Tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) adalah suatu konsep bahwa organisasi, khususnya (namun tidak terbatas) perusahaan memiliki berbagai bentuk tanggung jawab terhadap seluruh pemangku kepentingannya yang meliputi konsumen, karyawan, pemegang saham, komunitas, dan sebagainya dalam segala aspek operasional perusahaan yang mencakup aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan (Firmansyah & Mahardhika, 2018, hlm. 317).
Manajemen Strategik: Pengertian, Proses & Beberapa Model
Manajemen strategik merupakan salah satu rangkaian proses untuk menetapkan cetak biru dan rencana untuk menentukan berbagai hal yang dibutuhkan dalam implementasi pencapaian tujuan dari suatu organisasi. Cakupan perencanaan strategik dapat diawali dengan pengukuhan filosofi sehingga dapat diketahui strategi dan cara seperti apa yang dibutuhkan untuk mewujudkan tujuan yang diinginkan.
Kebijakan: Pengertian, Proses, Perumusan, Implementasi, dsb
Kebijakan sederhananya merupakan salah satu produk organisasi atau instansi yang digunakan untuk menjadi acuan, aturan, hingga berbagai standarisasi untuk melaksanakan suatu hal. Terdapat banyak berbagai macam jenis kebijakan. Beberapa kebijakan yang umum mendapat sorotan keilmuan meliputi: kebijakan publik, kebijakan organisasi, kebijakan pemerintah, hingga kebijakan pendidikan. Di dalam bidang apa pun itu, setidaknya kebijakan masih memiliki pengertian dan definisi yang sama, hanya konteks, tujuan, dan penerapannya saja yang sedikit berbeda. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah berbagai uraian mengenai kebijakan.
Sejarah Manajemen: Perkembangan, Evolusi Teori & Aliran
Sejarah manajemen sejatinya dapat dilihat dari perkembangan manusia sendiri. Misalnya, manajemen sebenarnya lahir dari sejak manusia melakukan kegiatan pengaturan diri, keluarga dan kelompoknya untuk sesuatu tujuan yang diinginkannya. Tujuan tersebut dapat berupa seni atau keindahan, pencapaian suatu materi atau juga keberlangsungan hidupnya. Dalam contoh kecil tersebut, sudah tampak bahwa agar kehidupannya berlangsung dengan baik maka dibutuhkan pengelolaan yang apik.
Komunikasi Organisasi : Pengertian, Pola, Fungsi, Gaya, dsb
Komunikasi organisasi pada dasarnya terdiri dari tiga bentuk, yaitu komunikasi vertikal, komunikasi horizontal, dan komunikasi diagonal. Komunikasi vertikal adalah komunikasi yang terjalin antara atasan dan bawahan. Komunikasi horizontal merupakan komunikasi yang terjalin antara sesama rekan atau karyawan. Sedangkan komunikasi diagonal yaitu komunikasi yang terjalin antar sesama rekan yang berbeda bidang. Namun demikian…
Koordinasi, Coordinating, atau Mengoordinasikan dalam Manajemen
Koordinasi, coordinating, atau mengoordinasikan merupakan salah satu fungsi manajemen yang dianggap penting terutama dalam proses actuating atau mengeksekusi seluruh rencana dan fungsi dasar manajemen lainnya pada suatu organisasi. Bagaimana tidak, entitas atau organisasi selalu terdiri dari banyak pekerjaan dan banyak divisi yang beragam namun harus tetap diseiramakan untuk mencapai tujuan bersama. Dengan demikian, koordinasi menjadi suatu keharusan yang tidak mungkin dilewatkan dalam suatu manajemen.
Forecasting/Peramalan : Pengertian, Faktor, Metode, Langkah, dsb
Forecasting atau peramalan merupakan salah satu kegiatan krusial dari fungsi manajemen yang paling pertama, yakni planning atau perencanaan. Seperti yang diungkapkan oleh Firmansyah & Mahardhika (2018, hlm. 41) bahwa meramalkan (forecasting) merupakan pekerjaan yang dilakukan oleh seorang manajer dalam memperkirakan waktu yang akan datang dengan cara melihat keadaan yang akan datang atas dasar sistematis dan kontinu serta berdasarkan mana ia bekerja.
Pengambilan Keputusan : Pengertian, Jenis, Teori, Proses, dsb
Pengambilan keputusan merupakan hal krusial yang harus dilakukan saat kita dihadapkan pada berbagai situasi dan masalah yang harus diatasi dan perlu pemecahan, termasuk dalam pengelolaan manajemen. Suatu persoalan yang terjadi dalam suatu organisasi akan memunculkan berbagai alternatif yang dapat diambil. Pengambilan keputusan adalah seni untuk memilih berbagai alternatif tersebut untuk menghasilkan pemecahan masalah yang paling bermanfaat terhadap tujuan organisasi atau perusahaan.
Fungsi Komunikasi dalam Manajemen
Communication atau komunikasi merupakan salah satu kegiatan terpenting dalam seluruh sendi kehidupan kita, termasuk dalam manajemen. Saat mendengar istilah ini, tak mengherankan rasanya jika kita telah mengetahui dan memahami dengan cukup baik apa yang dimaksudnya. Komunikasi tentunya adalah usaha seseorang untuk menghantarkan pesan pada orang lain. Namun, dibalik hal sehari-hari ini, tersimpan banyak kesalahan konsepsi mengenai hakikat dasar dan tujuan utama dari prosesnya.
Motivasi/Motivation dalam Manajemen (Teori-Praktik)
Motivation atau motivasi dalam manajemen secara umum ditujukan pada sumber daya manusia, khususnya staf nonmanajemen. Motivasi mempersoalkan bagaimana caranya mengarahkan daya dan potensi bawahan, agar mau bekerja sama secara produktif berhasil mencapai dan mewujudkan tujuan yang telah ditentukan.