Posted inInformatika

Pemrograman Dasar – Konsep, Logika, Prinsip & Langkah

Pemrograman dasar merupakan pembelajaran yang biasa diberikan dalam program studi informatika ketika peserta didik mulai diperkenalkan pada dunia pemrograman. Biasanya, modul yang diberikan berupa pengetahuan dan praktik mengenai dasar-dasar suatu bahasa pemrograman (misalnya bahasa PHP). Namun demikian, sejatinya pemrograman dasar seharusnya memberikan berbagai pengetahuan serta berbagai konsep dasar yang menyelubungi teknis pemrograman.

Posted inInformatika

Analisis Sistem dan Perancangannya

Analisis merupakan penguraian suatu pokok atas berbagai bagiannya. Melalui penguraian ini akan lebih mudah bagi kita untuk menelaah setiap bagian-bagian tersebut agar kita memperoleh pemahaman secara keseluruhan dari sesuatu pokok yang sedang kita teliti. Analisis memungkinkan kita untuk mempelajari setiap hubungan antarbagian untuk mendapatkan pandangan yang lebih luas akan suatu hal.

Posted inInformatika

Continuous Integration Methodology

Continuous integration merupakan metode pengembangan perangkat lunak yang menawarkan kemampuan integrasi sistem, uji coba fungsionalitas, serta peranan penamaan aplikasi pada lingkungan produksi secara otomatis. Melalui metode ini, source code atau kode sumber dari beberapa programmer/pengembang yang tentunya berbeda-beda dapat diintegrasikan dengan mudah.

Posted inInformatika

Kanban dalam Agile Development Model

Kanban adalah kerangka kerja pengerjaan proyek yang berfokus pada memvisualisasikan seluruh aktivitas dan proses proyek di Kanban Board yang memuat kartu-kartu (sticky notes) dari apa yang akan, sedang, dan telah dilakukan. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan transparansi proyek dan kolaborasi antara anggota tim. Kanban Board juga meningkatkan visibilitas status proyek sehingga kita dapat benar-benar memahami kondisi yang tengah dihadapi untuk kemudian melakukan solusi-solusi yang sedang benar-benar dibutuhkan pula.

Posted inInformatika

Extreme Programming (XP) – Definisi, Nilai, Tahapan

Extreme programming atau sering disingkat XP merupakan salah satu metode pengembangan perangkat lunak yang berbasis Agile. Artinya extreme programming merupakan satu dari sekian banyak metodologi yang dapat digunakan untuk menerapkan prinsip pengembangan perangkat lunak berbasis agile. Agile sendiri adalah prinsip pengembangan perangkat lunak yang mengutamakan adaptasi terhadap perubahan, mementingkan fungsional aplikasi dari pada dokumentasi, dan prinsip-prinsip agile lainnya.

Posted inInformatika

Flowchart (Diagram Alir) – Pengertian, Jenis & Simbol/Notasi

Saat kita hendak mengembangkan suatu perangkat lunak, langkah awal yang dilakukan tentunya adalah mengumpulkan berbagai konsep yang menyelubungi apa yang akan kita buat. Berbagai ide, konsep, serta keinginan yang kita miliki tentunya bersifat abstrak dan belum dapat terlihat wujud aslinya. Salah satu cara untuk menggambarkan konsep tersebut adalah dengan membuat flowchart atau diagram alir.

Posted inInformatika

White Box Testing – Definisi, Teknik, Jenis, Tahapan, dsb

White box testing atau pengujian kotak putih adalah salah satu metode pengujian perangkat lunak. Metode pengujian ini juga terkadang disebut juga glass box testing atau pengujian kotak kaca. Berlainan dengan black box testing, white box testing ini justru menguji perangkat lunak dari sisi internal tanpa memperhatikan fungsional seperti antarmuka perangkat lunak itu sendiri.

Posted inInformatika

User Acceptance Test (UAT) – Definisi, Jenis, Tahapan, dsb

User acceptance test (UAT) atau pengujian penerimaan pengguna adalah fase terakhir dari proses pengujian perangkat lunak. Selama UAT, perangkat lunak perangkat lunak diuji untuk memastikan apakah fungsi dan tugasnya sudah sesuai dengan requirement atau kebutuhan pengguna. UAT adalah salah satu prosedur proyek perangkat lunak final dan paling penting yang harus dilaksanakan sebelum perangkat lunak yang telah dikembangkan diluncurkan.

Posted inInformatika

Algoritma dan Pemrograman

Pesatnya perkembangan teknologi membuat makin banyak pula aplikasi atau program yang digunakan untuk membantu masyarakat. Bukan hanya aplikasi produktif saja, aplikasi hiburan seperti Games juga terus bertumbuhan. Semua aplikasi atau program tersebut dibuat dan dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman yang berbeda. Meskipun menggunakan beragam bahasa yang berbeda, namun cara berpikir atau algoritmanya akan tetap sama. Oleh karena itu…