Biaya tenaga kerja langsung adalah anggaran yang merencanakan secara lebih terperinci tentang upah yang akan dibayarkan kepada para tenaga kerja langsung selama periode yang akan datang (Savitri, 2018, hlm. 83). Di dalamnya meliputi rencana tentang jumlahwaktu yang diperlukan oleh para tenaga kerja langsung untuk menyelesaikan unit yang akan diproduksikan. Selain itu, perencanaan biaya tenaga kerja langsung ini juga akan memuat tarif upah yang akan dibayarkan kepada para tenaga kerja…
Biaya Bahan Baku Langsung: Pengertian, Komponen, Contoh, dsb
Biaya bahan baku adalah anggaran yang menyajikan tentang jumlah dan biaya bahan baku yang dikeluarkan untuk memproduksi suatu barang jadi (Nirawan & Nurasik, 2020, hlm. 39). Oleh karena itu, terkadang, malah lebih tepatnya, biaya ini sering disebut juga sebagai anggaran bahan baku. Setelah mengetahui barang apa dan berapa jumlah barang yang akan diproduksi, maka perusahaan dapat menghitung berapa bahan baku yang dibutuhkan untuk diproduksi.
Anggaran Kas & Piutang: Pengertian, Tujuan, Manfaat, Contoh, dsb
Anggaran kas (cash: kesediaan uang) merupakan unsur anggaran yang sangat penting dalam menjaga kelancaran aktivitas segala kegiatan perusahaan. Jumlah kas yang kurang atau lebih dapat berakibat kurang baik pada kesehatan finansial maupun operasional perusahaan. Konkretnya, kekurangan kas dapat mengakibatkan tidak terbayarnya berbagai kewajiban, seperti gaji karyawan, hutang jatuh tempo, tidak dapat membeli bahan baku, dsb. Akan tetapi apabila terdapat kas berlebih, maka akan mengakibatkan tidak dapat dimaksimalkannya sumber daya finansial perusahaan.
Anggaran Produksi: Pengertian, Tujuan, Contoh, Rumus, dsb
Anggaran produksi adalah perencanaan atau perhitungan untuk menentukan berapa jumlah unit yang akan diproduksi sehingga sesuai dengan yang telah direncanakan oleh bagian penjualan (Nirwana & Nurasik, 2020, hlm. 27). Pengertian tersebut tentunya menggunakan pandangan sempit atau spesifik terhadap apa yang menjadi persoalan teknis utama dalam penyusunannya. Dalam artian yang lebih luas, menurut Supriyono (dalam Savitri, 2018, hlm. 54) anggaran produksi adalah anggaran yang dinyatakan dalam satuan fisik produk yang akan dihasilkan pada periode anggaran yaitu sebesar kuantitas penjualan yang dianggarkan…
Anggaran (Budget): Pengertian, Jenis, Fungsi, Manfaat, Syarat, dsb
Anggaran, penganggaran, budget, atau budgeting merupakan unsur yang penting bagi bisnis dan perusahaan. Hal tersebut karena anggaran digunakan manajemen dalam melaksanakan fungsinya, terutama pada fungsi perencanaan dan pengendalian. Perencanaan merupakan dasar bagi suatu pengendalian, sedangkan pengendalian diperlukan untuk mencapai tujuan bersama dari perusahaanperusahaan. Anggaran atau penganggaran sendiri merupakan suatu alat yang digunakan untuk mengadakan perencanaan dan pengendalian. Melalui penganggaran yang jelas, realita yang terjadi atau tercapai di lapangan dapat dibandi
Perancangan Produk dan Jasa: Pengertian, Tahapan, Siklus, dsb
Perancangan produk adalah mendefinisikan rancangan sebagai totalitas fitur yang memengaruhi penampilan dan fungsi produk tertentu menurut yang diisyaratkan oleh pelanggan (Kotler & Keller, 2018, hlm. 353). Produk sendiri dapat diartikan sebagai kepuasan yang diberikan perusahaan atau produsen terhadap konsumen (Iswanto & Akbar, 2021, hlm. 18). Kepuasan yang diberikan terhadap konsumen itu dapat berupa barang yang bernilai guna maupun jasa atau pelayanan yang diinginkan. Dengan kata lain, dapat dikatakan bahwa perancangan produk dan jasa itu sejatinya adalah pendefinisian fitur dan kualitas barang/jasa untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen.
Pemasaran Global: Pengertian, Tahapan, Faktor, Strategi & Contoh
Pemasaran global adalah proses penargetan sumber daya seperti orang, uang, aset berwujud dan tujuan organisasi dalam mendapatkan peluang dan menanggapi ancaman dari pasar global (Kotler dkk, dalam Ismanto, 2020, hlm. 179). Globalisasi adalah ancaman yang dimaksud, oleh karena itu pendekatan pemasaran organisasi-organisasi juga kini harus menglobal dan tidak hanya tersegmen pada satu letak geografis saja. Namun demikian, pemasaran global juga didasarkan pada orientasi geosentris dan berfokus pada penggunaan aset, pengalaman, dan produk…
Anggaran Penjualan: Pengertian, Tujuan, Manfaat, Langkah, dsb
Anggaran penjualan adalah anggaran yang sudah direncanakan secara lebih jelas terkait penjualan suatu produk perusahaan dalam kurun waktu periode yang akan datang (Haque-Fawzi, dkk, 2022, hlm. 297). Di dalamnya juga akan mencakup rencana terkait jenis produk yang nantinya akan dijual, jumlah, harga jual produk per unitnya, serta waktu penjualan dan tempat atau daerah dilakukannya penjualan. Sementara itu, menurut Munandar (dalam Savitri, 2018, hlm. 30) anggaran penjualan adalah anggaran yang merencanakan secara lebih terperinci tentang penjualan perusahaan…
Harga & Penetapannya: Pengertian, Indikator, Strategi, Faktor, dsb
Harga adalah sejumlah uang yang dibebankan atas suatu barang atau jasa atau jumlah dari nilai uang yang ditukar konsumen atas manfaat-manfaat karena telah membeli atau menggunakan produk atau jasa tersebut (Kotler & Armstrong, 2018, hlm. 151). Dengan demikian, pada dasarnya harga adalah sejumlah nilai dibayarkan oleh pembeli suatu produk barang/jasa kepada penjual atau penyedia jasa untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pembeli. Sementara itu, di buku lainnya yang disusun bersama sejawat lain…
Jasa (Pelayanan): Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi, Dimensi, dsb
Jasa adalah sesuatu yang tidak berwujud di mana tindakan atau unjuk kerja yang ditawarkan oleh salah satu pihak ke pihak lain dan tidak menyebabkan perpindahan kepemilikan apapun (Sembiring, 2019, hlm. 45). Dalam produksinya, jasa bisa dan bisa juga tidak terikat pada suatu produk fisik. Misalnya, apabila jasa yang ditawarkan adalah jasa konsultasi penelitian pasar, maka tidak akan ada produk fisiknya dan output hanyalah berupa data, informasi, dan insight saja. Akan tetapi, apabila jasa yang ditawarkan adalah pembangunan prototype suatu produk, bisa jadi jasa memberikan bentuk fisik berupa maket gedung, contoh produksi, dsb.