Cara Memahami Lukisan Abstrak: Kajian Seni di Luar Alam Dunia

Contoh Lukisan Abstrak: No.5 oleh Pollock.

Lukisan abstrak adalah salah satu gaya seni yang sulit untuk dipahami. Terkadang berbagai gambar abstrak yang terdapat didalamnya tampak tidak masuk akal. Coretan berhamburan dimana-mana dan tidak menyerupai gambar apapun. Tidak ada figure, pemandangan atau bahkan bentuk yang pasti di dalamnya. Lalu apa indahnya karya abstrak? Mengapa gaya seni seperti ini bisa muncul dan berkembang? Beberapa karyanya bahkan dibanderol dengan harga yang fantastis.

Memahami Lukisan Abstrak

Untuk mengetahui cara memahami lukisan abstrak kita harus mengetahui terlebih dahulu apa itu abstrak. Apa definisi dan pengertian dari abstrak. Karena bisa jadi salah satu alasan mengapa kita tidak memahaminya adalah karena tidak benar-benar mengerti apa yang dimaksud dengan karya abstrak. Atau kita tidak tahu latar belakang mengapa gaya lukisan abstrak ini muncul dan berkembang.

Apa Itu Abstrak

Arti abstrak menurut oxford dictionary adalah “Existing in thought or as an idea but not having a physical or concrete existence”. Ada sebagai gagasan atau ide tetapi tidak memiliki keberadaan fisik atau konkret. Seperti abstrak skripsi yang merupakan ide dasar dari keseluruhan wujud konkret penelitian yang berada di setiap bab-nya. Arti abstrak di seni rupa juga mengambil referensi yang sama terhadap definisi itu. Yaitu melukiskan berbagai bentuk yang tidak ada wujud fisik/konkretnya di alam dunia melalui gagasan unsur-unsur seni rupa, yaitu: garis, bentuk, warna, dll.

Seni abstrak menggunakan bahasa visual bentuk, warna dan garis untuk menciptakan komposisi karya yang tidak mengambil referensi visual yang ada di alam/dunia (Arnheim, 1969). Lukisan abstrak adalah lukisan yang menghadirkan gambar yang tidak ada wujudnya di dunia. Lukisan abstrak tidak akan menggambar subjek potret manusia, pemandangan, hewan atau referensi lainnya yang terdapat di alam dunia. Itulah sebabnya mengapa lukisan abstrak tampak hanya seperti coretan asal yang dilukiskan di kanvas.

Kemunculan Seni Abstrak

Pada akhir abad ke-19 banyak seniman merasa perlu menciptakan gaya seni baru yang sesuai dengan berbagai perubahan yang terjadi di masa itu. Perubahan-perubahan mendasar yang terjadi dalam teknologi, sains, dan filsafat memberikan kebutuhan baru bagi seniman untuk terus melaju mengikuti zaman. Perubahan yang membuat para seniman menarik argumen teoritis mereka yang beragam, cerminan sosial dan intelektual di budaya Barat pada masa itu (Gooding, 2000).

Kamera adalah salah satu teknologi yang paling mempengaruhi kebutuhan baru ini. Dengan adanya teknologi kamera para seniman mulai meninggalkan salah satu fungsi karya lukis sebagai media dokumentasi. Sehingga berbagai pergerakan baru seni diluar realisme terus bermunculan, termasuk lukisan abstrak. Seni abstrak menjadi salah satu jawaban dari berbagai argumen yang ditarik oleh para seniman barat di masa itu.

Walaupun pergerakan seni lukisan abstrak dimulai dari akhir abad ke-19, Gambar abstrak telah ditemukan dari sejak zaman purba. Kebudayaan barat bukanlah yang pertama menciptakan karya abstrak. Hampir semua budaya awalnya memiliki bentuk seni karya abstrak. Seperti motif-motif suku afrika, kain batik indonesia, desain geometris pada kaligrafi dan arsitektur Islam.

