Posted inPendidikan

Konsep Pendidikan Abad 21 : Prinsip, Kompetensi, Keterampilan, dsb

Karim & Daryanto (2017, hlm. 2) mengungkapkan bahwa perkembangan dunia abad 21 ditandai dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam segala segi kehidupan. Teknologi tersebut dapat menghubungkan dunia yang melampaui sekat-sekat geografis sehingga dunia menjadi tanpa batas. Akibatnya, informasi dapat tersebar dengan luas dalam waktu yang amat singkat, sehingga dunia seakan tidak memiliki batas geografis lagi.

Posted inPendidikan

Kompetensi Guru – Pengertian, Standar, Contoh Penerapan, dsb

Echlos dan Shadly dalam Mulyasa (2017, hlm. 25) mengungkapkan bahwa kata kompetensi berasal dari bahasa Inggris competency sebagai kata benda competence yang berarti kecakapan, kompetensi dan kewenangan. Artinya, kompetensi dapat diartikan sebagai sebagai pengetahuan, keterampilan dan kemampuan yang dikuasai seseorang telah menjadi bagian dari dirinya sehingga dia dapat melakukan perilaku-perilaku kognitif, efektif, dan psikomotorik dengan sebaik-baiknya.

Posted inPendidikan

Model-Model Evaluasi : CIPP, Stake, Alkin, Kirkpatrick, Brinkerhoff

Evaluasi merupakan penentuan nilai suatu hal, yang meliputi pengumpulan informasi yang digunakan untuk memutuskan nilai keberhasilan suatu program, produk, prosedur, tujuan atau manfaat yang pada desain pendekatan alternatif untuk mempertahankan tujuan khusus. Sementara itu, model evaluasi ialah desain atau pola umum untuk melakukan evaluasi yang dibuat oleh ahli-ahli atau pakar-pakar evaluasi. Berikut adalah beberapa model-model evaluasi yang dapat diterapkan pada…

Posted inInformatika

Pengantar Struktur Data

Apa itu Struktur Data? Struktur data adalah suatu penyusunan, hierarki, atau mudahnya bagaimana kita mengemas dan menyimpan suatu data yang dibutuhkan untuk diolah oleh suatu algoritma pemrograman. Mengapa kita membutuhkan struktur data? Tentunya untuk menyederhanakan dan mengklasifikasikannya agar lebih mudah diatur dan gunakan sesuai dengan kebutuhan algoritma yang akan kita buat dalam suatu kode program atau aplikasi.

Posted inPendidikan

Pendekatan Induktif : Pengertian, Karakteristik & Langkah

Pendekatan pembelajaran dapat diartikan sebagai suatu acuan pembelajaran yang berusaha meningkatkan kemampuan-kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik siswa dalam pengolahan pesan sehingga tercapai tujuan belajar yang diinginkan. Beberapa pendekatan pembelajaran yang biasa diaplikasikan dalam dunia pendidikan adalah pendekatan induktif dan pendekatan deduktif.