Loyalitas pelanggan adalah komitmen yang dipegang secara mendalam untuk membeli atau mendukung kembali produk atau jasa yang di sukai di masa depan, meski pengaruh situasi dan usaha pemasaran berpotensi menyebabkan pelanggan beralih (Kotler & Keller, 2016, hlm. 138). Hal tersebut karena dengan adanya sikap loyal kepada perusahaan, maka konsumen akan memilih menggunakan produk atau jasa perusahaan secara berulang-ulang dan tidak terpengaruh oleh strategi pemasaran yang dilakukan perusahaan lain.
Kepuasan Pelanggan (Customer Satisfaction): Pengertian, Manfaat, Dimensi, dsb
Kepuasan pelanggan adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan antara persepsi terhadap kinerja atau hasil suatu produk dengan harapan-harapannya (Tjiptono, 2020, hlm. 19). Oleh karena itu, kepuasan konsumen ini merupakan tolak ukur tinggi dalam berbagai kebutuhan pemasaran dan tujuan perusahaan secara umum. Seperti yang diungkapkan oleh Sunyoto (2019, hlm. 140) bahwa kepuasan konsumen merupakan salah satu alasan di mana konsumen memutuskan untuk berbelanja pada suatu tempat. Hal tersebut karena apabila konsumen puas…
Word of Mouth Marketing: Pengertian, Dimensi, Prinsip, Cara, dsb
Word of mouth adalah komunikasi lisan, tertulis, dan elektronik antar masyarakat yang berhubungan dengan keunggulan atau pengalaman membeli atau menggunakan produk atau jasa (Kotler & Keller dalam Haque-Fawzi dkk, 2022, hlm. 97). Sederhananya, pemasaran word of mouth ini adalah usaha marketing agar produk atau jasa kita dibicarakan oleh banyak orang dan terus menyebar karena keunikan, keunggulan, atau kualitasnya. Sementara itu menurut (2021, hlm. 339) word of mouth merupakan sebuah kegiatan
Viral Marketing: Pengertian, Strategi, Jenis, Manfaat, Indikator, dsb
Viral marketing adalah versi internet dari penggunaan pemasaran mulut ke mulut, yang memiliki hubungan dengan menciptakan sebuah e-mail, video, post, atau konten dan cara pemasaran yang sangat menular sehingga konsumen atau pelanggan bersedia atau mau untuk menyebarkan dan menyampaikannya kepada teman-teman mereka. Bentuk konkretnya dapat berupa video lucu, meme, atau surat elektronik yang dapat disisipi nama yang penerima, dsb. Disebut viral, karena konsep cara kerja dari viral marketing ini sendiri seperti layaknya sebuah penyebaran virus yang…
Online Marketing: Pengertian, Komponen, Cara & Manfaat
Online marketing, Internet marketing, atau e-marketing adalah upaya untuk melakukan pemasaran suatu produk berupa barang dan jasa melalui media elektronik atau internet (Haque-Fawzi, 2022, hlm. 79). Dengan kata lain, online marketing merupakan kegiatan pemasaran yang dilakukan secara elektronik menggunakan jaringan internet. Internet atau jaringan luas yang memungkinkan banyak orang atau perangkat terhubung sekaligus secara bersamaan adalah inti dari media yang digunakan.
Bauran Promosi: Pengertian, Penjelasan Unsur & Faktor
Bauran promosi berkaitan dengan upaya untuk mengarahkan seseorang agar dapat mengenal produk perusahaan lalu memahaminya, berubah sikap, menyukai, yakin kemudian akhirnya membeli dan selalu ingat akan produk tersebut (Tjiptono dalam Ismanto, 2020, hlm. 86). Dengan demikian, bauran promosi adalah berbagai alat, upaya, atau bermacam hal tertentu yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk mengomunikasikan berbagai nilai lebih yang terdapat pada produk mereka untuk meyakinkan konsumen membeli dan berlangganan.
Bauran Pemasaran: Pengertian dan Penjelasan Unsur 4P & 7P
Pengertian Bauran Pemasaran
Bauran pemasaran adalah sesuatu yang dapat mempengaruhi permintaan perusahaan akan produk tersebut (Ismano, 2020, hlm. 32). Dengan kata lain, bauran pemasaran menjadi konsep sekaligus alat perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan melalui kegiatan pemasaran yang efektif. Seperti yang diungkapkan oleh Kotler & Keller (2016, hlm. 78) bahwa bauran pemasaran (marketing mix) adalah seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk terus menerus mencapai tujuan pemasaran di pasar sasarannya.
Relationship Marketing: Pengertian, Dimensi, Manfaat & Contoh
Relationship marketing adalah orientasi strategis pemasaran yang lebih pada mempertahankan dan mengembangkan pelanggan-pelanggan yang telah ada dari pada menarik pelanggan baru (Zeithml dan Bitner, 2017, hlm. 138). Dengan demikian relationship marketing ini lebih fokus pada pelanggan lama, maupun pada pelanggan, konsumen, atau customer itu sendiri. Oleh karena itu, pemasaran relasional atau relationship marketing ini juga sering disebut sebagai customer relationship marketing atau customer relationship management (CRM). Saat disingkat menjadi CRM, customer relationship marketing ini lebih sering diidentikkan dengan perangkat lunak…
Strategi Promosi: Pengertian, 6 Strategi Pokok & Faktor yang Mempengaruhi
Promosi merupakan elemen bauran pemasaran yang berfokus pada upaya menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan kembali konsumen akan merek dan produk perusahaan (Tjiptono, 2020, hlm. 387). Sementara itu, menurut Laksana (2019, hlm. 129) promosi adalah suatu komunikasi dari penjual dan pembeli yang berasal dari informasi yang tepat yang bertujuan untuk mengubah sikap dan tingkah laku pembeli, yang tadinya tidak mengenal menjadi mengenal sehingga menjadi pembeli dan tetap mengingat produk tersebut.
Strategi Pemasaran: Pengertian, Fungsi, Tujuan, Faktor, Contoh, dsb
Strategi pemasaran adalah seperangkat tujuan dan sasaran, kebijakan dan aturan yang memandu usaha pemasaran suatu perusahaan dari waktu ke waktu, pada semua tingkatan dan acuan serta alokasi, terutama respons perusahaan terhadap lingkungan dan kondisi persaingan yang selalu berubah (Assauri, 2017, hlm. 15). Sementara itu menurut Haque-Fawzi dkk (2022, hlm. 9) strategi pemasaran adalah upaya memasarkan suatu produk, baik itu barang atau jasa, dengan menggunakan pola rencana dan taktik tertentu sehingga…