Pengertian Surat Lamaran Pekerjaan

Surat lamaran pekerjaan adalah surat yang berisi permohonan untuk bekerja di suatu lembaga, perusahaan, atau perseoran terbatas (PT) yang pada umumnya memiliki bagian-bagian berisi identitas diri, jasa yang dapat dilakukan, pendidikan, hingga keterangan keahlian, dan pengalaman (Kemdikbud, 2017, hlm. 1). Bagian yang berisi identitas diri, pendidikan, keahlian, dan pengalaman disebut juga sebagai kualifikasi pelamar.

Senada dengan pendapat di atas, Triyatna (2014, hlm. 95) menyatakan bahwa surat lamaran pekerjaan adalah surat yang dibuat oleh pencari atau pelamar kerja yang dikirimkan kepada perusahaan atau lembaga dengan harapan mendapat jabatan atau pekerjaan sesuai dengan lowongan pekerjaan yang ditawarkan.

Membuat surat lamaran kerja sangat tergantung dari jenis lowongan, lembaga, dan bahkan iklan dari lowongan pekerjaan itu sendiri. Meskipun begitu, pada dasarnya surat lamaran pekerjaan memiliki bentuk dasar yang sama berdasarkan sistematika umum yang dapat digunakan untuk melamar pekerjaan apa saja.

Hanya isinya saja yang harus disesuaikan dengan masing-masing lowongan yang tersedia. Sementara itu, bagian bagian surat lamaran pekerjaan atau struktur surat lamaran pekerjaan akan dijelaskan pada pemaparan di bawah ini.

Sistematika Surat Lamaran Pekerjaan

Seperti yang telah diutarakan sebelumnya, lamaran untuk bekerja pada suatu tempat sangat tergantung pada jenis lowongan masing-masing. Namun semua jenis surat lamaran kerja memiliki bentuk dasar, kerangka, sistematika, atau struktur yang sama.

Menurut Tim Kemdikbud (2017, hlm. 16) sistematika surat lamaran pekerjaan mencakup: Tempat dan tanggal pembuatan surat, lampiran dan hal, alamat surat, salam pembuka, alinea pembuka, isi, penutup, salam penutup, tanda tangan dan nama terang. Di bawah ini adalah penjelasan dari masing-masing bagian sistematika surat lamaran pekerjaan.

Tempat dan tanggal pembuatan surat

Untuk mengetahui kapan dan di mana surat lamaran dibuat. Bagian ini biasa ditempatkan di pojok kanan atas tanpa titik, karena bukan kalimat.

Lampiran dan hal

Memberitahukan berapa banyak lampiran yang disertakan, misalnya lamaran dilengkapi oleh identitas dan kualifikasi pelamar sebanyak 4 lembar, maka contohnya adalah sebagai berikut:

Lampiran: Empat lembar

Hal          : Pemberitahuan

Agar menjadi surat lamaran yang baik dan benar, jangan menyingkat lampiran menjadi “lamp” atau “lamp.”

Alamat surat

Tentunya yang dimaksud adalah alamat ke mana surat lamaran dikirimkan yang berarti akan memuat penerima dan alamat lembaga. Berikut beberapa hal yang harus dicermati saat menulis alamat surat dalam lamaran pekerjaan.

  1. Surat lamaran kerja termasuk surat dinas, artinya kita tidak menyurati seseorang saja, oleh karena itu, surat lamaran pekerjaan yang benar tidak akan menggunakan “Kepada”.
  2. Alamat sebaiknya tidak lebih dari tigas baris untuk mempersingkat isi surat.
  3. Jabatan tidak menggunakan panggilan jenis kelamin seperti Bapak atau Ibu.
  4. Keterangan teks “Jalan” pada alamat tidak boleh disingkat.
  5. Alamat surat bukan kalimat, oleh karena itu jangan menggunakan titik di masing-masing akhir baris.

Contoh:

Yth. Manajemen PT. Sukses Mandiri

Jalan Sukarasa nomor 115, Citereup

Bandung

Salam Pembuka

Merupakan salam atau ucapan hormat yang biasa dimulai dengan “Dengan hormat, “ untuk memulai surat lamaran pekerjaan secara formal.

