Posted inManajemen & Bisnis

Strategi Promosi: Pengertian, 6 Strategi Pokok & Faktor yang Mempengaruhi

Promosi merupakan elemen bauran pemasaran yang berfokus pada upaya menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan kembali konsumen akan merek dan produk perusahaan (Tjiptono, 2020, hlm. 387). Sementara itu, menurut Laksana (2019, hlm. 129) promosi adalah suatu komunikasi dari penjual dan pembeli yang berasal dari informasi yang tepat yang bertujuan untuk mengubah sikap dan tingkah laku pembeli, yang tadinya tidak mengenal menjadi mengenal sehingga menjadi pembeli dan tetap mengingat produk tersebut.

Posted inManajemen & Bisnis

Strategi Pemasaran: Pengertian, Fungsi, Tujuan, Faktor, Contoh, dsb

Strategi pemasaran adalah seperangkat tujuan dan sasaran, kebijakan dan aturan yang memandu usaha pemasaran suatu perusahaan dari waktu ke waktu, pada semua tingkatan dan acuan serta alokasi, terutama respons perusahaan terhadap lingkungan dan kondisi persaingan yang selalu berubah (Assauri, 2017, hlm. 15). Sementara itu menurut Haque-Fawzi dkk (2022, hlm. 9) strategi pemasaran adalah upaya memasarkan suatu produk, baik itu barang atau jasa, dengan menggunakan pola rencana dan taktik tertentu sehingga…

Posted inPendidikan

Kepemimpinan Pendidikan: Pengertian, Teori, Dimensi, Gaya, dsb

Kepemimpinan pendidikan adalah pengarahan dan pengawasan terhadap orang lain agar dapat melakukan tugas-tugas yang telah direncanakan sehingga dapat mencapai sasaran dan tujuan lembaga pendidikan. Seperti yang diungkapkan oleh Simerson & Venn (dalam Purwanto, 2016, hlm. 191) bahwa kepemimpinan adalah perilaku orang yang mengomunikasikan arahan atau perintah kepada pengikut atau pekerja. Wujud konkretnya dapat dilihat pada kepala sekolah, dekan, rektor, dsb.

Posted inManajemen & Bisnis

Program: Pengertian, Tujuan, Strategi, Perencanaan & Penyusunan

Program adalah produk dari perencanaan yang berisi kegiatan atau rangkaian kegiatan berdasarkan perencanaan yang bersumber dari data yang valid dan memadai untuk menghasilkan capaian dan rencana yang telah disusun. Capaian dan rencana yang dimaksud tentunya memiliki suatu tujuan tertentu yang telah ditetapkan berdasarkan kebutuhan program (Purwanto, 2020, hlm. 116). Perihal capaian program sendiri haruslah diatur berdasarkan fokus, tujuan, dan ruang lingkup yang akan menjadi bagian yang berguna dari rencana implementasi yang sedang dikembangkan.

Posted inPendidikan

Monev (Monitoring dan Evaluasi): Pengertian, Tujuan, Perbedaan, dsb

Monev adalah singkatan dari monitoring dan evaluasi di mana monitoring adalah proses pengumpulan dan menganalisis informasi secara berkelanjutan dari penerapan suatu program atau kegiatan untuk mengetahui apakah telah berjalan sesuai rencana, sementara itu evaluasi berarti penilaian berskala terhadap relevansi, efisiensi, dan dampak dari suatu program atau kegiatan yang dilaksanakan. Dengan demikian, monitoring adalah proses analisis dan pengawasannya, sementara evaluasi merupakan…

Posted inInformatika

Sistem Informasi Pemasaran: Pengertian, Tujuan, Jenis, Contoh, dsb

Sistem informasi pemasaran adalah merupakan sebuah mekanisme yang berupa alat ukur yang dapat saling berinteraksi, dan berkaitan, dengan sistem informasi fungsional guna melengkapi sistem manajemen di sebuah perusahaan, sebagai alat untuk penyelesaian konflik-konflik yang di timbulkan dari aktivitas yang berhubungan dengan kegiatan-kegiatan pemasaran pada produk perusahaan (Haryantini & Sadya, 2019, hlm. 7). Sementara itu, menurut Marshall & La Motte (dalam Rahman & Saudin, 2022, hlm. 104) sistem informasi pemasaran adalah sistem informasi yang luas dan fleksibel, formal, dan…

Posted inInformatika

Sistem Informasi Akuntansi: Pengertian, Komponen, Tujuan, Siklus, dsb

Sistem informasi akuntansi adalah sistem yang dapat mengumpulkan, mencatat, menyimpan, dan memproses data untuk menghasilkan informasi bagi para pembuat keputusan termasuk orang, prosedur dan instruksi, data, perangkat lunak, infrastruktur teknologi informasi, kontrol internal serta langkah-langkah keamanannya (Romney & Steinbart, 2020, hlm. 10). Sementara itu menurut Rahman & Saudin (2022, hlm. 145) sistem informasi akuntansi adalah sistem yang dapat menghasilkan informasi dengan melakukan kegiatan mengumpulkan, mencatat, menyimpan, memproses sampai dengan menghasilkan…

Posted inPendidikan

Kebijakan Pendidikan: Pengertian, Analisis, Karakteristik, Implementasi, dsb

Kebijakan pendidikan adalah proses dan hasil perumusan langkah strategis dari lembaga pendidikan dijabarkan dari visi, misi, tujuan dan sasaran pendidikan, dalam mewujudkan tujuan pendidikan di suatu masyarakat pada kurun waktu yang ditentukan (Hasbullah dalam Arwildayanto dkk, 2018, hlm. 13). Namun demikian, kebijakan ini tentunya mengandung makna multi-tafsir yang mungkin akan membuat definisi kebijakan pendidikan itu sendiri menjadi kabur. Kebijakan (policy) memang sering diartikan sebagai istilah seperti politik, program, keputusan, undang-undang aturan, ketentuan, ketentuan, kesepakatan, akan tetapi…

Posted inPendidikan

Penjaminan Mutu Pendidikan: Pengertian, Lembaga, Sistem, Proses, dsb

Penjaminan mutu pendidikan adalah suatu konsep komprehensif untuk memimpin dan mengoperasikan suatu lembaga pendidikan yang bertujuan untuk terus meningkatkan kinerja dengan berfokus pada pelanggan (masyarakat), seiring dengan mengatasi kebutuhan semua pemangku kepentingan (Benowitz dalam Purwanto, 2002, hlm. 172). Sementara itu, berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) No. 28 Tahun 2016, tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah, bahwa Penjaminan Mutu Pendidikan adalah…

Posted inPendidikan

Lembaga Pendidikan: Pengertian, Tujuan, Jenis, Faktor, dsb

Lembaga pendidikan adalah wadah suatu aktivitas tertentu yang memiliki tujuan yang sama dan telah ditetapkan sebelumnya, di mana tujuan umum pada lembaga pendidikan adalah untuk melayani masyarakat berupa penyediaan pembelajaran dan penyelenggaraan pendidikan secara umum baik dalam bentuk pendidikan formal, nonformal, maupun informal (Purwanto, 2020, hlm. 54). Sementara itu menurut Cobben (dalam Purwanto, 2020, hlm. 54) lembaga pendidikan adalah tempat diselenggarakannya sebuah pendidikan yang dapat didefinisikan sebagai proses sosialisasi, di mana individu belajar untuk berpartisipasi dalam lembaga-lembaga publik.