Tingkat Abstraksi

Terkadang lukisan abstrak juga disebut penyederhanaan dari sesuatu yang real dan konkret. Fotografer yang handal dapat mengubah objek yang real menjadi abstrak. Begitu juga dengan seniman, terkadang seniman menggunakan hal konkret dan nyata untuk dijadikan karya abstrak. Seperti Seniman Indonesia asal bandung Ay Tjoe Christine yang terinspirasi dari sayap-sayap serangga dalam menggarap karya abstraknya.

Contoh lukisan abstrak : Small Flies and Other Wings oleh Ay Tjoe Christine. Gambar diperoleh melalui: Phillips.com
Contoh lukisan abstrak : Small Flies and Other Wings oleh Ay Tjoe Christine. Gambar diperoleh melalui: Phillips.com

Sejatinya semua gagasan adalah hal yang abstrak jika tidak di konkretkan pada sesuatu. Penggambaran ide abstrak tersebutlah yang menjadi soal. Apakah penggambaran tersebut ingin menampilkan ide tersebut apa adanya atau ingin ditampilkan dan dikomunikasikan sejelas mungkin pada publik.

Tingkat Abstraksi, Abstract-o-Meter dalam Ted Talk: You are fluent in this language (and don't even know it) oleh Christoph Niemann. Gambar diperoleh melalui video di ted.com
Tingkat Abstraksi tampak jelas melalui ilustrasi diatas. Jika terlalu jelas terkadang justru penyampaian ide abstrak dapat menjadi tampak terlalu radikal. Sementara jika terlalu abstrak, sulit untuk mengetahui gagasan yang ingin dikemukakan. Abstract-o-Meter dalam Ted Talk: You are fluent in this language (and don’t even know it) oleh Christoph Niemann. Gambar diperoleh melalui video di ted.com

Desain komunikasi visual atau seni rupa terapan akan lebih condong mengambil tingkat tengah. Karena pesan akan dengan jelas tersampaikan pada publik. Sementara seni murni cenderung mengeksplorasi pada berbagai tingkat abstraksi, termasuk yang paling abstrak. Disitulah gambar abstrak berdiri, di level abstraksi yang paling tinggi.

Langkah Mengapresiasi Lukisan Abstrak

Terdapat beberapa cara yang dapat digunakan untuk memahami atau mengapresiasi karya abstrak. Mulai dari objeknya itu sendiri, mencermati berbagai bentuk yang tampak. Hingga ke berbagai alasan mengapa perupa lukisan abstrak itu, melukis karya tersebut. Latar belakang dan sejarah masa seniman berkarya juga dapat dijadikan indikator untuk mengkaji karya abstrak dan seni pada umumnya.

Stop Mencari Bentuk Nyata

Seperti yang telah dikemukakan sebelumnya, tujuan lukisan abstrak bukanlah untuk melukiskan hal yang real. Karya abstrak tidak akan mengambil referensi apapun dari alam dunia. Meskipun rasanya terdapat kemiripan terhadap objek konkret, abaikan. Daya apresiasi kita hanya akan berhenti disini jika kita terus menerus mencari referensi yang real dan ada di dunia.

Rasakan berbagai emosi pada karya abstrak

Perhatikan berbagai garis, coretan dan warna yang tampak pada karya abstrak. Apakah ada emosi tertentu yang muncul dari coretan dan warna yang ditonjolkannya? Misalnya warna merah dan goresan kuas yang kasar untuk kemarahan. Atau justru lengkungan halus berwarna hijau dipadukan dengan biru langit yang memberikan kita ketenangan karena mengingatkan kita pada keindahan alam. Cobalah rasakan sendiri dampak yang terjadi pada emosi yang kita rasakan ketika bereaksi pada berbagai elemen yang terdapat pada lukisan abstrak.

