Posted inInformatika

Extreme Programming (XP) – Definisi, Nilai, Tahapan

Extreme programming atau sering disingkat XP merupakan salah satu metode pengembangan perangkat lunak yang berbasis Agile. Artinya extreme programming merupakan satu dari sekian banyak metodologi yang dapat digunakan untuk menerapkan prinsip pengembangan perangkat lunak berbasis agile. Agile sendiri adalah prinsip pengembangan perangkat lunak yang mengutamakan adaptasi terhadap perubahan, mementingkan fungsional aplikasi dari pada dokumentasi, dan prinsip-prinsip agile lainnya.

Posted inInformatika

Flowchart (Diagram Alir) – Pengertian, Jenis & Simbol/Notasi

Saat kita hendak mengembangkan suatu perangkat lunak, langkah awal yang dilakukan tentunya adalah mengumpulkan berbagai konsep yang menyelubungi apa yang akan kita buat. Berbagai ide, konsep, serta keinginan yang kita miliki tentunya bersifat abstrak dan belum dapat terlihat wujud aslinya. Salah satu cara untuk menggambarkan konsep tersebut adalah dengan membuat flowchart atau diagram alir.

Posted inInformatika

White Box Testing – Definisi, Teknik, Jenis, Tahapan, dsb

White box testing atau pengujian kotak putih adalah salah satu metode pengujian perangkat lunak. Metode pengujian ini juga terkadang disebut juga glass box testing atau pengujian kotak kaca. Berlainan dengan black box testing, white box testing ini justru menguji perangkat lunak dari sisi internal tanpa memperhatikan fungsional seperti antarmuka perangkat lunak itu sendiri.

Posted inInformatika

User Acceptance Test (UAT) – Definisi, Jenis, Tahapan, dsb

User acceptance test (UAT) atau pengujian penerimaan pengguna adalah fase terakhir dari proses pengujian perangkat lunak. Selama UAT, perangkat lunak perangkat lunak diuji untuk memastikan apakah fungsi dan tugasnya sudah sesuai dengan requirement atau kebutuhan pengguna. UAT adalah salah satu prosedur proyek perangkat lunak final dan paling penting yang harus dilaksanakan sebelum perangkat lunak yang telah dikembangkan diluncurkan.

Posted inInformatika

Algoritma dan Pemrograman

Pesatnya perkembangan teknologi membuat makin banyak pula aplikasi atau program yang digunakan untuk membantu masyarakat. Bukan hanya aplikasi produktif saja, aplikasi hiburan seperti Games juga terus bertumbuhan. Semua aplikasi atau program tersebut dibuat dan dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman yang berbeda. Meskipun menggunakan beragam bahasa yang berbeda, namun cara berpikir atau algoritmanya akan tetap sama. Oleh karena itu…

Posted inInformatika

Berpikir Komputasional : Dekomposisi, Pola, Abstraksi, dsb

Komputer telah banyak dipergunakan dalam kehidupan sehari-hari untuk mempermudah kehidupan, atau membantu penyelesaian berbagai permasalahan yang kita hadapi. Hal itu rasanya sangat wajar, karena komputer merupakan salah satu penemuan termuktahir yang manfaatnya amatlah banyak. Namun dibalik segala kecanggihan tersebut, sebetulnya cara kerja komputer menyerupai cara kerja manusia…

Posted inInformatika

Sistem Komputer 2 (Komponen, Interaksi & Kolaborasi)

Sebelumnya telah kita ketahui bahwa sistem komputer terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak. Perangkat keras adalah peranti fisik yang dapat disentuh dari komputer. Sementara itu, perangkat lunak adalah instruksi yang tidak dapat disentuh namun dapat menghubungkan pengguna dengan perangkat keras. Namun, sistem komputer tidak hanya melulu mengenai komponen pembentuknya saja.

Posted inInformatika

Sistem Komputer 1 (Perangkat Keras & Perangkat Lunak)

Sejatinya komputer merupakan sebuah sistem atau berupa seperangkat unsur yang secara teratur saling berkaitan sehingga membentuk kesatuan utuh untuk menyelesaikan berbagai permasalahan. Komputer (computer) adalah kata dari bahasa Inggris to compute yang artinya menghitung. Dengan demikian, sistem komputer adalah seperangkat unsur-unsur yang bersatu untuk melakukan komputasi atau perhitungan.

Posted inInformatika

Jaringan Komputer dan Internet

Internet adalah salah satu teknologi yang mampu mendorong banyak kemajuan serta kemakmuran umat manusia di dunia. Melalui keterhubungan antarperangkat, kita dapat melakukan komunikasi dengan cepat, berbagi dan mendapatkan informasi terbaru tanpa hambatan jarak, bahkan berinteraksi serta melakukan pekerjaan bersama tanpa harus bertatap muka. Sebetulnya, internet tak lain adalah jaringan komputer…