Pendidikan merupakan bidang yang digeluti tidak hanya dalam kacamata memberikan pembelajaran saja. Efektivitas, efisiensi, dan efikasi dalam melaksanakannya adalah hal yang tak pernah surut dicari pula dalam pengarungannya. Oleh karena itu, dari masa ke masa, telah banyak bermunculan aliran-aliran pendidikan yang tentunya selalu diharapkan mampu memaksimalkan proses pendidikan.

Setiap aliran memiliki sudut pandang, gaya, dan cara yang berbeda dalam menyajikan pendidikan. Tentunya, dalam perkembangannya, telah banyak pula aliran yang sebenarnya boleh dikatakan sudah tidak relevan dan lebih baik ditinggalkan. Namun, mempelajari berbagai dialog yang terjadi antar aliran ini akan berpengaruh besar pada sudut pandang kita dalam melihat pendidikan.

Misalnya, kita dapat mempelajari bahwa suatu hal pernah digalangkan pada pendidikan, dan ternyata sangat tidak adil untuk diterapkan. Ternyata, sebagian aliran lagi justru sangat berbudi baik, namun kini jarang diterapkan karena suatu hal. Berbagai dialog tersebut tentunya akan memberikan kesempatan untuk melakukan retrospeksi untuk menghilangkan keburukannya, dan mengambil kebaikannya serta membuatnya relevan di masa kini.

Jadi, pembelajaran akan aliran-aliran pendidikan ini amatlah penting untuk dilakukan. Lagi pula, rasanya tidak masalah jika kita sejenak berkaca pada masa lalu untuk mempersiapkan masa kini dan masa depan. Berikut adalah pemaparan dari beberapa aliran-aliran pendidikan klasik yang meliputi nativisme, naturalisme, empirisme, dan konvergensi.

Nativisme

Istilah aliran Nativisme berasal dari kata “natives” yang artinya “terlahir”. Nativisme merupakan sebuah doktrin filosofis yang mempunyai pengaruh sangat besar terhadap proses pemikiran psikologis. Tokoh utama dalam aliran ini adalah Arthur Schopenhauer (1788-1869), yaitu seorang filosofis Jerman. Aliran nativisme berpendapat bahwa perkembangan manusia itu telah di tentukan oleh faktor-faktor yang di bawa manusia sejak lahir,pembawaan yang telah terdapat pada waktu lahir itulah yang menentukan hasil perkembangannya (Amanudin, 2019, hlm. 67). Menurut jenis aliran nativisme ini pendidikan tidak dapat mengubah sifat-sifat pembawaan.

Dalam ilmu pendidikan, pandangan seperti ini disebut sebagai pedagogik pesimis. Pendidikan yang tidak sesuai dengan bakat dan pembawaan anak didik tidak akan berguna untuk perkembangan anak itu sendiri. Dalam aliran nativisme, lingkungan sekitar tidak mempengaruhi perkembangan anak. Malah, penganut aliran ini menyatakan bahwa “j anak mempunyai pembawaan jahat maka dia akan menjadi jahat, sebaliknya kalau anak mempunyai pembawaan baik maka dia akan baik”. Pembawaan baik dan buruk ini dikatakan tidak dapat di ubah dari luar.

Menurut Rajab (dalam Syafnan, 2020) pembawaan yang diwariskan orangtua kepada anaknya menurut aliran nativisme meliputi beberapa poin di bawah ini.

  1. Pewarisan yang bersifat jasmaniah seperti warna kulit, bentuk tubuh, dsb.
  2. Pewarisan yang bersifat intelektual seperti kecerdasan dan kebodohan.
  3. Pewarisan yang bersifat tingkah laku.
  4. Pewarisan yang bersifat alamiah (internal).
  5. Pewarisan yang bersifat sosiologis (eksternal).

Jadi, dapat disimpulkan bahwa pendidikan menurut aliran nativisme tidak dapat mengubah perkembangan seorang anak atau tidak mempunyai pengaruh sama sekali. Menurut mereka baik buruknya seorang anak ditentukan oleh pembawaan sejak lahir, dan peran pendidikan disini hanya sebatas mengembangkan bakat saja.

Aliran Pendidikan Naturalisme

Nature dalam bahasa Inggris tentunya berarti alam, dalam kaitannya dengan aliran ini, kecerdasan seseorang dianggap di bawa sejak lahir. Aliran ini di pelopori oleh seorang filosof Prancis JJ. Rousseau(1712-1778). Berbeda dengan nativisme, naturalisme berpendapat bahwa semua anak yang baru dilahirkan mempunyai pembawaan baik, dan tidak satu pun dengan pembawaan buruk. Bagaimana hasil perkembangannya kemudian sangat ditentukan oleh pendidikan yang di terima atau yang mempengaruhinya. Sebagaimana dikatakan oleh tokoh aliran ini yaitu J.J. Rousseau, yakni “semua anak adalah baik pada waktu baru datang dari sang pencipta, tetapi semua rusak di tangan manusia”. Oleh karena itu sebagai pendidik Rousseau mengajukan “pendidikan alam” artinya anak hendaklah dibiarkan tumbuh dan berkembang sendiri menurut alamnya, manusia atau masyarakat jangan banyak mencampurinya.

Rousseau juga berpendapat bahwa pendidikan yang diberikan orang dewasa dapat merusak pembawaan anak yang baik itu. Hal ini yang menyebabkan aliran ini juga di sebut sebagai pedagogik negatif. Secara tidak langsung, aliran ini justru menyatakan bahwa pendidikan itu tidak diperlukan. Pendidikan seharusnya menyerahkan anak didik ke alam, agar pembawaan yang baik itu tidak menjadi rusak oleh tangan manusia melalui proses dan kegiatan pendidikan.

