Berikut ini adalah contoh teks deskripsi beserta strukturnya yang terdiri dari: 1) deskripsi umum, 2) deskripsi bagian, 3) penutup. Contoh-contoh yang dimuat dibuat dengan singkat namun akurat agar mudah dipahami dengan berbagai tema seperti: hewan, alam, wisata, dan sekolah.

Contoh Teks Deskripsi tentang Hewan

Badak Bercula Satu

Deskripsi Umum

Badak bercula satu adalah salah satu hewan yang hanya dapat ditemukan di Indonesia. Seperti namanya, keunikan badak ini adalah culanya yang tunggal. Binatang berkaki empat ini juga merupakan hewan yang dilindungi oleh negara karena langka dan nyaris punah.

Deskripsi Bagian (kepala)

Binatang ini bermoncong panjang dan memiliki lubang hidung yang besar. Tepat di atas moncongnya adalah cula atau tanduk yang meliuk tajam. Sementara itu kuping lebarnya berada di bagian belakang kepala dan nyaris berada di bagian leher atau punuknya.

Deskripsi Bagian (tubuh)

Badannya besar dan berotot. Bahkan, diketahui bahwa badak bercula satu adalah hewan terbesar di pulau Jawa. Bayangkan saja, beratnya bisa mencapai 1,5 ton.

Deskripsi Bagian (kulit)

Sekujur tubuhnya dilapisi oleh kulit tebal yang bentuknya nyaris tampak seperti baju kesatria yang terbuat dari logam.  Warna kulitnya coklat hampir menyerupai abu pucat, seperti warna batuan gunung yang kokoh.

Deskripsi Bagian (kaki)

Badak yang besar ini disokong oleh keempat kakinya yang kokoh pula. Masing-masing kakinya berkuku tiga. Kukunya tebal dilapisi oleh kulit yang tebal pula untuk menyokong badannya yang tinggi besar.

Penutup

Alangkah luar biasanya binatang langka primadona Indonesia ini. Sudah sepatunya kita semua turut melestarikan hewan ini dengan cara setidaknya benar-benar mengenalnya. Tak kenal maka tak sayang bukan?

Contoh Teks Deskripsi tentang Alam

Air Terjun

Deskripsi Umum

Air terjun adalah jatuhan aliran air dari bukit atau area lain yang tinggi. Aliran airnya cukup besar hingga buih-buih airnya tetap mengalir meskipun jauh dari tempat yang tinggi. Air terjun memesona karena suaranya yang nyaring namun merdu dan memberikan cipratan air yang menyegarkan diaekitarnya.

Deskripsi Bagian (Air)

Air yang berjatuhan tampak putih. Hal tersebut karena aliran air kencang memaksa udara masuk dan mengubahnya menjadi buih-buih kecil dalam angka yang sangat banyak. Sehingga air memantulkan terlalu banyak cahaya dan buih tampak putih. Meskipun berbuih, tampilannya tetap memesona karena buih yang dihasilkan sangatlah kecil dalam ukuran mikro.

Deskripsi Bagian (Cipratan Air)

Sementara itu buih yang sangat kecil memancar terbang ke udara. Memberikan kelembaban yang tak kasat mata, hanya dapat dirasakan saja jika kita berada di dekat air terjun. Dalam keadaan tertentu buih-buih air yang beterbangan tersebut dapat terlihat sebagai kabut. Malah, terkadang fenomena tersebut akan membentuk pelangi yang berwarna-warni di sekitar air terjun.

Deskripsi Bagian (Batuan Badan Air)

Sementara itu bagian bawah sungai yang terjatuhi air terjun akan membentuk formasi batuan yang unik di sekitarnya. Karena air yang berjatuhan mengikis batuan yang berada di badan air (sungai) dibawahnya. Sehingga terdapat cekungan batuan di dalamnya. Bebatuan yang berada di sana juga tampak indah dan tak jarang dilapisi lumut hijau dibagian kering.

Penutup

Air terjun merupakan fenomena alam yang memberikan ketertarikan luar biasa pada manusia. Beberapa negara yang kurang beruntung dan tidak memilikinya kalah sengaja membuat air terjun buatan untuk kepentingan pariwisata. Oleh kaeena itu,air terjun adalah fenomena alam yang patut disyukuri keindahannya oleh kita semua.

Contoh Teks Deskripsi tempat Wisata

Wisata Pantai Laut Selatan Jawa Barat

Deskripsi Umum

Ranca buaya adalah salah destinasi wisata pantai di bagian selatan Jawa Barat. Letaknya diapit oleh Sayang Heulang dan pelabuhan Jayanti yang merupakan pantai lainnya di sepanjang jalur pantai selatan Garut-Cianjur, Jawa Barat. Pantai ini terkenal dengan keindahan pantai, laut, dan hamparab rumput hijau di kawasan perbukitannya.