Contohnya:

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya mengajukan lamaran menjadi Staf Administrasi pada PT. Sukses Mandiri.

Alinea Pembuka

Merupakan alinea utama untuk menyatakan pernyataan diri. Maksudnya, jika iklan lowongan pekerjaan mencantumkan permintaan untuk pelamar yang merupakan lulusan baru atau fresh graduate, dan kebetulan kita adalah lulusan baru maka kita dapat mencantumkannya secara tidak langsung di sini.

Dengan kata lain, alinea pembuka dapat menjadi jembatan utama dialog antara surat lamaran pekerjaan dan iklan lowongan pekerjaan. Hal ini penting agar lembaga atau perusahaan yang kita lamar merasa dihargai karena kita tidak hanya membuat surat lamaran yang sama untuk semua perusahaan.

Sebagai contoh, berikut adalah contoh iklan lowongan pekerjaan dan salam pembuka surat lamaran pekerjaan yang berdialog dengan baik terhadap iklan tersebut.

Iklan Lowongan:

  1. Sukses Mandiri membuka lowongan pekerjaan untuk mengisi posisi staf administrasi junior. Diutamakan baru lulus (fresh graduate), pekerja keras, dan memiliki latar belakang pendidikan manajemen bisnis, administrasi perkantoran, atau informatika.

Contoh Alinea Pembuka (kalimat pembuka surat lamaran yang benar):

Dengan Hormat,

Berdasarkan kebutuhan yang tercantum dalam lowongan pekerjaan yang saya peroleh melalui internet, saya siap untuk bekerja keras dan memiliki kualifikasi yang relevan, karena saya baru saja lulus dari SMK bidang keahlian Administrasi Perkantoran.

Isi

Isi surat lamaran pekerjaan terdiri dari hal-hal berikut ini.

  1. Identitas diri
    berupa nama, tempat tanggal lahir, alamat, pendidikan terakhir dan dapat ditambah hal lainnya sesuai dengan keperluan melamar. Dalam menuliskan keterangan tersebut, huruf awal kata menggunakan huruf kecil, contohnya:nama : Nitriana Safitri
    tempat tanggal lahir        : Bandung, 25 Januari 1999
    pendidikan terakhir        : S-1 Pendidikan Biologi
    alamat                                  : Jl. Kancil 32, Coblong, Bandung, 40257
  2. Maksud dan tujuan
    merupakan keterangan mengenai alasan pengirim atau pelamar untuk menulis surat.
  3. Menyatakan lampiran
    lowongan pekerjaan akan meminta beberapa dokumen persyaratan meliputi ijazah, kartu tanda penduduk, hingga pasfoto, dsb.

Penutup

Dalam penutup, sebaiknya pelamar pekerjaan harus menunjukkan keantusiasan atau harapan terhadap pekerjaan yang dituju.
Contoh:
Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat. Besar harapan saya untuk dapat bergabung dan menjadi bagian dari perusahaan .

Salam Penutup

Jika di awal terdapat salam pembuka tentunya di bagian akhir surat harus dilengkapi menggunakan salam penutup. Salam penutup dapat sesederhana:
Hormat saya,

Tanda tangan dan nama terang

Hal ini berguna untuk menginformasikan bahwa pelamar benar-benar menulis lamaran tersebut atas keinginan dirinya sendiri. Bagian ini dibubuhkan tepat di bawah salam penutup. Contohnya:

Hormat saya,

(tanda tangan)

Nitrina Safitri

Unsur Kebahasaan Surat Lamaran Pekerjaan

Tim Kemendikbud (2017, hlm. 30) surat lamaran pekerjaan yang benar akan mengikuti beberapa ketentuan-ketentuan unsur kebahasaan yang meliputi beberapa poin berikut.

  1. Menggunakan bahasa yang baik dan benar
  2. Memakai kata-kata yang sopan
  3. Menggunakan kata pengantar yang jelas, singkat dan padat/informatif, dan tepat sasaran.
  4. Jaga agar tulisan bersih, mudah dibaca, sesuai dengak kaidah ejaan.
  5. Melengkapi bagian-bagian surat dengan norma bahasa surat, seperti: penulisan unsur hal, tempat/tanggal, alamat, salam pembuka, isi surat, salam penutup, tanda tangan, dan nama terang).

