Banyak pengembang perangkat lunak berpikir, mengapa ada kebutuhan untuk membuat CV. Lagi pula, apakah tidak mungkin untuk memeriksa semua keterampilan atau melihat proyek di platform hosting kode berbasis cloud seperti gitlab. Tapi, sayangnya, hal ini tidak mungkin dapat terjadi atau dilakukan pada semua kesempatan.

Bahkan menurut survei baru-baru ini terhadap hampir 1000 penyedia pekerjaan teknis, hampir 75 persen pelamar ditolak karena CV mereka. Jadi, meskipun seseorang dapat dipekerjakan tanpa CV, peluang seperti itu mungkin tidak berhasil di semua kesempatan.

Tanpa perlu terlalu panjang lebar, mari kita mulai dengan cara membuat CV profesional yang cukup baik untuk pengembang perangkat lunak.

Mencari Tahu Format Resume yang Tepat

Bagi mereka yang berada di garis depan inovasi digital, jelas bahwa preferensi akan lebih pada format yang lebih berbasis keterampilan.

Karena itu, sebagai pengembang perangkat lunak, keterampilan teknis adalah prioritas saat merekrut, sehingga resume berbasis keterampilan adalah format yang paling sesuai. Hal ini karena resume berbasis keterampilan mencerminkan keahlian khusus dari pengembang perangkat lunak, sehingga memudahkan orang yang merekrut untuk mengevaluasi CV dan memeriksa apakah pelamar dapat disejajarkan dengan siapa yang mungkin mereka cari.

Namun, sebetulnya tidak ada aturan ketat bahwa individu harus tetap menggunakan format CV berbasis keterampilan karena seseorang adalah pengembang perangkat lunak, apalagi jika pengalaman kerja kita cukuplah fenomenal. Kemudian, tentu saja, tetap harus ada gaya kronologis yang dapat membantu menonjolkan pengalaman kerja di atas segalanya.

Terlepas dari format CV, sebagai pengembang perangkat lunak, sangat penting untuk menyoroti kemampuan teknis di seluruh CV secara memadai.

Bagian Resume Standar

Karena Anda sekarang memiliki gagasan dasar tentang seperti apa format resume itu, di bawah ini adalah beberapa tip untuk menulis resume standar bagian demi bagian. Mari kita mulai dengan bagian standar yang ada di setiap CV pengembang perangkat lunak:

  • Informasi pribadi.
  • Ringkasan Tujuan atau Ringkasan Resume.
  • Keterampilan.
  • Pengalaman kerja.
  • Pendidikan.

Itu adalah bagian yang sangat dasar dan dapat ditemukan di hampir semua format CV karena bagian ini mengungkapkan informasi penting yang dicari oleh sebagian besar perekrut.

Meskipun informasi dapat dimasukkan dalam beberapa cara, tidak memilikinya dapat menyebabkan CV ditolak, terutama jika ATS (Sistem Pelacakan Otomatis) dilakukan oleh perusahaan yang merekrut. Bagian tambahan adalah opsional, tetapi mereka dapat memberikan resume tendangan ekstra jika ditambahkan dengan tepat. Mari kita menggali lebih dalam untuk memahami bagian dasar ini dengan lebih baik.

Informasi pribadi

Informasi pribadi adalah bagian yang cukup sederhana. Biasanya di bagian paling atas resume dan berisi informasi kontak. Ini juga merupakan bagian di mana rincian platform hosting kode berbasis cloud disertakan (alamat gitlab/github). Namun, harus dipastikan bahwa informasi tersebut cukup substansial. Jika tidak, itu akan menjadi pemborosan total. Ingatlah selalu bahwa Anda akan dinilai berdasarkan informasi tersebut. Jadi, kita harus sangat berhati-hati mengenai hal tersebut.

Ingatlah bahwa perekrut tidak punya banyak waktu dan kemungkinan besar tidak akan bisa menggali terlalu banyak. Mereka juga mungkin tidak memiliki kecakapan teknis untuk melakukannya (HRD biasanya bukanlah orang teknis pengembangan aplikasi). Oleh karena itu, jika mereka melewatkan bagian fantastis dari CV Anda, Anda juga kehilangan kesempatan untuk direkrut.

Ringkasan Atau Lanjutkan Tujuan

Menulis tujuan resume secara bertahap menjadi kurang relevan untuk pengembang perangkat lunak. Mengapa? hal ini terjadi karena terutama menyangkut karir seperti apa yang diharapkan individu dan tidak banyak tentang apa yang dapat ditawarkan individu kepada atasan.

Alih-alih itu, pilih ringkasan resume. Ini membantu, terutama jika pengembang perangkat lunak sedang mempertimbangkan perubahan karier atau sesuatu yang penting atau unik untuk disorot.

Hal ini juga memberikan ruang lingkup untuk menyoroti keterampilan unik dan pencapaian lainnya dengan benar. Selain itu, ringkasan resume membantu memaksa perekrut untuk membaca lebih lanjut tentang pelamar. Oleh karena itu, itu harus ditambahkan hanya jika ada manfaat.

Keterampilan

Merekrut manajer banyak fokus pada keterampilan teknis tertentu karena ini diperlukan untuk melakukan tugas tertentu. Namun, pendekatan terbaik adalah meneliti deskripsi pekerjaan dan dengan demikian menyusun keterampilan secara menyeluruh.

Pengalaman

Ini adalah daging dan tulang dari pengembang perangkat lunak CV. Pengalaman kerja harus ditata dalam urutan kronologis terbalik. Peran terbaru harus di paling atas.

Pendidikan

Ini adalah bagian yang paling kritis. Jika Anda adalah seorang pengembang perangkat lunak baru, maka bagian ini harus berada di atas. Namun, jika Anda berpengalaman, maka bagian ini akan mengambil kursi belakang.

Coba dan batasi CV hanya satu halaman. Anda dapat menambahkan surat lamaran jika Anda mau. Lakukan proof-read dan edit CV. Sebaiknya CV diteruskan di luar jam sibuk.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.