Diterbitkan padaIlmu Pengetahuan Alam

Klasifikasi Materi dan Perubahannya

Klasifikasi materi dan perubahannya adalah pemilahan materi berdasarkan suatu karakteristik serupa dan berbagai kemungkinan perubahan wujud atau karakteristik lainnya. Benda-benda di sekitar kita dapat berupa wujud padat, cair, atau gas bukan? Semua benda tersebut adalah materi. Materi adalah sesuatu yang mempunyai massa dan dapat mengisi atau menempati suatu ruang (Tim Kemdikbud, 2017, hlm. 95).

Diterbitkan padaIlmu Pengetahuan Alam

Sistem Peredaran Darah Manusia

Sistem peredaran darah manusia adalah berbagai fungsi untuk mengedarkan darah ke seluruh tubuh yang dilakukan melalui kerja sama berbagai organ yang memiliki tugas dan fungsinya masing-masing. Kita semua pasti telah mengetahui apa itu darah secara umum. Suatu ketika dalam beberapa kejadian yang tidak mengenakan mungkin kita pernah terjatuh dan sedikit terluka sehingga mengeluarkan darah.

Diterbitkan padaIlmu Pengetahuan Alam

Perkembangbiakan Hewan: Seksual/Aseksual, Vivipar, dsb

Perkembangbiakan hewan dapat dilakukan secara seksual dan aseksual seperti halnya pada perkembangbiakan tumbuhan. Hal itu tentunya berbeda dengan reproduksi manusia yang harus dilakukan melalui proses fertilisasi saja. Oleh karena itu, layaknya perkembangbiakan tumbuhan, perkembangbiakan tumbuhan juga memiliki sistem reproduksi yang beragam dan sangat bergantung pada jenis hewannya.

Diterbitkan padaIlmu Pengetahuan Alam

Klasifikasi Makhluk Hidup: Takson, Tujuan, Dikotom, dsb

Klasifikasi makhluk hidup diperlukan untuk memudahkan kita membagi serta mempelajari objek penelitian organisme berdasarkan hubungan-hubungannya dengan hal lain yang serupa, mirip, atau justru berbeda. Membagi dan mengklasifikasikan berbagai hubungan dan kemiripan tersebut akan membuat kita jauh lebih memahami mengenai apa dan seperti makhluk atau peristiwa yang terjadi di alam.