Deskripsi Bagian (Pantai)

Pantai ini memiliki pasir putih yang bersih. Luas pantainya tergantung dari pasang-surut air. Ketika air laut sedang pasang area pantai menjadi lebih sempit. Namun ketika surut, terdapat bagian pantai yang terbuka dan tak jarang meninggalkan banyak harta terpendam seperti kerang-kerangan dan makhluk dua alam yang tersisa dari air pasang laut.

Deskripsi Bagian (Laut)

Dari keajauhan air laut tampak biru senada dengan langit toska yang memayunginya. Sementara itu dari dekat airnya sangatlah jernih. Saking jernihnya, kita dapat melihat ikan yang berenang di antara terumbu karang yang tak kalah Indahnya.

Deskripsi Bagian ( Padang Rumput)

Bukit dan ladang rumput luas yang membentang dibelakang kawasan pantai. Ladang rumput itu dihuni oleh sapi dan domba ternak warga sekitar. Bukit, padang rumput, pantai dan laut tak berujung sebagai latar belakangnya membuat Rancabuaya sebagai tempat yang lengkap dan sangat cocok untuk berfoto bersama.

Deskripsi Bagian (Fasilitas Wisata)

Sepanjang pantai selatan telah diselimuti oleh jalan aspal yang mudah untuk diakses oleh kendaraan bermotor. Terdapat beberapa kios kecil yang menjual aneka camilan, makanan, dan suvenir untuk buah tangan. Kios-kios tersebut berada di area dekat jalan saja.

Deskripsi Bagian (Lingkungan Wisata)

Meskipun sebagian kawasan telah dilengkapi jalan beraspal, kawasan ini masih terhitung sepi. Pantai Rancabuaya masih jarang dikunjungi jika dibandingkan dengan pantai Pamempeuk dan atau pantai Pangandaran.  Belum banyak tempat komersial yang dapat dikunjungi. Jadi kawasan ini juga tentunya masih sangat nyaman untuk dikunjungi tanpa hiruk-pikuk turis yang terlalu banyak.

Penutup

Jadi tunggu apalagi, jika Anda berencana untuk berwisata, cobalah pantai ini. Belum lagi, Rancabuaya adalah salah satu kawasan wisata yang dapat membuat tim gunung dan tim pantai akur karena keduanya ada di sini.

Contoh Teks Deskripsi tentang Sekolah

Sekolah Seni Erudio

Deskripsi Umum

Sekolah Seni Erudio adalah sekolah yang mengusung pendidikan berbasis seni dan sains pertama di Indonesia. Sekolah ini menggunakan pendekatan seni untuk melatih siswa bereksperimen menciptakan sesuatu yang nyata, inovatif, dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Deskripsi Bagian (Jenis Sekolah)

Sekolah ini termasuk pada pendidikan nonformal tapi tetap mengadakan program setingkat SMA yang lebih fokus pada proses eksplorasi dan penemuan diri, yaitu untuk membantu siswa menemukan peran mereka dalam masyarakat, mengidentifikasi masalah, dan mempelajari berbagai media yang dapat mereka gunakan untuk mengatasi masalah tersebut. Edurio percaya bahwa sekolah lebih dari nilai rapor dan prestasi formal saja.

Deskripsi Bagian (Pasca Sekolah)

Meskipun begitu sekolah tetap mempersiapkan siswa untuk melanjutkan ke perguruan tinggi jika siswa menginginkannya. Oleh karena itu terdapat program penyetaraan SMA bahkan diploma yang dapat diikuti untuk mempersiapkan siswa melanjutkan studinya ke perguruan tinggi.

Deskripsi Bagian (Kegiatan Pembelajaran di Sekolah)

Sekolah membebaskan siswanya di luar kelas untuk mengeksplorasi berbagai kebutuhan pembelajarannya secara mandiri. Oleh karena itu sekolah ini terdiri dari lahan luas yang memiliki bangunan-bangunan kecil berupa kelas, laboratorium, dan fasilitas lain yang dibutuhkan siswa di kampus sekolah Edurio.

Deskripsi Bagian (Tugas Akhir Sekolah)

Sekolah ini mengusung pembelajaran yang melibatkan siswanya untuk melaksanakan proyek dan eksperimen yang berhubungan dengan seni. Sekolah membebaskan apapun yang ingin dibuat oleh siswa sebagai tujuan utama dari minat belajarnya. Pameran, publikasi komik, buku, hingga fashion show dapat dipilih sebagai proyek akhir untuk menentukan kelulusan siswanya.

Penutup

Dari sejak dulu Seni dan sains telah terbukti selalu menjadi garda terdepan dalam perkembangan manusia. Sehingga, sekolah seperti erudio adalah pilihan baru yang dapat menjadi salah satu alternatif baik untuk siswa dalam mengembangkan potensi dirinya. Meskipun siswa dibebaskan melalui keinginan dan minat belajarnya sendiri sekolah juga tetap memberikan kebutuhan pendidikan formal. Sehingga membuat sekolah ini luar biasa dan tetap seimbang atau setara dengan pendidikan formal lainnya.

Gabung ke Percakapan

2 tare

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *