Diterbitkan padaIlmu Komunikasi

Komunikasi Intrapersonal: Pengertian, Proses, Faktor & Memanfaatkannya

Komunikasi intrapersonal adalah peristiwa komunikasi yang terjadi dalam diri pribadi seseorang atau singkatnya, seseorang berbicara kepada dirinya sendiri (Hariyanto, 2021, hlm. 66). Komunikasi intrapersonal atau intrapribadi ini dimungkinkan terjadi karena manusia dapat menjadi objek bagi dirinya sendiri melalui penggunaan simbol-simbol yang digunakan dalam komunikasinya. Setiap manusia pasti melakukan komunikasi dengan dirinya sendiri…

Diterbitkan padaIlmu Komunikasi

Konseptualisasi Komunikasi: Satu Arah, Interaksi & Transaksi

Konseptualisasi komunikasi disadari oleh pertanyaan kapan sebetulnya suatu proses komunikasi terjadi? Komunikasi biasanya diawali dari penafsiran, penyampaian, pemaknaan dan penerimaan lambang. Peristiwa itu dapat disebut sebagai aktifitas komunikasi. Ada beberapa pandangan mengenai kapan suatu peristiwa komunikasi terjadi. Beberapa ahli ada yang berpendapat bahwa komunikasi harus terbatas pada pesan yang secara sengaja diarahkan kepada orang lain dan diterima oleh mereka. Ada pula yang berpendapat bahwa komunikasi harus mencakup…

Diterbitkan padaIlmu Komunikasi

Model Komunikasi: Pengertian, Fungsi, Manfaat & Contoh Model-Modelnya

Model komunikasi adalah deskripsi sederhana mengenai apa yang dibutuhkan untuk terjadinya komunikasi dengan cara merepresentasikan secara abstrak ciri pentingnya dan menghilangkan rincian tidak pentingnya (Sereno & Mortensen, 2018, hlm. 53). Singkatnya, model komunikasi adalah gambaran dari suatu fenomena komunikasi dan hanya menyebutkan hal terpentingnya saja. Misalnya, maket bangunan adalah model dari bangunan yang sebenarnya, dan hanya menggambarkan bentuk bangunan saja, tidak dengan…

Diterbitkan padaIlmu Komunikasi

Sejarah Komunikasi dan Ilmu Komunikasi (Periodisasi & Perkembangan di Indonesia)

Sejarah komunikasi sama tuanya dengan sejarah kehidupan manusia. Apabila ditelusuri, maka sejarah komunikasi dapat dikatakan dimulai dengan perkembangan aktivitas retorika yang terjadi di zaman Yunani kuno (Hariyanto, 2021, hlm. 2). Namun demikian, komunikasi baru mulai mengalami perkembangan signifikan ketika ditemukan mesin cetak pada tahun 1457 oleh Guttenberg. Ada perbedaan rentang waktu pencatatan sejarah antara hasil pemikiran ahli sejarah komunikasi pada abad 19 dengan pencatatan sejarah zaman Yunani kuno.

Diterbitkan padaIlmu Komunikasi

Ilmu Komunikasi: Pengertian, Komponen, Prinsip & Ruang Lingkup

Ilmu komunikasi adalah praktik dan pengetahuan saintifik mengenai komunikasi. Rincinya, Ilmu komunikasi adalah praktik dan pengetahuan dari keterangan dasar yang kokoh mengenai proses penciptaan makna antara dua orang atau lebih. Definisi tersebut disimpulkan berdasarkan pengertian komunikasi dari Tubss & Moss (dalam Yusuf, 2021, hlm. 7) yang berpendapat bahwa komunikasi adalah proses penciptaan makna antara dua orang atau lebih, dan Hatta (dalam Hariyanto, 2021, hlm. 10) yang mengungkapkan…

Diterbitkan padaPendidikan

Hasil Belajar: Pengertian, Klasifikasi, Indikator, dan Faktor-Faktor

Hasil belajar adalah perubahan perilaku yang diperoleh pembelajar setelah mengalami aktivitas belajar (Anni, dalam Suardi, 2002, hlm. 17). Perubahan perilaku yang dimaksud dapat mencakup tiga ranah kompetensi, yakni kognitif atau kecerdasan berpikir, afektif atau kecerdasan emosional, dan psikomotor atau kecakapan gerak otot dan campuran. Perubahan yang dimaksud juga tidak melulu sebagai sesuatu yang berubah radikal, akan tetapi meliputi perubahan persepsi dan perbaikan perilaku. Seperti yang diungkapkan oleh Rusman (2016, hlm. 67) bahwa…

Diterbitkan padaPendidikan

Hakikat Belajar dan Pembelajaran Dilengkapi Komponen & Prinsip

Hakikat belajar adalah perubahan dalam kepribadian yang dimanifestasikan sebagai pola-pola respons yang baru dalam bentuk keterampilan, sikap, kebiasaan, pengetahuan, dan kecakapan (Suyono & Hariyanto, 2017, hlm. 11). Dengan demikian, perubahan merupakan substansi dari belajar itu sendiri. Tentunya berbagai perubahan yang dimanifestasikan dalam banyak pola dan respons itu didapatkan dari proses belajar itu sendiri. Seperti yang diungkapkan oleh Purwanto (2014, hlm. 38-39) bahwa belajar…

Diterbitkan padaPendidikan

Prestasi Belajar: Pengertian, Fungsi, Indikator & Faktor

Prestasi belajar adalah bukti keberhasilan atau potensi maksimal yang telah dicapai oleh seseorang setelah melaksanakan usaha-usaha belajar (Winkel, dalam Hamdani, 2017, hlm. 138). Keberhasilan dalam proses belajar tersebut, lazimnya ditunjukkan dengan nilai tes atau angka nilai yang diberikan guru. Seperti yang diungkapkan oleh Rosyid (2019, hlm. 9) bahwa prestasi belajar dinyatakan dalam bentuk simbol, angka, huruf, maupun kalimat yang dapat mencerminkan hasil yang…

Diterbitkan padaPendidikan

Pembelajaran – Pengertian & Komponen: Tujuan, Media, Lingkungan, Dsb

Pembelajaran adalah segala upaya yang dilakukan oleh pendidik agar terjadi proses belajar pada diri peserta didik (Ihsana, 2017, hlm. 52). Tentunya proses belajar yang dilibatkan terutama di sekolah pada umumnya akan melibatkan penguasaan ilmu pengetahuan. Seperti yang diungkapkan oleh Abidin (2015, hlm. 3) bahwa pembelajaran merupakan serangkaian kegiatan atau proses yang direncanakan dan dilaksanakan guru agar siswa belajar atau menguasai ilmu pengetahuan. Akan tetapi bukan hanya penguasaan ilmu pengetahuan saja. Belajar dapat dilakukan…

Diterbitkan padaPendidikan

Tujuan Pendidikan: Pengertian, Tujuan menurut Ahli, Ideologi, dsb

Tujuan pendidikan merupakan suatu faktor yang amat sangat penting di dalam pendidikan, karena tujuan pendidikan ini adalah arah yang hendak dicapai atau yang hendak di tuju oleh pendidikan (Hidayat & Abdillah, 2019, hlm. 25). Sebetulnya, tujuan pendidikan juga amatlah bergantung pada kebutuhan dari penyelenggaraan pendidiknya sendiri. Selain itu, lembaga pendidikan, institusi, bahkan negara sendiri memiliki tujuannya masing-masing. Setiap negara memiliki sistem pendidikan nasional yang dibangun berdasarkan perjalanan…

© 2024 serupa.id.