Rousseau ingin menjauhkan anak dari segala keburukan masyarakat yang serba dibuat-buat, sehingga kebaikan anak-anak yang di peroleh secara alamiah sejak saat kelahirannya itu dapat berkembang secara spontan dan bebas. Ia mengusulkan perlunya permainan bebas kepada anak didik untuk mengembangkan kemampuannya.

Aliran Pendidikan Empirisme

Aliran ini berawal dari prinsip “the school of british empirism” (aliran empirisme Inggris) yang dipelopori oleh Jhon Locke (1632-1704). Doktrin utama dari aliran empirisme yang sangat terkenal adalah “tabula rasa”, yakni istilah dalam bahasa Latin yang berarti “buku tulis” yang kosong, atau lembaran kosong.

Doktrin tabula rasa menekankan arti pentingnya pengalaman, lingkungan dan pendidikan, dalam arti perkembangan manusia semata-mata bergantung pada lingkungan dan pengalaman pendidikannya. Artinya, seorang anak atau manusia diibaratkan sebagai lembaran kosong yang dapat diisi apa saja. Sementara itu, bakat dan pembawaan sejak lahir di anggap tidak ada pengaruhnya sama sekali. Dalam hal ini, para penganut empirisme menganggap setiap anak lahir seperti tabula rasa, dalam keadaan kosong dan tak punya kemampuan apa-apa.

Aliran empirisme sangat berlawanan dengan aliran nativisme dan naturalisme karena berpendapat bahwa dalam perkembangan anak menjadi manusia dewasa itu justru sangat di tentukan oleh lingkungannya atau oleh pendidikan dan pengalaman yang di terimanya sejak kecil. Manusia dapat dididik menjadi apa saja, baik ke arah yang baik mau pun ke arah yang buruk menurut kehendak lingkungan atau pendidikannya. Dalam ilmu pendidikan, aliran empiris ini dikenal pedagogik optimis.

Dalam aliran empirisme, terdapat lima aspek penting yang mempengaruhi tingkah laku dan perkembangan pendidikan manusia, yakni sebagai berikut.

  1. Sosiologi, yaitu lingkungan yang ditentukan oleh hubungan antar individu dalam suatu komunitas sosial.
  2. Historis,yaitu lingkungan yang ditentukan oleh ciri suatu masa atau era dengan segala perkembangan peradabannya.
  3. Geografis atau lingkungan alamiah, yaitu lingkungan yang ditentukan oleh letak wilayah.
  4. Kultural, yaitu lingkungan yang ditentukan oleh kultural suatu masyarakat.
  5. Psikologis,yaitu lingkungan yang ditentukan oleh kondisi kejiwaan (Syafnan, 2020).

Aliran Pendidikan Konvergensi

Aliran konvergensi merupakan gabungan dari aliran-aliran di atas, yakni nativisme, naturalisme, dan empirisme. Konvergensi berasal dari kata “Convergentie” yang bermakna “penyatuan hasil”, atau “kerjasama untuk mencapai satu hasil”. Aliran ini menggabungkan pentingnya hereditas dengan lingkungan sebagai faktor-faktor yang berpengaruh dalam perkembangan manusia, tidak hanya berpegang pada pembawaan, tetapi juga kepada faktor yang sama pentingnya yang mempunyai andil lebih besar dalam menentukan masa depan seseorang. Aliran konvergensi menyatakan bahwa pertumbuhan dan perkembangan manusia, sangat bergantung pada dua faktor utama, yakni:

  1. Faktor bakat/pembawaan; dan
  2. Faktor lingkungan, pengalaman/pendidikan.

Menurut William Stern (1871-1939), seorang anak di lahirkan di dunia sudah disertai pembawaan baik maupun buruk. Bakat yang di bawa pada waktu lahir tidak akan berkembang dengan baik tanpa adanya dukungan lingkungan yang sesuai untuk perkembangan bakat itu. Sebaliknya lingkungan yang baik dapat menghasilkan perkembangan anak yang optimal kalau memang pada diri anak tidak terdapat bakat yang di perlukan untuk pengembangan itu, sebagai contoh pada hakikatnya kemampuan anak berbahasa dengan kata-kata, adalah juga hasil konvergensi.

Pada anak manusia ada pembawaan untuk berbicara dan melalui situasi lingkungannya anak belajar berbicara dalam bahasa tertentu. Lingkungan pun mempengaruhi anak didik dalam mengembangkan pembawaan bahasanya, karena itu anak manusia mula-mula menggunakan bahasa lingkungannya.

Dalam teori W. Stern di sebut teori konvergensi(memusatkan ke satu titik). Jadi menurut teori konvergensi dikatakan:

  1. Proses Pendidikan mungkin dapat dilaksanakan;
  2. Untuk mengantisipasi tumbuhnya potensi yang kurang baik, proses pendidikan dapat dijadikan penolongnya;
  3. Pembawaan dan lingkungan dapat membatasi hasil pendidikan seorang anak.

Dari tiga model teori tersebut di atas cukup jelas bahwa semua yang berkembang dalam diri individu dapat ditentukan oleh pembawaan dan juga oleh lingkungannya. Sebagai contoh seorang anak dapat berbicara (berbahasa) juga dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor pembawaan dan faktor lingkungan. Jika salah satu dari faktor itu tidak ada, tidak mungkin kemampuan berbahasa anak dapat berkembang.

Referensi

  1. Syafnan. (2020). Dasar-dasar pendidikan. Padangsidimpuan: IAIN Padangsidimpuan.
  2. Amanudin. (2019). Pengantar ilmu pendidikan. Pamulang: Unpam Press.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *