Posted inManajemen & Bisnis

Beban Kerja dan Analisis Beban Kerja: Pengertian, Indikator, Jenis & Faktor

Beban kerja adalah sekumpulan atau sejumlah kegiatan yang harus diselesaikan oleh suatu unit organisasi atau pemegang jabatan dalam jangka waktu tertentu (Hutabarat, 2017, hlm. 104). Dengan demikian beban kerja merupakan suatu tugas atau pekerjaan yang harus dilakukan individu maupun kelompok dalam satuan waktu tertentu. Sementara itu menurut Koesomowidjojo (2017, hlm. 21) menjelaskan bahwa beban kerja merupakan suatu proses dalam menetapkan jumlah jam kerja sumber daya…

Posted inManajemen & Bisnis

Produktivitas Kerja: Pengertian, Indikator, Faktor & Cara Meningkatkan

Produktivitas kerja adalah hasil konkret atau produk yang dihasilkan oleh individu ataupun kelompok, selama satuan waktu tertentu dalam suatu proses kerja (Yuniarsih & Suwatno, 2016, hlm. 156). Artinya produktivitas merupakan seberapa banyak hasil pekerjaan yang dapat dihasilkan oleh individu atau kelompok dalam tenggang waktu tertentu seperti durasi pengerjaan proyek, satu tahunan, atau bahkan harian.

Posted inManajemen & Bisnis

Pengembangan Organisasi: Pengertian, Tujuan, Strategi, Contoh, dsb

Pengembangan Organisasi adalah suatu pendekatan sistematik, terpadu dan terencana untuk meningkatkan efektivitas organisasi serta memecahkan masalah-masalah seperti kurangnya kerja sama/kooperasi, desentralisasi yang berlebihan dan kurang cepatnya komunikasi dan sebagainya yang merintangi efisiensi pengoperasian pada semua tingkatan (Tampubolon, 2019, hlm. 1). Dengan kata lain pengembangan organisasi adalah langkah sistematis yang terencana serta holistik untuk mengembangkan segala aspek organisasi.

Posted inManajemen & Bisnis

Manajemen Perubahan: Pengertian, Tujuan, Faktor, Proses, Model, dll

Manajemen Perubahan adalah upaya yang dilakukan untuk mengelola akibat-akibat yang ditimbulkan karena terjadinya perubahan dalam organisasi (Tampubolon, 2019, hlm. 34). Perubahan memiliki manfaat besar bagi kelangsungan hidup suatu organisasi. Tanpa adanya perubahan, dapat dipastikan bahwa usia organisasi tidak akan bertahan lama karena perubahan adalah satu-satunya hal yang tidak pernah berubah di muka bumi. Dengan demikian, setiap organisasi yang ingin bertahan lama harus mampu untuk beradaptasi dengan perubahan dan di sinilah change management atau manajemen perubahan memiliki peran.

Posted inPendidikan

Keterampilan: Pengertian, Aspek, Jenis, Faktor & Indikator

Keterampilan adalah kemampuan yang digunakan untuk mengoperasikan pekerjaan secara mudah dan cermat (Davis dalam Asrori, 2020, hlm. 115). Artinya melalui keterampilan, seseorang dapat mengerjakan atau membuat sesuatu dengan mudah seperti pada keterampilan pemrograman komputer, keterampilan bermain sepak bola, keterampilan menulis, dsb. Selanjutnya menurut Nadler (dalam Asrori, 2020, hlm. 115) keterampilan adalah kegiatan yang memerlukan praktik atau dapat diartikan sebagai implikasi dari aktivitas. Berbeda dengan pembelajaran pada umumnya yang akan membutuhkan kognisi dan menghasilkan produk akademik saja, keterampilan membutuhkan praktik atau aktivitas tertentu dalam pengerjaan maupun pembelajarannya.

Posted inPendidikan

Administrasi Pendidikan: Pengertian, Tujuan, Ruang Lingkup, Komponen, dll

Administrasi pendidikan adalah tindakan mengoordinasikan perilaku manusia dalam pendidikan, agar semua daya yang ada dapat ditata sebaik mungkin, sehingga tujuan pendidikan dapat tercapai secara produktif (Azis, 2016, hlm. 3). Tindakan yang dimaksud tentunya berupa rangkaian kegiatan dan seluruh proses dalam penyelenggaraan pendidikan baik dalam organisasi maupun lembaga pendidikan.

Posted inManajemen & Bisnis

Digital Marketing: Pengertian, Tugas, Jenis, Manfaat, Perbedaan & Indikator

Digital marketing adalah aplikasi dari teknologi internet yang berhubungan dengan teknologi digital, di mana didalamnya berhubungan dengan komunikasi tradisional untuk mencapai tujuan pemasaran (Chaffey & Chadwick, 2019, hlm. 11). Media yang digunakan adalah media baru yang dapat membuka batasan-batasan marketing konvensional, akan tetapi pada dasarnya pemasaran yang dilakukan sejatinya masih sama dengan komunikasi tradisional yang diinginkan dalam pemasaran tradisional seperti meningkatkan pengetahuan tentang konsumen seperti profil, perilaku, nilai, dan tingkat loyalitas, kemudian menyatukan komunikasi yang ditargetkan dan pelayanan online sesuai kebutuhan masing-masing individu.

Posted inManajemen & Bisnis

Manajemen Konflik: Pengertian, Pendekatan, Strategi, Proses, dll

Manajemen konflik adalah suatu pendekatan untuk menghindari serta mencegah perselisihan antaranggota organisasi serta dapat dijadikan sebagai alternatif dalam pemecahan suatu masalah yang menyebabkan munculnya konflik (Nainggolan dkk, 2021, hlm. 126). Dengan demikian selain spesifik dapat menghindari konflik pada organisasi atau perusahaan, manajemen konflik juga dapat mengacu pada manajemen konflik di semua bidang baik itu dalam institusi pendidikan, rumah tangga, dll.

Posted inPsikologi

Kebiasaan: Pengertian, Unsur Penunjang & Proses Pembentukannya

Kebiasaan adalah segala sesuatu yang kita lakukan secara otomatis, bahkan kita melakukannya tanpa berpikir sebagai akibat dari melakukan suatu aktivitas yang dilakukan secara terus-menerus sehingga menjadi bagian dari kita (Asrori, 2020, hlm. 191). Pengertian tersebut sejalan dengan pendapat Witherington (dalam Asrori, 2002, hlm. 114) yang mengartikan kebiasaan (habit) sebagai “an acquired way of acting which is persistent, uniform, and fairly automatic” yang artinya kebiasaan adalah hal yang diperoleh dari akting secara terus-menerus, seragam, dan cukup otomatis.