Letak dan luas benua Asia dan benua lainnya adalah salah satu pengetahuan geografi umum yang sewajarnya dikuasai pada zaman yang serba global ini. Batas negara dan jarak tidak lagi menjadi penghalang, sehingga pengetahuan geografi menjadi salah satu kunci untuk menghadapinya.

Mengapa? karena melalui geografi, kita akan mendapatkan berbagai wawasan untuk memahami karakteristik orang-orang yang berada di suatu wilayah pula. Hal ini menjadi penting karena pengetahuan dan kemampuan sosial mengambil andil yang cukup besar dalam usaha untuk semakin menyejahterakan umat manusia. Saat kita mengenal berbagai wilayah dan orang-orang yang menempatinya, kita juga akan semakin siap dalam menghadapi globalisasi di era revolusi industri 4.0 ini.

Benua adalah massa daratan yang memiliki ciri atau karakteristik tertentu (Tim Kemdikbud, 2017, hlm. 3). Bagi ahli geografi , benua tidak hanya sekadar istilah fisik namun menyangkut aspek budaya pula. Karena alasan tersebutlah Asia dan Eropa dianggap sebagai dua benua yang berbeda, meskipun masih dalam satu masa daratan yang menyatu. Pemisahnya adalah budaya yang berbeda antara Eropa dan Asia.

Ada berapa benua di dunia ini? Sebagian ahli geografi menyebutkan ada tujuh benua di dunia, sedangkan sebagian lainnya menyatakan ada enam dan lima benua. Para ahli geografi yang membagi benua menjadi tujuh menganggap bahwa benua di dunia terdiri dari: Asia, Eropa, Amerika Utara, Amerika Selatan, Afrika, Australia, dan Antartika. Sementara mereka yang menyebut enam benua menggabungkan Benua Eropa dan Asia menjadi Eurasia.

Namun pembagian benua yang paling umum digunakan adalah lima benua yang meliputi:

  1. Asia,
  2. Eropa,
  3. Amerika,
  4. Afrika,
  5. Australia.

Setiap benua memiliki kondisi alam yang berbeda, demikian pula dengan kondisi budayanya. Hal itu, sejak dulu telah menyebabkan terjadinya interaksi antarbenua. Di mana sajakah letak benua-benua tersebut? Bagaimanakah perbandingan luas masing-masing benua? Berikut adalah pemaparannya.

Letak dan Luas Benua Asia

Benua Asia terletak pada 26o BT – 170 o BT dan 11 o LS – 80 o LU. Hampir seluruh wilayah benua Asia berada di belahan bumi utara (BBU). Hanya sebagian kecil yang berada di belahan bumi selatan, termasuk Indonesia.

Benua Asia adalah benua terluas di permukaan bumi, dengan luas yang mencapai 44.000.000 km2 atau seperempat luas wilayah daratan dunia atau empat setengah kali luas Benua Eropa. Wilayahnya membentang dari Turki di bagian barat sampai Rusia di bagian timur.

Batas Wilayah Benua Asia

Batas Benua Asia ialah Samudra Arktik di utara, Samudra Hindia di selatan, Benua Eropa, Pegunungan Ural, Laut Kaspia, Laut Hitam, Selat Bosporus, Selat Dardanella, Laut Tengah, Terusan Suez, dan Laut Merah di barat, serta dengan Selat Bering dan Samudra Pasifik di timur.

Benua Asia juga meliputi Indonesia di selatan hingga Rusia di utara mendekati kutub utara. Dibandingkan dengan negara lainnya di Asia, Rusia adalah negara terluas di Benua Asia.

Pembagian Wilayah Benua Asia

Benua Asia terbagi menjadi beberapa wilayah atau region. Pembagian wilayah benua Asia adalah sebagai berikut.

  1. Asia Barat atau Asia Barat Daya (Asia Timur Tengah),
  2. Asia Tengah,
  3. Asia Timur,
  4. Asia Selatan,
  5. Asia Tenggara, dan
  6. Rusia.

Masing-masing wilayah memiliki ciri atau karakteristik yang membedakannya dengan wilayah lain. Pembagian tersebut lebih didasari oleh perbedaan budaya, bukan aspek fisik wilayah. Pembagian Benua Asia menjadi sejumlah wilayah atau region dapat dilihat pada peta di bawah ini.

Negara-negara di Benua Asia

Berikut adalah Negara-negara yang berada di daerah Asia Tenggara, Asia Timur, Asia Selatan, Asia Barat Daya, dan Asia Tengah.

