Diterbitkan padaPsikologi

Psikologi Klinis: Pengertian, Peran, Syarat, Karir & Penerapan

Psikologi klinis adalah suatu metode yang digunakan untuk memodifikasi dan mengembangkan jiwa seseorang berdasarkan hasil observasi dan eksperimen (Witmer dalam Sulistiyowati, 2021, hlm. 4). Definisi tersebut adalah pengertian yang disampaikan oleh ahli pertama yang menggunakan istilah psikologi klinis pada tahun 1907. Lebih lanjut Witmer (dalam Lestari, 2021, hlm. 4) menjelaskan bahwa…

Diterbitkan padaPendidikan

Perkembangan Bahasa: Pengertian, Teori, Pemerolehan & Tahapan

Bahasa pada hakikatnya adalah ucapan pikiran dan perasan manusia secara teratur, yang mempergunakan bunyi sebagai alatnya. Oleh karena itu bahasa dan berbicara merupakan kemampuan yang amatlah penting bagi manusia dalam menjalankan kesehariannya termasuk untuk belajar. Hal tersebut karena belajar merupakan salah satu kunci utama dari kemampuan manusia untuk dapat bertahan hidup dan saling membantu satu sama lain untuk mewujudkan kehidupan yang sejahtera.

Diterbitkan padaPendidikan

Perkembangan Motorik Kasar dan Halus: Pengertian, Tujuan, Fungsi, dll

Perkembangan motorik berasal dari kata “perkembangan” dan “motorik” yang berasal dari bahasa Inggris, yakni “motor” yang berarti “gerak”. Menurut Seifart & Hoff (dalam Khadijah & Amelia, 2020, hlm. 2) perkembangan adalah perasaan yang tumbuh pada diri seseorang dan mengakibatkan perubahan pada pola pikir, hubungan sosial dan skill motorik dalam waktu jangka panjang. Sementara itu motorik adalah suatu aktivitas yang sangat penting bagi manusia, karena melalui gerak (motor) manusia dapat meraih sesuatu yang menjadi…

Diterbitkan padaPendidikan

Kesulitan Belajar: Pengertian, Diagnosis, Jenis, Faktor, Cara Mengatasinya, dll

Kesulitan belajar adalah suatu bentuk gangguan dalam satu atau lebih dari faktor fisik dan psikis yang mendasar yang meliputi pemahaman atau penggunaan bahasa, lisan atau tulisan yang dengan sendirinya muncul sebagai kemampuan tidak sempurna untuk mendengarkan, berpikir, berbicara, membaca, menulis, atau membuat perhitungan matematikal, termasuk juga keadaan ekonomi, budaya, atau lingkungan yang tidak menguntungkan (Betty dalam Nurjan, 2016, hlm. 162).

Diterbitkan padaPendidikan

Kemandirian Belajar: Pengertian, Indikator, Faktor, Contoh Angket, dll

Menurut Asrori (2020, hlm. 121) kemandirian belajar adlaah suatu perilaku yang dimiliki seseorang yang mampu untuk berinisiatif untuk melakukan segala sesuatu pekerjaan untuk memenuhi kebutuhannya tanpa harus tergantung pada orang lain dan melakukannya secara tanggung jawab. Belajar mandiri amatlah berbeda dengan belajar restruktur karena dengan sengaja diselenggarakan secara terstruktur. Bahkan menurut Yamin (dalam Asrori 2020, hlm. 121) belajar mandiri lebih…

Diterbitkan padaPendidikan

Motivasi Belajar: Pengertian, Indikator, Fungsi, Meningkatkan, Faktor, dll

Motivasi belajar adalah keseluruhan daya penggerak psikis dalam diri siswa yang menimbulkan bentuk kegiatan belajar, menjamin kelangsungan kegiatan belajar dan memberikan arah pada kegiatan belajar itu demi mencapai suatu tujuan (Winkel dalam Asrori, 2020, hlm. 117). Dengan demikian motivasi mempunyai peranan yang penting dalam aktivitas belajar. Tidak akan ada orang yang melakukan aktivitas belajar tanpa motivasi. Tidak ada motivasi berarti tidak ada kegiatan untuk belajar.

Diterbitkan padaPsikologi

Jenis-Jenis Belajar menurut Para Ahli (Abstrak ~ Pengetahuan)

Jenis belajar amatlah beragam dan tidak melulu persoalan akademis dan keterampilan saja. Hal ini merupakan catatan penting karena belajar haruslah berupa kombinasi yang seimbang antarragam-jenisnya. Jika tidak, belajar tidak akan mampu memberikan dampak perubahan positif bagi individu apalagi masyarakat dan kesejahteraan manusia pada umumnya. Misalnya, jika kemampuan teknis seperti coding, menggambar, atau riset dan analisis tidak diimbangi oleh soft skill atau kemampuan pengelolaan diri dan bersosialisasi maka dampak dari kemampuan teknis tersebut tidak akan pernah memberikan…

Diterbitkan padaPendidikan

Perilaku/Sikap Belajar: Pengertian, Ciri/Karakteristik, Faktor, dll

Perilaku atau sikap belajar adalah deretan sikap dan tingkah laku yang dilakukan oleh individu saat belajar. Seperti yang diungkapkan oleh Asrori (2020, hlm. 114) bahwa perilaku belajar adalah suatu sikap yang muncul dari diri siswa dalam menanggapi dan merespons setiap kegiatan belajar mengajar yang terjadi, menunjukkan sikapnya apakah antusias dan bertanggung jawab atas kesempatan belajar yang diberikan kepadanya.

Diterbitkan padaPsikologi

Psikologi Belajar: Pengertian, Tujuan, Ruang Lingkup, Fungsi & Manfaat

Psikologi belajar adalah ilmu pengetahuan yang berusaha mempelajari, menganalisis prinsip-prinsip perilaku manusia dalam proses belajar dan pembelajaran (Nurjan, 2016, hlm. 6). Sejatinya belajar merupakan proses mental atau gejala jiwa kognitif atau akal pikiran yang tentunya amatlah berkaitan dengan psikologi. Oleh karena itu diperlukan kacamata psikologi pula untuk menganalisis dan mempelajari perilaku manusia ketika belajar. Lantas apa perbedaannya dengan psikologi pendidikan? berikut…

© 2024 serupa.id.