Brand identity adalah identitas fisik yang berkaitan dengan merek atau produk tersebut sehingga konsumen mudah mengenali dan membedakannya dengan merek atau produk lain, seperti logo, warna, kemasan, lokasi, identitas perusahaan yang memayunginya, slogan, dan lain-lain (Wijaya, dalam Firmansyah, 2019, hlm. 73). Artinya, brand identity sesederhana kumpulan wujud atau kualitas fisik dari suatu brand.
Brand Positioning: Pengertian, Komponen, Strategi & Indikator
Brand positioning adalah segala aktivitas untuk menempatkan suatu produk dalam pikiran setiap prospek atau konsumen (Al-Ries & Trout, dalam Firmansyah, 2019, hlm. 119). Persaingan yang terjadi pada saat ini mengharuskan setiap perusahaan untuk menanamkan merek yang dimiliki ke dalam pikiran sehingga publik atau konsumen mampu melakukan identifikasi dan memahami nilai-nilai merek (brand), dan pada persoalan inilah brand positioning mengambil peran.
Pendidikan Multikultural: Pengertian, Tujuan, Fungsi, Prinsip, Dimensi, dsb
Pendidikan multikultural adalah pemberian kesempatan belajar yang sama kepada siswa tanpa melihat perbedaan mereka (Banks dalam Wahid, 2016, hlm. 288). Artinya, pendidikan multikultural merupakan pendekatan pendidikan yang tidak membedakan budaya, etnis, agama, dan perbedaan lainnya dalam artian semua dianggap setara, memiliki peluang dan kesempatan yang sama, serta dapat harmonis tanpa hanya mengunggulkan masing-masing kelompok apalagi mencemooh atau menganggap kelompok lain lebih rendah bahkan musuh bagi kelompoknya.
Kemasan Produk: Pengertian, Fungsi, Tujuan, Dimensi, Merancang, dsb
Kemasan produk adalah wadah yang digunakan untuk membungkus, melindungi, mengirim, mengeluarkan, menyimpan, mengidentifikasi dan membedakan sebuah produk di pasar (Klimchuk & Krasovec, 2006, dalam Firmansyah, 2022, hlm. 176). Dahulu, kemasan produk hanya digunakan untuk sebatas untuk melindungi barang atau mempermudah barang untuk dibawa. Seiring dengan perkembangan zaman, barulah terjadi penambahan nilai fungsional dan peranan kemasan dalam pemasaran mulai diakui sebagai satu kekuatan utama dalam persaingan pasar.
Menjadi Lebih Cerdas lewat Metakognitif
Kecerdasan atau kemampuan kognitif merupakan modal dasar yang diperlukan di zaman yang sudah serba cerdas ini. Eksplorasi bagaimana cara untuk meningkatkan kecerdasan dengan mengetahui cara untuk mengetahui (knowing about knowing) atau metakognitif pada video animasi ini.
Analisis Pesaing: Arena Persaingan, Kelompok Strategis & Tindakan
Analisis pesaing adalah aktivitas sistematis untuk mengenali dan menentukan persaingan yang dapat terjadi untuk menentukan posisi dalam menghadapi persaingan pada setiap pasar sasaran (Haque-Fawzi dkk, 2022, hlm. 179). Analisis pesaing dapat dilakukan dengan beberapa langkah sebagai berikut: 1. menetapkan struktur industri, 2. mengidentifikasi kelompok industri strategis yang bersaing, 3. mengidentifikasi, menguraikan dan mengevaluasi pesaing- pesaing utama, dan…
Analisis Pasar: Permintaan Primer, Segmentasi, Positioning, Pesaing, dsb
Analisis pasar adalah identifikasi kebutuhan dan keinginan konsumen dengan meranccang dan menetapkan tawaran yang dapat memuaskan kebutuhan dan keinginan tersebut (Haque-Fawzi dkk, 2022, hlm. 172). Salah satu kunci kesuksesan pemasaran adalah kemampuan pemasar untuk memahami kebutuhan dan keinginan dan perilaku pelanggan. Untuk itu pemasar harus mampu mendengarkan suara pelanggan melalui analisis pasar.
Panduan Mendaftar Kerja di Kapal Pesiar
Adanya peluang mendapatkan gaji yang cukup besar serta kesempatan berkeliling ke berbagai negara yang berbeda memang menjadi daya tarik bekerja di kapal pesiar. Oleh karenanya, tidak mengherankan jika banyak kalangan tertarik dan menjadikan bekerja di kapal pesiar sebagai target mereka untuk memulai karier. Sejalan dengan hal tersebut, lowongan pekerjaan di kapal pesiar pun cenderung terbuka dari waktu ke waktu. Artinya…
Brand Association: Pengertian, Fungsi, Manfaat, Dimensi & Indikator
Brand association adalah hal-hal spesifik yang selalu dikaitkan dengan suatu merek yang dapat muncul dari penawaran unik, aktivitas berulang dan konsisten seperti kegiatan social responsibility, isu-isu kuat yang berkaitan dengan merek tersebut, dan sebagainya. Seperti yang diungkapkan oleh Kotler & Keller (2016, hlm. 347) bahwa brand association adalah suatu kepribadian khusus dari merek yang dapat mengungkapkan, mensosialisasikan kepribadian tersebut dalam satu bentuk iklan, ataupun bentuk kegiatan promosi dan…
Perceived Quality: Pengeritan, Nilai, Indikator, Pengaruh & Faktor
Perceived quality adalah persepsi pelanggan terhadap kualitas secara keseluruhan atau keunggulan suatu produk atau jasa dibandingkan dengan produk atau jasa lain dan dalam kaitannya dengan tujuan yang diharapkan konsumen (Kotler & Keller, 2016, hlm. 187). Persepsi itu sendiri artinya pandangan konsumen yang dilakukan melalui observasi serta penafsirannya sendiri terhadap kualitas atau wujud yang dilihat atau dirasakan dari suatu produk dan jasa.