Seni rupa kontemporer adalah sosok yang selalu menjadi sorotan kontroversi masyarakat. Meskipun sederhananya seni kontemporer adalah seni masa kini yang tengah mengalami proses perkembangan, namun representasinya tidak sesederhana itu. Wujud dari ide dan wacananyalah yang selalu menimbulkan kontroversi.

Seni kontemporer tidak sesederhana seni klasik yang telah mapan dan berada pada puncak penciptaan tertinggi pada suatu masyarakat. Seni kontemporer itu radikal, sulit dipahami bahkan tidak sedikit publik yang dibuat gerah karenanya. Maka dari itu subjek ini sangat penting untuk dipahami agar kita dapat mengikutinya atau bahkan mematahkan idenya.

Pengertian Seni Rupa Kontemporer

Pengertian seni rupa kontemporer berarti seni rupa yang diciptakan terikat pada berbagai konteks ruang dan waktu yang menyelimuti seniman, audiens dan medannya. Istilah kontemporer sendiri berasal dari Bahasa Inggris “contemporary” yang berarti apa-apa atau mereka yang hidup pada masa yang bersamaan (D. Maryanto, 2000). Artinya Seni rupa kontemporer bersifat kekinian karena diciptakan di masa yang masih bersamaan dengan kita dan dunia seni secara umum.

Meskipun begitu istilah “seni rupa kontemporer” tidak dapat diterjemahkan begitu saja sebagai seni masa kini seperti yang dijelaskan di atas. Istilah seni rupa kontemporer di dunia masih menimbulkan perdebatan. Terutama karena tidak ada ciri khusus yang dominan dan dapat dirujuk untuk menunjuk pada suatu praktik atau bentuk seni yang baku. Hal itu sangat wajar karena bentuk seni rupa ini sendiri masih dalam tahap perkembangan, bahkan berkembang dengan kita baik sebagai seniman, kritikus maupun hanya sekedar penikmat.

Polemik Istilah Seni Rupa Kontemporer

Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, seni kontemporer hingga saat ini masih menjadi perdebatan, tidak hanya dalam praktik wacana seni rupa saja, tapi juga di dunia seni secara umum, baik itu seni musik, tari, dsb. Secara garis besar, polemik yang hingga kini masih terjadi dapat dipilah menjadi dua perspektif utama, yakni sebagai berikut.

Pertama, secara leksikal istilah dari Bahasa Inggris “Contemporary” terikat dengan waktu, yaitu “masa kini” yang jelas mengandung masalah. Sebab masa lalu pun ketika masa kini belum muncul adalah masa kini (Sumartono, 2000, hlm. 23). Temporal sense masa kini atau semasa (dengan masyarakatnya) menimbulkan persoalan, sebab “semasa” dapat mengacu pada waktu yang fleksibel, misalnya sepanjang waktu yang dilalui oleh seniman atau beberapa tahun belakangan ini, atau satu dekade? (Irianto, 2000, hlm. 75).

Kedua, Ada yang memaknai bahwa istilah seni rupa kontemporer itu lebih dikatikan dengan eksistensi wujud karya seni yang representasinya berbeda dari prinsip-prinsip seni modern atau seni klasik yang telah mapan. Seperti yang disampaikan oleh Arthur Danto dalam bukunya The End of Art (1995, hlm. 10) sebagai berikut.

“Contemporary” in its most obvious sense means simply what is happening now: contemporary art would be the art produced by our contemporaries… But as the history of art has internally evolved, contemporary has come to mean an art produced within a certain structure of production never, I think, seen before in the entire history of art. So just as ‘modern’ has come to denote a style and even a period, and not just recent art, ‘contemporary art’ has come to designate something more than simply the art of present moment.

Pemaknaan istilah kontemporer yang terkait dengan persoalan representasinya ini pun cakupannya sangat luas. Pengertian yang beredar luas di masyarakat sendiri menganggap bahwa seni rupa kontemporer berarti seni rupa modern dan seni rupa alternatif. Misalnya seperti: Instalasi, happening art, performance art, video art dan video mapping yang berkembang di masa kini.

