Buat Logo Online? Perhatikan Benefit, Resiko & 8 Tips Ini

buat logo online

Buat logo online menggunakan generator logo otomatis, maka Anda menyerahkan citra perusahaan atau produk Anda pada entitas yang tidak mampu menyentuh hati, perasaan dan konsumen Anda sebagai seorang insan manusia. Membuat logo online adalah hal yang saya tidak sarankan pada artikel sebelumnya mengenai logo. Karena logo adalah kunci dari branding yang akan membuat marketing jauh lebih efektif.

Mengapa? Karena seberapa pintarpun generator logo online, cara kerjanya sama saja. Sistem hanya akan menyandingkan ikon generik dengan nama perusahaan atau produk Anda. Perusahaan konstruksi akan disandingkan dengan ikon rumah, restoran dengan ikon sendok dan garpu, pendidikan? Dengan toga, dst.

Generik atau terlalu umum adalah hal pertama yang harus dihindari di era ini, dimana informasi dapat dengan mudah menyebar luas dan memberikan konsumen terlalu banyak pilihan. Tidak usah membicarakan betapa mengecewakannya jika suatu hari kita mendapatkan logo yang kita gunakan sama dengan perusahaan lain (itu sudah pasti). Namun yang paling merugikan adalah eksposur yang kita dapatkan akan menjadi sangat rendah.

Hanya beberapa brand dengan citra yang paling beda, mencolok dan memikatlah yang akan diperhatikan oleh masyarakat atau warganet, seperti bagaimana hal-hal mencolok dapat dengan mudah menyebar dari mulut ke mulut hingga berhasil mendapatkan. Sisanya? Hanya menjadi bandwidth sia-sia yang tidak mendapatkan perhatian sama sekali.

Lalu apakah membuat logo secara online benar-benar tidak berguna seperti itu? Lain ceritanya jika kita buat logo online dengan menggunakan jasa desain seorang freelancer. Seseorang yang khusus menekuni kemampuan yang harus secara sadar dan terencana dilatih untuk dapat menguasainya. Ia juga memiliki suprasegmental sempurna yang mampu merasakan perasaan dan berbagai emosi lainnya yang dimiliki oleh manusia.

Dengan menggunakan jasa freelancer secara online, Anda memadukan dua parameter kuat yang dibutuhkan. Seorang insan yang ahli dalam menciptakan logo dan berbagai kemudahan dan pilihan yang disediakan oleh jaringan internet yang dapat dilakukan kapan saja dimana saja. Apa saja kelebihannya? Simak penjabarannya dibawah ini.

Benefit Membuat Logo Online menggunakan Jasa Freelancer

Buat Logo Online Sesuai dengan Kebutuhan Citra Anda

Buat logo online berdasarkan visi, misi atau target konsumen yang sesuai dengan perusahaan produk atau perusahaan Anda. Logo kasual yang tidak memberikan intimidasi pada semua kalangan untuk produk retail misalnya. Atau, justru logo yang tampak eksklusif, mewah dan khusus jika produk atau jasa yang Anda tawarkan memiliki pasar menengah keatas.

Sudah dapat ditebak kenapa hal itu penting, karena brand ini adalah pondasi yang akan kita gunakan untuk melakukan pemasaran kedepannya. Logo ini akan tersemat pada semua elemen pemasaran kita, termasuk dalam produk, hal terkecil seperti bolpoin, sosial media, hingga di gedung perusahaan, dsb.

Menghindari Bentuk Generik

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, terlalu umum atau generik akan menyakiti brand yang kita bangun. Ketika logo hanya sebatas ikon template yang telah tersedia dan tinggal dipilih, maka orang lain pula dapat menggunakannya sebagai logo mereka. Proses branding akan menjadi lebih sulit pula.

Biaya yang Sesuai dengan Budget

Biaya yang Anda keluarkan dapat disesuaikan dengan budget yang mampu Anda investasikan. Contohnya, Di fastwork.id terdapat beberapa freelancer yang menawarkan jasanya mulai dari Rp. 30.000, rupiah saja.

Membuat Logo Online Kapanpun Dimanapun

Jika kita menggunakan istilah online, tentunya salah satu kelebihan utamanya adalah fleksibilitas waktu dan lokasi yang tak terbatas. Rasanya tidak perlu penjabaran yang lebih panjang lagi mengenai keunggulan yang satu ini.

Buat Logo Online yang Efektif dan Inovatif

Jika Anda membuat logo dengan menggunakan jasa percetakan, besar kemungkinan petugas setting disana akan memberikan Anda logo yang generik pula. Hanya saja terkadang mereka memberikan pemanis atau small tweak untuk membuatnya sedikit berbeda. Memang logo tersebut menjadi tidak generik, namun tidak inovatif.

Melalui jasa freelancer secara online, kita dapat menentukan berbagai kebutuhan dan request yang dapat disampaikan dengan lebih tertata rapid dan mendapatkan waktu yang lebih cukup untuk menelurkan sesuatu yang lebih efektif dan inovatif.

Kekurangan/Resiko Membuat Logo Secara Online

Namun dibalik benefit dan berbagai kelebihan terdapat beberapa kekurangan atau resiko ketika kita membuat logo secara online di internet. Beberapa kekurangan tersebut adalah:

  1. Miskomunikasi. Apa yang Anda sampaikan tidak tertafsirkan dengan sempurna oleh desainer freelance Anda.
  2. Etos Kerja Freelancer yang Kurang Baik. Hal ini dapat menghambat pekerjaan Anda ketika freelancer tidak dapat menyelesaikan pesanan Anda dengan tepat waktu.
  3. Transaksi Online Beresiko. Meskipun digital awareness hari ini sudah jauh lebih baik, namun resiko penipuan secara online masih tetap ada.
  4. Perbedaan Perspektif. Sekecil apapun itu, akan terdapat beberapa perbedaan perspektif karena keabsenan tatap-muka yang terjadi secara online.

