Bernyanyi lagu populer merupakan aktivitas bernyanyi yang paling sering dilakukan oleh banyak orang. Wajar saja, dari namanya saja yang menggunakan kata “populer” sudah dapat ditebak bahwa banyak orang yang menyukainya. Namun kata kunci dari lagu populer ini lebih tepatnya adalah banyak yang mengenali bahkan hafal nada dan lagu liriknya.

Sebetulnya istilah populer pada suatu lagu, seni musik, atau seni pada umumnya bukan masalah terkenal atau tidak terkenalnya suatu karya. Dalam ilmu seni, istilah populer digunakan untuk gaya seni yang mudah dicerna, diapresiasi, dan disukai oleh khalayak, sehingga kemungkinan besar karya ini akan menjadi karya populer. Jadi, bukan dampak terkenalnya, namun kemampuan untuk terkenalnya.

Misalnya, buat saja nada sederhana atau genre yang disukai oleh khalayak seperti lagu pop Melayu, genre yang sedang banyak digemari masyarakat saat ini, dsb. Beberapa seniman menyayangkan teknik semacam ini karena beberapa oknum yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan karya populer untuk mendulang popularitas tanpa memperhatikan kualitas karya. Meskipun begitu, banyak karya populer yang masih tetap bermuatan positif dan tidak merugikan masyarakat.

Oleh karena itu penting bagi kita untuk mengenal dan mengetahui mengenai aspek-aspek lagu populer atau karya seni populer pada umumnya. Dengan demikian kita mampu memilah dan memilih serta mengapresiasi bagian positif dari karya yang memang dirancang untuk mudah digemari oleh kita ini.

Kita dapat melakukannya dengan mengapresiasinya, baik mendengarkan maupun ikut menyanyikannya. Easy do sing along atau mudah untuk ikut dinyanyikan oleh masyarakat adalah salah satu kekuatan utama dari lagu populer. Berikut adalah berbagai pemaparan lainnya mengenai lagu populer, dimulai dari pemahaman jenisnya.

Jenis Lagu Populer

Gaya bernyanyi merupakan suatu cara yang menjadi ciri seseorang dalam membawakan sebuah lagu sesuai dengan jenis lagunya. Pada dasarnya yang menunjang gaya bernyanyi menjadi lebih baik adalah kedisiplinan seorang penyanyi tersebut terhadap teknik vokal dasar dan penguasaan lagu. Yang membedakan gaya adalah dari jenis musik lagu yang akan dibawakan. Untuk dapat menambah perbendaharaan gaya dalam bernyanyi hendaknya kita banyak mendengarkan jenis lagu yang variatif.

Lagu yang berkembang saat ini sangatlah variatif. Hal ini dipengaruhi juga oleh perkembangan alat musik yang semakin canggih seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi khususnya. Penggunaan teknologi dalam bidang musik ini menjadikan lagu-lagu yang beredar sekarang terdengar lebih populer, karena banyak alat musik yang memiliki fasilitas serta perangkat yang beragam mudah untuk membuat lagu yang mudah disukai. Menurut Tim Kemdikbud (2017, hlm. 186) beberapa jenis lagu populer yang berkembang sesuai aliran musiknya adalah lagu Pop, Jazz, Rock, dan Dangdut.

1. Lagu Pop

Jenis lagu pop merupakan jenis lagu yang memiliki banyak pendengar. Hal itu karena lagu ini sangatlah mudah diterima oleh masyarakat luas. Lagu-lagu pop yang berkembang saat ini bersifat komersial dan berkeinginan untuk memiliki daya tarik massa. Lagu pop di Indonesia banyak disajikan oleh penyanyi solo, grup band dan girl band atau boy band.

Tema lagu pop biasanya membahas kejadian kehidupan sehari-hari yang dirangkai dengan melodi dan lirik yang mudah dipahami atau easy listening. Dalam menciptakan lagu pop, biasanya pencipta lagu akan tertarik mengangkat tema-tema yang sedang menjadi topik pembicaraan oleh masyarakat luas sehingga diharapkan nanti karya lagunya mudah melejit.

2. Lagu Jazz

Jenis musik jazz ini merupakan jenis musik yang juga berkembang di Indonesia, walaupun pendengarnya tidak terlalu banyak, apalagi jika dibandingkan dengan lagu pop. Kebanyakan pendengarnya dari kalangan ekonomi menengah ke atas, mungkin hal ini disebabkan karena lagu-lagu jazz ini sering dimainkan di cafe atau tempat makan yang digandrungi oleh kalangan menengah ke atas pula.

