Posted inManajemen & Bisnis

Kompensasi: Pengertian, Bentuk, Asas, Faktor, Sistem, Tujuan, dsb

Kompensasi merupakan bagian dari manajemen sumber daya manusia yang terhitung sulit untuk dilaksanakan. Mengapa? Karena berkaitan langsung dengan aspek ekonomi perusahaan, juga bersinggungan langsung dengan kesejahteraan para pemangku kepentingan organisasi. Oleh karenanya, kompensasi cenderung banyak menimbulkan permasalahan. Bahkan, menurut Sadikin dkk (2020, hlm. 165) kompensasi adalah imbalan atau pemberian yang identik dengan hadiah yang dapat memicu permasalahan antarpegawai.

Posted inManajemen & Bisnis

Inovasi Produk: Pengertian, Ciri, Jenis, Indikator & Sumber

Inovasi produk merupakan aspek penting yang harus dilakukan dalam menjaga siklus hidup produk yang memiliki batasan-batasan tertentu. Produk sendiri merupakan keluaran utama dari suatu organisasi perusahaan dalam rangka mencapai tujuannya. Dengan demikian, inovasi produk menjadi salah satu perangkat integral yang penting untuk diperhatikan untuk mencapai tujuan organisasi secara umum.

Posted inManajemen & Bisnis

Promosi: Pengertian, Tujuan, Strategi & Promosi Bauran

Promosi merupakan ujung tombak dalam memperkenalkan berbagai nilai-nilai produk kepada para calon pembeli, sehingga mereka dapat mengetahui dan mempertimbangkan untuk membelinya. Dalam mewujudkan pemindahan informasi dari produsen atau organisasi ke konsumen, diperlukan komunikasi yang seusai sehingga calon konsumen dapat memahaminya dengan baik. Dengan demikian, promosi harus dilakukan melalui komunikasi.

Posted inManajemen & Bisnis

Manajemen Operasional: Pengertian, Fungsi, Ruang Lingkup, dsb

Manajemen operasional/operasi atau terkadang disebut juga manajemen produksi dan operasi merupakan berbagai ilmu dan seni pengelolaan operasi yang dilakukan oleh suatu organisasi/perusahaan. Produksi atau penciptaan produk, baik barang ataupun jasa merupakan hasil keluaran dari suatu operasi. Sehingga operasional dan produksi hampir tidak dapat dipisahkan dan saling bergantung serta berkaitan satu sama lain dalam suatu manajemen.

Posted inManajemen & Bisnis

Distribusi dalam Pemasaran: Pengertian, Saluran, Fungsi & Faktor

Pemasaran yang sukses tanpa diiringi oleh saluran distribusi yang prima hanya akan menjadi pedang bermata dua. Kekecewaan konsumen yang tidak bisa mengakses produk yang ditawarkan akan menghantui dalam waktu yang lama. Dengan demikian, distribusi merupakan fungsi vital yang harus dapat dijalakan dengan baik oleh suatu organisasi perusahaan. Hal ini juga yang menjadikan distribusi (Place) sebagai salah satu bagian dari bauran pemasaran (marketing mix).

Posted inManajemen & Bisnis

Perilaku Konsumen: Pengertian, Jenis, Model, Faktor, dsb

Perilaku konsumen (konsumer behaviour) merupakan aspek penting yang harus diperhatikan dalam memasarkan produk dari perusahaan organisasi. Berbagai target sasaran konsumen memiliki tingkah laku yang berbeda. Jika target demografi yang disasar adalah generasi muda, maka produk dan strategi marketing tertentu akan jauh lebih bekerja dibandingkan dengan berbagai produk dan strategi yang disasarkan pada generasi tua.

Posted inManajemen & Bisnis

Manajemen Sumber Daya Manusia: Pengertian – Prosedur

Sumber daya manusia (SDM) atau Human Resources (HR) merupakan aset vital dan memiliki peranan kuat sebagai faktor penggerak utama dalam pelaksanaan seluruh kegiatan atau aktivitas organisasi. Dengan demikian, sumber daya ini haruslah dikelola dengan baik. Pengelolaan SDM dilakukan melalui Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) atau Human Resources Management (HRM). Dengan demikian, manajemen…