Contoh teks negosiasi pada artikel ini dipilah berdasarkan struktur teks negosiasi yang meliputi: orientasi, isi (pengajuan, penawaran), dan kesepakatan. Berikut adalah beberapa contoh teks negosiasi beserta strukturnya dengan tema: negosiasi jual beli di pasar, jual beli hp, antar keluarga, teks negosiasi dalam bentuk dialog, dan surat penawaran.

Contoh Teks Negosiasi Jual Beli di Pasar

Berikut adalah contoh teks negosiasi panjang mengenai negosiasi jual beli antara ibu mirna dan abang penjual buah.

Membeli Mangga Harum Manis

Orientasi

Siang itu ibu mirna sengaja pergi ke pasar untuk membeli buah mangga. Ia memutuskan untuk membeli buah mangga karena tahu bahwa bulan ini adalah musim mangga dan berharap mendapatkannya dengan harga yang murah. Sesaat setelah tiba di pasar ia langsung menghampiri salah satu kios penjual buah-buahan langganannya.

Isi (berisi: pengajuan & penawaran)

“Berapa harga mangganya bang?” bu mirna bertanya.

Penawaran

“Dua lima saja sekilonya bu, sudah murah” jawab abang penjual buah.

Pengajuan

“Oh begitu, tapi bukannya sekarang sedang musim ya bang? Bisa dong lebih murah lagi?” bu mirna berusaha mendapatkan potongan harga.

Penawaran

“Iya deh, buat ibu boleh dua puluh dua ribu saja”

Pengajuan

“Masa potongannya cuma dikurangi tiga ribu bang, saya sudah menjadi langganan lho di sini”

Penawaran

“Harga yang ini memang lebih mahal bu,  mangga harum manis spesial, dagingnya tebal dan sangat manis”

Pengajuan

“Delapan belas ribu saja ya?” Tawar bu mirna sambil sedikit tersenyum.

Penawaran

“Kalau mangga kweni yang ini boleh bu delapan belas ribu” balas abang penjual buah.

Pengajuan

“Duh, saya maunya mangga harum manis bang”

Penawaran

“Ya sudah karena ibu mirna memang sudah menjadi pelanggan setia saja nih, saya kasih dua puluh ribu saja”

Persetujuan / Kesepakatan

“Baik kalau begitu, boleh deh dua puluh ribu, saya ambil dua kilo ya bang”.

“Siap bu, saya pilihkan yang sudah matang ya”

Tak membutuhkan waktu yang lama, abang penjual buah dengan cekatan memilihkan buah-buah dengan kualitas terbaik untuk bu mirna. Ia pun lalu membungkus dan memberikan buah mangga yang sebelumnya telah ditimbang itu kepada Ibu mirna. Ibu mirna pun menyambut dengan senyum. Keduanya telah berhasil membuat kesepakatan yang membuat keduanya bahagia.

Contoh Teks Negosiasi dalam Bentuk Dialog

Teks negosiasi dalam bentuk dialog berarti teks tidak memiliki narasi dan semua kalimat di dalamnya adalah kalimat langsung dilengkapi indikator pembicara atau pengucap (Nama Pembicara: “Kalimat yang diucapkan”

Berikut adalah contoh teks negosiasi singkat dalam bentuk dialog di lingkungan keluarga.

Membeli laptop baru

Orientasi

Bagas: “Yah, Bagas dengar Ayah baru membelikan Hp baru ya untuk Rani” bagas bertanya

Ayah: “Iya gas, kenapa? Jangan bilang kamu juga mau, Hp kamu kan masih bagus” ayah menjawab sembari menaikan alisnya.

Bagas: “Nggak kok yah, Iya Hp Bagas masih bagus kok, tapi…”

Ayah: “Wah gawat nih kalau ada tapinya” potong ayah.

Isi (pengajuan & penawaran)

Bagas: “Lebih gawat Bagas yah, belakangan tugas kuliah semakin banyak dan membutuhkan banyak aplikasi untuk menyelesaikannya, sementara laptop Bagas lambat yah” bagas meneruskan pembicaraannya.

Ayah: “Jangan bilang kamu mau minta dibelikan laptop baru”

Bagas: “Iya yah, karena tugas Bagas selalu terhambat, lagi pula laptop ini memang sudah cukup berumur, dari Bagas kelas 11 SMA. Padahal program studi Bagas juga memang membutuhkan laptop yang lebih cepat yah, Bagas kan belajar Desain, aplikasi 3d itu membutuhkan daya komputasi tinggi yah”

Ayah: “Wah kamu ini memang bisa saja, tapi kan Ayah baru membelikan Hp untuk adikmu, uang ayah nanti habis gas”

Bagas: “Kalau Ayah membelikan laptop baru untuk Bagas, laptop yang ini bisa diberikan ke Rani kan yah, jadi Ayah tidak usah membelikan Rani laptop lagi untuk pelajaran TIK”

Kesepakatan

Ayah: “Ya sudah kalau begitu, Ayah akan belikan, tapi…”

Bagas: “Janji yah, Bagas akan belajar dengan sungguh-sungguh” jawab bagas memotong perkataan Ayah.

Ayah: “Kamu itu… bukan itu maksud Ayah, kamu kan sudah duduk di perguruan tinggi, itu sih sudah menjadi kewajiban kamu sendiri untuk sadar akan pentingnya untuk belajar dengan sungguh-sungguh”

Bagas: “Oh, iya yah, Hehe.. kalau begitu apa yah?”

