Posted inIlmu Komunikasi

Sejarah Komunikasi dan Ilmu Komunikasi (Periodisasi & Perkembangan di Indonesia)

Sejarah komunikasi sama tuanya dengan sejarah kehidupan manusia. Apabila ditelusuri, maka sejarah komunikasi dapat dikatakan dimulai dengan perkembangan aktivitas retorika yang terjadi di zaman Yunani kuno (Hariyanto, 2021, hlm. 2). Namun demikian, komunikasi baru mulai mengalami perkembangan signifikan ketika ditemukan mesin cetak pada tahun 1457 oleh Guttenberg. Ada perbedaan rentang waktu pencatatan sejarah antara hasil pemikiran ahli sejarah komunikasi pada abad 19 dengan pencatatan sejarah zaman Yunani kuno.

Posted inIlmu Komunikasi

Ilmu Komunikasi: Pengertian, Komponen, Prinsip & Ruang Lingkup

Ilmu komunikasi adalah praktik dan pengetahuan saintifik mengenai komunikasi. Rincinya, Ilmu komunikasi adalah praktik dan pengetahuan dari keterangan dasar yang kokoh mengenai proses penciptaan makna antara dua orang atau lebih. Definisi tersebut disimpulkan berdasarkan pengertian komunikasi dari Tubss & Moss (dalam Yusuf, 2021, hlm. 7) yang berpendapat bahwa komunikasi adalah proses penciptaan makna antara dua orang atau lebih, dan Hatta (dalam Hariyanto, 2021, hlm. 10) yang mengungkapkan…

Posted inPendidikan

Hasil Belajar: Pengertian, Klasifikasi, Indikator, dan Faktor-Faktor

Hasil belajar adalah perubahan perilaku yang diperoleh pembelajar setelah mengalami aktivitas belajar (Anni, dalam Suardi, 2002, hlm. 17). Perubahan perilaku yang dimaksud dapat mencakup tiga ranah kompetensi, yakni kognitif atau kecerdasan berpikir, afektif atau kecerdasan emosional, dan psikomotor atau kecakapan gerak otot dan campuran. Perubahan yang dimaksud juga tidak melulu sebagai sesuatu yang berubah radikal, akan tetapi meliputi perubahan persepsi dan perbaikan perilaku. Seperti yang diungkapkan oleh Rusman (2016, hlm. 67) bahwa…

Posted inPendidikan

Hakikat Belajar dan Pembelajaran Dilengkapi Komponen & Prinsip

Hakikat belajar adalah perubahan dalam kepribadian yang dimanifestasikan sebagai pola-pola respons yang baru dalam bentuk keterampilan, sikap, kebiasaan, pengetahuan, dan kecakapan (Suyono & Hariyanto, 2017, hlm. 11). Dengan demikian, perubahan merupakan substansi dari belajar itu sendiri. Tentunya berbagai perubahan yang dimanifestasikan dalam banyak pola dan respons itu didapatkan dari proses belajar itu sendiri. Seperti yang diungkapkan oleh Purwanto (2014, hlm. 38-39) bahwa belajar…

Posted inPendidikan

Prestasi Belajar: Pengertian, Fungsi, Indikator & Faktor

Prestasi belajar adalah bukti keberhasilan atau potensi maksimal yang telah dicapai oleh seseorang setelah melaksanakan usaha-usaha belajar (Winkel, dalam Hamdani, 2017, hlm. 138). Keberhasilan dalam proses belajar tersebut, lazimnya ditunjukkan dengan nilai tes atau angka nilai yang diberikan guru. Seperti yang diungkapkan oleh Rosyid (2019, hlm. 9) bahwa prestasi belajar dinyatakan dalam bentuk simbol, angka, huruf, maupun kalimat yang dapat mencerminkan hasil yang…

Posted inPendidikan

Pembelajaran – Pengertian & Komponen: Tujuan, Media, Lingkungan, Dsb

Pembelajaran adalah segala upaya yang dilakukan oleh pendidik agar terjadi proses belajar pada diri peserta didik (Ihsana, 2017, hlm. 52). Tentunya proses belajar yang dilibatkan terutama di sekolah pada umumnya akan melibatkan penguasaan ilmu pengetahuan. Seperti yang diungkapkan oleh Abidin (2015, hlm. 3) bahwa pembelajaran merupakan serangkaian kegiatan atau proses yang direncanakan dan dilaksanakan guru agar siswa belajar atau menguasai ilmu pengetahuan. Akan tetapi bukan hanya penguasaan ilmu pengetahuan saja. Belajar dapat dilakukan…

Posted inPendidikan

Tujuan Pendidikan: Pengertian, Tujuan menurut Ahli, Ideologi, dsb

Tujuan pendidikan merupakan suatu faktor yang amat sangat penting di dalam pendidikan, karena tujuan pendidikan ini adalah arah yang hendak dicapai atau yang hendak di tuju oleh pendidikan (Hidayat & Abdillah, 2019, hlm. 25). Sebetulnya, tujuan pendidikan juga amatlah bergantung pada kebutuhan dari penyelenggaraan pendidiknya sendiri. Selain itu, lembaga pendidikan, institusi, bahkan negara sendiri memiliki tujuannya masing-masing. Setiap negara memiliki sistem pendidikan nasional yang dibangun berdasarkan perjalanan…

Posted inPendidikan

Landasan Filosofis Pendidikan: Pengertian, Filosofi Nasional, Tut Wuri Handayani, dsb

Landasan filosofis pendidikan adalah asumsi-asumsi yang bersumber dari filsafat yang menjadi titik tolak dalam rangka praktik pendidikan dan atau studi pendidikan (Hidayat & Abdillah, 2019, hlm. 39). Spesifiknya, berbagai asumsi-asumsi tersebut berasal dari filsafat pendidikan yang menyangkut keyakinan terhadap hakikat manusia, keyakinan tentang sumber nilai, hakikat pengetahuan, dan tentang kehidupan yang lebih baik dijalankan. Sementara itu menurut Syam, dkk (2021, hlm. 17) landasan filosofis pendidikan adalah…

Posted inPendidikan

Peserta Didik: Pengertian, Kebutuhan, Karakteristik, Hak & Kewajiban, dsb

Peserta didik adalah anggota masyarakat yang berusaha mengembangkan potensi diri melalui proses pembelajaran yang tersedia pada jalur, jenjang, dan jenis pendidikan tertentu (UU No. 20 Sisdiknas, dalam Hidayat & Abdillah, 2019, hlm. 91). Dengan demikian, peserta didik adalah orang yang mempunyai pilihan untuk menempuh pendidikan melalui proses pembelajaran yang sesuai dengan keinginan dan cita-citanya masing-masing. Sementara itu…

Posted inPendidikan

Pendidik dan Kompetensinya: Pedagogik, Kepribadian, Sosial, dsb

Pendidik adalah semua orang atau siapa saja yang berusaha dan memberikan pengaruh terhadap pembinaan orang lain (peserta didik) agar tumbuh dan berkembang potensinya menuju kesempurnaan (Hidayat & Abdillah, 2019, hlm. 86). Dengan demikian, pendidik sejatinya tidak hanya terbatas pada guru atau dosen saja, akan tetapi bisa jadi orang tua, fasilitator, atau sebutan lain sesuai dengan kekhususannya. Sementara itu, berdasarkan Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Bab XI pasal 39, pendidik merupakan…