Ekonomi mikro adalah ilmu ekonomi yang menelaah berbagai detail kecil dari individu pelaku ekonomi, sehingga merupakan komplemen dari ekonomi makro yang justru melihat ekonomi secara luas. Setiap subjek ekonomi selalu bertindak ekonomis rasional, yakni para konsumen selalu berusaha untuk mencapai kepuasan maksimal dari setiap barang dan jasa yang dikonsumsi, sementara produsen selalu berusaha untuk memperoleh […]
Ekonomi Makro: Pengertian, Tujuan, Permasalahan & Kebijakan
Ekonomi makro (makro ekonomi) merupakan salah satu payung besar yang mendasari pembagian utama cabang ilmu ekonomi yang mengkhususkan mempelajari ekonomi sebagai suatu keseluruhan yang luas. Misalnya, pendapat nasional, tingkat pertumbuhan industri tertentu, inflasi, tingkat harga, dan sebagainya. Makro ekonomi merupakan kebalikan dari mikro ekonomi yang justru mempelajari ekonomi dari berbagai sudut terpusat seperti perilaku individu […]
Pengertian Ilmu Ekonomi dan Berbagai Pengantarnya (Pendapat Ahli)
Ilmu ekonomi sebetulnya merupakan ilmu yang dapat dipelajari dengan melakukan penelaahan pada apa yang kita lakukan sehari-hari. Misalnya, saat menyantap makan siang, kita memakan nasi yang berasal dari beras Cianjur, dengan lauk tahu yang diproduksi di Sumedang. Sementara itu, piring yang dan sendok yang digunakan diproduksi di Tangerang. Dalam berbagai kegiatan sehari-hari tersebut, sebetulnya kita telah melakukan berbagai…
Soft Skills: Pengertian, Intra dan Interpersonal, serta Penguatannya
Dewasa ini soft skills merupakan faktor penting yang dipertimbangkan oleh banyak organisasi dalam proses rekrutmen, selain keterampilan teknis yang harus dimiliki (hard skills). Tentunya, hard skills merupakan kemampuan konkret yang manfaatnya dapat dibutuhkan langsung oleh berbagai industri maupun lembaga pemerintahan. Akan tetapi, kemampuan teknis yang hebat namun tidak diiringi soft skills yang baik akan menjadi percuma.
Algoritma: Pengertian, Karakteristik, Jenis, Syarat & Analisis
Algoritma dibutuhkan agar kita dapat memerintah komputer untuk mengambil langkah-langkah sistematis yang sesuai dengan permasalahan yang kita berikan. Meskipun dikerjakan oleh komputer, yang membuatnya tetaplah seorang manusia. Walaupun…
Iklim Organisasi: Pengertian, Dimensi, Komunikasi, Pengaruh, dsb
iklim organisasi adalah persepsi anggota organisasi (secara individual atau kelompok) dan mereka yang secara tetap berhubungan dengan organisasi mengenai apa yang ada atau terjadi dalam lingkungan internal organisasi secara rutin, yang mempengaruhi sikap dan perilaku organisasi dan kinerja anggota organisasi yang kemudian menentukan kinerja organisasi (Wirawan, 2015, hlm. 122).
Kompensasi: Pengertian, Bentuk, Asas, Faktor, Sistem, Tujuan, dsb
Kompensasi merupakan bagian dari manajemen sumber daya manusia yang terhitung sulit untuk dilaksanakan. Mengapa? Karena berkaitan langsung dengan aspek ekonomi perusahaan, juga bersinggungan langsung dengan kesejahteraan para pemangku kepentingan organisasi. Oleh karenanya, kompensasi cenderung banyak menimbulkan permasalahan. Bahkan, menurut Sadikin dkk (2020, hlm. 165) kompensasi adalah imbalan atau pemberian yang identik dengan hadiah yang dapat memicu permasalahan antarpegawai.
Inovasi Produk: Pengertian, Ciri, Jenis, Indikator & Sumber
Inovasi produk merupakan aspek penting yang harus dilakukan dalam menjaga siklus hidup produk yang memiliki batasan-batasan tertentu. Produk sendiri merupakan keluaran utama dari suatu organisasi perusahaan dalam rangka mencapai tujuannya. Dengan demikian, inovasi produk menjadi salah satu perangkat integral yang penting untuk diperhatikan untuk mencapai tujuan organisasi secara umum.
Promosi: Pengertian, Tujuan, Strategi & Promosi Bauran
Promosi merupakan ujung tombak dalam memperkenalkan berbagai nilai-nilai produk kepada para calon pembeli, sehingga mereka dapat mengetahui dan mempertimbangkan untuk membelinya. Dalam mewujudkan pemindahan informasi dari produsen atau organisasi ke konsumen, diperlukan komunikasi yang seusai sehingga calon konsumen dapat memahaminya dengan baik. Dengan demikian, promosi harus dilakukan melalui komunikasi.
Manajemen Operasional: Pengertian, Fungsi, Ruang Lingkup, dsb
Manajemen operasional/operasi atau terkadang disebut juga manajemen produksi dan operasi merupakan berbagai ilmu dan seni pengelolaan operasi yang dilakukan oleh suatu organisasi/perusahaan. Produksi atau penciptaan produk, baik barang ataupun jasa merupakan hasil keluaran dari suatu operasi. Sehingga operasional dan produksi hampir tidak dapat dipisahkan dan saling bergantung serta berkaitan satu sama lain dalam suatu manajemen.