Benua Negara
Asia Tenggara Negara-negara dikawasan Asia Tenggara meliputi Kamboja, Laos, Myanmar, Thailand, Vietnam, Brunei, Filipina, Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Timor Leste.
Asia Timur Negara-negara Asia Timur meliputi: Tiongkok, Hong Kong (RRT), Makau (RRT), Republik Tiongkok (Taiwan), Jepang, Republik Korea, Korea Utara, dan Mongolia.
Asia Selatan Negara-negara Asia Selatan adalah: Afganistan, Bangladesh, Bhutan, India, Maladewa, Nepal, Pakistan, dan Sri Lanka.
Asia Barat Daya Negara-negara Asia Barat Daya meliputi: Turki, Arab Saudi, Bahrain, Kuwait, Oman, Qatar, Uni Emirat Arab, Yaman, Armenia, Azerbaijan, Georgia, Irak, Israel, Lebanon, Suriah, Yordania, Iran, Siprus, dan Mesir.
Asia Tengah Negara-negara Asia Tengah meliputi Kazakhstan, Kirgizstan, Tajikistan, Turkmenistan, dan Uzbekistan.

Letak dan Luas Benua Amerika

Benua Amerika terletak pada 170o BT–35o BB dan 83o LU–55o LS. Benua Amerika merupakan benua terbesar kedua setelah Asia yang luasnya mencapai 42.057.100 km2.

Benua Amerika sering juga disebut sebagai Benua Merah. Sebutan itu didapat karena benua tersebut terdapat Suku Bangsa Indian yang sering disebut berkulit merah. Sebetulnya suku Indian tidak berkulit merah, namun kulit mereka sering terlihat merah karena Suku Indian suka melumuri tubuhnya dengan cat berwarna merah.

Batas Wilayah Benua Amerika

Batas wilayah benua Amerika adalah Samudra Arktik di utara, Laut Weddel, Samudra Atlantik, dan Samudra Pasifik di selatan, Samudra Atlantik di timur, serta Samudra Pasifik di barat.

Pembagian Wilayah Benua Amerika

Secara geografis, Amerika terbagi atas empat kawasan atau region. Pembagian wilayah benua Amerika yakni:

  1. Amerika Selatan,
  2. Amerika Utara,
  3. Amerika Tengah, dan
  4. Kepulauan Karibia (terletak di sekitar Amerika bagian tengah).

Sejumlah ahli geografi berpendapat bahwa Meksiko masuk ke dalam wilayah Amerika Tengah. Peta berikut menggambarkan pembagian wilayah Benua Amerika.

Negara-negara di Benua Amerika

Negara-negara yang berada di daerah Amerika Utara, Amerika Tengah, Amerika Selatan, dan Kepulauan Karibia adalah sebagai berikut.

Benua Negara
Amerika Selatan Negara-negara di Amerika Selatan adalah: Argentina, Bolivia, Brasil, Chili, Kolombia, Ekuador, Kepulauan Falkland, Guyana Prancis, Guyana, Paraguay, Peru, Georgia Selatan dan Kepulauan Sandwich Selatan, Suriname, Trinidad dan Tobago, Uruguay, Venezuela.
Amerika Utara Negara-negara di Amerika Utara meliputi: Anguilla, Antigua dan Barbuda, Aruba, Amerika Serikat, Antillen Belanda, Pulau Aves, Bahama, Barbados, Belize, Bermuda, Kepulauan Cayman, Pulau Clipperton, Dominika, Republik Dominika, El Salvador, Greenland, Grenada, Guadeloupe, Guatemala, Haiti, Honduras, Jamaika, Kanada, Kosta Rika, Kuba, Martinique, Meksiko, Montserrat, Pulau Navassa, Nikaragua, Panama, Puerto Riko, Saint Barthelemy, Saint Kitts dan Nevis, Saint Lucia, Saint-Martin, Saint Pierre dan Miquelon, Saint Vincent dan Grenadine, Departemen San Andrés dan Providencia, Trinidad dan Tobago, Kepulauan Turks dan Caicos, Kepulauan Virgin Amerika Serikat, Kepulauan Virgin Britania Raya.
Amerika Tengah Negara-negara di Amerika Tengah meliputi: Belize, El Salvador, Guatemala, Honduras, Kosta Rika, Nikaragua, Panama.
Kepulauan Karibia Negara-negara yang ada di Kepulauan Karibia meliputi: Antigua dan Barbuda, Bahama, Barbados, Dominika, Grenada, Haiti, Jamaika, Kuba, Republik Dominika, Saint Kitts dan Nevis, Saint Lucia, Saint Vincent dan Grenadines, Trinidad dan Tobago, Anguilla, Arubia, Curacao, Kepulauan Cayman, Kepulauan Turks dan Caicos, Kepulauan Virgin Amerika Serikat, Kepulauan Virgin Britania Raya, Montserrat, Puerto Riko, Saint-Barthelemy, Saint Martin, Sint Maarten, Bonaire, Guadeloupe, Martinik, Saba, Sint Eustatius.

