Diterbitkan padaPendidikan

Kompetensi Guru – Pengertian, Standar, Contoh Penerapan, dsb

Echlos dan Shadly dalam Mulyasa (2017, hlm. 25) mengungkapkan bahwa kata kompetensi berasal dari bahasa Inggris competency sebagai kata benda competence yang berarti kecakapan, kompetensi dan kewenangan. Artinya, kompetensi dapat diartikan sebagai sebagai pengetahuan, keterampilan dan kemampuan yang dikuasai seseorang telah menjadi bagian dari dirinya sehingga dia dapat melakukan perilaku-perilaku kognitif, efektif, dan psikomotorik dengan sebaik-baiknya.

Diterbitkan padaPendidikan

Model-Model Evaluasi : CIPP, Stake, Alkin, Kirkpatrick, Brinkerhoff

Evaluasi merupakan penentuan nilai suatu hal, yang meliputi pengumpulan informasi yang digunakan untuk memutuskan nilai keberhasilan suatu program, produk, prosedur, tujuan atau manfaat yang pada desain pendekatan alternatif untuk mempertahankan tujuan khusus. Sementara itu, model evaluasi ialah desain atau pola umum untuk melakukan evaluasi yang dibuat oleh ahli-ahli atau pakar-pakar evaluasi. Berikut adalah beberapa model-model evaluasi yang dapat diterapkan pada…

Diterbitkan padaPendidikan

Inovasi Pendidikan – Pengertian, Strategi, Proses, Model, dsb

Inovasi dalam pendidikan merupakan hal krusial yang harus diperhatikan agar pembelajaran tidak stagnan sehingga efektivitas dan efisiensi pendidikan tidak dapat dikembangkan. Apalagi jika kita merujuk pada negara berkembang seperti di Indonesia, inovasi pendidikan di Indonesia merupakan salah satu lalapan yang harus disajikan setiap hari kepada seluruh unsur pendidikan.

Diterbitkan padaInformatika

Pengantar Struktur Data

Apa itu Struktur Data? Struktur data adalah suatu penyusunan, hierarki, atau mudahnya bagaimana kita mengemas dan menyimpan suatu data yang dibutuhkan untuk diolah oleh suatu algoritma pemrograman. Mengapa kita membutuhkan struktur data? Tentunya untuk menyederhanakan dan mengklasifikasikannya agar lebih mudah diatur dan gunakan sesuai dengan kebutuhan algoritma yang akan kita buat dalam suatu kode program atau aplikasi.

Diterbitkan padaPendidikan

Pendekatan Induktif : Pengertian, Karakteristik & Langkah

Pendekatan pembelajaran dapat diartikan sebagai suatu acuan pembelajaran yang berusaha meningkatkan kemampuan-kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik siswa dalam pengolahan pesan sehingga tercapai tujuan belajar yang diinginkan. Beberapa pendekatan pembelajaran yang biasa diaplikasikan dalam dunia pendidikan adalah pendekatan induktif dan pendekatan deduktif.

Diterbitkan padaPendidikan

Model Pembelajaran Make a Match & Langkah-Langkahnya

Model pembelajaran make a match adalah salah satu cara untuk mengimplementasikan pembelajaran kooperatif. Model kooperatif tipe make a match atau “membuat pasangan” ini dikembangkan oleh Lorna Curran pada tahun 1994. Dalam model pembelajaran make a match, siswa diperintahkan untuk mencari pasangan kartu yang merupakan jawaban atau soal sebelum batas waktu yang ditentukan, siswa yang berhasil mencocokkan kartunya diberi poin.

© 2024 serupa.id.