Diterbitkan padaManajemen & Bisnis

Analisis Pasar: Permintaan Primer, Segmentasi, Positioning, Pesaing, dsb

Analisis pasar adalah identifikasi kebutuhan dan keinginan konsumen dengan meranccang dan menetapkan tawaran yang dapat memuaskan kebutuhan dan keinginan tersebut (Haque-Fawzi dkk, 2022, hlm. 172). Salah satu kunci kesuksesan pemasaran adalah kemampuan pemasar untuk memahami kebutuhan dan keinginan dan perilaku pelanggan. Untuk itu pemasar harus mampu mendengarkan suara pelanggan melalui analisis pasar.

Diterbitkan padaPendidikan

Panduan Mendaftar Kerja di Kapal Pesiar

Adanya peluang mendapatkan gaji yang cukup besar serta kesempatan berkeliling ke berbagai negara yang berbeda memang menjadi daya tarik bekerja di kapal pesiar. Oleh karenanya, tidak mengherankan jika banyak kalangan tertarik dan menjadikan bekerja di kapal pesiar sebagai target mereka untuk memulai karier. Sejalan dengan hal tersebut, lowongan pekerjaan di kapal pesiar pun cenderung terbuka dari waktu ke waktu. Artinya…

Diterbitkan padaManajemen & Bisnis

Brand Association: Pengertian, Fungsi, Manfaat, Dimensi & Indikator

Brand association adalah hal-hal spesifik yang selalu dikaitkan dengan suatu merek yang dapat muncul dari penawaran unik, aktivitas berulang dan konsisten seperti kegiatan social responsibility, isu-isu kuat yang berkaitan dengan merek tersebut, dan sebagainya. Seperti yang diungkapkan oleh Kotler & Keller (2016, hlm. 347) bahwa brand association adalah suatu kepribadian khusus dari merek yang dapat mengungkapkan, mensosialisasikan kepribadian tersebut dalam satu bentuk iklan, ataupun bentuk kegiatan promosi dan…

Diterbitkan padaManajemen & Bisnis

Perceived Quality: Pengeritan, Nilai, Indikator, Pengaruh & Faktor

Perceived quality adalah persepsi pelanggan terhadap kualitas secara keseluruhan atau keunggulan suatu produk atau jasa dibandingkan dengan produk atau jasa lain dan dalam kaitannya dengan tujuan yang diharapkan konsumen (Kotler & Keller, 2016, hlm. 187). Persepsi itu sendiri artinya pandangan konsumen yang dilakukan melalui observasi serta penafsirannya sendiri terhadap kualitas atau wujud yang dilihat atau dirasakan dari suatu produk dan jasa.

Diterbitkan padaManajemen & Bisnis

Brand Loyalty: Pengertian, Tingkatan, Tahapan, Dimensi & Indikator

Brand loyalty adalah Istilah dalam pemasaran untuk menggambarkan seberapa kuat preferensi seorang konsumen terhadap sebuah merek bila dibandingkan dengan merek lainnya. Seperti yang diungkapkan oleh Firmansyah (2019, hlm. 104) bahwa brand loyalty dapat diartikan sebagai suatu komitmen yang mendalam untuk melakukan pembelian ulang produk atau jasa yang menjadi preferensinya secara konsisten pada masa yang akan datang dengan cara membeli ulang merek yang sama meskipun ada pengaruh situasional dan usaha pemasaran yang dapat menimbulkan perilaku peralihan.

Diterbitkan padaManajemen & Bisnis

Brand (Merek): Pengertian, Komponen, Tujuan, Manfaat, Fungsi, dsb

Brand adalah suatu nama, simbol, tanda, desain atau gabungan di antaranya untuk dipakai sebagai identitas suatu perorangan, organisasi atau perusahaan pada barang dan jasa yang dimiliki untuk membedakan dengan produk jasa lainnya (Firmansyah, 2019, hlm. 23). Brand atau merek yang membuat produk yang satu beda dengan yang lain diharapkan memudahkan konsumen untuk mengingat serta setia terhadap suatu merek produk. Senada dengan pendapat di atas, menurut American Marketing Association (dalam Kotler & Keller, 2016, hlm. 15) brand atau merek adalah nama…

Diterbitkan padaManajemen & Bisnis

Ritel: Pengertian, Bisnis, Jenis, Lingkungan, Fungsi & Faktor

Ritel adalah usaha atau bisnis yang menjual barang dalam jumlah kecil untuk konsumen akhir yang dapat dilakukan oleh satu atau sekelompok orang, baik secara tradisional atau modern (Chaniago, 2021, hlm. 3). Misalnya, para pedagang di pasar kecil adalah ritel yang dilakukan secar tradisional. Sementara itu minmarket adalah usaha ritel yang dilakukan oleh sekelompok orang dengan cara yang lebih modern. Istilah ritel sendiri berasal dari bahasa Prancis, yakni “ritellier” yang berarti memecah, memotong sesuatu menjadi bagian yang lebih kecil…

Diterbitkan padaManajemen & Bisnis

Direct Marketing (Pemasaran Langsung): Pengertian, Contoh, Sifat, dsb

Direct marketing adalah sistem pemasaran yang bersifat interaktif yang memanfaatkan satu atau beberapa media iklan untuk menimbulkan respons yang terukur dan atau transaksi di sembarang lokasi (Tjiptono, 2020, hlm. 232). Sembarang lokasi maksudnya adalah kenyataan bahwa lokasi tersebut merupakan variabel bebas yang dapat digantikan atau ditentukan sesuai dengan kebutuhan. Seperti yang diungkapkan oleh Ismanto (2020, hlm. 212) bahwa direct marketing adalah…

Diterbitkan padaManajemen & Bisnis

Public Relation (Humas): Pengertian, Tugas, Media, Peranan, Tujuan, dsb

Public relation adalah fungsi manajemen yang mengevaluasi sikap masyarakat, mengubah kebijakan-kebijakan dan prosedur-prosedur untuk merespons permintaan masyarakat, dan melaksanakan sebuah program yang terdiri atas tindakan dan informasi untuk mendapatkan pengertian dan penerimaan masyarakat (Nickels, dkk, 2010, dalam Haque-Fawzi, 2022, hlm. 61). Dengan demikian dapat dikatakan bahwa public relation (PR) atau dalam bahasa Indonesia hubungan masyarakat (humas) adalah kegiatan holistik yang menyangkut penjalinan hubungan baik dengan masyarakat.

Diterbitkan padaManajemen & Bisnis

Periklanan (Advertisement): Pengertian, Tujuan, Strategi, Media, dsb

Periklanan adalah keseluruhan proses yang meliputi penyiapan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan dalam penyampaian iklan (Priansa, 2017, hlm. 174). Artinya, iklan merupakan penyampaian pesan untuk memberitahukan suatu barang dan jasa, sedangkan periklanan merupakan proses dalam mengelola iklan. Namun sebetulnya keduanya sangatlah terkait satu sama lain dan tidak dapat benar-benar dipisahkan atau dibedakan. Hal tersebut karena iklan butuh untuk diperiklankan, dan periklanan butuh iklan; keduanya dapat dikatakan sebagai sinonim tidak langsung.

© 2024 serupa.id.