Diterbitkan padaBahasa Indonesia

Teks Prosedur: Pengertian, Ciri, Jenis, Kaidah (Lengkap)

Teks prosedur adalah teks yang memberikan petunjuk, langkah-langkah dan pengarahan agar suatu pekerjaan dapat dilakukan. Pengertian tersebut senada dengan pendapat Mahsun (2014: 30) yang mengungkapkan bahwa teks prosedur adalah teks yang bertujuan untuk memberikan pengarahan atau pengajaran tentang langkah-langkah sesuatu yang telah ditentukan.

Sementara itu, menurut Menurut Priyatni (2014 : 87) teks prosedur adalah teks yang memberikan petunjuk atau menggunakan sesuatu dengan langkah-langkah yang urut. Kemdikbud (2017, hlm.84) juga memberikan definisi serupa “Teks prosedur merupakan teks yang berisi tujuan dan langkah-langkah yang harus diikuti agar suatu pekerjaan dapat dilakukan”.

Diterbitkan padaBahasa Indonesia

Teks Laporan Hasil Observasi: Pengertian, Ciri, Langkah, dsb

Teks laporan hasil observasi adalah teks yang memiliki fungsi untuk memberikan informasi mengenai suatu objek atau situasi dan hal lain yang telah diamati, diinvestigasi, atau diteliti secara sistematis. Pengertian tersebut sejalan dengan pendapat Kosasih (2014, hlm.43) yang menyatakan bahwa laporan hasil observasi adalah teks yang mengemukakan fakta-fakta yang diperoleh melalui pengamatan.

Teks ini berisi hasil observasi dan analisis secara sistematis. Artinya, Teks laporan hasil observasi menyajikan informasi tentang suatu hal secara apa adanya, kemudian dikelompokkan lalu dianalisis secara sistematis sehingga dapat menjelaskan suatu hal secara terperinci dari sudut pandang keilmuan.

Diterbitkan padaBahasa Indonesia

Teks Deskripsi – Pengertian, Ciri Ciri, Struktur, Pola, Kaidah

Teks deskripsi adalah tulisan yang menggambarkan suatu objek, atau suasana secara terperinci dan jelas, sehingga pembaca seolah-olah ikut merasakan atau mengalaminya sendiri. Pengertian tersebut diperkuat oleh pendapat ahli di bawah ini.

Menurut Dalman (2018, hlm.94) mengungkapkan bahwa teks deskripsi merupakan suatu tulisan yang melukiskan atau menggambarkan objek atau peristiwa tertentu dengan kata-kata yang jelas dan terperinci, seakan-akan pembaca turut merasakan dan mengalami langsung apa saja yang di deskripsikan oleh penulis.

Masih bertalian dengan pendapat di atas, Kurniasari (2014, hlm. 141) berpendapat bahwa teks deskripsi berisi mengenai pengalaman melihat dan merasakan objek yang digambarkan secara jelas, sehingga pembaca seolah-olah dapat merasakan sendiri apa yang dilihat atau dirasakan oleh penulis.

Diterbitkan padaDesain

Gambar Ilustrasi – Pengertian, Ontologi, Jenis, Fungsi & Contoh

Gambar Ilustrasi adalah gambar yang menggambarkan suatu suasana, keadaan, atau hal abstrak lain yang tidak tampak agar memperoleh perkiraan representasif yang sesuai dengan hal yang ingin digambarkan. Itu adalah pengertian yang paling universal namun tetap spesifik untuk mendefinisikan gambar ilustrasi.

Banyak yang mengira bahwa ilustrasi tidak ada bedanya dengan gambar. Terkadang, apapun yang digambar, apalagi digambar manual dianggap ilustrasi. Padahal, sebenarnya hal itu kurang tepat.

Diterbitkan padaInspirasi

Ruang Guru: Apa? Mengapa? Kelebihan & Kekurangan+Promo

Apa itu Ruang Guru? Ruang Guru adalah platform pembelajaran daring yang memiliki banyak fitur (boleh jadi, terlalu banyak) untuk mendukung kegiatan belajar dan pembelajaran siswa di luar sekolah yang menggunakan media Aplikasi Mobile (Android & iOs). Fitur utama yang ditawarkannya berupa video pembelajaran yang dibawakan oleh Guru-Guru terkualifikasi, dilengkapi oleh animasi yang memperjelas materi yang […]

Diterbitkan padaPendidikan

Pendidikan Karakter: Pengertian, Sistem, Tujuan & Strategi

Pendidikan karakter adalah hal yang paling krusial dalam dunia pendidikan. Pendidikan ini adalah pilar yang menentukan apakah pendidikan dapat bermanfaat atau justru menjadi malapetaka bagi umat manusia.

