Diterbitkan padaManajemen & Bisnis

Anggaran (Budget): Pengertian, Jenis, Fungsi, Manfaat, Syarat, dsb

Anggaran, penganggaran, budget, atau budgeting merupakan unsur yang penting bagi bisnis dan perusahaan. Hal tersebut karena anggaran digunakan manajemen dalam melaksanakan fungsinya, terutama pada fungsi perencanaan dan pengendalian. Perencanaan merupakan dasar bagi suatu pengendalian, sedangkan pengendalian diperlukan untuk mencapai tujuan bersama dari perusahaanperusahaan. Anggaran atau penganggaran sendiri merupakan suatu alat yang digunakan untuk mengadakan perencanaan dan pengendalian. Melalui penganggaran yang jelas, realita yang terjadi atau tercapai di lapangan dapat dibandi

Diterbitkan padaManajemen & Bisnis

Perancangan Produk dan Jasa: Pengertian, Tahapan, Siklus, dsb

Perancangan produk adalah mendefinisikan rancangan sebagai totalitas fitur yang memengaruhi penampilan dan fungsi produk tertentu menurut yang diisyaratkan oleh pelanggan (Kotler & Keller, 2018, hlm. 353). Produk sendiri dapat diartikan sebagai kepuasan yang diberikan perusahaan atau produsen terhadap konsumen (Iswanto & Akbar, 2021, hlm. 18). Kepuasan yang diberikan terhadap konsumen itu dapat berupa barang yang bernilai guna maupun jasa atau pelayanan yang diinginkan. Dengan kata lain, dapat dikatakan bahwa perancangan produk dan jasa itu sejatinya adalah pendefinisian fitur dan kualitas barang/jasa untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen.

Diterbitkan padaManajemen & Bisnis

Pemasaran Global: Pengertian, Tahapan, Faktor, Strategi & Contoh

Pemasaran global adalah proses penargetan sumber daya seperti orang, uang, aset berwujud dan tujuan organisasi dalam mendapatkan peluang dan menanggapi ancaman dari pasar global (Kotler dkk, dalam Ismanto, 2020, hlm. 179). Globalisasi adalah ancaman yang dimaksud, oleh karena itu pendekatan pemasaran organisasi-organisasi juga kini harus menglobal dan tidak hanya tersegmen pada satu letak geografis saja. Namun demikian, pemasaran global juga didasarkan pada orientasi geosentris dan berfokus pada penggunaan aset, pengalaman, dan produk…

Diterbitkan padaManajemen & Bisnis

Anggaran Penjualan: Pengertian, Tujuan, Manfaat, Langkah, dsb

Anggaran penjualan adalah anggaran yang sudah direncanakan secara lebih jelas terkait penjualan suatu produk perusahaan dalam kurun waktu periode yang akan datang (Haque-Fawzi, dkk, 2022, hlm. 297). Di dalamnya juga akan mencakup rencana terkait jenis produk yang nantinya akan dijual, jumlah, harga jual produk per unitnya, serta waktu penjualan dan tempat atau daerah dilakukannya penjualan. Sementara itu, menurut Munandar (dalam Savitri, 2018, hlm. 30) anggaran penjualan adalah anggaran yang merencanakan secara lebih terperinci tentang penjualan perusahaan…

Diterbitkan padaManajemen & Bisnis

Harga & Penetapannya: Pengertian, Indikator, Strategi, Faktor, dsb

Harga adalah sejumlah uang yang dibebankan atas suatu barang atau jasa atau jumlah dari nilai uang yang ditukar konsumen atas manfaat-manfaat karena telah membeli atau menggunakan produk atau jasa tersebut (Kotler & Armstrong, 2018, hlm. 151). Dengan demikian, pada dasarnya harga adalah sejumlah nilai dibayarkan oleh pembeli suatu produk barang/jasa kepada penjual atau penyedia jasa untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pembeli. Sementara itu, di buku lainnya yang disusun bersama sejawat lain…