Maka, secara umum, dapat dikatakan bahwa kaidah atau ciri kebahasaan surat lamaran pekerjaan sangatlah sederhana dan mencakup:

  1. Pilihan kata sapaan bersifat formal.
  2. Bahasa ragam baku.
  3. Kata yang dipilih mengandung makna sebenarnya atau denotatif (bukan kiasan).
  4. Menggunakan kalimat pernyataan umum, contohnya:
    Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari bursa kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Karawang, perusahaan Bapak/Ibu membuka lowongan kerja untuk beberapa posisi.
  5. Memakai kalimat pernyataan argumentasi, contohnya:
    untuk melengkapi beberapa data yang diperlukan dan sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu pimpinan di waktu yang akan datang, saya lampirkan juga kelengkapan data diri sebagai berikut.
  6. Menggunakan pernyataan penegasan, contohnya:
    Demikian permohonan surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan sejujur-jujurnya. Atas perhatian serta kerja sama dari Bapak/Ibu pimpinan saya ucapkan terima kasih.

Jenis Lamaran Pekerjaan

Tim Kemendikbud (2018, hlm. 30) memaparkan bahwa berdasarkan jenis pembuatannya, ada dua jenis surat lamaran pekerjaan, yaitu sebagai berikut.

  1. Surat lamaran pekerjaan yang digabungkan dengan riwayat hidup (curriculum vitae). Dalam cara ini, riwayat hidup termasuk isi surat karena isinya berupa gabungan. Cara ini juga disebut dengan model gabungan.
  2. Surat lamaran yang dipisahkan dari riwayat hidup. Dalam cara ini, riwayat hidup merupakan lampiran dan cara ini disebut model terpisah.

Cara Membuat Surat Lamaran Pekerjaan

Menurut Tim Kemdikbud (2017, hlm. 30) cara membuat surat lamaran pekerjaan yang benar adalah dengan memperhatikan hal-hal berikut ini.

  1. Menggunakan bahasa yang baik dan benar
  2. Format penulisan tersusun rapi dengan bahasa yang jelas
  3. Surat lamaran pekerjaan sebaiknya ditulis tangan (secara manual) untuk beberapa lembaga yang memintanya (lamaran calon pegawai negeri sipil biasanya harus ditulis manual).
  4. Lengkapi dengan berbagai data yang dibutuhkan oleh perusahaan atau lembaga yang menawarkan lowongan pekerjaan
  5. Lampirkan surat pendukung seperti sertifikat, surat keterangan pernah bekerja, dsb.

Langkah-langkah menulis surat lamaran pekerjaan

Selain itu, terdapat langkah-langkah yang digunakan untuk mempermudah dan memastikan sistematika, isi, dan bahasa yang digunakan menjadi baik dan tepat guna. Berikut adalah langkah-langkah tersebut.

  1. Menulis struktur atau unsur-unsur surat lamaran pekerjaan sesuai dengan sistematikanya terlebih dahulu. Masing-masing bagian dapat diisi oleh satu kalimat pokok terlebih dahulu.
  2. Kembangkan seluruh bagian yang telah ditulis sebelumnya, kembangkan kalimat pokok menjadi alinea atau paragraf penuh dengan deskripsinya. Abaikan berbagai hal yang tampaknya salah seperti ejaan, kalimat tidak efektif, dsb. Tumpahkan seluruh idemu terlebih dahulu tanpa keraguan sedikit pun.
  3. Baca ulang dan perhatikan berbagai unsur dan kebahasaan yang ada lalu perbaiki, seperti bahasa baku, ejaan, kalimat efektif, dsb.

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan

Contoh Surat Lamaran Jenis Gabungan

Berikut adalah contoh surat lamaran pekerjaan model gabungan dalam Finoza (2010, hlm. 280).

Jakarta, 11 Maret 2000

Yth. Manager Personalia PT Astra Graphia

Jln. Kramat Raya 147 Jakarta Pusat

Hal: Lamaran Pekerjaan

Dengan hormat,

Sudah lama saya mengagumi bidang usaha yang digeluti oleh PT Astra Graphia. Saya ingin sekali mengembangkan karier pada perusahaan ini. Saya sudah terbiasa melihat dan mengetahui sedikit tentang mesin-mesin kantor, termasuk yang diageni oleh PT Astra Graphia. Atas dasar iti, dengan ini saya mengajukan lamaran kerja sebagai karyawan pada bagian penjualan PT Astra Graphia.