Contoh lukisan abstrak oleh Damien Diaz-Diaz. Gambar diperoleh melalui: 1stdibs.com
Contoh lukisan abstrak oleh Damien Diaz-Diaz. Gambar diperoleh melalui: 1stdibs.com

Berhenti Mencari Makna

Salah satu kesalahan umum yang terjadi pada saat kita ingin memahami karya seni adalah kita terus bertanya “maksudnya apa?”. Tidak semua karya seni harus memiliki pesan atau maksud yang dituju. Terkadang lukisan abstrak dilukis hanya untuk dinikmati seperti keindahan bunga di taman. Apresiasi dan nikmati berbagai kombinasi bentuk dan warna yang terjadi pada karya abstrak.

Pelajari Latar Belakang Seniman dalam Melukis Karya Abstrak

Mengetahui latar belakang seniman dalam menggarap karyanya akan memberikan pandangan baru terhadap karya yang kita apresiasi. Beberapa seniman akan menggunakan warna hitam untuk menunjukan trauma kengerian setelah perang. Seniman lain justru ingin merayakan prestasi manusia yang telah berdamai dari perang dengan menggunakan warna-warna yang terang.

Misalnya seperti Jackson Pollock yang melukis karyanya dengan cara menumpahkan catnya secara ekspresif di atas kanvas. Dia memilih untuk menggunakan tongkat atau kuas yang rusak sebagai alat lukisnya. Terkadang ia juga menumpahkan cat langsung dari kalengnya. Ia menggunakan tekniknya tersebut untuk membentuk berbagai garis yang acak tetapi tetap alami melalui pengaruh gravitasi. Ia memainkan alam bawah sadar dan kontrol penuh akan dirinya sendiri, sehingga menghasilkan jembatan antara ketidaksengajaan dan sengaja. Dalam salah satu pernyataan wawancaranya dia memilih untuk melukis sesuatu yang indah dan dapat dinikmati seperti bunga, tanpa beban makna atau pesan tertentu; art for art sake.

Contoh Lukisan Abstrak: No.5 oleh Pollock.
Contoh Lukisan Abstrak : No.5 oleh Jackson Pollock. Gambar diperoleh melalui: jackson-pollock.org

Hentikan Menghakimi Diri

Menghakimi diri sendiri tidak mengerti terhadap karya abstrak tidak akan membantu. Hal itu adalah belenggu apresiasi yang harus dihilangkan. Lebih baik lewati saja ketidakmengertian tersebut dan teruskan apresiasi. Lukisan abstrak memang membutuhkan waktu yang lebih untuk dicerna.

Keindahan itu Subjektif

Jika memang tidak ada yang menarik dari karya abstrak yang kita pandangi, bisa jadi karya tersebut memang bukan selera kita. Mungkin abstrak bukan gaya seni yang kita sukai. Bisa jadi karya tersebut memang berkualitas kurang baik dalam pandangan subjektif kita sendiri. Meskipun begitu, jangan menghakimi karya tersebut baik atau buruk terlebih dahulu. Lebih baik coba cari dan lihat berbagai karya lukisan abstrak dari seniman lain atau dari berbagai turunan gaya abstrak lainnya.

Dalam kasus seperti ini jika kita tetap ingin memahami lukisan abstrak lebih lanjut, maka diperlukan pandangan objektif melalui tahap apresiasi hingga ke kritik seni. Mengevaluasi karya seni tidak semudah hanya dengan melihatnya sekilas saja. Diperlukan beberapa langkah kritik seni sebelum melakukan evaluasi yang objektif. Dibawah ini adalah artikel mengenai apresiasi dan kritik seni yang dapat digunakan untuk memandu evaluasi lukisan abstrak secara objektif dan adil.

Apresiasi Seni – Penciptaan Kembali Karya dan Interpretasi

Kritik Seni Rupa – Analisis Formal, Interpretasi dan Penilaian

Referensi

1. Rudolph Arnheim, Visual Thinking, University of California Press, 1969
2. Mel Gooding, Abstract Art, Tate Publishing, London, 2000

Bagikan Artikel Ini:

Tinggalkan Balasan

Kembali ke Atas