Diterbitkan padaManajemen & Bisnis

Jasa (Pelayanan): Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi, Dimensi, dsb

Jasa adalah sesuatu yang tidak berwujud di mana tindakan atau unjuk kerja yang ditawarkan oleh salah satu pihak ke pihak lain dan tidak menyebabkan perpindahan kepemilikan apapun (Sembiring, 2019, hlm. 45). Dalam produksinya, jasa bisa dan bisa juga tidak terikat pada suatu produk fisik. Misalnya, apabila jasa yang ditawarkan adalah jasa konsultasi penelitian pasar, maka tidak akan ada produk fisiknya dan output hanyalah berupa data, informasi, dan insight saja. Akan tetapi, apabila jasa yang ditawarkan adalah pembangunan prototype suatu produk, bisa jadi jasa memberikan bentuk fisik berupa maket gedung, contoh produksi, dsb.

Diterbitkan padaManajemen & Bisnis

Supply Chain Management: Pengertian, Siklus, Komponen, dsb

Supply chain adalah semua langkah yang terlibat secara langsung atau tidak langsung untuk memenuhi permintaan pelanggan yang meliputi serangkaian kerja sama antara beberapa usaha (perusahaan) sehingga dapat memproduksi dan mengirimkan produk dari bahan baku ke produk jadi di tangan konsumen akhir (Ismanto, 2020, hlm. 101). Perusahaan yang berkolaborasi meliputi: Pemasok bahan baku, produsen, pedagang, distributor, agen, pengecer dan bahkan konsumen sendiri (Kaihatu, dalam Ismanto, 2020, hlm. 101).

Diterbitkan padaManajemen & Bisnis

Competitive Advantage: Pengertian, Tujuan, Strategi (Cara), dsb

Competitive advantage adalah kemampuan yang diperoleh melalui karakteristik dan sumber daya suatu perusahaan untuk memiliki kinerja yang lebih tinggi dibandingkan perusahaan lain pada industri atau pasar yang sama (Porter, dalam Puspitasari, dkk, 2020, hlm. 3). Menciptakan competitive advantage atau keunggulan bersaing ini adalah proses berkelanjutan dan jangka panjang yang memanfaatkan sumber daya dan peluang lain yang tersedia untuk menciptakan produk bernilai tambah yang berlaku pada bisnis apa pun (Schwarzl & Grabowska, dalam Ismanto, 2020, hlm. 166).

Diterbitkan padaManajemen & Bisnis

Positioning: Pengertian, Tujuan, Strategi, Prosedur, Faktor, dsb

Positioning adalah menempatkan produk dan merek kita di benak hati pelanggan (Al-Ries & Trout, dalam Kartajaya, 2016, hlm. 56). Pengertian tersebut disampaikan langsung oleh dua orang yang dianggap sebagai penemu positioning. Strategi ini dicetuskan dengan anggapan dasar bahwa tidak mungkin perusahaan, produk, atau merek mampu terus menjadi yang terbaik dari segi kualitas maupun harga. Tentunya hal tersebut dalam artian bahwa persaingan akan terus menghampiri dan tidak akan pernah usai. Oleh karena itu, diperlukan…

Diterbitkan padaManajemen & Bisnis

Targeting: Pengertian, Jenis, Strategi, Faktor, Penentuan, dsb

Targeting adalah proses mengevaluasi daya tarik setiap segmen pasar dan memilih satu atau beberapa segmen pasar untuk dimasuki (Kotler & Keller, dalam Ismanto, 2020, hlm. 116). Dengan demikian, targeting adalah suatu aktivitas untuk menilai serta memilih satu atau lebih segmen pasar yang akan ditargetkan, difokuskan, dan dimasuki oleh suatu perusahaan. Sementara itu menurut Haque-Fawzi dkk (2022, hlm. 188) targeting atau penentuan target pasar adalah pemilihan satu atau beberapa segmen pasar yang akan menjadi fokus…

© 2024 serupa.id.