Sebagai bahan pertimbangan manajemen personalia, di bawah ini saya cantumkan riwayat hidup.

1. Data Pribadi

Nama : Firman Setiabudi

Kelahiran : Jakarta, 14 Juni 1985

Status : Belum menikah

Alamat : Jln. Kebon Melati 11/5, Jakarta Barat

2. Pendidikan

Tahun 2006 tamat SMA Muhammadiyah VIII Jakarta

Tahun 2009 D-3 Teknik Komputer dari STIK Bina Informatika, Jakarta

Tahun 2008 tamat Kursus Bahasa Inggris Tingkat Intermediate

Tahun 2005 tamat Kursus Marketing, Pusat Pelatihan SDM Usaha Mulia, Jakarta

3. Pengalaman Bekerja

Belum ada

4. Keterangan Lain

  1. Kegemaran: olahraga (tenis lapangan) dan membaca buku fiksi
  2. Menguasai bahasa Mandarin (lisan) secara aktif
  3. Memiliki SIM A dan C

5. Referensi

  1. Joni Putra, S.E., M.M., Wakil Ketua II STIE Kampus Ungu, Jln. Pacuan Kuda 1-5 Jakarta Timur,
  2. Untung Darwadi, S.H., Kantor Rektorat UI, Depok

Untuk melengkapi lamaran ini saya lampirkan fotokopi ijazah dan surat surat penting yang diperlukan beserta pasfoto saya yang terbaru.

Atas pertimbangannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Firman Setiabudi

Lampiran:

  1. Fotokopi Ijazah SMA dan D-3 Teknik Komputer
  2. Fotokopi Ijazah Kursus Bahasa Inggris
  3. Fotokopi Ijazah Kursus Marketing
  4. Fotokopi Surat Keterangan Kesehatan
  5. Fotokopi Surat Keterangan Berkelakuan Baik
  6. Pasfoto ukuran 4 x 6 cm (2 lbr).

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Model Terpisah

Berikut ini contoh surat lamaran pekerjaan model terpisah dalam Finoza (2010, hlm. 282).

Perumahan Taman Pasundan

Jln. Cimelati Raya No. 91 Bogor 12550

11 Januari 2004

Yth. Manajemen PT Agung Senada

PO Box 461/JKBKJ Jakarta Selatan

Hal            : Lamaran

Lampiran   : 5 lembar

Dengan hormat,

Setelah membaca iklan Bapak dalam harian Kompas tanggal 9 Januari 2004. Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

nama : Ratih Elfina Purnamasari

tempat tanggal lahir : Bogor, 30 Agustus 1994

jenis kelamin : Perempuan

agama : Islam

pendidikan/jurusan : D-3 Administrasi Perkantoran dan Sekretaris FISIP UI

alamat : Jalan Cimelati Raya No. 91 Bogor 12550

nomor telepon : +628123456789

Dengan ini mengajukan lamaran sebagai asisten manager pemasaran pada perusahaan yang Bapak pimpin. Saya mampu berbahasa Inggris aktif (lisan maupun tulis), berbahasa Prancis secara pasif, dan dapat mengoperasikan komputer. Sebagai orang yang baru menamatkan pendidikan, saya belum mempunyai pengalaman kerja. Namun, dengan bekal ilmu yang saya miliki, beberapa pelatihan yang saya ikuti, beserta pengalaman magang di PT Bata, saya yakin akan mampu menangani tugas perkantoran dengan baik.

Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu, bersama ini saya lampirkan:

  1. Riwayat hidup;
  2. Fotokopi ijazah; dan
  3. Keterangan surat penting lainnya.

Atas perhatian dan pertimbangan Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Ratih Elfina Purnamasari

Referensi

  1. Finoza, Lamuddin. (2010). Aneka surat sekretaris & bisnis Indonesia. Bandung:
    Diksi Insan Mulia.
  2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Buku Siswa Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAN Kelas XII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  3. Triyatna, S. (2014). Korespondensi Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Mediatera.

Gabung ke Percakapan

1 Komentar

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *