Contoh Teks Ceramah Umum

Contoh teks ceramah umum berarti materi ceramah bersifat umum dan tidak spesifik seperti ceramah agama yang diadakan untuk menyampaikan pengetahuan keagamaan. Ceramah umum biasa digunakan dalam kegiatan pembelajaran di sekolah atau perkuliahan di perguruan tinggi.

Ceramah umum tidak menggurui atau meminta pendengarnya untuk mengubah pemikirannya. Sifatnya hanya menambah ilmu pengetahuan, wawasan dan pertimbangan penyimaknya saja.

Berikut adalah beberapa contoh teks ceramah umum beserta strukturnya.

Penggunaan Tata Bahasa yang Baik dalam Pergaulan Sehari-hari

Pembuka (Tesis )

Bahasa adalah media utama yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan ilmu kebahasaan, terdapat ilmu tata bahasa yang digunakan untuk menyusun kalimat sesuai dengan kaidah kebahasaan. Biasanya tata bahasa yang baik dan benar diwajibkan dalam pertemuan formal atau karya tulis ilmiah.

Namun dalam pergaulan sehari-hari kita sama sekali tidak benar-benar menggunakannya. Bahkan untuk sebagian besar perusahaan-perusahaan besar pun dalam rapat kalimat dengan bahasa baku tidak benar-benar diimplementasikan. Mengapa? Karena terkadang menggunakan bahasa yang terlalu baku akan membuat suasana jauh lebih kaku.

Isi (Rangkaian Argumen)

Sebetulnya hal tersebut bukanlah alasan untuk menanggalkan tata bahasa. Karena tata bahasa yang baik digunakan agar proses komunikasi berjalan lancar. Tanpa tata bahasa yang baik risiko terjadinya miskomunikasi sangatlah besar.

Bayangkan skenario dialog pekerjaan sehari-hari ini. “Din, tolong prinin laporan penjualan kemaren yang di meeting itu”. “Ok, ini pak”. “Lho bukan laporan penjualan hari kemaren, yang kemaren di meetingin din”.

Keduanya jadi merasa tidak enak karena kesalahan tata bahasa yang digunakan. Atasannya merasa staff-nya kurang fokus atau cekatan dalam bekerja. Sementara staff nya dibuat merasa tidak enak karenanya. Keduanya tidak akan sadar bahwa ada kesalahan tata bahasa yang terjadi.

Karena tata bahasa yang mereka gunakan dalam kehidupan sehari-hari memang berbeda. Keduanya memiliki standar kebenaran yang berbeda. Wajar saja jika keduanya tidak sadar akan kesalahpahaman yang terjadi akibat dari kesalahan tata bahasa yang terjadi.

Seandainya tata bahasa yang digunakan tetap seimbang dan setidaknya tidak menghasilkan ambiguitas maka proses komunikasi tersebut akan berjalan lebih lancar. “Din, tolong prinin laporan penjualan yang dipresentasiin di meeting kemaren”.

Penutup

Intinya, bahasa yang digunakan tidaklah harus sangat baku sehingga membuat komunikasi baku. Menggunakan bahasa baku sepenuhnya itu ada waktu dan tempatnya. Setidaknya perhatikanlah tata bahasa yang baik agar tidak terjadi ambiguitas makna yang berpotensi menyebabkan miskomunikasi. Perihal penggunaan kata tidak baku sendiri tidak masalah selama digunakan dengan teman sejawat dan tidak berpotensi menimbulkan kekaburan tersendiri.

Pentingnya Memperkaya Literasi

Pembuka (Tesis)

Literasi merupakan salah satu modal utama yang harus terus ditingkatkan dalam menghadapi era revolusi 4.0 ini. Apalagi Indonesia sedang dalam keadaan darurat literasi. Hal tersebut dibuktikan melalui penelitian PISA yang menempatkan Indonesia menjadi urutan ke 62 dalam minat membaca.

Isi (Rangkaian Argumen)

Di zaman yang serba cepat dan instan ini kebutuhan akan pengetahuan yang kaya menjadi sangatlah penting. Literasi adalah kunci utama untuk mendapatkannya. Jika tidak, saya pikir kita akan dengan mudah tertinggal oleh zaman yang sedang terus berlari kencang melalui teknologi informasi dan komunikasi.

