Diterbitkan padaIlmu Hukum

Pengantar Ilmu Hukum

Pengantar ilmu hukum adalah ilmu yang membahas seluk-beluk mengenai hukum dengan tujuan dapat menjelaskan tentang pokok-pokok atau bagian-bagian hukum yang mendasar serta keterkaitannya dengan hukum sebagai ilmu, serta dapat memperkenalkan hukum secara keseluruhan dalam garis besarnya (Erwin, dalam Hartanto, 2022, hlm. 2). Menurut Yuhelson (2017, hlm. 1) ilmu hukum sendiri adalah suatu pengetahuan yang objeknya […]

Diterbitkan padaPendidikan

Komponen Pendidikan: Pendidikan, Peserta Didik, Metode, Materi, dsb

Komponen pendidikan adalah semua bagian yang harus ada di dalam proses pendidikan. Semua komponen-komponen ini membentuk suatu keutuhan sehingga suatu sistem dapat disebut sebagai pendidikan. Dengan kata lain, komponen pendidikan merupakan kesatuan integral yang saling mengisi berupa unsur atau bagian-bagian yang membentuk keutuhan pendidikan. Menurut Hidayat & Abdillah (2019, hlm. 86-28) komponen pendidikan terdiri atas…

Diterbitkan padaIlmu Komunikasi

Komunikasi Politik: Pengertian, Proses, Distorsi, Pola & Model

Komunikasi politik merupakan fungsi penting dalam sistem politik. Dapat dikatakan bahwa komunikasi merupakan alat utama dalam menggelutinya. Sehingga tidak heran apabila banyak yang berpendapat bahwa komunikasi adalah urat nadi dari politik. Bagaimana tidak, karena pada setiap proses politik, komunikasi politik menempati posisi yang amat strategis. Bermacam struktur politik seperti eksekutif, legislatif, yudikatif, partai politik, lembaga swadaya masyarakat, kelompok kepentingan, media dan…

Diterbitkan padaIlmu Komunikasi

Komunikasi Antarbudaya: Pengertian, Karakteristik, Hambatan & Menghindarinya

Komunikasi antarbudaya merupakan fenomena yang akan dihadapi oleh semua orang. Hal tersebut karena manusia adalah makhluk yang berbudaya. Budaya yang dihasilkan oleh manusia memiliki tingkat keragaman tinggi seperti bagaimana manusia itu sendiri amatlah beragam. Dengan demikian, budaya ikut berpengaruh dan menentukan tujuan hidup manusia. Dalam proses interaksi antar manusia, perbedaan-perbedaan ekspektasi budaya tak jarang menimbulkan risiko yang fatal.

Diterbitkan padaIlmu Komunikasi

Komunikasi Massa: Pengertian, Fungsi, Karakteristik, Efek, Model, dsb

Komunikasi massa adalah komunikasi yang menggunakan media, baik elektronik maupun media cetak sebagai saluran atau channel dalam menyampaikan pesan komunikasi kepada khalayak (Hariyanto, 2021, hlm. 81). Konteks komunikasi ini merupakan salah satu jenis komunikasi yang paling kompleks dan akan menyertakan bentuk komunikasi lain seperti komunikasi antar pribadi, kelompok, publik, dan oganisasi berlangsung pula dalam proses untuk mempersiapkan pesan yang akan disampaikan di media massa ini.

Diterbitkan padaIlmu Komunikasi

Komunikasi Kelompok: Pengertian, Jenis, Karakteristik, Pengaruh, dsb

Komunikasi kelompok adalah komunikasi yang berlangsung antara beberapa orang dalam suatu kelompok kecil seperti pada rapat, pertemuan, konferensi, dll (Arifin, dalamHariyanto, 2021, hlm. 76). Sementara itu, menurut Mukarom (2020, hlm. 91) kelompok merupakan sekumpulan orang-orang yang terdiri atas tiga orang atau lebih yang memiliki keterkaitan psikologis terhadap sesuatu hal yang saling berinteraksi satu sama lain.

Diterbitkan padaIlmu Komunikasi

Pola Komunikasi – Pengertian & Jenis: Primer, Sekunder, Sirkular, dll

Pola komunikasi adalah cara kerja atau struktur yang cenderung tetap seorang individu atau kelompok dalam berkomunikasi (Purwasito, 2015, hlm. 96). Dalam suatu komunikasi akan terdapat suatu sistem dan langkah kerja yang mirip satu sama lain yang membentuk pola yang serupa. Dengan demikian, dapat dikatakan pula bahwa suatu komunikasi dapat dilakukan dengan model yang sama. Oleh karena itu, pola komunikasi ini juga belakangan lebih sering disebut dengan istilah model komunikasi.

Diterbitkan padaIlmu Komunikasi

Komunikasi Pemasaran: Pengertian, Unsur, Proses, Tujuan, dsb

Komunikasi pemasaran adalah pendekatan multidisiplin yang menggabungkan teori dan konsep ilmu komunikasi dan ilmu pemasaran yang menghasilkan kajian “baru” yang sering disebut dengan marketing communication (marcom), yaitu kegiatan pemasaran dengan menggunakan teknik-teknik komunikasi yang bertujuan memberikan informasi perusahaan terhadap target pasarnya (Priansa, 2017, hlm. 30-31). Sementara itu, menurut Soemanagara (dalam Frebriani & Dewi, 2018, hlm. 3) komunikasi pemasaran atau marketing communication merupakan…

Diterbitkan padaIlmu Komunikasi

Komunikasi Persuasif: Pengertian, Elemen, Faktor & Teknik

Komunikasi persuasif adalah jenis komunikasi yang sering digunakan oleh banyak orang untuk dapat menyelesaikan masalah atau untuk dapat mempengaruhi komunikan dari segi persepsi, sikap, dan perilaku (Maryam & Paryontri, 2021, hlm. 104). Pada dasarnya, setiap kegiatan komunikasi tentunya diharapkan mampu mengubah perilaku atau sikap orang lain, yakni dengan mendapat tanggapan atau setidaknya reaksi. Akan tetapi, komunikasi persuasif ini spesifik ingin mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu yang menjadi harapan komunikan-nya.

Diterbitkan padaIlmu Komunikasi

Fungsi Bahasa: Informasi, Ekspresi Diri, Instrumental, Interaksional, dll

Fungsi bahasa yang mendasar adalah untuk menamai atau menjuluki orang, objek dan peristiwa. Setiap orang punya nama untuk identifikasi sosial (Karyaningsih, 2018, hlm. 130). Tanpa melalui bahasa yang secara alami terbentuk dan dikembangkan oleh manusia, orang-orang juga dapat menamai apa saja, objek atau hal abstrak tertentu, termasuk perasaan yang mereka alami sendiri. Penamaan adalah dimensi pertama bahasa dan basis bahasa dan pada awalnya itu dilakukan manusia sesuka mereka, yang lalu menjadi konvensi (disepakati khalayak). Akan tetapi…