Letak dan Luas Benua Eropa

Benua Eropa terletak pada 9o BB–60o BT dan 35o LU–80o LU. Jika dilihat letaknya, Benua Eropa berada di luar wilayah tropis. Artinya, iklim di wilayah Benua Eropa adalah subtropis dan sedang. Karena posisinya, Benua Eropa mengalami empat musim, yaitu musim semi, panas, gugur, dan dingin. Luas Benua Eropa mencapai 10.355.000 km2.

Benua Eropa dijuluki sebagai benua biru. Terdapat dua alasan yang menjadi dasar atas julukan tersebut. Pertama, mayoritas penduduk Eropa memiliki bola mata berwarna biru. Kedua, sejak zaman dahulu, banyak kerajaan terkenal berada di Benua Eropa sehingga benua ini dikenal dengan benuanya para darah biru (bangsawan).

Batas Wilayah Benua Eropa

Secara geografis, Benua Eropa berbatasan dengan Samudra Arktik di utara, Laut Tengah di selatan, Samudra Atlantik di barat, serta Benua Asia di timur. Batas Benua Eropa dengan Benua Asia adalah Pegunungan Ural, Selat Dardanella, dan Laut Kaspia.

Secara fisik sebetulnya Benua Eropa masih satu daratan dengan Benua Asia. Keduanya hanya dipisahkan oleh satu pegunungan, yakni pegunungan Ural. Eropa dan Asia masing-masing dianggap sebagai benua berbeda karena kedua benua tersebut memiliki budaya yang berbeda.

Pembagian Wilayah Benua Eropa

Eropa terbagi atas empat kawasan atau region. Pembagian wilayah benua Eropa yakni:

  1. Eropa Barat,
  2. Eropa Timur,
  3. Eropa Selatan, dan
  4. Eropa Utara.

Pembagian wilayah atau region Eropa lebih didasari pada perbedaan kondisi geografis yang mencakup aspek fisik dan budaya. Dalam kasus benua Eropa, pewilayahan ini sebetulnya sudah mulai pudar dengan adanya ikatan secara ekonomi dan politik melalui lembaga Uni Eropa (European Union). Meskipun begitu, regionalisasi secara geografis masih berlaku sebagai kategorisasi data.

Negara-negara di Benua Eropa

Pengelompokan negara-negara yang ada di wilayah Eropa Barat, Eropa Timur, Eropa Selatan, dan Eropa Utara adalah sebagai berikut.

Benua Negara
Eropa Barat Negara-negara yang berada di Eropa Barat adalah: Austria, Belgia, Prancis, Liechtenstein, Jerman, Luksemburg, Monako, Belanda, Swiss, Inggris.
Eropa Timur Belarus, Estonia, Lithuania, Latvia, Moldova, Ukraina, Albania, Bulgaria, Bosnia-Herzegovina, Kroasia, Republik Makedonia, Montenegro, Serbia, Slovenia, Rumania.
Eropa Selatan Negara-negara di Eropa Selatan meliputi: Andorra, Gibraltar, Italia, Malta, Portugal, San Marino, Spanyol, Vatikan, Yunani.
Eropa Utara Negara-negara Eropa Utara meliputi: Aland, Britania Raya, Kepulauan Channel: Guernsey dan Jersey, Denmark, Kepulauan Faroe, Finlandia, Republik Irlandia, Islandia, Pulau Man, Norwegia, Svalbard dan Jan Mayen, Swedia.

Letak dan Luas Benua Afrika

Afrika terletak pada 17o BB–52o BT dan 35o LU–34o LS. Ini berarti Benua Afrika dilewati garis khatulistiwa, sehingga sebagian wilayahnya beriklim tropis. Benua Afrika merupakan benua terbesar ketiga setelah Asia dan Amerika. Luas wilayah Afrika mencapai 30.290.000 km2.

