Posted inMetode Penelitian

Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif (Konsep & Contoh)

Metode penelitian deskriptif kualitatif merupakan jenis, desain, atau rancangan penelitian yang biasa digunakan untuk meneliti objek penelitian yang alamiah atau dalam kondisi riil dan tidak disetting seperti pada eksperimen. Deskriptif sendiri berarti hasil penelitian akan dideskripsikan segamblang-gamblangnya berdasarkan penelitian yang telah dilakukan tanpa menarik suatu kesimpulan berdasarkan hasil penelitiannya.

Posted inPendidikan

Sintaks Model Pembelajaran & Komponen Pengembangannya

Sintaks model pembelajaran merupakan acuan umum mengenai bagaimana suatu pembelajaran dilaksanakan agar sesuai dengan kaidah dan hasil yang diinginkan dari model pembelajaran tersebut. Misalnya, jika kita ingin menerapkan model pembelajaran Discovery Learning, maka kita harus menerapkan berbagai sintaksnya seperti memberikan stimulus, pernyataan masalah, dan memberikan fasilitas untuk melakukan penelitian ilmiah, sehingga siswa bisa mendapatkan pengetahuannya sendiri secara mandiri, sesuai dengan gagasan utama dari model pembelajaran ini.

Posted inPendidikan

Teori Belajar Piaget (Cikal-Bakal Teori Kognitif & Konstruktivisme)

Piaget adalah seorang ahli biologi, filsuf, ilmuwan, dan psikolog perkembangan Swiss, yang terkenal karena hasil penelitiannya mengenai teori perkembangan kognitif. Menurut Glasersfeld, Jean Piaget adalah juga perintis besar dalam teori konstruktivis tentang pengetahuan. Karya Piaget pun banyak dikutip dalam berbagai karya ilmiah lain yang membahas psikologi kognitif. Bahkan, Piaget dianggap sebagai bapak perintis dari aliran teori ini.

Posted inPendidikan

Teori Belajar Bruner

Teori belajar Bruner merupakan salah satu teori yang memberikan pengaruh besar terhadap bidang pendidikan, khususnya dalam pembelajaran matematika dan pemikirannya yang kemudian mencetuskan pembelajaran discovery learning. Bagaimana teori belajarnya berhasil mengembangkan salah satu model pembelajaran termutakhir di abad ini? apa saja kontribusinya terhadap pembelajaran matematika? berikut adalah berbagai uraiannya.

Posted inPendidikan

Teori Belajar Gagne : Komponen, Model, Fase & Prinsip

Gagne (dalam Siregar, 2015, hlm. 4) mendefinisikan belajar adalah suatu perubahan perilaku yang relatif menetap yang dihasilkan dari pengalaman masa lalu ataupun dari pembelajaran yang direncanakan. Pandangannya mengenai belajar inilah yang membuat Gagne menjadi salah satu tokoh pendidikan ternama yang memberikan pengaruh besar terhadap bidang pendidikan dan psikologi secara umum.

Posted inPendidikan

Teori Belajar Ausubel

Teori belajar Ausubel merupakan teori belajar yang dikemukakan oleh David Paul Ausubel yang merupakan seorang Psikiatris Anak sekaligus akademika terkemuka yang bergerak di bidang psikologi pendidikan, psikopatologi umum, perkembangan ego, kecanduan obat, dan psikiatri forensik. Sepanjang karirnya baik sebagai seorang Psikiatris Anak maupun Professor di New York University, ia menerbitkan ratusan karya ilmiah dan buku yang memberikan sumbangsih dan pengaruh besar terhadap bidang psikologi pendidikan.

Posted inLinguistik

Analisis Kesalahan Berbahasa : Pengertian, Jenis, Langkah, dsb

Saat berkomunikasi, baik secara lisan maupun tulisan, setiap orang pasti pernah mengalami kesalahan. Kesalahan tersebut dapat terjadi secara tidak sengaja (khilaf), keliru, maupun memang tidak sesuai dengan tata bahasa ya2ng bersangkutan. Dampak yang dihasilkan dari kesalahan ini juga tentunya memiliki spektrum tertentu, dari kecil hingga cukup besar sehingga mengaburkan proses komunikasi.

Posted inPendidikan

Taksonomi Bloom (Revisi) dan Kata Kerja Operasional

Taksonomi Bloom merupakan salah satu gebrakan pendidikan yang memberikan pengaruh besar terhadap bagaimana evaluasi pendidikan bahkan penyelenggaraan pendidikan secara umum dilaksanakan. Mengapa? Karena Taksonomi dapat mengidentifikasi kemampuan berpikir mulai dari tingkat yang paling rendah hingga yang paling tinggi. Tentunya saat kita mampu membagi kemampuan berpikir, maka kita juga dapat membuat indikator, soal, dan evaluasi sesuai dengan kompetensi yang diharapkan dari tujuan pendidikan.

Posted inPendidikan

Lingkungan Pendidikan : Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat

Kebanyakan orang cenderung mengartikan lingkungan secara sempit, seolah-olah lingkungan hanyalah alam sekitar di luar diri manusia atau individu. Padahal, lingkungan tidak terbatas pada hal konkret yang terdapat di sekitar kita. Bentuk lingkungan dapat berupa hal yang nonfisik bahkan abstrak (berupa ide gagasan yang tidak konkret). Contohnya, suasana kehidupan di suatu tempat adalah lingkungan, nilai dan norma masyarakat adalah lingkungan, kebudayaan, dan ilmu pengetahuan merupakan lingkungan.

Posted inPendidikan

Pendidikan Kesejahteraan Keluarga – Pengertian, Ruang Lingkup, dsb

Pendidikan kesejahteraan keluarga adalah berbagai upaya untuk mengadakan usaha pembelajaran atau pendidikan secara umum dengan tujuan memberikan pengetahuan, keterampilan, dan sikap untuk agar suatu keluarga dapat sejahtera. Seperti apa keluarga yang sejahtera? Keluarga sejahtera adalah keluarga yang dapat mencukupi kebutuhan spiritual dan material yang baik, serta memiliki ikatan yang baik antaranggota atau antar keluarga dengan masyarakat.