Ruang Guru: Apa? Mengapa? Kelebihan & Kekurangan+Promo

ruang-guru-apa-mengapa-kelebihan-kekurangan-daftar-harga-diskon-promo-serupa60

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai ruang guru, jika Anda melewatkan diskon yang diberikan oleh Ruang Guru di televisi, maka Anda dapat menggunakan kode: SERUPA60 untuk mendapatkan diskon mitra serupa.id sebesar 60% atau cukup klik di sini.

Diskon berlaku untuk semua varian produk ruang kelas, ruang kelas plus, dan ruang kelas + SBMPTN.

Dengan ini juga, kami ingin memberitahukan bahwa serupa.id akan mendapatkan komisi jika Anda menggunakan kode tersebut. Terima kasih telah mendukung serupa.id, dan sebagai balasannya kami juga tidak akan ragu untuk membantu Anda mengatasi berbagai kendala teknis dan kekurangan yang dimiliki oleh platform Ruang Guru. Jadi, jangan ragu untuk menghubungi kami melalui laman kontak.

Apa itu Ruang Guru?

Ruang Guru adalah platform pembelajaran daring yang memiliki banyak fitur (boleh jadi, terlalu banyak) untuk mendukung kegiatan belajar dan pembelajaran siswa di luar sekolah yang menggunakan media Aplikasi Mobile (Android & iOs).

Fitur utama yang ditawarkannya berupa video pembelajaran yang dibawakan oleh Guru-Guru terkualifikasi, dilengkapi oleh animasi yang memperjelas materi yang disampaikan.

Saya tidak akan mengelu-elukan “animasi menarik” dari video tersebut, seperti bagaimana mereka memasarkan produknya. Karena poin utama dari animasi tersebut adalah ilustrasi beranimasi yang sangat membantu sekali, terutama untuk pelajaran matematika dan pelajaran rumit lainnya.

Efektifkah Ruang Guru?

Lalu apakah video tersebut efektif? Dengan memperhatikan pendekatan dan metode pembelajaran yang mereka aplikasikan, saya dapat mengatakan Ya, efektif. Bagian yang paling saya sukai adalah bagaimana animasi mampu memberikan konteks lebih yang dapat mengefisiensikan proses komunikasi.

Materi disajikan dalam video singkat namun sangat jelas. Tidak hanya itu, setelah menjelaskan materi melalui video, Ruang Guru juga memberikan kuis singkat sebagai bentuk konfirmasi. Itu adalah salah satu poin penting yang hilang dari pembelajaran daring, konfirmasi dari Guru.

Namun, terkadang kuis yang diberikan terlalu mudah, terutama untuk jenjang SMA. Hal itu wajar, dan tidak mengapa. Sudah jelas bahwa tujuan soal itu adalah untuk meningkatkan motivasi proses pembelajaran, bukan evaluasi. Hal ini justru menunjukkan kembali bahwa apa yang Ruang Guru susun sudah secara matang dipersiapkan.

Lalu apa bedanya dengan video-video lain di Youtube? Jelas dari kualitas dan bagaimana video mereka jauh lebih terorganisir berdasarkan jenjang pendidikan dan materi pelajaran. Terdapat menu timestamp yang tersusun rapi seperti daftar isi pada buku juga. Sehingga sangat mudah bagi peserta didik untuk mencari topik yang mereka butuhkan saja dalam video.

Dampak Utama Video Ruang Guru

Dampak yang paling besar adalah bagaimana mereka bisa belajar kapan saja tanpa kejenuhan membaca buku paket. Karakter, perilaku dan potensi anak sangatlah berbeda. Ada yang mampu membaca teks dengan baik dan tidak merasa jenuh. Ada juga yang lebih mengandalkan kecerdasan visual dan pendengarannya. Di kelas, peserta didik dapat mendengarkan langsung penjelasan dari Guru-nya.

Namun, lagi-lagi pembelajaran ceramah yang diberikan oleh Guru belum tentu dapat benar-benar diserap dengan baik dalam beberapa pertemuan saja. Sementara itu, di rumah, semua dipukul rata untuk membaca. Di sinilah letak kelebihan Ruang Guru. Mengisi ruang yang selama ini kosong dan tidak merata untuk peserta didik.

Mudahnya, melalui aplikasi Ruang Guru, anak dapat bertemu dengan Guru-nya kapan saja, tanpa harus kelelahan dan jenuh dengan membaca catatan atau buku paket sekolah. Aplikasi ini juga memberikan nilai lebih bagi gawai yang dimiliki anak. Kini, mereka memiliki satu aplikasi tambahan yang dapat membantu proses belajar dari sumber rujukan tepercaya dan sesuai dengan kurikulum.

Video dilengkapi ilustrasi animasi, materi sesuai dengan kurikulum, terdapat daftar isi video yang dapat digunakan dengan mudah, soal latihan, dan masih banyak lagi. Sounds too good to be true? Tenang saja, kelemahannya juga lumayan banyak.