Karena posisi lintangnya, sebagian besar wilayah Afrika beriklim tropis kecuali bagian paling utara dan paling selatan. Di kedua wilayah tersebut, iklim mulai memasuki zona subtropis. Keadaan iklim tersebut disebabkan oleh wilayah yang sangat luas dan dikelilingi plato.

Benua Afrika sering disebut “Benua Hitam” karena mayoritas penduduknya mempunyai kulit berwarna hitam. Sebutan ini awal mulanya digunakan oleh masyarakat Prancis yang dahulu banyak menjajah Benua Afrika.

Batas Wilayah Benua Afrika

Benua Afrika berbatasan dengan Laut Tengah di utara, Samudra Hindia di selatan dan timur, serta Samudra Atlantik di barat.

Pembagian Wilayah Benua Afrika

Secara geografis, Benua Afrika terbagi atas lima kawasan. Pembagian wilayah benua Afrika meliputi:

  1. Afrika Utara,
  2. Afrika Timur,
  3. Afrika Barat,
  4. Afrika Tengah, dan
  5. Afrika Selatan.

Negara-negara di Benua Afrika

Negara-negara di Benua Afrika sesuai dengan regionnya masing-masing adalah sebagai berikut.

Benua Negara
Afrika Utara Negara-negara di Afrika Utara meliputi: Aljazair, Libya, Maroko, Mesir, Sahara Barat, Tunisia.
Afrika Tengah Negara-negara Afrika tengah adalah Republik Afrika Tengah: Bamingui-Bangoran, Basse-Kotto, Haute-Kotto, Haut-Mbomou, Kemo, Lobaye, Mambere-Kadei, Mbomou, Nana-Mambere, Ombella-M’Poko, Ouaka, Ouham, Ouham-Pende, Vakaga, Nana-Grebizi, Sangha-Mbaere.
Afrika Selatan Afrika Selatan, terdiri dari provinsi: Eastern Cape, Free State, Gauteng, KwaZulu-Natal, Limpopo, Mpumalanga, North West, Northern Cape, Western Cape, North-Western Cape.
Afrika Barat Negara-negara di Benua Afrika Barat meliputi: Benin, Burkina Faso, Gambia, Ghana, Guinea, Guinea Bissau, Liberia, Mali, Mauritania, Niger, Nigeria, Pantai Gading, Senegal, Sierra Leone, Togo.
Afrika Timur Negara-negara di benua Afrika Timur adalah: Djibouti, Eritrea, Ethiopia, Kenya, Komoros, Mauritius, Mayotte, Reunion, Seychelles, Somalia, Somalialand, Tanzania, Uganda.

Letak dan Luas Benua Australia

Australia terletak pada 113o BT– 155o BT dan 10o LS–43o LS. Ini berarti ada bagian Australia yang memiliki iklim tropis, yaitu Australia bagian utara yang berdekatan dengan Indonesia. Sebagian wilayah lainnya beriklim subtropis dan sedang.

Benua yang terletak di sebelah selatan negara kita ini merupakan benua yang unik, karena walaupun terletak di sebelah selatan Asia, sebagian besar penduduknya adalah penduduk Ras Kaukasoid yang banyak berasal dari Eropa.

Luas wilayah Benua Australia adalah 8.945.000 km2 dengan lebar sekitar 3.200 km dan panjang 3.700 km. Australia memiliki luas wilayah yang sangat besar. Meskipun demikian, sekitar dua pertiga wilayahnya berupa gurun.

Batas Wilayah Benua Australia

Berikut ini adalah batas-batas wilayah geografis benua Australia.

  1. Sebelah utara berbatasan dengan Laut Timor, Laut Arafuru, dan Selat Torres.
  2. Sebelah timur berbatasan dengan Samudra Pasifik, Laut Tasman, dan Laut Coral.
  3. Sebelah selatan berbatasan dengan Samudra Hindia.
  4. Di sebelah barat berbatasan dengan Samudra Hindia.

Pembagian Wilayah Benua Australia

Benua Australia hanya terdiri dari satu Negara, yaitu Australia. Oleh karena itu tidak ada pembagian wilayah di benua Australia.

Referensi

  1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Ilmu Pengetahuan Sosial SMP/MTs Kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Gabung ke Percakapan

5 tare

  1. Materi yang sangat bermanfaat buat anak-anak, dan juga menjadi refrensi bagi guru untuk mengajar

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *