Harga adalah sejumlah uang yang dibebankan atas suatu barang atau jasa atau jumlah dari nilai uang yang ditukar konsumen atas manfaat-manfaat karena telah membeli atau menggunakan produk atau jasa tersebut (Kotler & Armstrong, 2018, hlm. 151). Dengan demikian, pada dasarnya harga adalah sejumlah nilai dibayarkan oleh pembeli suatu produk barang/jasa kepada penjual atau penyedia jasa untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pembeli. Sementara itu, di buku lainnya yang disusun bersama sejawat lain…
Jasa (Pelayanan): Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi, Dimensi, dsb
Jasa adalah sesuatu yang tidak berwujud di mana tindakan atau unjuk kerja yang ditawarkan oleh salah satu pihak ke pihak lain dan tidak menyebabkan perpindahan kepemilikan apapun (Sembiring, 2019, hlm. 45). Dalam produksinya, jasa bisa dan bisa juga tidak terikat pada suatu produk fisik. Misalnya, apabila jasa yang ditawarkan adalah jasa konsultasi penelitian pasar, maka tidak akan ada produk fisiknya dan output hanyalah berupa data, informasi, dan insight saja. Akan tetapi, apabila jasa yang ditawarkan adalah pembangunan prototype suatu produk, bisa jadi jasa memberikan bentuk fisik berupa maket gedung, contoh produksi, dsb.
Supply Chain Management: Pengertian, Siklus, Komponen, dsb
Supply chain adalah semua langkah yang terlibat secara langsung atau tidak langsung untuk memenuhi permintaan pelanggan yang meliputi serangkaian kerja sama antara beberapa usaha (perusahaan) sehingga dapat memproduksi dan mengirimkan produk dari bahan baku ke produk jadi di tangan konsumen akhir (Ismanto, 2020, hlm. 101). Perusahaan yang berkolaborasi meliputi: Pemasok bahan baku, produsen, pedagang, distributor, agen, pengecer dan bahkan konsumen sendiri (Kaihatu, dalam Ismanto, 2020, hlm. 101).
Competitive Advantage: Pengertian, Tujuan, Strategi (Cara), dsb
Competitive advantage adalah kemampuan yang diperoleh melalui karakteristik dan sumber daya suatu perusahaan untuk memiliki kinerja yang lebih tinggi dibandingkan perusahaan lain pada industri atau pasar yang sama (Porter, dalam Puspitasari, dkk, 2020, hlm. 3). Menciptakan competitive advantage atau keunggulan bersaing ini adalah proses berkelanjutan dan jangka panjang yang memanfaatkan sumber daya dan peluang lain yang tersedia untuk menciptakan produk bernilai tambah yang berlaku pada bisnis apa pun (Schwarzl & Grabowska, dalam Ismanto, 2020, hlm. 166).
Positioning: Pengertian, Tujuan, Strategi, Prosedur, Faktor, dsb
Positioning adalah menempatkan produk dan merek kita di benak hati pelanggan (Al-Ries & Trout, dalam Kartajaya, 2016, hlm. 56). Pengertian tersebut disampaikan langsung oleh dua orang yang dianggap sebagai penemu positioning. Strategi ini dicetuskan dengan anggapan dasar bahwa tidak mungkin perusahaan, produk, atau merek mampu terus menjadi yang terbaik dari segi kualitas maupun harga. Tentunya hal tersebut dalam artian bahwa persaingan akan terus menghampiri dan tidak akan pernah usai. Oleh karena itu, diperlukan…
Targeting: Pengertian, Jenis, Strategi, Faktor, Penentuan, dsb
Targeting adalah proses mengevaluasi daya tarik setiap segmen pasar dan memilih satu atau beberapa segmen pasar untuk dimasuki (Kotler & Keller, dalam Ismanto, 2020, hlm. 116). Dengan demikian, targeting adalah suatu aktivitas untuk menilai serta memilih satu atau lebih segmen pasar yang akan ditargetkan, difokuskan, dan dimasuki oleh suatu perusahaan. Sementara itu menurut Haque-Fawzi dkk (2022, hlm. 188) targeting atau penentuan target pasar adalah pemilihan satu atau beberapa segmen pasar yang akan menjadi fokus…
Segmentasi Pasar (Segmenting): Pengertian, Tujuan, Manfaat, Dasar, dsb
Segmentasi pasar adalah proses membagi pasar menjadi segmen pelanggan potensial dengan karakteristik serupa yang menunjukkan kesamaan dalam perilakunya (Pride & Ferell, dalam Ismanto, 2020, hlm. 110). Dengan kata lain, segmentasi pasar adalah proses membagi seluruh pasar menjadi kelompok orang yang memiliki kebutuhan, keinginan, perilaku, dan konteks lain yang serupa untuk produk-produk tersebut.
Brand Activation: Pengertian, Jenis, Prinsip, Strategi & Implementasi
Brand activation adalah salah satu bentuk promosi merek yang mendekatkan dan membangun interaksi merek dengan penggunanya melalui aktivitas pertandingan olahraga, hiburan, kebudayaan, sosial, atau aktivitas publik yang menarik perhatian lainnya (Shimp, 2003, dalam Liembawati dkk, 2014, hlm. 2). Dengan kata lain, brand activation merupakan relasi pemasaran yang dibentuk antara brand dan pelanggan, di mana pelanggan diharapkan dapat memahami brand secara lebih baik, dan menganggap brand sebagai bagian dalam kehidupannya.
Rebrand (Rebranding): Pengertian, Strategi, Langkah & Proses
Rebrand pada dasarnya adalah pengubahan suatu brand yang telah dibuat sebelumnya. Brand atau merek sendiri merupakan suatu nama, logo, simbol, hingga slogan atau jingle untuk mewakili suatu produk, jasa, atau perusahaan untuk membedakannya dari pesaing. Namun demikian, suatu merek atau brand tentunya haruslah diaktivasi, dikukuhkan, dan dikembangkan melalui branding. Dengan demikian, suatu aktivitas rebrand pada akhirnya merupakan bagian dari rebranding.
Brand Ambassador: Pengertian, Peran (Tugas), Karakter, Dimensi & Indikator
Brand ambassador adalah pendukung iklan atau disebut juga juru bicara produk yang dipilih dari orang terkenal atau orang tidak dikenal yang memiliki penampilan atau pribadi menarik untuk menarik perhatian dan ingatan konsumen (Kotler & Keller, 2016, hlm. 181). Biasanya seorang BA atau brand ambassador dipilih dari kalangan selebriti atau orang-orang populer lainnya yang sudah banyak mendapatkan sponsor dari pihak lain. Tidak hanya berdasarkan untuk mendapatkan ketertarikan, perhatian, serta ingatan konsumen saja, brand ambassador juga dapat menghasilkan asosiasi…