Diterbitkan padaPsikologi

Teori Perkembangan Kognitif Piaget

Teori perkembangan kognitif yang dicetuskan oleh Jean Piaget menjelaskan bagaimana anak beradaptasi dengan dan menginterpretasikan objek serta kejadian-kejadian di sekitarnya (Thahir, 2018, hlm. 18). Misalnya bagaimana anak mempelajari ciri-ciri dan fungsi dari objek-objek, seperti mainan, perabot, dan makanan, serta objek-objek sosial seperti diri sendiri, orang tua, dan teman.

Diterbitkan padaPsikologi

Classical Conditioning: Konsep, Eksperimen & Penguatan (+/-)

Classical conditioning merupakan pengondisian, pembiasaan, atau pelatihan seorang individu akan suatu hal yang dapat membuatnya memberikan refleks atau respons yang dibutuhkan untuk mencapai suatu maksud dan tujuan tertentu, seperti bertahan hidup pada organisme umumnya, atau belajar dan bekerja pada manusia. Disebut classical karena konsepsi ini adalah pelopor utama yang mengantarkan aliran psikologi dan teori belajar behaviorisme pada tahap mapan dan diakui oleh para ahli.

Diterbitkan padaPsikologi

Operant Conditioning : Eksperimen, Pengertian, Proses & Aplikasi

Operant conditioning merupakan pengembangan lanjutan Skinner terhadap classical conditioning dari Pavlov. Dalam percobaan Pavlov, anjing mengeluarkan air liur saat melihat makanan. Akan tetapi setelah dibiasakan dibunyikan lonceng sebelum diperlihatkan makanan, anjing itu akan mengeluarkan air liur juga setelah mendengarkan bunyi lonceng, sebelum melihat makanannya sendiri. Hal ini disebut sebagai reaksi atau respons pasif (tidak disengaja). Skinner berhasil membuktikan bahwa selain reaksi pasif, organisme juga dapat melakukan respons aktif yang disebut sebagai respons operant.

Diterbitkan padaPsikologi

Psikologi Perkembangan: Pengertian, Teori, Faktor, Hukum, dsb

Psikologi perkembangan merupakan bidang kajian yang melibatkan banyak pihak dari berbagai bidang studi. Dibutuhkan dialog dari berbagai ide dan konsep-konsep intelektual yang diperkuat oleh eksperimen dan penelitian untuk mengumpulkan sumber valid dan ilmiah untuk menyusunnya. Hal ini juga dilakukan karena psikologi perkembangan memiliki urgensi yang sangat universal terhadap berbagai ilmu pengetahuan, baik itu psikologi secara umum, pendidikan, ilmu kesehatan, hingga kesejahteraan mental keluarga, dan sebagainya.

Diterbitkan padaPsikologi

Interaksi Manusia dengan Lingkungan (Internal, Sosial & Alam)

Interaksi manusia merupakan akibat dari salah satu sifat asli manusia sebagai makhluk sosial, atau biasa disebut sebagai zoon politicon (Warsah & Daheri, 2021, hlm. 181). Sebagai makhluk individual, manusia mempunyai dorongan atau motif untuk mengadakan hubungan dengan dirinya sendiri. Namun, sebagai makhluk sosial, manusia mempunya dorongan atau motif untuk mengadakan hubungan dengan orang lain. Karena dorongan sosial inilah, manusia akan mencari orang lain untuk mengadakan interaksi sosial.

Diterbitkan padaVideo Pembelajaran

Pengantar Filsafat sebagai Akar dari Segala Ilmu & Inovasi

Filsafat sering diartikan sebagai hal rumit yang tidak berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
Padahal kita semua memiliki pegangan filosofi dalam menjalankan hidup bukan? Perusahaan juga membutuhkan filosofi berwujud visi dan misi untuk mencapai tujuannya. Artinya, kita semua juga telah menjadi seorang filsuf dan membutuhkan filosofi dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Ya, filsafat itu sederhana dan bernilai guna. Simak pengantar filsafat mulai dari pengertian, metode atau cara tepat guna untuk melakukannya, dan manfaat atau fungsi dari akar ilmu pengetahuan ini.

Diterbitkan padaVideo Pembelajaran

Di Dunia Ini Tidak Ada yang Asli

Setiap orang pasti pernah memiliki keinginan untuk menciptakan karya yang asli, sayangnya hal tersebut tidak mungkin, semua upaya yang kita kerahkan untuk menjadi orisinal akan akan berujung pada hal yang sudah ada. Ya, di dunia ini tidak ada yang asli, orisinalitas adalah ilusi. Lantas mengapa kita tidak dapat menciptakan karya yang asli? simak pembahasannya di sini, meliputi pengantar teori intertekstualitas yang dapat diimplementasikan pada berbagai bidang industri kreatif maupun lingkungan sehari-hari.

Diterbitkan padaPsikologi

Teori Kepribadian: Sigmund Freud (Psikoanalisis), Trait, Behaviorisme, dsb

Teori kepribadian melingkupi berbagai konsepsi bagaimana dan seperti apa kepribadian terbentuk dan diayomi oleh keadaan mental manusia. Terdapat empat teori kepribadian utama yang tentunya memiliki tesis yang berbeda dalam usahanya untuk menjawab hakikat kepribadian. Beberapa teori kepribadian itu diusung oleh tokoh dan aliran psikologi yang berbeda, meliputi teori kepribadian Sigmund Freud dengan psikoanalisisnya, Allport melalui teori-teori sifat (trait), Skinner dengan behaviorisme, dan…

Diterbitkan padaPsikologi

Pembentukan Perilaku: Operant/Classical Conditioning, Insight, dsb

Pembentukan perilaku manusia tentunya dipengaruhi oleh banyak faktor, termasuk lingkungan dan latar belakang individu. Namun sebetulnya perilaku manusia sebagian besar ialah berupa perilaku yang dibentuk atau dipelajari (Saleh, 2018, hlm. 139). Oleh karena itu, kita dapat melakukan suatu stimulus untuk membentuknya, baik dengan cara belajar mandiri maupun mengadakan pembelajaran dan pelatihan untuk meningkatkannya.

© 2024 serupa.id.