Hal yang paling ditakuti guru bukanlah siswa yang tidak mampu mengikuti pelajaran matematika atau pelajaran rumit lainnya. Guru lebih khawatir jika siswa tidak dapat belajar mengantre. Mengapa? Karena antrean memuat banyak indikator karakter dari seseorang yang berhasil terdidik.

Ketika siswa mampu mengantre, berarti siswa telah mempelajari konsekuensi dari persiapan yang kurang matang, yakni nomor antrean belakang. Sebaliknya, jika mereka sudah datang lebih dulu,  mereka akan mendapatkan nomor antrean lebih awal. Mengantre juga memberikan pelajaran menghargai sistem, hak orang lain, disiplin diri dan konsekuen terhadap perbuatannya sendiri.

Karakter adalah fondasi dari soft skill yang justru lebih menunjang tingkat kesuksesan seseorang dalam hidupnya. Kemampuan teknis hebat yang tidak diiringi karakter yang baik adalah percuma. Ia tidak akan mampu bekerja sama dan berempati kepada rekannya. Selain itu, penggunaan ilmu pengetahuan yang dilakukan oleh karakter yang tidak baik akan menghadirkan konsekuensi yang buruk pula.

Diterbitkan padaDesain

Pamflet: Pengertian, Contoh & Perbedaannya dengan Brosur

Pamflet adalah media informasi yang berbentuk selebaran yang dicetak dan berisi informasi berupa teks dan gambar. Pamflet biasanya digunakan untuk menyebarkan . Nama lain dari yang sering digunakan untuk menyebut pamflet antara lain leaflet, brosur, dan flyer.

Sebetulnya, tiga media tersebut memiliki bentuk dan fungsi yang hampir sama. Disebut flyer karena dulu salah satu cara untuk menyebarkan selebaran informasi seperti ini adalah dengan disebarkan melalui udara lewat pesawat. Sementara itu, istilah brosur muncul ketika banyak orang yang menggunakan media selebaran untuk mengiklankan produk dan jasanya.

Sehingga, menyebut pamflet sebagai medali informasi yang berisi informasi adalah definisi yang lebih tepat. Karena belum tentu media ini digunakan untuk media promosi, bahkan kenyataannya, perbedaan terbesar dari pamflet dengan selebaran lainnya adalah jenis informasinya. Lalu apa saja perbedaannya? Di bawah ini adalah penjelasannya.

Diterbitkan padaBudaya

Unsur Unsur Budaya – Wujud, Unsur Kebudayaan & Prinsip

Unsur unsur budaya adalah berbagai konsep yang menyelubungi budaya secara umum. Unsur tersebut dibagi menjadi: wujud, unsur-unsur kebudayaan, dan prinsip holistik. Jika yang Anda cari adalah unsur-unsur kebudayaan, maka unsur tersebut adalah satuan terkecil yang membentuk kebudayaan secara umum. Unsur-unsur tersebut sering disebut unsur kultural universal yang terdiri dari: sistem peralatan hidup, mata pencaharian, religi, […]

Diterbitkan padaPendidikan

Filsafat Pendidikan: Pengertian, Sistematika, Tujuan & Aliran

Filsafat pendidikan adalah muara ide dari berbagai kebutuhan utama pendidikan seperti model pembelajaran dan berbagai aspek lain yang dibutuhkan untuk melanjutkan saga keilmuan pendidikan. Seperti filsafat pada umumnya, filsafat pendidikan juga mempertanyakan berbagai kemungkinan yang telah dan/atau bisa diambil lalu diputuskan untuk menggiati keilmuan ini.

Dahulu, filsafat pendidikan sempat masuk menjadi salah satu mata kuliah yang akan dipelajari pada program studi pendidikan jenjang sarjana. Namun, belakangan mata kuliah ini ditiadakan dan secara eksklusif baru diberikan ketika mahasiswa menempuh pendidikan pasca sarjana. Alasannya? Karena dianggap terlalu berat.

Diterbitkan padaPendidikan

Pendidikan: Pengertian, Unsur, Tujuan, Fungsi, dsb (Lengkap)

Pendidikan adalah usaha untuk mewujudkan aktivitas pembelajaran yang dilakukan agar peserta didik dapat secara aktif belajar dan mengembangkan potensi dirinya menjadi lebih baik dari segi kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, dsb.

Sementara itu dengan arah serupa namun dalam kacamata yang berbeda, Kurniawan (2017, hlm. 26), berpendapat bahwa pendidikan adalah mengalihkan (menurunkan) berbagai nilai, pengetahuan, pengalaman dan keterampilan kepada generasi yang lebih muda sebagai usaha generasi tua dalam menyiapkan fungsi hidup generasi selanjutnya, baik jasmani maupun rohani.