Ansambel lagu populer merupakan lagu populer yang diiringi alat musik campuran yang padu padan. Pada saat disandingkan seperti ini, suatu lagu populer akan memiliki minat khalayak yang lebih luas lagi. Hal ini terbukti dari banyaknya band yang sukses dan terkenal berkat racikan ansambel lagu populer. Seperti apa ansambel lagu populer itu? Apa saja jenisnya? Bagaimana cara membawakannya? Pada artikel ini akan disajikan berbagai pemaparan yang dapat menjawabnya.

Namun, sebelum membahas ansambel lagu populer kita harus memahami berbagai literasi mengenai musik ansambel itu sendiri. Setidaknya kita harus mengetahui jenis dan hal teknis yang harus diperhatikan pada musik ansambel.

Jenis Musik Ansambel

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, musik ansambel merupakan sajian musik yang terdiri dari campuran beberapa alat musik. Alat musik yang dipilih juga biasanya berbeda jenis, yakni yang mengandung unsur ritmis, melodis, dan harmonis. Untuk memainkan musik ansambel tentunya diutuhkan perencanaan yang baik tidak seperti halnya bermain musik secara solo karena bermain musik secara bersama pasti menimbulkan permasalahan dan tantangan yang tidak mudah dilewati tanpa pengetahuan yang cukup.

Bermain musik ansambel yang baik harus dipersiapkan dengan perencanaan yang baik pula, mulai dari menentukan konsep, pemilihan alat musik serta proses latihannya. Bermain musik ansambel juga merupakan sajian musik yang butuh kerja sama yang baik dalam membawakan sebuah lagu. Menurut Tim Kemdikbud (2017, hlm. 201) musik ansambel dibagi menjadi dua jenis, yaitu ansambel sejenis dan ansambel campuran.

1. Ansambel Sejenis

Ansambel sejenis adalah beberapa orang yang memainkan musik atau lagu bersama-sama dengan satu jenis alat musik yang sama. Misalnya, semua pemain musik bermain gitar, berarti disebut sebagai ansambel gitar atau. Jika semua bermain recorder atau pianika, berarti disebut ansambel recorder atau ansambel pianika, dan seterusnya. Menampilkan sajian musik ansambel sejenis ini diperlukan kekompakan yang baik agar sajian musiknya terdengar baik.

2. Ansambel Campuran

Ansambel campuran merupakan sajian musik yang dimainkan oleh beberapa orang pemain dengan jenis alat musik yang berbeda-beda. Dalam ansambel campuran ini akan terjalin kerja sama harmonis antara alat musik melodis yang berjalan dengan acuan pola ritmis, misalnya sajian musik ansambel campuran yang terdiri dari gitar, pianika, recorder dan maracas.

Dalam sajian musik ansambel campuran semacam ini yang memegang peranan memainkan melodi lagu adalah recorder dan pianika yang bisa saja dibagi menjadi dua suara, kemudian gitar akan memainkan akor lagu dan maracas berfungsi sebagai ritmik lagu. Bentuk kerja sama inilah yang membuat sajian musik ansambel campuran ini menarik.

Teknis Musik Ansambel

Musik ansambel memerlukan kerja sama serta perencanaan yang matang untuk membawakannya. Selain itu, terdapat hal teknis yang harus diperhatikan agar musik ansambel yang dibawakan berjalan dengan baik. Menurut Tim Kemdikbud (2017, hlm. 202) hal teknis yang akan berpengaruh terhadap keberhasilan bermain musik ansambel yang harus dikuasai oleh seluruh pemainnya adalah sebagai berikut.

1. Kedisiplinan

Dalam bermain musik secara berkelompok ini setiap anggotanya harus mempunyai disiplin yang tinggi dalam hal waktu dan tempat di bagian mana harus membunyikan alat musiknya sesuai dengan partitur yang telah ditentukan. Kedisiplinan ini akan membuat rangkaian lagu tersampaikan dengan baik sesuai jalur dan tidak ada bagian lagu yang tumpang tindih atau berantakan bunyinya.

2. Lancar Membaca Notasi

Notasi berupa partitur lagu merupakan patokan yang mengikat para pemain memainkan alat musiknya sesuai dengan perhitungan yang tepat. Setiap anggota kelompok musik ansambel harus lancar membaca notasi agar dapat memainkan setiap bagiannya dengan tepat. Sedikit saja ada kesalahan dalam membaca notasi khususnya ketukannya pasti akan terjadi permainan yang berantakan dan keluar jalur.

3. Terampil Memainkan Alat Musik

Memainkan alat musik merupakan kegiatan yang tidak mudah dilakukan. Setiap anggota kelompok musik ansambel harus rajin dan serius berlatih agar terampil dalam memainkan alat musiknya. Keterampilan ini harus dimiliki oleh setiap anggotanya agar dapat menjadikan permainan musik lebih rapi dan bagus.

4. Kekompakan dan Kerja sama yang Baik

Setelah ketiga teknik di atas dimiliki oleh setiap anggota kelompok musik ansambel, maka hal penting yang harus ditanamkan adalah kekompakan dan kerja sama yang baik di antara pemainnya. Sajian musik ansambel tidak akan bagus jika salah satu anggotanya melakukan kesalahan yaitu melanggar ketiga teknik di atas. Kekompakan dan kerja sama yang baik dapat dibangun melalui proses latihan yang intensif dan berkualitas. Satu hal lagi yang perlu dilakukan oleh seluruh anggota agar kekompakan dan kerja sama ini dapat tercipta yaitu dengan menaati seluruh aturan dari pelatih atau pembina selama latihan dan pentas.

Memainkan Lagu Populer dalam Bentuk Ansambel

Selain mempersiapkan alat musik yang akan digunakan, kita juga harus menentukan lagu populer yang akan dimainkan. Bentuk lagu populer yang akan dimainkan harus dibuat ke dalam notasi musik baik itu notasi angka ataupun notasi balok. Hal ini akan memudahkan dalam proses latihan. Lagu populer yang telah dipilih pun harus diaransemen sesuai dengan jumlah jenis alat musik yang dipakai.

1. Latihan ansambel sejenis

Siapkanlah alat musik recorder sopran kemudian latihlah memainkan partitur lagu Bendera dari Band Coklat di bawah ini. Lagu “Bendera” ini dimainkan ansambel dengan variasi 2 suara. Pada dasarnya lagu “Bendera” ini juga dapat dimainkan dengan alat musik yang lain, misalnya pianika.

Lagu ini dimainkan pada tangga nada Do=F. Susunan tangga nada 1 mol ini hanya mengalami satu penambahan tanda alterasi, yaitu b (mol) pada nada B menjadi Bes. Berikut ini susunan Tangga nada Do=F.

2. Latihan ansambel campuran

Mainkanlah ansambel campuran ini dengan menyiapkan beberapa jenis alat musik melodis, ritmis, dan harmonis. Perpaduan ketiga jenis alat musik ini akan membuat sajian ansambel lebih lengkap. Siapkanlah alat musik recorder sopran, pianika dan finger cymbal, lalu mainkanlah lagu tersebut.

Referensi

  1. Tim Kemdikbud. (2017). Seni Budaya IX. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *