Diterbitkan padaInformatika

Sistem Informasi Eksekutif: Pengertian, Komponen, Kelebihan, Faktor, dsb

Sistem informasi eksekutif adalah sistem informasi yang menyediakan informasi bagi eksekutif atau anggota-anggota organisasi yang memiliki wewenang untuk membuat keputusan mengenai kinerja keseluruhan perusahaan, di mana informasi tersebut dapat diambil dengan mudah dan dalam berbagai tingkat rincian. Sedangkan menurut Rahman & Saudin (2022, hlm. 95) sistem informasi esekutif merupakan sistem informasi yang menyediakan fasilitas yang fleksibel bagi eksekutif dalam mengakses informasi eksternal dan internal yang…

Diterbitkan padaInformatika

Sistem Penunjang Keputusan: Pengertian, Komponen, Perancangan, dsb

Sistem penunjang keputusan adalah rangkaian proses dan mekanisme untuk memperoleh dan mengolah data untuk diuji dan dijadikan petunjuk yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi persoalan-persoalan sebagai dasar menjelaskan proses pengambilan keputusan (Rahman & Saudin, 2022, hlm. 69). Dengan kata lain, SPK dapat diartikan sebagai suatu sistem yang objektif untuk membantu proses pengambilan keputusan. Istilah “keputusan” sendiri berarti suatu pemecahan masalah yang dilakukan melalui pemilihan satu pilihan dari beberapa alternatif yang ditemukan (Setiyaningsih, 2015, hlm. 4). Proses pemilihan tersebut tentunya dilakukan atas dasar logika atau pertimbangan terhadap beberapa alternatif yang…

Diterbitkan padaVideo Pembelajaran

Mengapa Sesuatu Bisa jadi Indah? (Pengantar Estetika: Yunani Kuno~Kini)

Konon kecantikan atau keindahan itu relatif, namun kenyataan sosialnya tidaklah demikian. Kulit putih dan hidung mancung seakan menjadi keharusan agar seorang perempuan bisa disebut cantik, media sosial juga memiliki standar estetika tak tertulis yang tersirat pada tingkat viralitasnya, galeri seni juga melakukan proses kurasi rumit untuk menentukan apa yang akan mereka pajangkan. Lalu sebetulnya apa yang membuat sesuatu jadi indah atau estetis? estetika adalah suatu usaha untuk menjawabnya. Simak penjelasan lengkap berdasarkan pendapat para ahli estetika mengenai penyebab munculnya keindahan di video animasi pengantar estetika ini.

Diterbitkan padaInformatika

Sistem Informasi Manajemen: Pengertian, Tipe, Jenis & Manfaat

Sistem informasi manajemen identik dengan program aplikasi berupa sistem informasi untuk mengelola berbagai kebutuhan perencanaan, operasi, dan laporan kegiatan, produksi, atau layanan dari suatu organisasi. Namun demikian sejatinya sistem informasi sendiri merupakan hal abstrak dan konseptual yang telah diterapkan oleh organisasi sedari teknologi komputer sendiri belum ditemukan. Sejatinya sistem adalah suatu rangkaian prosedur yang sistematis untuk mengolah data menjadi informasi sehingga dapat digunakan untuk berbagai kepentingan seluruh aktivitas organisasi untuk mencapai tujuan bersama. Selain itu,

Diterbitkan padaManajemen & Bisnis

Pengembangan Karir: Pengertian, Tujuan, Indikator, Tahapan, dsb

Pengembangan karir adalah sebuah proses peningkatan kemauan kerja individu yang dicapai dalam rangka mencapai karir yang diinginkan (Affandi, 2018, hlm. 19). Namun demikian tentunya berbagai konsep, aspek, serta proses yang menyelubunginya tidaklah sesederhana itu. Seperti yang diungkapkan oleh Priansa (2018, hlm. 161) yang berpendapat bahwa pengembangan karir merupakan serangkaian kegiatan kerja yang terpisah-pisah masih merupakan hubungan yang saling melengkapi, berkelanjutan dan memberikan makna bagi kehidupan pegawai.

