Kebiasaan adalah segala sesuatu yang kita lakukan secara otomatis, bahkan kita melakukannya tanpa berpikir sebagai akibat dari melakukan suatu aktivitas yang dilakukan secara terus-menerus sehingga menjadi bagian dari kita (Asrori, 2020, hlm. 191). Pengertian tersebut sejalan dengan pendapat Witherington (dalam Asrori, 2002, hlm. 114) yang mengartikan kebiasaan (habit) sebagai “an acquired way of acting which is persistent, uniform, and fairly automatic” yang artinya kebiasaan adalah hal yang diperoleh dari akting secara terus-menerus, seragam, dan cukup otomatis.
Administrasi: Pengertian, Ciri, Unsur, Fungsi & Prinsip menurut Ahli
Administrasi adalah pekerjaan yang memanfaatkan aktivitas manusia dalam bekerja sama untuk mencapai tujuan dengan cara yang efektif dan efisien (Siswandi, 2017, hlm. 2). Tujuan yang ingin dicapai ini tentunya amatlah beragam. Misalnya, dalam suatu organisasi bisnis seperti perusahaan, administrasi ini akan memiliki tujuan untuk menyelenggarakan pembinaan dan operasional secara rapi melalui pelaksanaan administrasi yang rapi pula. Sementara itu dalam konteks pemerintahan, maka administrasi bertujuan untuk menyelenggarakan pemerintahan seefektif dan seefisien mungkin.
Tunalaras: Pengertian, Ciri Karakteristik, Klasifikasi, Penyebab, dll
Tunalaras adalah individu yang mengalami gangguan emosi dan penyimpangan perilaku serta kurang dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya, baik di dalam keluarga, sekolah, maupun masyarakat (Asrori, 2020, hlm. 101). Anak tunalaras sering disebut sebagai anak tunasosial juga, karena tingkah laku yang ditunjukkan bertentangan secara terus-menerus terhadap norma norma masyarakat. Beberapa contoh perilaku tunalaras berwujud mencuri, mengganggu teman, menyakiti orang lain, dan sebagainya (Putranto, 2015, hlm. 219).
Model-Model Pengambilan Keputusan (Rational~Naturalistic Models)
Model pengambilan keputusan adalah kerangka kerja untuk menentukan suatu proses pengambilan keputusan. Turpin & Marais (dalam Sadikin dkk, 2020, hlm. 90) membandingkan antara teori dan praktik pembuatan keputusan dengan melakukan penelitian pada enam orang pengambil keputusan terkemuka tentang gaya pengambilan keputusannya dan teknologi pendukung dalam pengambilan keputusannya.
Autis: Pengertian, Ciri, Kriteria, Klasifikasi, Penyebab, Penanganan, dll
Autis adalah suatu gangguan perkembangan komunikasi, aktivitas imajinasi, dan interaksi sosial yang kompleks (Depdiknas dalam Asrori, 2020, hlm. 97). Sering kali orang-orang menganggap bahwa autisme sama dengan tunagrahita atau keterbelakangan mental. Padahal seseorang dengan gangguan autisme sebetulnya memiliki intelegensi rata-rata dan bahkan sering kali berpeluang memiliki IQ di atas rata-rata (Iswari dalam Asrori, 2020, hlm. 97). Anak autis juga tidak mengalami gangguan organis (fisik organ) pada saraf pusat (otak) seperti pada anak tunagrahita.
Lingkungan Kerja: Pengertian, Jenis, Aspek, Indikator & Faktor
Lingkungan kerja adalah segala hal yang melingkupi tempat bekerja karyawan dan dapat mempengaruhi cara dan pekerjaan yang sedang dilakukan. Seperti yang diungkapkan oleh Sunyoto (2015, hlm. 38) bahwa lingkungan kerja adalah segala sesuatu yang ada di sekitar para pekerja dan yang dapat mempengaruhi dirinya dalam menjalankan tugas-tugas yang dibebankan. Segala sesuatu yang dicakup tidaklah terbatas pada benda dan orang-orang di sekitar saja, akan tetapi mencakup…
Prinsip-Prinsip Organisasi: Penjelasan Rinci dan Contoh Penerapan
Prinsip organisasi adalah panduan atau beragai asas dalam membentuk atau menyusun suatu organisasi yang baik (Firmansyah & Mahardhika, 2018, hlm. 67). Sementara itu menurut Sadikin dkk (2020, hlm. 44) prinsip organisasi adalah pedoman dan prinsip-prinsip yang harus diterapkan agar organisasi dapat berjalan dengan baik. Menurut Manullang (dalam Firmansyah & Mahardhika, 2018, hlm. 67-74) terdapat 7 prinsip organisasi yang dapat diaplikasikan untuk memastikan organisasi dapat berjalan dengan baik, ketujuh prinsip tersebut akan dijelaskan sebagai berikut.
Lingkungan Organisasi: Pengertian (Internal/Eksternal), Pengaruh, dll
Lingkungan organisasi adalah salah satu faktor dan objek yang berinteraksi dan dapat mempengaruhi sebuah organisasi serta juga dapat dipengaruhi oleh perilaku yang terjadi di dalam organisasi itu sendiri serta akan mempengaruhi dan berdampak pada operasi perusahaan atau organisasi (Krisnandi dkk, 2019, hlm. 31). Setiap organisasi akan berinteraksi dengan lingkungan tempatnya beroperasi. Oleh karena lingkungan selalu berubah, maka organisasi yang survive adalah organisasi yang mampu beradaptasi dengan perubahan lingkungan…
Tunagrahita: Pengertian, Ciri, Karakteristik, Klasifikasi, Penyebab, dll
Tunagrahita adalah kondisi di mana seorang anak atau individu dengan kelemahan intelektual di bawah rata-rata sehingga mengalami berbagai hambatan dari berbagai aspek sebagai akibat dari adanya gangguan perkembangan saraf pusat (otak). Seperti yang diungkapkan oleh Marlina (2015, hlm. 16) bahwa tunagrahita adalah kondisi yang ditandai dengan kemampuan mental jauh di bawah rata-rata, memiliki hambatan dalam penyesuaian diri…
Kepemimpinan Transformasional: Pengertian, Indikator, Contoh, dll
Kepemimpinan transformasional adalah gaya kepemimpinan yang dapat memotivasi para pengikut untuk melaksanakan dan mengelola kepentingan mereka sendiri untuk kepentingan organisasi dengan keramahan secara individual, stimulasi intelektual, dan pengaruh yang ideal semuanya akan menghasilkan upaya ekstra dari pekerja untuk efektivitas organisasi yang lebih baik (Robbins, 2017, hlm. 262). Artinya gaya kepemimpinan transformasional adalah…