Berbagai resiko tersebut bukanlah alasan untuk tidak menggunakan jasa freelancer untuk membuat logo secara online. Karena, resiko-resiko tersebut dapat dihindari dengan cara memaksimalkan aspek internal, maupun eksternal kebutuhan merancang logo yang akan dijabarkan dibawah ini:

Tips Memaksimalkan Pembuatan Logo Secara Online

Memaksimalkan disini berarti mengurangi resiko dan memaksimalkan benefit yang didapatkan ketika Anda menggunakan jasa freelancer desainer logo online. Buat logo online yang efektif dan efisien sesuai dengan kebutuhan Anda menggunakan beberapa tips dibawah ini:

  1. Pastikan kebutuhan Anda dideskripsikan dengan jelas. Tema apa yang Anda inginkan, citra apa yang ingin dihasilkan, warna apa yang lebih Anda perimbangkan.
  2. Berikan gambaran umum namun mengerucut pada hasil yang Anda inginkan. Misalnya, jangan hanya menyebutkan perusahaan finance, pastikan juga sub sektor dan diferensiasinya, seperti: asuransi berbasis digital.
  3. Buat sketsa kasar, seburuk apapun kemampuan Anda menggambar. Jika diperlukan, minta rekan atau karyawan Anda yang dirasa lebih terampil untuk menggambar.
  4. Tentukan gaya atau style yang ingin Anda gunakan. Misalnya: modern, tradisional, formal, kasual atau ramah keluarga?
  5. Berikan contoh logo yang Anda sukai, bisa dari kompetitor atau perusahaan internasional yang menjadi telah menjadi market leader dunia.
  6. Tentukan jenis logo: ikon, teks atau simbol? Kebanyakan ketika seseorang memikirkan logo mereka akan cenderung membayangkan simbol. Namun tidak semua perusahaan cocok untuk menggunakan simbol. Bisa jadi ikon sederhana atau logotype yang mudah diingat namun unik yang diperlukan.
  7. Ungkapkan visi dan misi perusahaan atau usaha Anda, bila perlu berikan juga pemikiran filosofis yang Anda usung.
  8. Filosofi perusahaan adalah hal yang penting, tapi bukan utama. Coba renungkan kembali apakah simbol yang Anda pikirkan sudah sesuai untuk menunjang usaha Anda? Terutama jika produk Anda menyasar end-consumers atau end-user, lebih baik fokus pada consumer based brand.

Tips Memilih Freelancer yang Tepat

Setelah seluruh kebutuhan internal logo terpenuhi, kini saatnya untuk memilih desainer yang cocok untuk mengerjakan logo Anda. Pilih desainer yang setidaknya memiliki portfolio desain logo yang Anda sukai. Lebih baik lagi jika ia pernah merancang logo yang sesuai dengan ekspektasi. Berikut adalah tips memilih freelancer desain untuk membuat logo Anda secara online:

  1. Terkadang beberapa desainer freelancer tidak keberatan untuk dimintai draft kasar untuk logo yang akan mereka buat. Cobalah untuk membuat ajakan tersebut, misalnya “desainer yang mengirimkan sketsa/draft logo akan lebih dipertimbangkan”.
  2. Pastikan desainer memiliki etos kerja yang baik dengan cara melihat rating dan tingkat kepuasan client yang dapat dilihat melalui laman profil mereka.
  3. Jangan menilai kualitas logo hanya dari pandangan atau perspektif Anda semata, coba tanyakan juga pendapat orang lain. Hindari pemikiran subjektif, meskipun Anda yang menggunakan jasa, logo dibuat bukan untuk Anda, tapi untuk usaha atau perusahaan Anda. Jadi, tetaplah objektif dan jangan hanya gunakan selera saja.
  4. Komunikasi adalah hal penting yang menjadi salah satu kunci. Pastikan Anda dapat berkomunikasi dengan baik dengan desainer yang Anda pilih untuk menghindari miskomunikasi ketika Anda mendiskusikan logo yang sedang dirancang.
  5. Jika ingin melakukan revisi, beri gambaran jelas yang konkret dengan menunjukan langsung bagian mana yang ingin diubah menggunakan anak panah lengkap dengan keterangannya pada draft logo. Cara ini akan mempermudah proses komunikasi dan menghindari adanya miskomunikasi.

Buat Logo Online Menggunakan Situs Freelance Marketplace

Lalu dimana kita dapat mempekerjakan freelancer untuk mendapatkan jasa desain buat logo online untuk perusahaan atau usaha Anda? Salah satu tempatnya adalah fastwork.id: https://fastwork.id/logo-design. Menariknya, Fastwork.id mengutamakan desainer freelance yang terverifikasi kemampuan dan etos kerjanya dengan indikator mampu bekerja memenuhi tenggat waktu yang disyaratkan. Secara otomatis berbagai fitur mereka mengurangi resiko yang biasa terjadi di situs online. Situs ini juga menawarkan harga yang terjangkau (mulai dari Rp. 30.000) dan transaksi yang aman, karena dana Anda akan ditahan dan baru diberikan pada freelancer jika pekerjaannya telah sesuai dengan ekspektasi Anda.

Tinggalkan Balasan

Kembali ke Atas