Sejarah Seni Rupa Kontemporer

Pemahaman mengenai seni rupa kontemporer juga bisa kita dapatkan dengan bercermin pada sejarah seni. Terutama, sejarah seni rupa kontemporer sendiri. Meskipun terhitung baru, tetapi kita sudah dapat melacak kemunculannya dari zaman modern.

Di Barat, wacana seni rupa kontemporer dimulai dengan menunjukkan pada berakhirnya era modernisme dalam seni rupa (modern art). Sebab-sebab terjadinya krisis itu di antaranya adalah penciptaan karya seni rupa yang menjadi terlalu mudah. Setiap gaya dari sebuah karya yang baru saja diciptakan seolah-olah telah ada sebelumnya.

Kritikus seni Harold Rosenberg menyebut fenomena tersebut dengan istilah de javu dalam Bahasa Perancis yang berarti “pernah dilihat” (Sumartono, 2000, hlm. 22). Maka berakhirlah periodisasi seni rupa modern yang sudah tidak relevan lagi dengan berbagai karya baru yang tercipta pada masa itu.

Berakhirnya era seni rupa modern memunculkan kebutuhan untuk terminologi baru. Munculah istilah post modernism (masa setelah modern) sebagai penggantinya. Kemudian istilah itu dipakai dalam praktik seni rupa di Barat yaitu karya seni yang berkecenderungan dengan masa postmodern (post modernisme).

Namun penggunaan istilah postmodern ternyata mengandung persoalan. Hal itu karena kompleksitas dan keragaman pengertian yang dibawanya. Pada akhirnya istilah yang lebih banyak digunakan adalah seni rupa kontemporer.

Seni rupa kontemporer dapat dikatakan sebagai wacana dalam praktik seni rupa di Barat yang praktiknya menunjuk kepada kecenderungan masa posmodern. Kecenderungan tersebut secara tidak langsung menyiratkan wacana dalam seni rupa yang anti modern. Hal itu disebabkan karena salah satu paradigma kemunculan posmodern adalah paradigma yang menolak modernisme.

Sifat-sifat modern yang ditolak diantaranya adalah semangat universalisme dalam budaya, kolektivitas, membelakangi tradisi, mengedepankan teknologi dan individualitas (I. M. Pirous, 2000). Serta penolakan terhadap budaya Barat yang selama itu masih dominan.

Dalam perjalanannya, sifat-sifat modern dianggap mengesampingkan berbagai produk kesenian non Barat yang dianggap lebih rendah dari seni modern karena bersifat tradisional. Sifat itulah yang ditentang oleh para seniman postmodern. Karena sifat-sifat modern dianggap tidak mengakui karya seni rupa tradisonal yang dihasilkan oleh suatu budaya komunal sebagai karya seni rupa yang sejajar dengan karya seni rupa modern.

Ciri dan Sifat Seni Rupa Kontemporer

Berikut adalah beberapa ciri seni rupa kontemporer yang dapat kita pastikan untuk sementara waktu ini.

  1. Tidak adanya sekat antara  berbagai disiplin seni dengan meleburnya batas-batas antara seni lukis, patung, kriya, teater, musik,dan sebagainya
  2. Sebaliknya Isu-isu yang diwacanakan adalah kesetaraan antara etnis dan gender, HAM, lingkungan hidup, nilai tradisi dan persatuan keberagaman yang lain
  3. Memiliki gairah moralistik yang brerkaitan dengan matra sosial dan politik sebagai tesis.
  4. Karena sifatnya yang masih radikal dan kontroversional, seni kontemporer cenderung diminati media massa untuk dijadikan komoditas pewacanaan sebagai aktualitas berita dengan issue terkini dan fashionable
  5. Mengutamakan jenis media seni baru seperti instalasi, performance art, video dan sebagainya.
  6. Tidak mendiskriminasi dan menerima karya populer sebagai wujud seni

Ciri kontemporer dalam wacana seni rupa dikukuhkan dengan semangat pluralisme (keberagaman). Berorientasi bebas namun menghilangkan batasan-batasan kaku (konvensional) dalam dunia seni rupa. Dalam seni rupa kontemporer batasan medium dan dikotomi seni seperti “seni lukis”, “seni patung” dan “seni grafis” nyaris diabaikan.

