Komputer telah banyak dipergunakan dalam kehidupan sehari-hari untuk mempermudah kehidupan, atau membantu penyelesaian berbagai permasalahan yang kita hadapi. Hal itu rasanya sangat wajar, karena komputer merupakan salah satu penemuan termuktahir yang manfaatnya amatlah banyak. Namun dibalik segala kecanggihan tersebut, sebetulnya cara kerja komputer menyerupai cara kerja manusia…
Sistem Komputer 2 (Komponen, Interaksi & Kolaborasi)
Sebelumnya telah kita ketahui bahwa sistem komputer terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak. Perangkat keras adalah peranti fisik yang dapat disentuh dari komputer. Sementara itu, perangkat lunak adalah instruksi yang tidak dapat disentuh namun dapat menghubungkan pengguna dengan perangkat keras. Namun, sistem komputer tidak hanya melulu mengenai komponen pembentuknya saja.
Sistem Komputer 1 (Perangkat Keras & Perangkat Lunak)
Sejatinya komputer merupakan sebuah sistem atau berupa seperangkat unsur yang secara teratur saling berkaitan sehingga membentuk kesatuan utuh untuk menyelesaikan berbagai permasalahan. Komputer (computer) adalah kata dari bahasa Inggris to compute yang artinya menghitung. Dengan demikian, sistem komputer adalah seperangkat unsur-unsur yang bersatu untuk melakukan komputasi atau perhitungan.
Jaringan Komputer dan Internet
Internet adalah salah satu teknologi yang mampu mendorong banyak kemajuan serta kemakmuran umat manusia di dunia. Melalui keterhubungan antarperangkat, kita dapat melakukan komunikasi dengan cepat, berbagi dan mendapatkan informasi terbaru tanpa hambatan jarak, bahkan berinteraksi serta melakukan pekerjaan bersama tanpa harus bertatap muka. Sebetulnya, internet tak lain adalah jaringan komputer…
Scrum : Definisi, Team, Event, Artefact, Kelebihan & Kekurangan
Scrum adalah kerangka kerja yang dirancang khusus untuk mengerjakan proyek pengembangan perangkat lunak. Framework ini memiliki proses dan tools yang dapat meningkatkan visibilitas progres serta keluwesan untuk beradaptasi terhadap perubahan yang banyak dibutuhkan pada suatu proyek pengembangan perangkat lunak.
Agile : Definisi, Nilai, Metode, Keunggulan & Praktik
Agile merupakan prinsip atau pola pikir yang diterapkan dalam suatu proyek pengembangan perangkat lunak yang mengedepankan beberapa nilai dan manifestonya seperti mengedepankan adaptasi terhadap perubahan yang terjadi dari pada hanya terikat pada rencana, serta mementingkan fungsionalitas aplikasi dari pada malah sibuk menyusun buku manual atau dokumen, dsb.
Sistem Informasi : Pengertian, Ciri, Jenis, Perancangan & Analisis
Saat mendengar istilah sistem informasi, pikiran kita akan langsung tertuju pada berbagai aplikasi pengolah informasi seperti sistem informasi manajemen, akuntansi, dsb. Padahal, sejatinya istilah sistem tidak melulu hanya berkaitan dengan informatika bahkan teknologi secara umum. Dalam kehidupan sehari-hari, sedari dulu kita telah banyak terlibat dengan sistem…
Informatika – Pengertian, Ruang Lingkup & Implementasinya
Informatika adalah bidang keilmuan yang berkaitan dengan informasi, serta teknologi dan pengolahannya. Perlu menjadi catatan pula bahwa terkadang keilmuan ini juga tumpang tindih dengan istilah lain seperti TIK (teknologi informasi dan komunikasi) atau menggunakan bahasa Inggris menjadi ICT (information and communication technology).
Fenomena Seni Rupa (Pramodern – Posmodern)
Fenomena Seni Rupa dapat menyangkut banyak peristiwa, pergerakan, hingga perkembangan umum yang menyangkut seni rupa di dunia. Berbagai fenomena tersebut dapat ditelaah sebagai inspirasi hingga berbagai pertimbangan lain dalam berkarya. Tidak sedikit pula berbagai fenomena seni rupa yang dimanfaatkan untuk penelitian, baik dalam bidang seni rupa, maupun bidang lainnya seperti sejarah, arkeologi, dan bidang ilmu lainnya.
Pengertian Sketsa serta Tujuan, Fungsi, Manfaat & Langkah
Sketsa umumnya diketahui sebagai gambar dasar pertama yang dibuat dengan cepat untuk memulai suatu karya seni rupa seperti lukisan saja. Namun, sejatinya sketsa adalah muara ide dari berbagai karya yang umumnya memiliki media visual seperti lukisan, logo, komik, dsb. Secara umum, pengertian sketsa adalah…