Posted inManajemen & Bisnis

Distribusi dalam Pemasaran: Pengertian, Saluran, Fungsi & Faktor

Pemasaran yang sukses tanpa diiringi oleh saluran distribusi yang prima hanya akan menjadi pedang bermata dua. Kekecewaan konsumen yang tidak bisa mengakses produk yang ditawarkan akan menghantui dalam waktu yang lama. Dengan demikian, distribusi merupakan fungsi vital yang harus dapat dijalakan dengan baik oleh suatu organisasi perusahaan. Hal ini juga yang menjadikan distribusi (Place) sebagai salah satu bagian dari bauran pemasaran (marketing mix).

Posted inManajemen & Bisnis

Perilaku Konsumen: Pengertian, Jenis, Model, Faktor, dsb

Perilaku konsumen (konsumer behaviour) merupakan aspek penting yang harus diperhatikan dalam memasarkan produk dari perusahaan organisasi. Berbagai target sasaran konsumen memiliki tingkah laku yang berbeda. Jika target demografi yang disasar adalah generasi muda, maka produk dan strategi marketing tertentu akan jauh lebih bekerja dibandingkan dengan berbagai produk dan strategi yang disasarkan pada generasi tua.

Posted inManajemen & Bisnis

Manajemen Sumber Daya Manusia: Pengertian – Prosedur

Sumber daya manusia (SDM) atau Human Resources (HR) merupakan aset vital dan memiliki peranan kuat sebagai faktor penggerak utama dalam pelaksanaan seluruh kegiatan atau aktivitas organisasi. Dengan demikian, sumber daya ini haruslah dikelola dengan baik. Pengelolaan SDM dilakukan melalui Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) atau Human Resources Management (HRM). Dengan demikian, manajemen…

Posted inManajemen & Bisnis

Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR): Definisi, Dasar, Tujuan, dsb

Tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) adalah suatu konsep bahwa organisasi, khususnya (namun tidak terbatas) perusahaan memiliki berbagai bentuk tanggung jawab terhadap seluruh pemangku kepentingannya yang meliputi konsumen, karyawan, pemegang saham, komunitas, dan sebagainya dalam segala aspek operasional perusahaan yang mencakup aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan (Firmansyah & Mahardhika, 2018, hlm. 317).

Posted inManajemen & Bisnis

Manajemen Strategik: Pengertian, Proses & Beberapa Model

Manajemen strategik merupakan salah satu rangkaian proses untuk menetapkan cetak biru dan rencana untuk menentukan berbagai hal yang dibutuhkan dalam implementasi pencapaian tujuan dari suatu organisasi. Cakupan perencanaan strategik dapat diawali dengan pengukuhan filosofi sehingga dapat diketahui strategi dan cara seperti apa yang dibutuhkan untuk mewujudkan tujuan yang diinginkan.

Posted inManajemen & Bisnis

Kebijakan: Pengertian, Proses, Perumusan, Implementasi, dsb

Kebijakan sederhananya merupakan salah satu produk organisasi atau instansi yang digunakan untuk menjadi acuan, aturan, hingga berbagai standarisasi untuk melaksanakan suatu hal. Terdapat banyak berbagai macam jenis kebijakan. Beberapa kebijakan yang umum mendapat sorotan keilmuan meliputi: kebijakan publik, kebijakan organisasi, kebijakan pemerintah, hingga kebijakan pendidikan. Di dalam bidang apa pun itu, setidaknya kebijakan masih memiliki pengertian dan definisi yang sama, hanya konteks, tujuan, dan penerapannya saja yang sedikit berbeda. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah berbagai uraian mengenai kebijakan.

Posted inManajemen & Bisnis

Sejarah Manajemen: Perkembangan, Evolusi Teori & Aliran

Sejarah manajemen sejatinya dapat dilihat dari perkembangan manusia sendiri. Misalnya, manajemen sebenarnya lahir dari sejak manusia melakukan kegiatan pengaturan diri, keluarga dan kelompoknya untuk sesuatu tujuan yang diinginkannya. Tujuan tersebut dapat berupa seni atau keindahan, pencapaian suatu materi atau juga keberlangsungan hidupnya. Dalam contoh kecil tersebut, sudah tampak bahwa agar kehidupannya berlangsung dengan baik maka dibutuhkan pengelolaan yang apik.