Online marketing, Internet marketing, atau e-marketing adalah upaya untuk melakukan pemasaran suatu produk berupa barang dan jasa melalui media elektronik atau internet (Haque-Fawzi, 2022, hlm. 79). Dengan kata lain, online marketing merupakan kegiatan pemasaran yang dilakukan secara elektronik menggunakan jaringan internet. Internet atau jaringan luas yang memungkinkan banyak orang atau perangkat terhubung sekaligus secara bersamaan adalah inti dari media yang digunakan.
Bauran Promosi: Pengertian, Penjelasan Unsur & Faktor
Bauran promosi berkaitan dengan upaya untuk mengarahkan seseorang agar dapat mengenal produk perusahaan lalu memahaminya, berubah sikap, menyukai, yakin kemudian akhirnya membeli dan selalu ingat akan produk tersebut (Tjiptono dalam Ismanto, 2020, hlm. 86). Dengan demikian, bauran promosi adalah berbagai alat, upaya, atau bermacam hal tertentu yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk mengomunikasikan berbagai nilai lebih yang terdapat pada produk mereka untuk meyakinkan konsumen membeli dan berlangganan.
Bauran Pemasaran: Pengertian dan Penjelasan Unsur 4P & 7P
Pengertian Bauran Pemasaran
Bauran pemasaran adalah sesuatu yang dapat mempengaruhi permintaan perusahaan akan produk tersebut (Ismano, 2020, hlm. 32). Dengan kata lain, bauran pemasaran menjadi konsep sekaligus alat perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan melalui kegiatan pemasaran yang efektif. Seperti yang diungkapkan oleh Kotler & Keller (2016, hlm. 78) bahwa bauran pemasaran (marketing mix) adalah seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk terus menerus mencapai tujuan pemasaran di pasar sasarannya.
Relationship Marketing: Pengertian, Dimensi, Manfaat & Contoh
Relationship marketing adalah orientasi strategis pemasaran yang lebih pada mempertahankan dan mengembangkan pelanggan-pelanggan yang telah ada dari pada menarik pelanggan baru (Zeithml dan Bitner, 2017, hlm. 138). Dengan demikian relationship marketing ini lebih fokus pada pelanggan lama, maupun pada pelanggan, konsumen, atau customer itu sendiri. Oleh karena itu, pemasaran relasional atau relationship marketing ini juga sering disebut sebagai customer relationship marketing atau customer relationship management (CRM). Saat disingkat menjadi CRM, customer relationship marketing ini lebih sering diidentikkan dengan perangkat lunak…
Strategi Promosi: Pengertian, 6 Strategi Pokok & Faktor yang Mempengaruhi
Promosi merupakan elemen bauran pemasaran yang berfokus pada upaya menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan kembali konsumen akan merek dan produk perusahaan (Tjiptono, 2020, hlm. 387). Sementara itu, menurut Laksana (2019, hlm. 129) promosi adalah suatu komunikasi dari penjual dan pembeli yang berasal dari informasi yang tepat yang bertujuan untuk mengubah sikap dan tingkah laku pembeli, yang tadinya tidak mengenal menjadi mengenal sehingga menjadi pembeli dan tetap mengingat produk tersebut.
Strategi Pemasaran: Pengertian, Fungsi, Tujuan, Faktor, Contoh, dsb
Strategi pemasaran adalah seperangkat tujuan dan sasaran, kebijakan dan aturan yang memandu usaha pemasaran suatu perusahaan dari waktu ke waktu, pada semua tingkatan dan acuan serta alokasi, terutama respons perusahaan terhadap lingkungan dan kondisi persaingan yang selalu berubah (Assauri, 2017, hlm. 15). Sementara itu menurut Haque-Fawzi dkk (2022, hlm. 9) strategi pemasaran adalah upaya memasarkan suatu produk, baik itu barang atau jasa, dengan menggunakan pola rencana dan taktik tertentu sehingga…
Kepemimpinan Pendidikan: Pengertian, Teori, Dimensi, Gaya, dsb
Kepemimpinan pendidikan adalah pengarahan dan pengawasan terhadap orang lain agar dapat melakukan tugas-tugas yang telah direncanakan sehingga dapat mencapai sasaran dan tujuan lembaga pendidikan. Seperti yang diungkapkan oleh Simerson & Venn (dalam Purwanto, 2016, hlm. 191) bahwa kepemimpinan adalah perilaku orang yang mengomunikasikan arahan atau perintah kepada pengikut atau pekerja. Wujud konkretnya dapat dilihat pada kepala sekolah, dekan, rektor, dsb.
Program: Pengertian, Tujuan, Strategi, Perencanaan & Penyusunan
Program adalah produk dari perencanaan yang berisi kegiatan atau rangkaian kegiatan berdasarkan perencanaan yang bersumber dari data yang valid dan memadai untuk menghasilkan capaian dan rencana yang telah disusun. Capaian dan rencana yang dimaksud tentunya memiliki suatu tujuan tertentu yang telah ditetapkan berdasarkan kebutuhan program (Purwanto, 2020, hlm. 116). Perihal capaian program sendiri haruslah diatur berdasarkan fokus, tujuan, dan ruang lingkup yang akan menjadi bagian yang berguna dari rencana implementasi yang sedang dikembangkan.
Monev (Monitoring dan Evaluasi): Pengertian, Tujuan, Perbedaan, dsb
Monev adalah singkatan dari monitoring dan evaluasi di mana monitoring adalah proses pengumpulan dan menganalisis informasi secara berkelanjutan dari penerapan suatu program atau kegiatan untuk mengetahui apakah telah berjalan sesuai rencana, sementara itu evaluasi berarti penilaian berskala terhadap relevansi, efisiensi, dan dampak dari suatu program atau kegiatan yang dilaksanakan. Dengan demikian, monitoring adalah proses analisis dan pengawasannya, sementara evaluasi merupakan…
Sistem Informasi Pemasaran: Pengertian, Tujuan, Jenis, Contoh, dsb
Sistem informasi pemasaran adalah merupakan sebuah mekanisme yang berupa alat ukur yang dapat saling berinteraksi, dan berkaitan, dengan sistem informasi fungsional guna melengkapi sistem manajemen di sebuah perusahaan, sebagai alat untuk penyelesaian konflik-konflik yang di timbulkan dari aktivitas yang berhubungan dengan kegiatan-kegiatan pemasaran pada produk perusahaan (Haryantini & Sadya, 2019, hlm. 7). Sementara itu, menurut Marshall & La Motte (dalam Rahman & Saudin, 2022, hlm. 104) sistem informasi pemasaran adalah sistem informasi yang luas dan fleksibel, formal, dan…