Diterbitkan padaManajemen

Produk: Pengertian, Pengembangan, Jenis, Siklus & Harga

Mengembangkan dan menetapkan harga produk merupakan aktivitas krusial dalam organisasi perusahaan. Produk merupakan substansi dari tujuan utama organisasi perusahaan, yakni dari segi ekonomi. Perusahaan haruslah mengupayakan agar produknya berkualitas tinggi, menarik, dan kompetitif yang implikasinya amatlah dekat dengan penetapan harga.

Diterbitkan padaManajemen

Manajemen Sumber Daya Manusia: Pengertian – Prosedur

Sumber daya manusia (SDM) atau Human Resources (HR) merupakan aset vital dan memiliki peranan kuat sebagai faktor penggerak utama dalam pelaksanaan seluruh kegiatan atau aktivitas organisasi. Dengan demikian, sumber daya ini haruslah dikelola dengan baik. Pengelolaan SDM dilakukan melalui Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) atau Human Resources Management (HRM). Dengan demikian, manajemen…

Diterbitkan padaManajemen

Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR): Definisi, Dasar, Tujuan, dsb

Tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) adalah suatu konsep bahwa organisasi, khususnya (namun tidak terbatas) perusahaan memiliki berbagai bentuk tanggung jawab terhadap seluruh pemangku kepentingannya yang meliputi konsumen, karyawan, pemegang saham, komunitas, dan sebagainya dalam segala aspek operasional perusahaan yang mencakup aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan (Firmansyah & Mahardhika, 2018, hlm. 317).

Diterbitkan padaManajemen

Manajemen Strategik: Pengertian, Proses & Beberapa Model

Manajemen strategik merupakan salah satu rangkaian proses untuk menetapkan cetak biru dan rencana untuk menentukan berbagai hal yang dibutuhkan dalam implementasi pencapaian tujuan dari suatu organisasi. Cakupan perencanaan strategik dapat diawali dengan pengukuhan filosofi sehingga dapat diketahui strategi dan cara seperti apa yang dibutuhkan untuk mewujudkan tujuan yang diinginkan.

Diterbitkan padaManajemen

Kebijakan: Pengertian, Proses, Perumusan, Implementasi, dsb

Kebijakan sederhananya merupakan salah satu produk organisasi atau instansi yang digunakan untuk menjadi acuan, aturan, hingga berbagai standarisasi untuk melaksanakan suatu hal. Terdapat banyak berbagai macam jenis kebijakan. Beberapa kebijakan yang umum mendapat sorotan keilmuan meliputi: kebijakan publik, kebijakan organisasi, kebijakan pemerintah, hingga kebijakan pendidikan. Di dalam bidang apa pun itu, setidaknya kebijakan masih memiliki pengertian dan definisi yang sama, hanya konteks, tujuan, dan penerapannya saja yang sedikit berbeda. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah berbagai uraian mengenai kebijakan.

Diterbitkan padaManajemen

Sejarah Manajemen: Perkembangan, Evolusi Teori & Aliran

Sejarah manajemen sejatinya dapat dilihat dari perkembangan manusia sendiri. Misalnya, manajemen sebenarnya lahir dari sejak manusia melakukan kegiatan pengaturan diri, keluarga dan kelompoknya untuk sesuatu tujuan yang diinginkannya. Tujuan tersebut dapat berupa seni atau keindahan, pencapaian suatu materi atau juga keberlangsungan hidupnya. Dalam contoh kecil tersebut, sudah tampak bahwa agar kehidupannya berlangsung dengan baik maka dibutuhkan pengelolaan yang apik.

Diterbitkan padaManajemen

Komunikasi Organisasi : Pengertian, Pola, Fungsi, Gaya, dsb

Komunikasi organisasi pada dasarnya terdiri dari tiga bentuk, yaitu komunikasi vertikal, komunikasi horizontal, dan komunikasi diagonal. Komunikasi vertikal adalah komunikasi yang terjalin antara atasan dan bawahan. Komunikasi horizontal merupakan komunikasi yang terjalin antara sesama rekan atau karyawan. Sedangkan komunikasi diagonal yaitu komunikasi yang terjalin antar sesama rekan yang berbeda bidang. Namun demikian…

Diterbitkan padaManajemen

Koordinasi, Coordinating, atau Mengoordinasikan dalam Manajemen

Koordinasi, coordinating, atau mengoordinasikan merupakan salah satu fungsi manajemen yang dianggap penting terutama dalam proses actuating atau mengeksekusi seluruh rencana dan fungsi dasar manajemen lainnya pada suatu organisasi. Bagaimana tidak, entitas atau organisasi selalu terdiri dari banyak pekerjaan dan banyak divisi yang beragam namun harus tetap diseiramakan untuk mencapai tujuan bersama. Dengan demikian, koordinasi menjadi suatu keharusan yang tidak mungkin dilewatkan dalam suatu manajemen.

Diterbitkan padaManajemen

Forecasting/Peramalan : Pengertian, Faktor, Metode, Langkah, dsb

Forecasting atau peramalan merupakan salah satu kegiatan krusial dari fungsi manajemen yang paling pertama, yakni planning atau perencanaan. Seperti yang diungkapkan oleh Firmansyah & Mahardhika (2018, hlm. 41) bahwa meramalkan (forecasting) merupakan pekerjaan yang dilakukan oleh seorang manajer dalam memperkirakan waktu yang akan datang dengan cara melihat keadaan yang akan datang atas dasar sistematis dan kontinu serta berdasarkan mana ia bekerja.