Kecepatan media teknologi informasi dan komunikasi juga membuat informasi mampu menyebar dengan cepat pada semua lapisan masyarakat. Tanpa literasi yang kaya, sesesorang akan mudah terhasut oleh berita bohong yang dapat menyebar jauh lebih cepat dari pesan kebaikan.

Literasi juga menjadi gerbang utama dalam menggapai masa depan abad ini. Bagaimana tidak, percepatan industri yang tak terkendali ini akan menumbuhkan ekonomi dengan cepat namun akan banyak memberikan permasalahan yang menggemingkan.

Mengapa demikian? Karena sesuatu yang dikerjakan secepat mungkin akan jauh lebih rawan untuk mendapatkan masalah purna produksi. Maka dari itu, problem sovling atau pemecahan masalah adalah salah satu kemampuan yang wajib dimiliki untuk menghadapinya. Dari mana kita mendapatkannya? lagi-lagi: literasi.

Penutup

Oleh karena itu pemahaman akan suatu wawasan dalam teks pengetahuan; literasi haruslah terus ditingkatkan. Kita tidak dapat hanya mengandalkan internet untuk mengetahui sesuatu. Wawasan itu untuk dikuasai, bukan untuk diingat apalagi “diketahui” melalui satu klik saja. Wawasan semacam itu justru hanya menyesatkan dan tidak dapat memberikan dampak baik bagi perkembangan diri.

Kaidah Kebahasaan “Pentingnya Memperkaya Literasi”

Kaidah KebahasaanBukti Kata/Kalimat
kata ganti orang pertama (tunggal) dan kata ganti orang kedua jamak sebagai sapaanJika tidak, saya pikir kita akan dengan mudah tertinggal oleh zaman yang sedang terus berlari kencang melalui teknologi informasi dan komunikasi.
kata teknis atau peristilahan yang sesuai dengan topik yang dibahasLiterasi merupakan salah satu modal utama yang harus terus ditingkatkan dalam menghadapi era revolusi 4.0 ini.
kata-kata yang menunjukan hubungan sebab akibat atau argumentasiMengapa demikian? Karena sesuatu yang dikerjakan secepat mungkin akan jauh lebih rawan untuk mendapatkan masalah purna produksi.
kata kerja mentalBagaimana tidak, percepatan industri yang tak terkendali ini akan menumbuhkan ekonomi dengan cepat namun akan banyak memberikan permasalahan yang menggemingkan.
kata-kata persuasifOleh karena itu pemahaman akan suatu wawasan dalam teks pengetahuan; literasi haruslah terus ditingkatkan

 

Contoh Teks Ceramah tentang Pendidikan

Hak Pendidikan di masa Pandemi

Pembuka (Tesis)

Pendidikan  adalah hak seluruh rakyat Indonesia. Hal tersebut telah tertuang dalam UUD 1945 dan dikonkretkan lebih lanjut dalam UU 20 tahun 2003 mengenai sistem pendidikan nasional. Hal itu berlaku bahkan dalam keadaan genting seperti sekarang. Pandemi adalah salah satu rintangan yang harus mampu dilampaui oleh sistem pendidikan yang telah dirancang tersebut.

Isi (Rangkaian Argumen)

Maka Saya kira sudah suatu kewajiban bagi kita semua untuk turut menyukseskan sistemnya. Bahkan dalam keadaan yang terbatas kegiatan pembelajaran harus tetap dilaksanakan bagaimana pun caranya. Karena tanpa pendidikan yang berjalan bangsa kita terancam mengalami gap generasi. Keadaan di mana satu generasi tertinggal pengetahuan dan kompetensinya akibat dari hak pendidikan yang tidak tersampaikan.

Padahal generasi baru seharusnya justru lebih brilian dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Karena mereka adalah harapan kita semua sebagai generasi penerus bangsa. Bayangkan jika hal tersebut sampai terjadi. Bangsa kita akan tertinggal dan terseok-seok untuk dapat bersaing dengan negara lainnya.

Sebetulnya bukan perkara persaingannya, namun lebih menyangkut pada bagaimana kesejahteraan dan kehidupan bangsa kita nantinya. Tanpa pengetahuan dan kompetensi yang ideal akan sulit bagi seseorang untuk dapat bertahan di kejamnya kehidupan di masa ini.

