Diterbitkan padaPsikologi

Sistem Saraf Manusia: Dari Neuron hingga Saraf Tepi (Lengkap)

Sistem saraf adalah sistem koordinasi (pengaturan tubuh) berupa penghantaran impuls saraf ke susunan saraf pusat, pemrosesan impuls saraf dan perintah untuk memerintah memberikan rangsangan (Warsah & Daheri, 2021, hlm. 61). Seluruh kegiatan tubuh manusia diatur oleh pusat susunan saraf yakni otak dan sumsum tulang belakang. Dengan demikian otak dan sistem saraf adalah dua poros utama dalam tubuh yang akan mengatur segala penerima rangsang atau stimulus yang akan mengendalikan tingkah laku individu.

Diterbitkan padaPsikologi

Aspek Perkembangan Manusia: Fisik, Kognitif, Emosi (Afeksi), Bahasa, dll

Aspek perkembangan manusia, individu, maupun spesifik terhadap peserta didik merupakan berbagai sudut pandang yang dapat digunakan untuk mengkaji, meneliti, maupun sekedar memperhatikan perkembangan yang terjadi pada seorang individu. Perhatian terhadap berbagai aspek perkembangan ini penting dilakukan karena manusia adalah makhluk yang kompleks dan tidak dapat digeneralisir dari satu sisi saja.

Diterbitkan padaPsikologi

Teori Perkembangan Erikson: 8 Tahapan dan Rinciannya

Erikson berpendapat bahwa pandangan-pandangannya sesuai dengan ajaran dasar psikoanalisis yang diletakkan oleh Freud. Jadi dapat dikatakan bahwa Erikson adalah seorang post-freudian atau neofreudian. Akan tetapi, teori Erikson lebih tertuju pada masyarakat dan kebudayaan. Hal ini terjadi karena dia adalah seorang ilmuwan yang punya ketertarikan terhadap antropologis yang sangat besar, bahkan dia sering meminggirkan masalah insting dan alam bawah sadar.

Diterbitkan padaPsikologi

Teori-Teori Perkembangan: Kepribadian Erikson, Moral Kohlberg, dll

Teori perkembangan merupakan berbagai asumsi dasar yang akan digunakan dalam berbagai penelitian psikologi perkembangan, baik untuk kepentingan ilmiah, akademik, maupun terapis atau konseling. Tentunya banyak ahli yang telah mengungkapkan hasil penelitian dan teori-teorinya yang hingga kini digunakan oleh cendekia, konselor, pendidik, maupun praktisi psikologi perkembangan lainnya untuk menjawab berbagai persoalan-persoalan mengenai psikologi perkembangan baik untuk peserta didik, anak, maupun individu lain pada umumnya.

Diterbitkan padaPsikologi

Perkembangan Masa Akhir Kehidupan: Kematian & Kehilangan

Setelah mencapai usia 90 hingga 100 tahun, manusia menghadapi masa akhir hidupnya, di mana kematian kini menjadi fakta yang benar-benar tidak dapat dihindari lagi. Kematian memang suatu fakta biologis, akan tetapi kematian juga memiliki aspek sosial, kultural, historis, religius, legal, psikologis, perkembangan, medis, dan etis, dan sering kali berbagai aspek ini saling berkaitan. Sikap kultural dan religius terhadap kematian dan kondisi sekarat memengaruhi aspek psikologis dan perkembangan serta persoalan kematian itu sendiri.

Diterbitkan padaPsikologi

Perkembangan Dewasa Akhir (Lanjut Usia): Fisik, Kognitif & Psikososial

Perkembangan dewasa akhir atau lanjut usia adalah titik tertinggi dalam rentang kehidupan individu yang ditandai oleh penurunan kemampuan baik fisik maupun psikologis yang dimulai pada usia 60 tahun. Pada beberapa kasus, lansia masih mampu melakukan aktivitas kehidupannya sehari-hari, tetapi pada umumnya Individu yang telah memasuki periode lansia membutuhkan bantuan pihak lain untuk melakukannya.

Diterbitkan padaPsikologi

Perkembangan Dewasa Madya (Pertengahan): Fisik, Kognitif & Psikososial

Perkembangan dewasa madya atau usia paruh baya adalah periode lanjutan dari puncak kematangan manusia dewasa awal, yakni umur 40 tahun, dengan rentang usia 40 hingga 60 tahun (Thahir, 2018, hlm. 167). Dalam masa ini seseorang menghadapi tiga macam tugas yaitu penilaian kembali masa lalu, mengubah struktur kehidupan, proses individuasi (Saleh, 2019, hlm. 141). Dari situlah muncul  ungkapan “life start at 40” atau hidup dimulai dari usia 40 tahun, karena pada usia tersebut…

Diterbitkan padaVideo Pembelajaran

Pengantar Behaviorisme: Pengaruh Lingkungan pada Perilaku Kita

https://youtu.be/_tvuYs_cAlY Lingkungan sering dianggap sebatas ruang, alam, dan benda-benda yang ada di sekeliling kita. Padahal, lingkungan juga meliputi segala hal, situasi, dan kondisi yang menyelubungi seseorang, baik itu budaya, norma, hingga berbagai idealisme dan kondisi hidup orang-orang di sekitarnya. Bahkan, media dan aktivitas virtual juga merupakan bagian dari lingkungan. Sangat mudah juga bagi kita untuk […]

Diterbitkan padaPsikologi

Perkembangan Usia Dewasa Awal: Fisik, Kognitif & Psikososial

Dewasa awal merupakan masa peralihan dari masa remaja menuju masa dewasa. Peralihan dari ketergantungan ke masa mandiri baik dari ekonomi, kebebasan menentukan diri, dan pandangan masa depan lebih realistis. Masa dewasa awal adalah individu yang masa hidupnya di antara usia 19 tahun hingga 40 tahun. Periode ini juga dikenal dengan istilah periode dewasa muda, dalam bahasa Inggris disebut juga dengan early adulthood.