Tidak Tepat

1

0

18. B Tepat

Tidak Tepat

1

0

19. D Tepat

Tidak Tepat

1

0

20. C Tepat

Tidak Tepat

1

0

21. A Tepat

Tidak Tepat

1

0

22. B Tepat

Tidak Tepat

1

0

23. D Tepat

Tidak Tepat

1

0

24. C Tepat

Tidak Tepat

1

0

25. D Tepat

Tidak Tepat

1

0

26. A Tepat

Tidak Tepat

1

0

27. A Tepat

Tidak Tepat

1

0

28. C Tepat

Tidak Tepat

1

0

29. D Tepat

Tidak Tepat

1

0

30. B Tepat

Tidak Tepat

1

0

Jumlah total skor 30

Nilai PG  = skor yang didapat / total skor  x 100

Kunci Jawaban dan Pedoman Penilaian Soal Esai

No. Contoh Jawaban Kriteria Penilaian Skor
1. Salah satu penyebab terjadinya tsunami adalah gempa bumi. Penjelasan isi teks tepat dan dijelaskan dengan sangat baik 4
Penjelasan isi teks tepat dan dijelaskan dengan baik 3
Penjelasan isi teks tepat dan dijelaskan dengan cukup baik 2
Penjelasan isi kurang tepat dan dijelaskan dengan kurang baik 1
2. Kalimat harus berisi penjelasan terhadap suatu fenomena menggunakan konjungsi hubungan waktu (kronologis seperti: kemudian, lalu, setelah itu, pada akhirnya. “Air menguap karena panas matahari, kemudian setelah berada di atas air yang menguap tersebut akan mengembun dan membentuk awan”. Kalimat berpola kronologis, memuat konjungsi hubungan waktu dengan tatabahasa sangat baik 4
Kalimat berpola kronologis, memuat konjungsi hubungan waktu dengan tatabahasa baik 3
Kalimat berpola kronologis, memuat konjungsi hubungan waktu dengan tatabahasa cukup baik 2
Kalimat tidak kronologis, memuat konjungsi hubungan waktu dengan tatabahasa kurang baik 1
3. Pernyataan umum, karena kalimat merupakan gambaran umum atas tema yang akan disampaikan. Jawaban dan alasan sangat tepat 4
Jawaban dan alasan yang tepat 3
Jawaban tepat dan alasan cukup tepat 2
Jawaban tidak tepat dan alasan kurang tepat 1
4. Kalimat harus menggunakan konjungsi hubungan sebab-akibat seperti: karena, akan, segera. “Tuti akan segera sembuh jika ia rajin meminum obatnya setiap hari” Kalimat menggunakan konjungsi hubungan sebab-akibat dan disusun dengan tatabahasa yang sangat baik 4
Kalimat menggunakan konjungsi hubungan sebab-akibat dan disusun dengan tatabahasa yang baik 3
Kalimat menggunakan konjungsi hubungan sebab-akibat dan disusun dengan tatabahasa yang cukup baik 2
Kalimat tidak menggunakan konjungsi hubungan sebab-akibat dan disusun dengan tatabahasa yang kurang baik 1
5. Industri pariwisata, sektor pertanian dan industri kreatif. Karena semua itu merujuk pada peristilahan dalam bidang industri, sementara kesenian daerah adalah kata benda fenomena. Tiga jawaban tepat dan alasan logis 4
Tiga atau dua jawaban tepat dan alasan logis 3
Tiga atau satu jawaban tepat dan alasan kurang logis 2
Jawaban tidak ada yang tepat dan alasan kurang logis 1
Jumlah total skor 20

Gabung ke Percakapan

2 tare

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *