Komunikasi organisasi pada dasarnya terdiri dari tiga bentuk, yaitu komunikasi vertikal, komunikasi horizontal, dan komunikasi diagonal. Komunikasi vertikal adalah komunikasi yang terjalin antara atasan dan bawahan. Komunikasi horizontal merupakan komunikasi yang terjalin antara sesama rekan atau karyawan. Sedangkan komunikasi diagonal yaitu komunikasi yang terjalin antar sesama rekan yang berbeda bidang. Namun demikian…
Koordinasi, Coordinating, atau Mengoordinasikan dalam Manajemen
Koordinasi, coordinating, atau mengoordinasikan merupakan salah satu fungsi manajemen yang dianggap penting terutama dalam proses actuating atau mengeksekusi seluruh rencana dan fungsi dasar manajemen lainnya pada suatu organisasi. Bagaimana tidak, entitas atau organisasi selalu terdiri dari banyak pekerjaan dan banyak divisi yang beragam namun harus tetap diseiramakan untuk mencapai tujuan bersama. Dengan demikian, koordinasi menjadi suatu keharusan yang tidak mungkin dilewatkan dalam suatu manajemen.
Forecasting/Peramalan : Pengertian, Faktor, Metode, Langkah, dsb
Forecasting atau peramalan merupakan salah satu kegiatan krusial dari fungsi manajemen yang paling pertama, yakni planning atau perencanaan. Seperti yang diungkapkan oleh Firmansyah & Mahardhika (2018, hlm. 41) bahwa meramalkan (forecasting) merupakan pekerjaan yang dilakukan oleh seorang manajer dalam memperkirakan waktu yang akan datang dengan cara melihat keadaan yang akan datang atas dasar sistematis dan kontinu serta berdasarkan mana ia bekerja.
Pengambilan Keputusan : Pengertian, Jenis, Teori, Proses, dsb
Pengambilan keputusan merupakan hal krusial yang harus dilakukan saat kita dihadapkan pada berbagai situasi dan masalah yang harus diatasi dan perlu pemecahan, termasuk dalam pengelolaan manajemen. Suatu persoalan yang terjadi dalam suatu organisasi akan memunculkan berbagai alternatif yang dapat diambil. Pengambilan keputusan adalah seni untuk memilih berbagai alternatif tersebut untuk menghasilkan pemecahan masalah yang paling bermanfaat terhadap tujuan organisasi atau perusahaan.
Fungsi Komunikasi dalam Manajemen
Communication atau komunikasi merupakan salah satu kegiatan terpenting dalam seluruh sendi kehidupan kita, termasuk dalam manajemen. Saat mendengar istilah ini, tak mengherankan rasanya jika kita telah mengetahui dan memahami dengan cukup baik apa yang dimaksudnya. Komunikasi tentunya adalah usaha seseorang untuk menghantarkan pesan pada orang lain. Namun, dibalik hal sehari-hari ini, tersimpan banyak kesalahan konsepsi mengenai hakikat dasar dan tujuan utama dari prosesnya.
Motivasi/Motivation dalam Manajemen (Teori-Praktik)
Motivation atau motivasi dalam manajemen secara umum ditujukan pada sumber daya manusia, khususnya staf nonmanajemen. Motivasi mempersoalkan bagaimana caranya mengarahkan daya dan potensi bawahan, agar mau bekerja sama secara produktif berhasil mencapai dan mewujudkan tujuan yang telah ditentukan.
Directing (Pengarahan) – Pengertian, Prinsip-Prinsip & Jenis
Directing atau pengarahan merupakan fungsi manajemen yang boleh dikatakan sebagai gabungan dari staffing dan leading. Sepertinya namanya, secara umum fungsi ini berarti melakukan pengarahan atau perintah terhadap anggota organisasi agar mereka dapat memahami dan menjalankan suatu hal yang untuk mencapai tujuan organisasi.
Controlling, Pengendalian, atau Pengawasan & Evaluasi
Controlling, pengendalian, atau pengawasan dan evaluasi dalam manajemen sering disebut sebagai fungsi dasar terakhir dari manajemen. Hal tersebut karena seluruh fungsi dasar manajemen yang dilakukan pada akhirnya akan diawasi serta dikendalikan dan dievaluasi agar sesuai dengan tujuannya.
Kepemimpinan: Pengertian, Unsur, Prinsip, Tingkat & Gaya
Kepemimpinan merupakan salah satu fungsi manajemen yang penting dari manajemen. Kemampuan untuk memimpin dengan efektif merupakan salah satu kunci untuk melaksanakan seluruh unsur-unsur manajemen dengan baik. Pemimpin harus melaksanakan semua fungsi peranannya untuk mengombinasikan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Kunci untuk melakukan ini ialah adanya peranan yang jelas dan tingkat kewenangan atau wewenang untuk menyokong tindakan-tindakan kepemimpinan.
Staffing dan Actuating dalam Manajemen
Staffing dan actuating merupakan dua lini strategik manajemen yang berkaitan dengan pelaksanaan kerja, wewenang, dan delegasi dalam suatu organisasi. Baik staffing dan actuating merupakan fungsi manajemen lanjutan yang penting untuk disadari dan dikelola dengan baik untuk menciptakan manajemen organisasi yang efektif dan efisien.