Kekurangan Ruang Guru

Tentunya, berbagai kelebihan itu selalu diiringi dengan berbagai kekurangan yang menyelubunginya. Kekurangan-kekurangan tersebut meliputi:

  1. Bantuan suara mengganggu, volumenya sangat tinggi. Bantuan suara tersebut selalu diperdengarkan ketika kita memilih menu tertentu dalam aplikasi. Mungkin fitur itu membantu adik-adik kita yang berada di jenjang SD dan SMP tingkat awal. Namun kemungkinan besar, siswa menengah akan terganggu. Bahkan, hingga artikel ini terbit, belum ada opsi untuk mematikannya, yang saya yakin, siswa tingkat SMA sangat menginginkan fitur tersebut.
  2. Antarmuka masih tampak terlalu ramai, dengan berbagai fitur yang belum tentu digunakan.
  3. Video pembelajaran benar-benar hanya mengikuti KD dari Kurikulum. Tidak ada tambahan detail lain. Meskipun cukup, namun proses diskusi dari siswa yang tertarik pada mata pelajaran tertentu tidak dapat terpenuhi di sini. Meskipun, sebetulnya kekurangan ini dapat diselesaikan dengan berlangganan ruang belajar plus.
  4. Penyampaian Video terkadang terlalu childish untuk jenjang SMA kelas 10. Sepengetahuan Saya, ketika mengajar di SMA, anak-anak cenderung sudah tidak bisa diberikan pendekatan seperi itu. Namun, mereka pasti melakukannya dengan berbagai pertimbangan yang didasari penelitian. Seharusnya mereka lebih tahu mengenai hal itu. Mungkin, secara general mereka menganggap bahwa generalisasi dari kelas 10 SMA memang masih harus dibawakan seperti itu.
  5. Terlalu banyak pop-up dan banner promosi yang mengganggu, terutama jika Anda belum berlangganan. Saran Saya, abaikan dan gunakan saja kode mitra seperti SERUPA60, karena jumlah potongan sama saja 60% + bantuan teknis dan tips mengatasi kekurangan Ruang Guru lainnya. Sementara itu, jadi juara hanya dapat digunakan ketika masa promosi berlaku (patokannya, ketika mereka menayangkan acara promosi TV).

Kelebihan Ruang Guru

Untuk menyimpulkan saja, berikut beberapa kelebihan Ruang Guru.

  1. Video berkualitas dapat menjadi pengganti Guru yang tidak ada di rumah.
  2. Pembelajaran tidak menjenuhkan karena Siswa cukup menontonnya.
  3. Tersedia Rangkuman materi berupa infografis yang jelas dan mudah untuk dibaca.
  4. Terdapat kuis in-Video yang membantu proses penyerapan materi
  5. Fitur latihan soal yang dapat membantu proses penyerapan materi pula
  6. Tersedia social media yang dapat menjadi ajang saling mendukung antar pelajar
  7. Tersedia tutor online dan kelas belajar streaming dengan Super Teacher (khusus ruang belajar Plus).
  8. Tersedia konseling gratis (BK) (khusus ruang belajar Plus).
  9. Try out dan materi mendetail (khusus ruang belajar Plus).

Rekomendasi

Meskipun masih memiliki kekurangan, Ruang Guru tetap menjadi solusi yang baik, terutama untuk membantu proses belajar siswa di rumah. Video dapat menjadi pengganti Guru yang dapat ditemui kapan saja, di mana saja, ketika peserta didik membutuhkannya.

Selain itu, kualitas videonya juga sangat baik. Penyampaiannya singkat, padat, jelas, diiringi konfirmasi melalui kuis yang dapat meningkatkan motivasi pembelajaran. Melalui Ruang Guru juga, Anda dapat memastikan bahwa pembelajaran yang ditempuh sesuai dengan rujukan yang ditentukan oleh kurikulum.

Hal itu sebetulnya adalah salah satu visi dari serupa.id. Yaitu, menyediakan berbagai materi ilmu pengetahuan yang memiliki daftar rujukan jelas, sesuai dengan pendapat para Ahli. Namun, sebagai institusi independen nun profit, rasanya sulit untuk menyediakannya secepat dan selengkap Ruang Guru.

Daftar Harga Berlangganan Ruang Guru (setelah diskon mitra SERUPA60)

Jika Anda tertarik untuk berlangganan Ruang Guru, gunakan kode promo SERUPA60 untuk mendapatkan diskon 60% atau klik di sini. Berikut adalah daftar harga Paket langganan Ruang Guru setelah diskon yang tersedia dengan menggunakan kode SERUPA60

Paket LanggananHarga Diskon
Paket 1 Tahun
ruang belajar
Diskon 60%
Rp 1.350.000Rp 540.000
Paket 2 Tahun

ruang belajar

Diskon 60%
Rp 2.200.000Rp 880.000
Paket 1 Tahun

SMA + SBMPTN

ruang belajar

(termasuk materi persiapan SBMPTN & Try Out)

Diskon 60%
Rp 2.200.000Rp 880.000
Paket 1 Tahun SD

ruang belajar Plus

(termasuk kelas streaming dengan grup belajar dan Super Teacher, Try Out & Konseling)

Diskon 60%

Rp 2.400.000

Rp 960.000

Paket 1 Tahun SMP-SMA

ruang belajar Plus

(termasuk kelas streaming dengan grup belajar dan Super Teacher, Try Out & Konseling)

Diskon 60%

Rp 3.100.000

Rp 1.240.000

Paket 1 Tahun SMA+SBMPTN

ruang belajar Plus

(termasuk kelas streaming dengan grup belajar dan Super Teacher, Try Out & Konseling, materi persiapan SBMPTN)

Diskon 60%

Rp 4.500.000

Rp 1.800.000

 

*harga dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan mengikuti ketentuan Ruang Guru, namun kode SERUPA60 akan tetap dapat digunakan, mengikuti presentasi potongan harga (diskon) promo yang sedang berlaku pula. Dapatkan Promo sekarang juga:

tombol promo ruang guru

Langganan [ruang belajar] dalam ruang guru dengan menggunakan kode: SERUPA60 untuk mendapatkan diskon 60%.

Tinggalkan Balasan

Kembali ke Atas