Karim & Daryanto (2017, hlm. 2) mengungkapkan bahwa perkembangan dunia abad 21 ditandai dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam segala segi kehidupan. Teknologi tersebut dapat menghubungkan dunia yang melampaui sekat-sekat geografis sehingga dunia menjadi tanpa batas. Akibatnya, informasi dapat tersebar dengan luas dalam waktu yang amat singkat, sehingga dunia seakan tidak memiliki batas geografis lagi.
Kompetensi Guru – Pengertian, Standar, Contoh Penerapan, dsb
Echlos dan Shadly dalam Mulyasa (2017, hlm. 25) mengungkapkan bahwa kata kompetensi berasal dari bahasa Inggris competency sebagai kata benda competence yang berarti kecakapan, kompetensi dan kewenangan. Artinya, kompetensi dapat diartikan sebagai sebagai pengetahuan, keterampilan dan kemampuan yang dikuasai seseorang telah menjadi bagian dari dirinya sehingga dia dapat melakukan perilaku-perilaku kognitif, efektif, dan psikomotorik dengan sebaik-baiknya.
Model-Model Evaluasi : CIPP, Stake, Alkin, Kirkpatrick, Brinkerhoff
Evaluasi merupakan penentuan nilai suatu hal, yang meliputi pengumpulan informasi yang digunakan untuk memutuskan nilai keberhasilan suatu program, produk, prosedur, tujuan atau manfaat yang pada desain pendekatan alternatif untuk mempertahankan tujuan khusus. Sementara itu, model evaluasi ialah desain atau pola umum untuk melakukan evaluasi yang dibuat oleh ahli-ahli atau pakar-pakar evaluasi. Berikut adalah beberapa model-model evaluasi yang dapat diterapkan pada…
Evaluasi Pendidikan – Pengertian, Tujuan, Ruang Lingkup, dsb
Evaluasi pendidikan merupakan salah satu kegiatan sistematis yang menjadi salah satu kunci terpenting dari berhasil atau tidaknya suatu penyelenggaraan pendidikan. Tentunya evaluasi pendidikan melibatkan banyak komponen pendidikan pada masing-masing jalur dan kepentingan yang dibutuhkan.
Inovasi Pendidikan – Pengertian, Strategi, Proses, Model, dsb
Inovasi dalam pendidikan merupakan hal krusial yang harus diperhatikan agar pembelajaran tidak stagnan sehingga efektivitas dan efisiensi pendidikan tidak dapat dikembangkan. Apalagi jika kita merujuk pada negara berkembang seperti di Indonesia, inovasi pendidikan di Indonesia merupakan salah satu lalapan yang harus disajikan setiap hari kepada seluruh unsur pendidikan.
Pendekatan Induktif-Deduktif : Pengertian, Karakteristik & Langkah
Pendekatan pembelajaran induktif-deduktif adalah pendekatan pembelajaran yang memadukan pendekatan pembelajaran induktif dengan pendekatan pembelajaran deduktif. Pendekatan pembelajaran induktif-deduktif diawali dengan contoh-contoh yang bertujuan supaya siswa mengidentifikasi, membedakan, kemudian menginterpretasi, menggeneralisasi dan akhirnya mengambil kesimpulan.
Pendekatan Deduktif : Pengertian, Karakteristik & Langkah
Pola pikir deduktif secara sederhana dapat dikatakan sebagai pemikiran yang berpangkal dari hal yang bersifat umum diterapkan atau diarahkan kepada hal yang bersifat khusus. Oleh karena itu, pendekatan pembelajaran deduktif merupakan pembelajaran dengan salah satu tujuannya besifat formal dan memberi tekanan pada penataan.
Pengantar Struktur Data
Apa itu Struktur Data? Struktur data adalah suatu penyusunan, hierarki, atau mudahnya bagaimana kita mengemas dan menyimpan suatu data yang dibutuhkan untuk diolah oleh suatu algoritma pemrograman. Mengapa kita membutuhkan struktur data? Tentunya untuk menyederhanakan dan mengklasifikasikannya agar lebih mudah diatur dan gunakan sesuai dengan kebutuhan algoritma yang akan kita buat dalam suatu kode program atau aplikasi.
Pendekatan Induktif : Pengertian, Karakteristik & Langkah
Pendekatan pembelajaran dapat diartikan sebagai suatu acuan pembelajaran yang berusaha meningkatkan kemampuan-kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik siswa dalam pengolahan pesan sehingga tercapai tujuan belajar yang diinginkan. Beberapa pendekatan pembelajaran yang biasa diaplikasikan dalam dunia pendidikan adalah pendekatan induktif dan pendekatan deduktif.
Pendekatan Konstruktivisme – Pengertian, Ciri, Langkah, dsb
Konstruktivisme berarti bersifat membangun. Dalam teori belajar konstruktivisme belajar adalah mengkonstruksi pengetahuan atau. Artinya pengetahuan atau kompetensi pembelajar dibangun dari proses pengintegrasian pengetahuan baru terhadap struktur kognitif yang sudah ada dan dilakukannya penyesuaian struktur kognitif dengan informasi baru yang didapatkan.