Melalui terwujudnya hak pendidikan, keadilan sosial juga dapat terjaga sejalan dengan manfaat lain yang akan menghampiri pula. Pandemi ini bukanlah hal yang akan selesai begitu saja. Maka pendidikan juga merupakan salah satu jalan yang harus ditempuh untuk menyelesaikan permasalahan covid-19.

Penutup

Di masa ini tugas guru yang tidak boleh berhenti mengajar sama pentingnya dengan para pekerja kesehatan yang berusaha menyelamatkan nyawa para pasien. Karena, para guru dan pejuang pendidikan lainnya harus menyelamatkan masa depan generasi penerus bangsa.

Oleh karena itu, diharapkan kita semua turut berjuang bersama memperjuangkan hak pendidikan. Baik dari sisi pendidik maupun ananda sekalian sebagai pemilik hak tersebut. Gunakanlah hakmu dengan sungguh-sungguh dalam kondisi yang memprihatinkan ini.

Kaidah Kebahasaan

Kaidah Kebahasaan Teks CeramahBukti Kalimat yang Mengandung Kaidah Kebahasaan
Kata ganti orang pertama (tunggal)Maka Saya kira sudah suatu kewajiban bagi kita semua untuk turut menyukseskan sistemnya.
Kata Teknis/PeristilahanMaka pendidikan juga merupakan salah satu jalan yang harus ditempuh untuk menyelesaikan permasalahan COVID-19.
Kata Hubungan Sebab AkibatOleh karena itu pendidikan juga merupakan salah satu jalan yang harus ditempuh untuk menyelesaikan permasalahan COVID-19.
Kata Kerja MentalKarena mereka adalah harapan kita semua sebagai generasi penerus bangsa.
Kata PersuasifOleh karena itu, diharapkan kita semua turut berjuang bersama memperjuangkan hak pendidikan.

Contoh Teks Ceramah tentang Narkoba

Bahaya Sebenarnya dari Narkoba

Pembuka (tesis)

Narkoba atau singkatan dari narkotika dan obat berbahaya adalah benda yang dapat menghancurkan kehidupan seseorang yang akan memberikan efek domino pada orang lain pula. Narkoba sudah sepatutnya untuk dijauhi dan bahkan ditinggalkan sepenuhnya tanpa alasan apapun.

Isi (Rangkaian Argumen)

Narkoba merupakan permasalahan yang sangat memperihatinkan. Bahaya utama dari benda ini bukan terletak pada daya penghancur zat beracunnya saja. Namun pada ketergantungan tubuh ketika mengonsumsinya. Sehingga para penyalahgunanya kesulitan untuk berhenti menyakiti dirinya sendiri.

Bahaya lainnya adalah benda haram ini memiliki brand kuat yang melabeli dirinya sendiri sebagai benda yang dapat membawa kesenangan, menghilangkan kepenatan, dan menaikan status sosial seseorang. Padahal kenyataannya jauh dari label tersebut.

Padahal dampak euforia seperti itu hanya bisa didapatkan melalui cara yang benar. Contoh efek euforia yang didapatkan oleh seorang pelari marathon ketika mencapai batas tenaganya. Opsi lain yang lebih sederhana dan praktis adalah dengan mendapatkan hiburan baik itu bacaan, film, musik, hingga video games.

Bahaya sebenarnya dari narkoba adalah bagaimana ia mampu menyebar dengan cepat lewat label palsu yang melekat di dalamnya. Label yang dapat dengan mudah menjerumuskan orang pada kesengsaraan yang kekal jika tidak segera ditolong.

Penutup

Maka dari itu salah satu usaha yang harus dilakukan bukan hanya menyerukan yel sederhana yang mengajak masyarakat untuk menjauhinya. Usaha yang dilakukan harus jauh lebih sistematis dari hal itu. Kita harus mengupayakan agar brand atau label kesenangan, penghilang duka dan status sosial kuat yang melekat di dalamnya benar-benar hancur hingga ke akarnya.

Bagaimana caranya? Anda semualah yang mengetahuinya. Anda yang merupakan generasi penerus bangsa yang sudah paham betul mengenai bahaya narkoba. Saya mohon sekali lagi, mari kita jauhi bahaya narkoba, terutama bahaya sebenarnya yang membuat seakan narkoba itu tampak keren atau hal yang menyenangkan untuk diikuti. Padahal bahayanya sangat pasti dan pidana pasti menanti.