Namun yang membuat jas menjadi salah satu jenis lagu populer adalah nadanya yang mudah ditangkap ketika mendengarkannya. Pada lagu jazz, vokal sering menirukan suara instrumen, dan suara penyanyinya biasanya mempunyai karakter vokal yang berat, harmonisasinya terdengar rumit, dan sering terjadi modulasi atau perubahan tangga nada dalam sebuah lagu dan ritme serta melodinya memiliki banyak variasi.

Berbeda dengan lagu pop yang komersial sehingga dibuat semuda mungkin, jazz masih tetap mempertahankan kualitas dan ketangkasan para pemusik dan vokalisnya. Mungkin nadanya mudah untuk terngiang-ngiang dan membuat pendengarnya “merinding”. Namun nada yang kompleks serta banyak ketukan yang dinamis membuat jenis lagu ini sulit untuk dimainkan.

3. Lagu Rock

Jenis lagu rock ini identik dengan suara yang kencang dengan permainan efek gitar yang menggelegar, bass drum yang dimainkan dengan tempo yang cepat dan kelompok pendengarnya yang ekspresif. Lirik lagu yang disampaikan lagu jenis rock ini adalah ekspresif dan mengajak pendengarnya selalu bersemangat.

4. Lagu Dangdut

Musik dangdut merupakan musik yang pendengarnya banyak di Indonesia ini, pendengarnya pun beragam berasal dari semua kalangan masyarakat Indonesia. Lagu dangdut yang biasanya diiringi kendang dan seruling terdengar mengalun dan mengajak orang yang mendengarnya ikut bergoyang. Setiap penyanyi dangdut juga mempunyai ciri pada gaya jogetnya.

Gaya Bernyanyi Lagu Populer

Menyanyikan lagu populer dapat dikatakan memiliki keluwesan gaya jika dibandingkan dengan menyanyi lagu tradisi. Gaya bernyanyi musik populer pada dasarnya tidak terlalu banyak aturannya, hanya sebatas pada penguasaan teknik vokal dan pembiasaan mengikuti irama lagunya.

Sering mendengarkan dan menikmati irama dari jenis lagu yang akan dibawakan ini akan membuat penyanyi mudah menguasai lagu yang akan dinyanyikan. Begitu pula dengan pendengarnya yang akan membuatnya semakin memiliki ikatan terhadap lagu. Apalagi jika liriknya sangat mendekati keseharian pendengarnya.

Seseorang yang jarang mendengarkan lagu dangdut, tentu akan kesulitan untuk menyanyikan lagu dangdut dengan cengkok yang baik. Namun, bagi seseorang yang sejak kecil terbiasa mendengarkan irama dan lagu dangdut, biasanya lebih mudah mengikuti cengkok dengan baik.

Begitu pula dengan jenis lagu populer lain, misalnya lagu jazz yang akan mudah diikuti apabila telinga penyanyinya terbiasa mendengarkan irama dan harmoni lagu-lagu jazz. Untuk jenis lagu rock sang penyanyi haruslah powerful dan ekspresif karena kebanyakan lagu rock memiliki irama musik yang bersemangat.

Satu lagi jenis musik populer yaitu lagu pop biasanya dinyanyikan dengan lebih santai dan tidak menonjol, penyanyi pop pun biasanya tampil dengan gaya yang disesuaikan dengan tema lagu dan tidak berlebihan. Bernyanyi lagu jenis apa pun haruslah menampilkan mimik muka dan ekspresi yang sesuai dan mewakili makna lirik lagu yang dibawakan.

Latihan Bernyanyi Lagu Populer dengan Gaya yang Tepat

Sebelum memulai latihan bernyanyi lagu populer dengan gaya yang tepat, kita dapat melakukan latihan pemanasan vokal terlebih dahulu:

  1. Berdiri dengan rileks, kedua kaki dibuka selebar bahu kemudian berat badan bertumpu seimbang di kedua kaki kita.
  2. Lakukan pelemasan badan sebisanya, sampai badan terasa lebih rileks lagi.
  3. Ambil napas dari hidung kemudian tahan selama 5 detik lalu keluarkan napas dengan suara seperti desis ular “shss…”, lakukan berulang selama 3 kali putaran.
  4. Lanjutkan dengan vokalisi atau pemanasan vokal.
  5. Barulah mulai untuk membedah lagu yang telah kita pilih. Sesuaikan gaya bernyanyi dengan makna lagu, suasana lagu dan iramanya (Tim Kemdikbud, 2017, hlm. 193).

Selanjutnya membawakan lagu populer cukup dengan mengikuti intuisi saja. Mengapa? karena lagu jenis ini akan dengan mudah merasuki diri kita. Melalui berlatih dengan mengulangnya berkali-kali maka kita akan mampu menguasainya.

Referensi

  1. Tim Kemdikbud. (2017). Seni Budaya IX. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.