Ayah: “Tapi nanti ya bulan depan setelah Ayah gajian dan kamu harus janji mau mengajarkan Rani untuk menggunakan laptop”

Bagas: “Siap Pak!” jawab Bagas sambil sedikit bercanda.

Contoh Teks Negosiasi Jual Beli Hp

Di bawah ini adalah contoh teks negosiasi dalam bentuk narasi beserta strukturnya.

Membelikan HP baru untuk Rani

Orientasi

Pak Bimo, Ayah Rani yang sudah berjanji untuk membelikan Hp baru akhirnya pergi ke gerai penjualan Hp di dekat rumahnya. Ia pun sudah mengetahui model Hp yang ingin dimiliki oleh Rani setelah mendiskusikannya bersama di rumah.

Namun sebagai persiapan membelikan Bagas laptop baru juga Pak Bimo harus mampu menghemat uang sebanyak mungkin dengan cara mendapatkan harga yang lebih murah untuk model Hp yang diinginkan oleh Rani. Oleh karena itu ia berusaha untuk mendapatkan penawaran terbaik dari toko tersebut.

Isi

Pak Bimo: “Selamat siang mas, saya ingin membeli HP model A51” tanya pak bimo.

Penjaga Toko: “Siang pak, baik model tersebut ada di sini, saya ambilkan sebentar ya pak” jawabnya dengan tanggap.

Pak Bimo: “Oh, iya, baik mas” jawab pak bimo agak kaget mendengar penjaga toko tersebut dengan cepat mengambil unit HP yang ditanyakan.

Penjaga Toko: “Silakan pak, terdapat tiga pilihan warna, warna hitam, merah muda, dan abu-abu”.

Pak Bimo: “Sebentar mas, harganya berapa?”

Penjaga Toko: “Dua juta tujuh ratus lima puluh ribu pak, khusus warna hitam harganya dua juta delapan ratus lima puluh ribu”

Pak Bimo: “Wah, harganya tinggi juga ya, tidak ada diskon mas?”

Penjaga Toko: “Kebetulan belum ada promo pak untuk saat ini”

Pak Bimo: “Sayang sekali, padahal saya hanya membawa uang dua juta lima ratus ribu”

Penjaga Toko: “Penawaran terbaik kami hanya sanggup memberikan anti gores gratis dan asing standar saja pak”

Pak Bimo: “Begitu ya, apakah tidak bisa kalau harganya dipotong seharga dua juta lima ratus ribu saja mas? Kalau bisa saya ambil sekarang juga”

Penjaga Toko: “Sepertinya belum bisa pak, tapi coba saya tanyakan dulu kepada atasan saya”

Pak Bimo: “Boleh mas, terima kasih”

Penjaga toko tersebut berjalan ke bagian belakang gerai toko Hp dan tampak berbincang dengan seseorang yang merupakan atasannya. Tak lama atasan dari penjaga toko tersebut lantas bertanya dari kejauhan kepada Pak Bimo sambil berjalan menghampirinya.

Manager Toko: “Maaf pak, kalau boleh tahu mau mengambil Hp yang warna apa?”

Pak Bimo: “Saya mau membeli yang warna merah muda pak” jawab pak Bimo.

Kesepakatan

Manager Toko: “Oh begitu, kebetulan kalau begitu, untuk unit yang berwarna merah muda boleh pak dua juta lima ratus ribu saja, kebetulan stok warna merah muda kami masih banyak dan manajemen ingin lekas menghabiskannya”

Pak Bimo: “Kalau begitu saya bayar sekarang juga mas”.

Setelah kesepakatan tersebut terjadi penjaga toko gerai Hp tersebut lalu membuka Hp tersebut untuk mengecek kelengkapan dan kondisi uni Hp. Tak lupa ia juga memasangkan anti gores gratis yang telah ditawarkan sebelumnya. Pak bimo lantas bergegas pulang untuk segera memberikan Hp baru tersebut kepada Rani.

Contoh Teks Negosiasi Penawaran

Berikut ini adalah contoh teks negosiasi penawaran dalam bentuk surat penawaran

Serupa Stationary

Jalan Gunung Batu no. 643

Kota Bandung, Jawa Timur

Website: www.serupa.id

Email: info@serupa.id

Nomor : 029/PROM-21/2020 5 September 2020

Hal : Penawaran Produk Spesial

Lampiran : Satu lembar

 

Yth. Arkamaya Software House

Jalan Guntur Sari Wetan

Kota Bandung, Jawa Barat

Dengan hormat,

Orientasi

Serupa.id adalah perusahaan alat tulis kantor dan teknologi server komputer menyediakan berbagai produk kepentingan alat tulis dan komputer server berkekuatan tinggi dengan kualitas terbaik. Kami telah memuaskan lebih dari enam puluh perusahaan yang mempercayakan alat tulis dan teknologi komputer perkantorannya kepada kami.

Penawaran

Dalam rangka menyambut tahun baru kami mengadakan penawaran spesial berupa potongan harga hingga 30%. Masa promosi ini berlaku mulai dari 21 september hingga 29 desember. Harga barang dapat dilihat pada brosur yang terlampir.

Untuk keterangan yang lebih lanjut, Anda dapat menghubungi kepala seksi bidang penjualan kami melalui nomor 08971164777. Demikian surat penawaran ini kami sampaikan. Atas waktu dan kepercayaan Anda kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya.

Hormat kami,

Bidang Pemasaran Serupa.id

Gamal Thabroni

Contoh Analisis Teks Negosiasi

Contoh analisis teks negosiasi dapat dilihat pada tautan di bawah ini:

Teks Negosiasi: Struktur, Ciri, Pengertian, Contoh & Analisis

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *