Posted inPsikologi

Assesment: Pengertian, Tujuan, Proses (Tahap) & Metode

Asesment adalah proses mengumpulkan informasi yang biasanya digunakan sebagai dasar untuk pengambilan keputusan yang nantinya akan dikomunikasikan kepada pihak-pihak terkait oleh asesor (Sulistiyowati, 2020, hlm. 50). Berbagai informasi ini dikumpulkan melalui instrumen evaluasi yang disesuaikan dengan tujuan asesmennya sendiri, baik itu untuk mengetahui kecerdasan kognitif (IQ), kejiwaan, kecerdasan emosional (EQ), proses pembelajaran, dan lain-lain. Sejatinya […]

Posted inPendidikan

Tunanetra: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi, Faktor, Penanganan, dll

Tunanetra adalah individu yang mengalami kelainan pada indera penglihatan yang menyebabkan individu tersebut terhambat dalam penglihatannya (Asrori, 2020, hlm. 83). Secara etimologis, tunanetra berasal dari kata ‘’Tuna’’ yang berarti rusak atau rugi dan ‘’Netra’’ yang berarti mata, dengan demikian tunanetra adalah sebutan bagi individu yang mengalami kerusakan atau hambatan pada organ mata (Wikasanti, 2017, hlm. 9). Kerugian atau kerusakan organ mata yang terjadi dapat terjadi baik secara anatomis (struktur dan keterhubungan tubuh) maupun fisiologis (fungsi tubuh).

Posted inVideo Pembelajaran

Meraih Sukses dengan Soft Skills (Literasi dan Cara Mengasahnya)

Banyak yang mengira bahwa keterampilan teknis atau hard skills adalah kuncian utama untuk meraih sukses. Oleh karena itu Informatika, teknik mesin, manajemen, dan keterampilan teknis yang spesifik lainnya menjadi program studi yang paling banyak dipilih. Padahal kesuksesan seseorang sejatinya lebih ditentukan oleh soft skills. Apa itu soft skills? bagaimana cara mengasahnya? simak penjelasan lengkapnya di video ini.

Posted inPsikologi

Psikologi Klinis: Pengertian, Peran, Syarat, Karir & Penerapan

Psikologi klinis adalah suatu metode yang digunakan untuk memodifikasi dan mengembangkan jiwa seseorang berdasarkan hasil observasi dan eksperimen (Witmer dalam Sulistiyowati, 2021, hlm. 4). Definisi tersebut adalah pengertian yang disampaikan oleh ahli pertama yang menggunakan istilah psikologi klinis pada tahun 1907. Lebih lanjut Witmer (dalam Lestari, 2021, hlm. 4) menjelaskan bahwa…

Posted inPendidikan

Perkembangan Bahasa: Pengertian, Teori, Pemerolehan & Tahapan

Bahasa pada hakikatnya adalah ucapan pikiran dan perasan manusia secara teratur, yang mempergunakan bunyi sebagai alatnya. Oleh karena itu bahasa dan berbicara merupakan kemampuan yang amatlah penting bagi manusia dalam menjalankan kesehariannya termasuk untuk belajar. Hal tersebut karena belajar merupakan salah satu kunci utama dari kemampuan manusia untuk dapat bertahan hidup dan saling membantu satu sama lain untuk mewujudkan kehidupan yang sejahtera.

Posted inPendidikan

Perkembangan Motorik Kasar dan Halus: Pengertian, Tujuan, Fungsi, dll

Perkembangan motorik berasal dari kata “perkembangan” dan “motorik” yang berasal dari bahasa Inggris, yakni “motor” yang berarti “gerak”. Menurut Seifart & Hoff (dalam Khadijah & Amelia, 2020, hlm. 2) perkembangan adalah perasaan yang tumbuh pada diri seseorang dan mengakibatkan perubahan pada pola pikir, hubungan sosial dan skill motorik dalam waktu jangka panjang. Sementara itu motorik adalah suatu aktivitas yang sangat penting bagi manusia, karena melalui gerak (motor) manusia dapat meraih sesuatu yang menjadi…

Posted inPendidikan

Kesulitan Belajar: Pengertian, Diagnosis, Jenis, Faktor, Cara Mengatasinya, dll

Kesulitan belajar adalah suatu bentuk gangguan dalam satu atau lebih dari faktor fisik dan psikis yang mendasar yang meliputi pemahaman atau penggunaan bahasa, lisan atau tulisan yang dengan sendirinya muncul sebagai kemampuan tidak sempurna untuk mendengarkan, berpikir, berbicara, membaca, menulis, atau membuat perhitungan matematikal, termasuk juga keadaan ekonomi, budaya, atau lingkungan yang tidak menguntungkan (Betty dalam Nurjan, 2016, hlm. 162).

Posted inPendidikan

Kemandirian Belajar: Pengertian, Indikator, Faktor, Contoh Angket, dll

Menurut Asrori (2020, hlm. 121) kemandirian belajar adlaah suatu perilaku yang dimiliki seseorang yang mampu untuk berinisiatif untuk melakukan segala sesuatu pekerjaan untuk memenuhi kebutuhannya tanpa harus tergantung pada orang lain dan melakukannya secara tanggung jawab. Belajar mandiri amatlah berbeda dengan belajar restruktur karena dengan sengaja diselenggarakan secara terstruktur. Bahkan menurut Yamin (dalam Asrori 2020, hlm. 121) belajar mandiri lebih…

Posted inPendidikan

Motivasi Belajar: Pengertian, Indikator, Fungsi, Meningkatkan, Faktor, dll

Motivasi belajar adalah keseluruhan daya penggerak psikis dalam diri siswa yang menimbulkan bentuk kegiatan belajar, menjamin kelangsungan kegiatan belajar dan memberikan arah pada kegiatan belajar itu demi mencapai suatu tujuan (Winkel dalam Asrori, 2020, hlm. 117). Dengan demikian motivasi mempunyai peranan yang penting dalam aktivitas belajar. Tidak akan ada orang yang melakukan aktivitas belajar tanpa motivasi. Tidak ada motivasi berarti tidak ada kegiatan untuk belajar.