Diterbitkan padaManajemen & Bisnis

Manajemen Kinerja: Pengertian, Ciri, Prinsip, Proses, Tantangan, dsb

Manajemen kinerja adalah cara untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dari organisasi, tim, dan individu dengan memahami dan mengelola kinerja dalam kerangka kerja yang disepakati dari tujuan yang direncanakan dan berbagai persyaratan kompetensi yang ditentukan (Armstrong dalam Tampubolon, 2020, hlm. 80). Lahirnya manajemen berbasis kinerja merupakan bagian dari reformasi new public management yang dilakukan oleh Negara-negara maju di Eropa dan Amerika sejak tahun 1980-an. Fokus manajemen berbasis kinerja adalah pengukuran kinerja sektor publik yang berorientasi pada pengukuran outcome, bukan lagi sekedar pengukuran input dan output saja (Pasolong, 2019, hlm. 201).

Diterbitkan padaManajemen & Bisnis

Administrasi Pembangunan: Pengertian, Ruang Lingkup, Contoh, dsb

Administrasi Pembangunan adalah seni dan ilmu tentang pembangunan suatu sistem administrasi negara dilakukan sehingga sistem administrasi tersebut mampu menyelenggarakan berbagai fungsi umum pemerintahan dan pembangunan secara efisien dan efektif (Mustopadidjaja dalam Sasoko, 2021, hlm. 3). Administrasi dapat dikatakan sebagai salah satu cabang fokus dari administrasi publik atau administrasi negara. Namun demikian namun sebagian ahli juga berpendapat bahwa administrasi pembangunan ini adalah kelanjutan bahkan transformasi dari administrasi negara secara umum. Seperti yang diungkapkan oleh…

Diterbitkan padaManajemen & Bisnis

Good Governance: Pengertian, Asas, 3 Pilar, Implementasi & Permasalahan

Good governance adalah paradigma yang beranggapan bahwa suatu pemerintahan yang baik adalah pemerintahan yang berorientasi kepada masyarakat dan bukan lagi kepada birokrat atau dengan kata lain pemerintahan yang sedang mereformasi diri melaksanakan wirausaha birokrasi untuk menghindari korupsi, kolusi, dan nepotisme (Muhammad, 2019, hlm. 74). Good atau dalam Bahasa Indonesia berarti “baik” tentunya memiliki pengertian yang amat luas. Namun demikian, Pasolong (2019, hlm. 246) mengemukakan bahwa “good” dalam good governance berarti…

Diterbitkan padaManajemen & Bisnis

Pelayanan Publik: Pengertian, Jenis, Prinsip, Dimensi, Indikator, dsb

Pelayanan publik adalah serangkaian aktivitas yang dilakukan oleh lembaga birokrasi publik untuk memenuhi kebutuhan dari warga Negara (Rodiyah dkk, 2021, hlm. 68). Sementara itu merujuk pada UU 25 2009 tentang Pelayanan Publik (dalam Taufik, 2022, hlm.77) pelayanan publik adalah kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang, jasa, dan/atau pelayanan administratif yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik.

Diterbitkan padaManajemen & Bisnis

Pelayanan Publik menurut UU 25 2009: Definisi~Pengaduan (Lengkap)

Untuk meningkatkan kualitas dan menjamin penyediaan pelayanan publik sesuai dengan asas-asas umum pemerintahan dan korporasi yang baik serta untuk memberi perlindungan bagi setiap warga negara dan penduduk dari penyalahgunaan wewenang di dalam penyelenggaraan pelayanan publik, melalui persetujuan bersama DPR RI dan Presiden RI, pada tanggal 18 Juli 2009 Indonesia menyahkan Undang-Undang No 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

© 2024 serupa.id.