Posted inManajemen & Bisnis

Etika Administrasi Publik: 9 Kode Etik & Penilaian Baik-Buruk

Etika administrasi publik adalah berbagai landasan nilai-nilai kebaikan yang harus diterapkan dalam melaksanakan administrasi publik. Etika merupakan bagian dari filsafat, nilai dan moral, bersifat abstrak dan berkenaan dengan persoalan “baik” dan “buruk”. Sedangkan administrasi publik bersifat konkret dan harus mewujudkan apa yang diinginkan publik. Hal ini menimbulkan masalah yaitu bagaimana menghubungkan gagasan administrasi seperti

Posted inManajemen & Bisnis

Paradigma Administrasi Publik: 5-6 Periode, Pergeseran & Perkembangan

Paradigma administrasi publik adalah berbagai perubahan, perkembangan, serta sudut pandang dari model dan teori dari administrasi publik itu sendiri. Pada dasarnya perkembangan suatu ilmu dapat ditelusuri melalui perubahan paradigmanya. Oleh karena perubahan paradigma mempengaruhi perkembangan ilmu yang berlaku pada saat itu. Lalu bagaimana dengan saat ini atau masa kontemporer? Inilah mengapa paradigma administrasi publik menjadi persoalan yang menjadi sorotan dalam bidang ini secara keseluruhan…

Posted inManajemen & Bisnis

Administrasi Publik: Pengertian, Definisi, Ciri, Fungsi & Ruang Lingkup

Administrasi publik adalah bagian dari administrasi umum yang memiliki jangkauan lebih luas yang mencakup mempelajari ilmu pengetahuan mengenai lembaga terkecil seperti keluarga hingga perserikatan bangsa-bangsa disusun, digerakkan dan dijalankan (Dimock dalam Rodiyah dkk, 2021, hlm. 11). Publik yang dimaksud pada administrasi publik tidak hanya menyangkut masyarakat saja, melainkan dapat diartikan menjadi sekelompok manusia yang diikat oleh rangsangan terhadap sesuatu, termasuk negara.

Posted inManajemen & Bisnis

Penilaian Prestasi Kerja: Pengertian, Faktor, Indikator, Metode Penilaian, dsb

Prestasi kerja adalah suatu hasil kerja yang dicapai seseorang dalam melaksanakan tugas-tugas yang dibebankan kepadanya yang didasarkan atas kecakapan dan kesungguhan atau kualitas kinerja serta ketepatan waktu (Hasibuan, 2016, hlm. 94). Dengan kata lain prestasi kerja adalah capaian seseorang yang telah berhasil memberikan hasil kerja serta kinerja yang baik. Seperti yang diungkapkan oleh Dharma (2018, hlm. 1) bahwa prestasi kerja adalah proses penampilan kerja atau pencapaian hasil kerja yang diberikan oleh seseorang atau sekelompok orang.

Posted inManajemen & Bisnis

Gaya Kepemimpinan: Pengertian, Jenis, Faktor, Indikator & Teori

Gaya kepemimpinan adalah norma perilaku yang digunakan seseorang pada saat orang tersebut mencoba mempengaruhi perilaku orang lain (Thoha (2017, hlm. 49). Dengan demikian gaya kepemimpinan ini merupakan perilaku berdasarkan suatu aturan atau prinsip tertentu agar dapat digunakan untuk memimpin atau mengarahkan orang lain. Sementara itu menurut Rivai (2014, hlm. 42) gaya kepemimpinan adalah beberapa ciri yang di tunjukkan pemimpin untuk mempengaruhi bawahannya agar tujuan organisasi tercapai. Ciri yang ditunjukkan ini tentunya bekaitan dengan berbagai perilaku yang…

Posted inManajemen & Bisnis

Beragam Metode Pelatihan SDM menurut Para Ahli

Metode pelatihan adalah sistematika, langkah, dan penerapan prinsip tertentu yang digunakan untuk mengadakan pelatihan kerja dengan cara yang lebih efektif dan efisien pada konteks atau tujuan tertentu. Tentunya konteks dan tujuan tersebut dapat dicocokkan dengan berbagai metode pelatihan yang telah banyak dikembangkan oleh para pakar manajemen sumber daya manusia dan ahli-ahli pendidikan lainnya. Menurut Sedarmayanti (2017, hlm. 206) beberapa metode pelatihan yang dapat digunakan untuk mengadapakan pelatihan SDM atau training HR di antaranya adalah sebagai berikut.

Posted inManajemen & Bisnis

Pelatihan Kerja: Pengertian, Jenis, Tujuan, Manfaat, Indikator & Proses

Pelatihan kerja adalah sebuah proses untuk meningkatkan kompetensi karyawan (Sutrisno, 2019, hlm. 68). Tentunya proses tersebut mengacu pada penyelenggaraan pendidikan yang disusun sedemikian rupa untuk mencapai tujuan. Seperti yang diungkapkan oleh Hasibuan (2017, hlm. 70) yang mengungkapkan bahwa pelatihan adalah suatu proses pendidikan jangka pendek dengan menggunakan prosedur yang sistematis dan terorganisir.

Posted inManajemen & Bisnis

Kinerja Karyawan: Pengertian, Penilaian (Evaluasi), Indikator, Faktor, dsb

Kinerja karyawan adalah hasil kerja karyawan dilihat pada aspek kualitas, kuantitas, waktu kerja dan kerja sama untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan oleh organisasi (Sutrisno, 2019, hlm. 123). Dengan demikian kinerja adalah kualitas dan kuantitas ouput dari pekerjaan karyawan. Kinerja karyawan adalah variabel tetap yang sering dipasangkan dengan berbagai variabel bebas yang mempengaruhinya seperti motivasi, kompensasi, lingkungan kerja, dsb.

Posted inManajemen & Bisnis

Stres Kerja: Pengertian, Jenis, Faktor, Dampak, Cara Mengatasi, dsb

Stres kerja adalah suatu keadaan di mana individu mendapatkan tekanan ataupun ketegangan dalam lingkungan kerjanya yang mengakibatkan individu merespons secara negatif dan merasa terbebani dalam menyelesaikan kewajibannya (Mangkunegara, 2017, hlm. 157). Dengan demikian stres dapat menyebabkan kinerja dan produktivitas karyawan menurun. Sementara itu menurut Antonius ( 2020, hlm. 37) stres kerja merupakan suatu keadaan emosional yang timbul karena adanya ketidaksesuaian antara beban kerja dengan kemampuan individu untuk mengatasi stres kerja yang dihadapi. Dengan kata lain, saat…

Posted inManajemen & Bisnis

Motivasi Kerja: Pengertian, Jenis, Faktor, Prinsip & Indikator

Motivasi kerja adalah keinginan yang timbul dari dalam diri seseorang atau individu karena terinspirasi, tersemangati, dan terdorong untuk melakukan aktivitas atau pekerjaan dengan keikhlasan, senang hati dan sungguh-sungguh sehingga hasil dari aktivitas yang dia lakukan mendapat hasil yang baik dan berkualitas (Afandi, 2018, hlm. 23). Sementara itu menurut Hartatik (2018, hlm.160) motivasi kerja merupakan hal yang menyebabkan, menyalurkan, dan mendukung perilaku manusia supaya mau bekerja giat serta antusias mencapai hasil yang optimal. Hal yang dimaksud ini adalah…