Dewasa awal merupakan masa peralihan dari masa remaja menuju masa dewasa. Peralihan dari ketergantungan ke masa mandiri baik dari ekonomi, kebebasan menentukan diri, dan pandangan masa depan lebih realistis. Masa dewasa awal adalah individu yang masa hidupnya di antara usia 19 tahun hingga 40 tahun. Periode ini juga dikenal dengan istilah periode dewasa muda, dalam bahasa Inggris disebut juga dengan early adulthood.
Perkembangan Masa Remaja: Fisik, Kognitif, Psikososial, dsb
Perkembangan masa remaja adalah masa transisi atau periode peralihan dari masa anak menuju masa dewasa yang terjadi pada umur 12 hingga 21 tahun bagi wanita dan 22 bagi pria (Asrori dalam Ajhuri, 2019, hlm. 122). Pada masa ini individu mengalami berbagai perubahan, baik fisik maupun psikis. Perubahan yang tampak jelas adalah perubahan fisik, dimana tubuh berkembang pesat sehinggaa mencapai bentuk tubuh orang dewasa yang disertai pula dengan berkembangnya kapasitas reproduktif.
Perkembangan Anak Usia Sekolah (Tengah-Akhir): Fisik, Kognitif & Psikososial
Perkembangan anak usia sekolah atau periode masa tengah dan akhir kanak-kanak terjadi pada anak berusia 6 hingga 11 tahun. Anak yang memasuki periode sekolah dasar mulai belajar tentang lingkungan yang lebih luas serta mulai mempelajari tanggung jawab yang lebih kompleks. Pada periode ini, kemampuan fisik anak akan meningkat sehingga bermanfaat terhadap kegiatan yang 5 melibatkan kemampuan atletik anak.
Perkembangan Anak Awal (Prasekolah): Fisik, Kognitif & Psikososial
Perkembangan anak awal, atau sering disebut perkembangan masa prasekolah merupakan salah satu periode perkembangan manusia yang berkisar antara usia dua sampai enam tahun. Pertumbuhan fisik anak-anak melambat sepanjang tahun-tahun periode anak awal ini, akan tetapi perkembangan psikososial dan kognitifnya meningkat.
Postnatal – Perkembangan Masa Kelahiran~Bayi: Fisik, Kognitif & Psikososial
Postnatal adalah periode setelah kelahiran atau bayi 12-24 minggu, di mana kehidupan manusia dan khususnya kebutuhan dasar seperti terpenuhinya makanan dan sumber nutrisi, perlindungan tubuh yang digunakan berupa pakaian, tempat untuk bernaung dan merasa aman, dapat melakukan aktivitas dan menumbuhkan afeksi sangat bergantung pada orang di sekitarnya khususnya orang dewasa (Mariyati & Rezania, 2021, hlm. 4).
Perkembangan Masa Prenatal: Pengertian, Tahapan & Faktor
Prenatala adalah periode perkembangan manusia yang terjadi dari semenjak dalam kandungan atau belum dilahirkan. Masa prenatal merupakan masa di mana terjadinya pertumbuhan dan perkembangan awal manusia hinga kelahiran, terjadi sejak masa konsepsi hingga janin berkembang menjadi bentuk sempurna dan siap untuk lahir ke dunia (Masykuroh dkk, 2021, hlm. 13).
Tahap Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia Menurut Para Ahli
Pertumbuhan dan perkembangan manusia merupakan pengetahuan yang penting diketahui oleh semua orang tidak terkecuali masyarakat umum sendiri. Hal ini karena tidak hanya untuk kepentingan akademis, penelitian, dan terapis saja, literasi pertumbuhan dan perkembangan manusia adalah kebutuhan dasar untuk membawa manusia pada taraf hidup dan tingkat kesejahteraan serta kebahagiaan yang lebih baik.
Teori Perkembangan Kognitif Piaget
Teori perkembangan kognitif yang dicetuskan oleh Jean Piaget menjelaskan bagaimana anak beradaptasi dengan dan menginterpretasikan objek serta kejadian-kejadian di sekitarnya (Thahir, 2018, hlm. 18). Misalnya bagaimana anak mempelajari ciri-ciri dan fungsi dari objek-objek, seperti mainan, perabot, dan makanan, serta objek-objek sosial seperti diri sendiri, orang tua, dan teman.
Classical Conditioning: Konsep, Eksperimen & Penguatan (+/-)
Classical conditioning merupakan pengondisian, pembiasaan, atau pelatihan seorang individu akan suatu hal yang dapat membuatnya memberikan refleks atau respons yang dibutuhkan untuk mencapai suatu maksud dan tujuan tertentu, seperti bertahan hidup pada organisme umumnya, atau belajar dan bekerja pada manusia. Disebut classical karena konsepsi ini adalah pelopor utama yang mengantarkan aliran psikologi dan teori belajar behaviorisme pada tahap mapan dan diakui oleh para ahli.
Operant Conditioning : Eksperimen, Pengertian, Proses & Aplikasi
Operant conditioning merupakan pengembangan lanjutan Skinner terhadap classical conditioning dari Pavlov. Dalam percobaan Pavlov, anjing mengeluarkan air liur saat melihat makanan. Akan tetapi setelah dibiasakan dibunyikan lonceng sebelum diperlihatkan makanan, anjing itu akan mengeluarkan air liur juga setelah mendengarkan bunyi lonceng, sebelum melihat makanannya sendiri. Hal ini disebut sebagai reaksi atau respons pasif (tidak disengaja). Skinner berhasil membuktikan bahwa selain reaksi pasif, organisme juga dapat melakukan respons aktif yang disebut sebagai respons operant.