Orientasi bebas dan medium yang tidak terbatas memunculkan karya-karya dengan media-media non konvensional. Hal itu menimbulkan perspektif baru tentang keindahan seni, serta lebih berani menggunakan konteks sosial, ekonomi serta politik (Sumartono, 2000).

Walaupun ada pemaknaan khusus dan ciri dalam wacana seni rupa kontemporer seperti telah disebutkan di atas, arti leksikal kontemporer yang menunjukkan konteks kekinian tidak dapat diabaikan. Berdasarkan konteks masa kini, seni rupa kontemporer dipandang sebagai karya seni yang ide dan pembahasannya dibentuk serta dipengaruhi sekaligus merefleksikan kondisi yang mewarnai keadaan zaman ini tempat “budaya global” menyeruak, yang menebarkan banyak pengaruh dan menjadi penyebab berbagai perubahan dan perkembangan (Sumartono, 2000).

Pada akhirnya seni rupa kontemporer adalah wacana yang masih dalam tahap perkembangan dan belum memiliki ciri atau ide yang dapat dibakukan.

Contoh Seni Rupa Kontemporer

Jika kita membedahnya berdasarkan jenis atau ragam (yang sebetulnya ditolak pula oleh seni kontemporer), maka kita dapat menemui beberapa media baru yang sering digunakan oleh para seniman kontemporer, meliputi :

  1. Seni Instalasi
  2. Happening Art
  3. Performance Art
  4. Video Art
  5. Video Mapping

Seni Instalasi

Seni Instalasi adalah karya seni rupa yang dibuat dengan menggabungkan berbagai media baik dua dimensi maupun tiga dimensi dan tidak terbatas pada pengelompokan jenis seni rupa (seni lukis, patung, dll) sehingga membentuk kesatuan baru.

Karya seni ini juga biasanya menawarkan interaktifitas bagi pengunjung pameran, misalnya pengunjung dapat menulis pendapatnya pada kanvas atau sesederhana pengunjung dapat menekan tombol untuk menggerakan sesuatu.

Interaktifitas tersebut menimbulkan dialog langsung, sehingga memberikan perspektif dan nilai lain yang selama ini kurang mendapatkan sorotan dari seni yang telah mapan sebelumnya (seni klasik).

contoh seni kontemporer, seni instalasi “forest of numbers” oleh: emmanuelle moureaux. mymodernmet.com

Penejelasan lebih lengkap mengenai Seni Instalasi dapat diperoleh melalui link dibawah ini:

Baca juga: Seni Instalasi & Pengertian, Sejarah, Kategori (Lengkap)

Happening Art

Happening Art adalah persilangan antara pameran seni rupa dan pertunjukan teatrikal. Biasanya bentuk seni ini menghindari penggunaan unsur-unsur teater tradisional, seperti: alur cerita, karakter pemain dan adegan. Meskipun begitu tema dan naskah tetap dibuat pada karya ini, hanya saja lebih banyak terjadi monolog pada karya ini.

Performance Art

Banyak masyarakat bahkan kalangan seniman sendiri sering keliru membedakan antara Performance Art dan Happening Art. Performance art memang mirip dengan happenings art, yaitu gabungan seni pertunjukan dan seni rupa, tetapi penekanan representasinya tetap menjurus pada aspek visual. Performance Art tidak membutuhkan dialog atau monolog sama sekali.

Contoh seni rupa kontemporer: Performances art: Freak on a leash. bridgetmoser.com

Video Art

Sebetulnya media seni ini tidak begitu baru, namun kemunculannya lebih banyak di ‘era masa kini’ yang mengacu pada tahun 1970-an – hingga sekarang (setidaknya hingga saat artikel ini ditulis). Intinya Video Art menampilkan gambar bergerak pada layar monitor.

Video Mapping

Video Mapping setidaknya menggabungkan dua jenis seni rupa yang salah satunya adalah Video Art yang disorotkan menggunakan proyektor pada jenis seni lainnya. Berbagai aspek visual pada video yang disorotkan disesuaikan (di mapping/dipetakan) dengan jenis seni lain seperti: arsitektur, instalasi bahkan ke seni tari dan pertunjukan. Pemetaan antara video dan jenis karya lainnya tersebut memberikan nuansa dan perspektif baru bagi dunia seni rupa.

