Perkembangan motorik berasal dari kata “perkembangan” dan “motorik” yang berasal dari bahasa Inggris, yakni “motor” yang berarti “gerak”. Menurut Seifart & Hoff (dalam Khadijah & Amelia, 2020, hlm. 2) perkembangan adalah perasaan yang tumbuh pada diri seseorang dan mengakibatkan perubahan pada pola pikir, hubungan sosial dan skill motorik dalam waktu jangka panjang. Sementara itu motorik adalah suatu aktivitas yang sangat penting bagi manusia, karena melalui gerak (motor) manusia dapat meraih sesuatu yang menjadi…
Kesulitan Belajar: Pengertian, Diagnosis, Jenis, Faktor, Cara Mengatasinya, dll
Kesulitan belajar adalah suatu bentuk gangguan dalam satu atau lebih dari faktor fisik dan psikis yang mendasar yang meliputi pemahaman atau penggunaan bahasa, lisan atau tulisan yang dengan sendirinya muncul sebagai kemampuan tidak sempurna untuk mendengarkan, berpikir, berbicara, membaca, menulis, atau membuat perhitungan matematikal, termasuk juga keadaan ekonomi, budaya, atau lingkungan yang tidak menguntungkan (Betty dalam Nurjan, 2016, hlm. 162).
Kemandirian Belajar: Pengertian, Indikator, Faktor, Contoh Angket, dll
Menurut Asrori (2020, hlm. 121) kemandirian belajar adlaah suatu perilaku yang dimiliki seseorang yang mampu untuk berinisiatif untuk melakukan segala sesuatu pekerjaan untuk memenuhi kebutuhannya tanpa harus tergantung pada orang lain dan melakukannya secara tanggung jawab. Belajar mandiri amatlah berbeda dengan belajar restruktur karena dengan sengaja diselenggarakan secara terstruktur. Bahkan menurut Yamin (dalam Asrori 2020, hlm. 121) belajar mandiri lebih…
Motivasi Belajar: Pengertian, Indikator, Fungsi, Meningkatkan, Faktor, dll
Motivasi belajar adalah keseluruhan daya penggerak psikis dalam diri siswa yang menimbulkan bentuk kegiatan belajar, menjamin kelangsungan kegiatan belajar dan memberikan arah pada kegiatan belajar itu demi mencapai suatu tujuan (Winkel dalam Asrori, 2020, hlm. 117). Dengan demikian motivasi mempunyai peranan yang penting dalam aktivitas belajar. Tidak akan ada orang yang melakukan aktivitas belajar tanpa motivasi. Tidak ada motivasi berarti tidak ada kegiatan untuk belajar.
Jenis-Jenis Belajar menurut Para Ahli (Abstrak ~ Pengetahuan)
Jenis belajar amatlah beragam dan tidak melulu persoalan akademis dan keterampilan saja. Hal ini merupakan catatan penting karena belajar haruslah berupa kombinasi yang seimbang antarragam-jenisnya. Jika tidak, belajar tidak akan mampu memberikan dampak perubahan positif bagi individu apalagi masyarakat dan kesejahteraan manusia pada umumnya. Misalnya, jika kemampuan teknis seperti coding, menggambar, atau riset dan analisis tidak diimbangi oleh soft skill atau kemampuan pengelolaan diri dan bersosialisasi maka dampak dari kemampuan teknis tersebut tidak akan pernah memberikan…
Perilaku/Sikap Belajar: Pengertian, Ciri/Karakteristik, Faktor, dll
Perilaku atau sikap belajar adalah deretan sikap dan tingkah laku yang dilakukan oleh individu saat belajar. Seperti yang diungkapkan oleh Asrori (2020, hlm. 114) bahwa perilaku belajar adalah suatu sikap yang muncul dari diri siswa dalam menanggapi dan merespons setiap kegiatan belajar mengajar yang terjadi, menunjukkan sikapnya apakah antusias dan bertanggung jawab atas kesempatan belajar yang diberikan kepadanya.
Psikologi Belajar: Pengertian, Tujuan, Ruang Lingkup, Fungsi & Manfaat
Psikologi belajar adalah ilmu pengetahuan yang berusaha mempelajari, menganalisis prinsip-prinsip perilaku manusia dalam proses belajar dan pembelajaran (Nurjan, 2016, hlm. 6). Sejatinya belajar merupakan proses mental atau gejala jiwa kognitif atau akal pikiran yang tentunya amatlah berkaitan dengan psikologi. Oleh karena itu diperlukan kacamata psikologi pula untuk menganalisis dan mempelajari perilaku manusia ketika belajar. Lantas apa perbedaannya dengan psikologi pendidikan? berikut…
Kreativitas: Pengertian, Proses, Ciri, Teori & Faktor yang Mempengaruhi
Kreativitas berasal dari “to create” yang artinya “membuat”, sehingga kreativitas dapat diartikan sebagai kemampuan seseorang untuk membuat sesuatu, baik dalam bentuk ide, langkah, atau produk (Sudarma, 2016, hlm. 9). Sering kali kita berasumsi bahwa kebanyakan orang hanya kreatif dalam bidang tertentu saja, dan hanya orang-orang dengan talenta bawaan tertentu saja yang bisa menjadi kreatif.
Pemecahan Masalah: Pengertian, Konsep & Model dalam Psikologi Kognitif
Pemecahan masalah adalah suatu pemikiran yang terarah secara langsung untuk menemukan suatu solusi atau jalan keluar untuk suatu masalah yang spesifik (Suparwi, 2020, hlm. 119). Permasalahan yang menjadi perkara dalam pemecahan masalah tidaklah selalu berbentuk masalah murni yang menghambat suatu keinginan atau kebutuhan akan suatu hal. Permasalahan dapat menjadi global seperti bagaimana dalam kehidupan sehari-hari seorang individu maupun kelompok akan selalu dihadapkan dengan persoalan yang tidak memiliki urgensi tinggi namun tetap bermakna.
Representasi Pengetahuan secara Visual dan Verbal: Mekanisme & Proses
Representasi pengetahuan adalah ungkapan dari suatu pengetahuan yang berada pada memori seorang individu. Sejatinya, semua pengetahuan bersifat abstrak (konseptual) dan harus diinterpretasikan baik oleh sang pemegang maupun sang pemirsa pengetahuan. Oleh karena itu apa yang disajikan oleh pemegang pengetahuan adalah suatu representasi, baik representasi secara lisan (diujarkan oleh bahasa/kode) maupun representasi secara visual melalui imej (penggambaran suatu hal).