Diterbitkan padaTeori Seni

Gerak Tari Tradisional (Teori Penampilan & Contoh Praktik)

Tari merupakan seni yang menggunakan gerak tubuh sebagai wahana penyampaian nilai estetis, ekspresi, dan segenap bagian keindahannya yang lain. Namun demikian, seni tari juga merupakan salah satu seni pertunjukan yang tidak dapat berdiri sendiri. Penampilan tari tidak hanya mengenai gerak tubuh saja, melainkan suatu kesatuan dari beberapa seni secara sekaligus termasuk seni musik. Oleh karena itu, sebelum meragakan gerak tari kita harus memahami arti dari penampilan tari secara keseluruhan terlebih dahulu.

Diterbitkan padaTeori Seni

Pertunjukan Musik : Pengertian, Teknik, Tema & Prosedur

Sesuai dengan pengertian dalam Kitas Besar Bahasa Indonesia (2008 dalam Tim Kemdikbud, 2018, hlm. 53), istilah pertunjukan berarti sesuatu yang dipertunjukkan atau tontonan (bioskop, wayang, dsb), atau juga pameran. Sementara itu, musik adalah karya seni bermedia getaran yang membentuk suara berupa aransemen unsur musik, sehingga dapat dinikmati melalui pikiran dan perasaan melalui indra pendengaran. Mengacu pada kedua pengertian…

Diterbitkan padaTeori Seni

Memainkan Alat Musik Barat

Memainkan alat musik barat berarti memainkan alat musik yang umum digunakan pada masa kini. Standarisasi musik internasional telah secara kumulatif memilih kebudayaan musik barat untuk meneruskan ekspresinya di masa kini. Artinya, kini memainkan alat musik barat sama seperti kita berbicara menggunakan bahasa Inggris agar seluruh masyarakat dunia memahaminya dengan baik.

Diterbitkan padaTeori Seni

Memainkan Alat Musik Tradisional

Memainkan alat musik tradisional akan meliatkan cara memainkan musik secara ansambel. Artinya, kita harus mampu memainkan alat musik yang berbeda secara bersama hingga menghasilkan nada yang harmonis. Itu sebabnya, bermain musik secara ansambel memerlukan kerja sama dan kekompakan.

Diterbitkan padaTeori Seni

Menyanyikan Lagu Tradisional

Menyanyikan lagu tradisional akan membutuhkan teknik serta gaya yang berbeda dan sangat tergantung dari suku atau wilayah lagu tradisional tersebut berasal. Apalagi di Indonesia, di mana setiap suku memiliki lagu yang berbahasa ibu yang tak lain adalah bahasa daerah.

Diterbitkan padaTeori Seni

Analisis Seni Musik

Analisis Seni Musik sebetulnya sudah sering terjadi di kehidupan sehari-hari. Misalnya, saat kita sedang mendengar lagu, terdengar melodi yang sangat merdu dan memberikan perasaan menyenangkan bagi kita. Hanya saja saat kita ingin mempelajarinya, maka hal tersebut harus dilakukan secara sadar serta dilakukan dengan lebih teliti dan sistematis. Hal itu karena esensi dari pendidikan adalah usaha […]

Diterbitkan padaTeori Seni

Simbol dalam Teater : Ragam, Jenis, Ragam Teknik, dsb

Simbol dalam teater merupakan salah satu cara penyampaian pesan yang utama. Pesan berupa simbol akan memberikan ketertarikan lebih pada penonton. Mengapa? Karena penonton akan merasa tertantang untuk menginterpretasikannya. Saat interpretasi yang dihasilkan ternyata memberikan pencerahan atau suatu perasaan dan keterkaitan yang kuat, maka penonton juga akan disuntiki perasaan puas yang lebih tinggi lagi.

Diterbitkan padaTeori Seni

Konsep Pergelaran Tari : Proses Garap, Improvisasi & Tata Pentas

Konsep pergelaran tari meliputi berbagai urusan manajemen, unsur intrinsik (dalam) dan unsur ekstrinsik (luar) tari. Oleh karena itu, pergelaran tari merupakan pekerjaan yang akan melibatkan banyak orang karena terdiri dari banyak pekerjaan yang harus diselesaikan secara sekaligus. Sebetulnya bisa jadi tari yang akan kita pergelarkan disiapkan oleh pihak penarinya saja. Artinya, kita benar-benar hanya mempersiapkan […]