Diterbitkan padaBiografi

Barli Sasmitawinata – Biografi, Gaya dan Analisis Karya

Biografi Barli Sasmitawinata Barli Sasmitawinata adalah salah satu seniman besar Indonesia yang lahir di Bandung 18 Maret 1921. Ia adalah seniman yang memberikan pengaruh besar terhadap perkembangan Seni Rupa Indonesia. Kontribusinya dalam dunia pendidikan seni rupa sangatlah besar, baik pada lembaga nonformal, maupun lembaga formal. Boleh dikatakan Barli juga menjadi “spesimen” penting seniman Indonesia. Mengapa? […]

Diterbitkan padaSejarah Seni

Sejarah Seni Rupa Indonesia; Prasejarah hingga Modern

Sejarah seni rupa Indonesia adalah salah satu kisah yang membanggakan sekaligus menghanyutkan. Bagaimana tidak, salah satu peradaban tua yang maju ini berkali-kali di interfrensi keberadaannya oleh budaya asing. Namun masyarakat Nusantara juga mengandalkan penyerapan dan akulturasi dari budaya luar untuk bisa berkembang dengan cepat. Sehingga, sejarah kita mengalami ekuilibrium budaya yang akhirnya membuncah setelah kedatangan […]

Diterbitkan padaBiografi

Hendra Gunawan – Biografi, Analisis Teknik, Gaya, dan Karya

Hendra Gunawan adalah Seniman Indonesia yang terkenal karena penggunaan unsur rupa tradisional melalui aplikasi teknik yang modern. Ciri khasnya sangat kaya akan pengaruh-pengaruh kebudayaan tradisional Indonesia, termasuk pengaruh asimilasi dari India dan Tiongkok. Bagaimana ia mendapatkan gaya yang terhitung sangat orisinal di indonesia bahkan dunia ini? Simak perjalanan hidupnya dan analisis gaya, teknik serta beberapa karyanya disini.

Diterbitkan padaAliran Seni Rupa

Surealisme – Pengertian, Ciri, Tokoh, Contoh Karya & Analisis

Surealisme bukanlah Fantasi, aliran ini menghadirkan kontradiksi antara mimpi dan realita menjadi nyata dalam gambar yang memperlihatkan objek nyata dalam keadaan yang tidak mungkin terjadi, seperti dalam mimpi atau alam bawah sadar manusia. Surealisme menggunakan pendekatan teori psikologi Freud yang mengeksplorasi alam bawah sadar dan citra mimpi manusia, simak pembahasan lengkapnya disini.