Join the Conversation

45 Comments

      1. Kak boleh gak minta tolong untuk contoh teks ceramah bersama dengan informasi yang aktual
        Karna saya masih agak kurang memahami

        Tolong ya kak 🙏

  1. Ka yang teks ceramah hak pendidikan di masa pandemi ada nama penceramah nya gak?

    1. Tidak ada, karena teks tersebut khusus ditulis sebagai contoh (bukan dari naskah pidato yang sudah dibawakan). Mungkin cocok untuk diposisikan sebagai pidato pejabat sekolah atau lembaga pendidikan.

        1. Kak trus misalnya membawakan ceramah teks hak pendidikan di masa pandemi itu cocoknya di acara apa ya?

          1. Rapat tahunan, seminar internal, upacara bendera di sekolah, perguruan tinggi, dan dinas atau lembaga pendidikan lainnya.

    1. Jika yang dimaksudkan Citra adalah ceramah umum, maka biasanya diberikan pada saat kegiatan pembelajaran, upacara bendera, rapat tahunan, dsb.

  2. Kak mana kaidah kebahasaan yang judul “bahaya sebenarnya dari narkoba”

    1. Hal penting utamanya akan berada ada di bagian isi dan penutup, misalnya: “Bahaya utama dari benda ini bukan terletak pada daya penghancur zat beracunnya saja. Namun pada ketergantungan tubuh ketika mengonsumsinya.”

  3. Kk mau tanya kalo yng mna aspek isi teks ceramah yng judulnya : hak pendidik dimasa pandemi

    Utk sebelumnya terimakasih kk

  4. Ka kaidah kebahasaan tentang bahaya sebenernya dari narkoba mana ka?

    1. Sudah cukup contoh analisis kaidah kebahasaan pada dua artikel di atas ya, coba temukan yang lainnya secara mandiri, selalu biasakan untuk menggunakan internet sebagai sumber referensi dan belajar, bukan mencari jawaban ya 🙂

    1. Mengajak pendengar untuk meningkatkan literatur masing-masing (lebih rajin membaca atau mempelajari sesuatu secara mendalam)

  5. Informasi aktual mengenai teks ceramah hak pendidikan dimasa pandemi apa?

    1. Pandemi COVID-19 dan irisannya dengan pendidikan adalah informasi aktual yang terdapat pada contoh teks ceramah tersebut. Misalnya dapat dibuktikan dengan kalimat: “Di masa ini tugas guru yang tidak boleh berhenti mengajar sama pentingnya dengan para pekerja kesehatan yang berusaha menyelamatkan nyawa para pasien.”

      1. Analisiskaidah kebahasaan teks ceramah hak pendididkan di masa pandemi sesuai format di wah in8
        a.kata ganti orang pertama
        b.kata ganti orang kedua
        c.kata sambung sebab akibat
        d.kata sambung temporel

    1. Umum: Menambah pengetahuan mengenai hak pendidikan di masa pandemi. Khusus: Memersuasi (persuasif) atau mengajak agar kita semua memperhatikan hak pendidikan di masa pandemi.

  6. Kk, tlong dong, tujuan, Tema, dan struktur teks cermah
    – Bahaya sebenarnya dari Narkoba.

    1. Struktur jelas-jelas sudah ada, tema sudah jelas ditulis juga (bahaya narkoba) Tujuan dapat diterka dengan mudah. Saya yang minta tolong sekarang, tolong baca, perhatikan dengan baik.

  7. pak, bisa beritahu saya tentang kaidah kebahasaan dari “sebenarnya bahaya narkoba
    “?

    1. kata “narkoba” sendiri sudah termasuk kaidah kebahasaan teks ceramah, yakni menggunakan kata istilah teknis. “Saya” adalah kata pengganti orang pertama, kalimat persuasif dapat dilihat dari “Saya mohon sekali lagi, mari kita jauhi bahaya narkoba, terutama bahaya sebenarnya yang membuat seakan narkoba itu tampak keren atau hal yang menyenangkan untuk diikuti”. Untuk kaidah kebahasaan yang lainnya, cek terlebih dahulu kaidah kebahasaan teks ceramah di sini: https://serupa.id/teks-ceramah-struktur-pengertian-ciri-kaidah-contoh-dsb/#Kaidah_Kebahasaan_Teks_Ceramah

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *