Directing atau pengarahan merupakan fungsi manajemen yang boleh dikatakan sebagai gabungan dari staffing dan leading. Sepertinya namanya, secara umum fungsi ini berarti melakukan pengarahan atau perintah terhadap anggota organisasi agar mereka dapat memahami dan menjalankan suatu hal yang untuk mencapai tujuan organisasi.
Controlling, Pengendalian, atau Pengawasan & Evaluasi
Controlling, pengendalian, atau pengawasan dan evaluasi dalam manajemen sering disebut sebagai fungsi dasar terakhir dari manajemen. Hal tersebut karena seluruh fungsi dasar manajemen yang dilakukan pada akhirnya akan diawasi serta dikendalikan dan dievaluasi agar sesuai dengan tujuannya.
Kepemimpinan: Pengertian, Unsur, Prinsip, Tingkat & Gaya
Kepemimpinan merupakan salah satu fungsi manajemen yang penting dari manajemen. Kemampuan untuk memimpin dengan efektif merupakan salah satu kunci untuk melaksanakan seluruh unsur-unsur manajemen dengan baik. Pemimpin harus melaksanakan semua fungsi peranannya untuk mengombinasikan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Kunci untuk melakukan ini ialah adanya peranan yang jelas dan tingkat kewenangan atau wewenang untuk menyokong tindakan-tindakan kepemimpinan.
Staffing dan Actuating dalam Manajemen
Staffing dan actuating merupakan dua lini strategik manajemen yang berkaitan dengan pelaksanaan kerja, wewenang, dan delegasi dalam suatu organisasi. Baik staffing dan actuating merupakan fungsi manajemen lanjutan yang penting untuk disadari dan dikelola dengan baik untuk menciptakan manajemen organisasi yang efektif dan efisien.
Perilaku Organisasi: Pengertian, Sifat, Karakteristik & Pengembangan
Perilaku merupakan wujud konkret dari suatu jiwa atau insan manusia yang dapat diamati langsung oleh manusia lainnya. Oleh karena itu, perilaku menjadi primadona dalam dunia psikologi yang ingin mempelajari manusia dari sisi psikisnya. Bahkan saat seorang psikiatris membicarakan kejiwaan seseorang, sejatinya apa yang ia bicarakan adalah perilakunya.
Budaya Organisasi : Pengertian, Dimensi, Indikator, Contoh, dsb
Budaya organisasi merupakan berbagai nilai-nilai yang menyelubungi pola pikir, gagasan, dan tingkah laku khas yang dipegang dan dijalankan oleh sumber daya manusia dalam suatu organisasi untuk mencapai tujuannya. Seperti yang diungkapkan oleh Fahmi (2017, hlm. 11) bahwa budaya organisasi adalah hasil proses melebur gaya budaya dan perilaku tiap individu yang dibawa sebelumnya ke dalam sebuah norma-norma dan filosofi yang baru, yang memiliki energi serta kebanggaan kelompok dalam menghadapi sesuatu dan tujuan tertentu.
Organisasi – Pengertian, Ciri, Struktur, Bentuk, Prinsip & Tujuan
Organization atau dalam bahasa Indonesia Organisasi merupakan salah satu fungsi manajemen yang menyusun struktur tanggung jawab, pekerjaan, dan berbagai aspek manajemen lainnya dalam suatu wadah. Dalam praktiknya, suatu organisasi akan terdiri atas banyak individu yang memiliki atau terikat secara profesional dalam visi, misi, dan tujuan yang telah ditetapkan.
Perencanaan/Planning dalam Manajemen (Pengertian – Proses)
Perencanaan atau planning merupakan salah satu fungsi/sarana manajemen yang krusial, karena berkaitan dengan tahapan awal untuk menentukan keberhasilan pengelolaan bisnis maupun tujuan lainnya dari suatu organisasi atau perusahaan. Fungsi perencanaan atau planning function berurusan dengan penetapan sasaran dan tujuan yang akan menentukan pilihan, keputusan, dan pengkajian berbagai tindakan yang akan dilakukan pada suatu penyelenggaraan manajemen.
5 Rekomendasi Dompet Kripto Terbaik, Mudah Konversi ke Rupiah
Meskipun mata uang kripto belum menjadi alat pembayaran yang sah di Indonesia, namun peminat kripto untuk investasi kini semakin meningkat pesat. Data statistik terbaru yang merupakan hasil survey menunjukan bahwa investasi kripto menempati urutan ke-4 investasi terbesar di tanah air, setelah emas, reksadana, dan deposito berjangka. Bahkan investasi dengan kripto telah mengalahkan investasi properti yang menempati urutan ke-5.
Manajemen : Pengertian, Unsur Pokok, Tujuan & Fungsi
Manajemen adalah ilmu dan praktik berbagai strategi, proses, dan evaluasi semua jenis sumber daya dalam suatu organisasi untuk mencapai tujuan yang ditetapkan secara efektif dan efisien. Seperti yang diungkapkan oleh Krisnandi dkk (2019, hlm. 3) bahwa manajemen adalah seni dan atau proses merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan, dan mengawasi berbagai sumber daya untuk mencapai suatu tujuan tertentu.