Kesimpulan

Seni kontemporer hingga kini masih menunjukkan wacana seni anti modernisme yang mengagungkan pluralisme. Namun ironisnya tidak ingin menggunakan jenis atau media seni yang dianggap kaku dan terlalu universal. Sehingga seniman memilih menggunakan medium non konvensional, berorientasi bebas, tidak terikat pada konvensi-konvensi yang baku.

Meniadakan dikotomi/pengkotakan serta lebih berani menyentuh persoalan sosial, ekonomi, dan politik. Persoalan sosial, ekonomi dan politik ini diwarnai dengan keadaan zaman di mana budaya global banyak memberikan pengaruh yang cepat terhadap perubahan dan perkembangan sosial dan budaya seluruh masyarakat dunia.

Jadi, apa dan seperti apa seni kontemporer itu? Berkacalah ke dunia hari ini dan beberapa dekade ke belakang. Jika kita melakukannya, maka semakin jelas bahwa seni telah dipengaruhi atau dipaksa untuk ikut bersinggungan dengan berbagai momen besar dunia meliputi:

  1. internet, kemudahan dalam mendapatkan informasi memberikan distrupsi besar-besaran terhadap semua sektor industri termasuk seni;
  2. semakin berkembangnya teknologi digital yang kini mulai semakin menyentuh dunia nyata dan tidak hanya ada di dunia maya, yakni revolusi industri 4.0;
  3. pergolakan kebebasan berpendapat dan pilihan gaya hidup mulai dari kebebasan beragama, kesetaraan gender, keruntuhan demokrasi (berbagai kelemahannya semakin muncul ke permukaan), dsb.

Semua itu telah memaksa seni menghadapi babak baru di zaman yang serba cepat dan transformatif ini. Semuanya dapat tiba-tiba berubah baik dalam segi postitif dan negatif. Bahkan, bisa jadi sebenarnya kita sedang mengalami kematian kedua dari seni pula.

Dapat disimpulkan bahwa seni rupa kontemporer adalah seni yang sedang dalam tahap perkembangan dan bereksplorasi tanpa henti berdasarkan konteks yang sedang terjadi di masa kini, detik ini, ruang temporal ini, beserta berbagai ramalan atau prakiraan masa depan dan tentunya masih melibatkan pengaruh masa lalu yang bisa jadi diangkat ulang dalam dialektika yang tak pernah usai.

Referensi

  1. Representasi Tradisi dan Nilai Budaya Lokal dalam Seni Rupa Kontemporer Yogyakarta. uny.ac.id
  2. Sumartono. 2000. Peran Kekuasaan dalam Seni Rupa Kontemporer Yogyakarta, dalam Outlet: Yogya dalam Seni Rupa Kontemporer Indonesia. Yogyakarta: Yayasan Seni Cemeti.
  3. Irianto, Asmudjo Jono. 2000. Konteks Tradisi dan Sosial Politik dalam Seni Rupa Kontemporer Yogyakarta Era 90-an, dalam Outlet: Yogya dalam Seni Rupa Kontemporer Indonesia. Yogyakarta: Yayasan Seni Cemeti.

Gabung ke Percakapan

8 tare

    1. Maaf, tapi berhubung materinya sendiri masih berupa polemik yang belum memiliki simpulan yang mapan jadi format yang dibawakan juga teks diskusi. Tapi awalnya saja kok, sisanya cukup mengalir :). Jadi mohon maaf, mungkin memang lebih baik dipindai saja berkali-kali agar lebih mudah dipahami, toh pada akhirnya seni kontemporer memang masih sulit untuk dipahami dan lebih baik dialami.

  1. artikel ini sangat bermanfaat untuk saya karna saya jadi paham apa itu seni kontemporer yang selama ini saya buat dalam bentuk lukisan

  2. bahasa nya lugas dan mengalir. lebih simpel ketimbang membaca dari berbagai sumber. bermanafaat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *