Adanya peluang mendapatkan gaji yang cukup besar serta kesempatan berkeliling ke berbagai negara yang berbeda memang menjadi daya tarik bekerja di kapal pesiar. Oleh karenanya, tidak mengherankan jika banyak kalangan tertarik dan menjadikan bekerja di kapal pesiar sebagai target mereka untuk memulai karier.

Sejalan dengan hal tersebut, lowongan pekerjaan di kapal pesiar pun cenderung terbuka dari waktu ke waktu. Artinya, ada peluang yang cukup besar untuk mendapatkan pekerjaan di bidang ini.

Hanya saja, selain membuat resume profesional, Anda perlu tahu beberapa tahapan mendaftar pekerjaan di kapal pesiar. Nah, pada kesempatan ini akan dibahas tentang panduan mendaftar di kapal pesiar untuk mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan. Simak ulasan selengkapnya!

Panduan Sebelum Melamar Menjadi Kru

Sebelum mendaftar menjadi kru di kapal pesiar, ada beberapa hal mendasar yang perlu Anda lakukan terlebih dahulu. Adapun panduan melamar menjadi kru kapal pesiar yang dimaksud adalah sebagai berikut:

1. Bergabung di lembaga kursus

Untuk bisa bekerja di kapal pesiar, Anda perlu bergabung dengan lembaga kursus terlebih dahulu. Poin ini cukup penting karena lembaga kursus akan memberikan gambaran tentang bagaimana bekerja di kapal pesiar. Tentu, banyak persiapan yang akan Anda dapatkan di lembaga kursus tersebut.

2. Mengikuti pelatihan dan pendidikan

Jika Anda sudah bergabung di lembaga kursus, maka Anda perlu mengikuti pelatihan dan pendidikan yang diselenggarakan. Tentu, ada banyak hal pelatihan yang akan Anda dapatkan terutama untuk mengasah kemampuan dan meningkatkan skill yang Anda miliki agar sesuai dengan kebutuhan di industri kapal pesiar.

3. Meningkatkan kemampuan bahasa Inggris

Hal lain yang menjadi persiapan penting sebelum Anda mulai bergabung menjadi kru di kapal pesiar adalah meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Ini adalah hal yang sangat penting karena bahasa Inggris akan menjadi bahasa utama yang digunakan.

Memang, di lembaga kursus tersebut, materi yang diajarkan salah satunya adalah bahasa Inggris. Hanya saja, Anda tentu perlu mempelajarinya lebih intensif.

Beberapa hal di atas adalah apa yang perlu Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk bekerja di kapal pesiar. Semakin matang persiapan yang Anda lakukan, tentu kemungkinan di terima bekerja di kapal pesiar pun akan semakin besar.

Panduan Mendaftar Menjadi Kru di Kapal Pesiar

Perlu diketahui bahwa meskipun peluang untuk bekerja di kapal pesiar cenderung terbuka, namun persaingan dan seleksi yang dilakukan pun cukup ketat. Terkait pendaftaran tersebut, ada beberapa hal penting yang harus Anda ketahui, yaitu:

1. Memiliki dokumen yang lengkap

Untuk mendaftar di kapal pesiar, ada beberapa dokumen mendasar yang perlu Anda lengkapi sebelumnya. Adapun beberapa dokumen yang dimaksud adalah:

  • Paspor
  • Sertifikat Basic Training Safety
  • Buku Pelaut
  • Medical Check-up
  • Visa
  • Kartu Tenaga Kerja Luar Negeri
  • Marlin Test Document

Tentu, semua dokumen tersebut harus dipenuhi terlebih dahulu. Kabar baiknya, umumnya, lembaga kursus akan memberikan bantuan terkait pemenuhan beragam jenis dokumen tersebut.

2. Mendaftar pada lowongan yang tersedia

Untuk bergabung menjadi kru kapal pesiar, tentu Anda harus memanfaatkan lowongan yang tersedia. Umumnya, lowongan tersebut tersedia untuk beberapa posisi yang berbeda. Nah, Anda bisa memilih mana posisi yang Anda inginkan untuk bekerja di kapal pesiar.

Setelah memilih posisi yang diinginkan Anda perlu memenuhi tahapan seleksi yang ada. Ada beberapa tahapan seleksi yang harus diikuti mulai dari seleksi administrasi, tes fisik, tes kemampuan, tes wawancara dan lainnya.

Tentu, hanya mereka yang lolos dalam berbagai tahapan tes tersebut yang nantinya akan diterima. Tidak hanya itu, Anda yang sudah dinyatakan di terima pun nantinya akan menjalani pelatihan terlebih dahulu. Biasanya, pelatihan ini diadakan dalam waktu sekitar 6 bulan.

Jika dilihat, panduan untuk mendaftar lowongan di kapal pesiar cenderung sederhana dan simple. Hanya saja, Anda perlu memastikan bahwa Anda memilih lembaga penyalur legal dan memiliki reputasi baik demi kelancaran. Selain itu, pastikan Anda memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik pula.

Memilih Lembaga Kursus Kapal Pesiar yang Kredibel

Seiring peran lembaga kursus yang sangat penting untuk menunjang keinginan Anda bekerja di kapal pesiar, tentu Anda perlu selektif dalam memilih lembaga kursus tersebut. Ada beberapa tips mendasar yang bisa dijadikan pertimbangan untuk memilih lembaga kursus tersebut, seperti:

  • Cek izin operasional yang dimiliki lembaga
  • Pastikan lembaga kursus memiliki kurikulum serta buku panduan sesuai standar
  • Pilih lembaga kursus yang memiliki tenaga pengajar profesional
  • Memiliki program belajar yang sesuai dengan kebutuhan industri
  • Memiliki program bahasa Inggris yang fokus pada speaking
  •  Memiliki hubungan dengan lembaga terkait untuk penyaluran tenaga kerja
  • Memiliki kredibilitas yang baik ditandai dengan testimoni yang positif

Demikian beberapa hal yang penting diketahui terkait mendaftar di kapal pesiar. Nah, pahami beberapa hal di atas dan persiapkan diri Anda sebaik mungkin agar Anda bisa lolos dalam seleksi yang dilakukan. (dzotan)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.