Komunikasi massa adalah komunikasi yang menggunakan media, baik elektronik maupun media cetak sebagai saluran atau channel dalam menyampaikan pesan komunikasi kepada khalayak (Hariyanto, 2021, hlm. 81). Konteks komunikasi ini merupakan salah satu jenis komunikasi yang paling kompleks dan akan menyertakan bentuk komunikasi lain seperti komunikasi antar pribadi, kelompok, publik, dan oganisasi berlangsung pula dalam proses untuk mempersiapkan pesan yang akan disampaikan di media massa ini.
Komunikasi Kelompok: Pengertian, Jenis, Karakteristik, Pengaruh, dsb
Komunikasi kelompok adalah komunikasi yang berlangsung antara beberapa orang dalam suatu kelompok kecil seperti pada rapat, pertemuan, konferensi, dll (Arifin, dalamHariyanto, 2021, hlm. 76). Sementara itu, menurut Mukarom (2020, hlm. 91) kelompok merupakan sekumpulan orang-orang yang terdiri atas tiga orang atau lebih yang memiliki keterkaitan psikologis terhadap sesuatu hal yang saling berinteraksi satu sama lain.
Pola Komunikasi – Pengertian & Jenis: Primer, Sekunder, Sirkular, dll
Pola komunikasi adalah cara kerja atau struktur yang cenderung tetap seorang individu atau kelompok dalam berkomunikasi (Purwasito, 2015, hlm. 96). Dalam suatu komunikasi akan terdapat suatu sistem dan langkah kerja yang mirip satu sama lain yang membentuk pola yang serupa. Dengan demikian, dapat dikatakan pula bahwa suatu komunikasi dapat dilakukan dengan model yang sama. Oleh karena itu, pola komunikasi ini juga belakangan lebih sering disebut dengan istilah model komunikasi.
Komunikasi Pemasaran: Pengertian, Unsur, Proses, Tujuan, dsb
Komunikasi pemasaran adalah pendekatan multidisiplin yang menggabungkan teori dan konsep ilmu komunikasi dan ilmu pemasaran yang menghasilkan kajian “baru” yang sering disebut dengan marketing communication (marcom), yaitu kegiatan pemasaran dengan menggunakan teknik-teknik komunikasi yang bertujuan memberikan informasi perusahaan terhadap target pasarnya (Priansa, 2017, hlm. 30-31). Sementara itu, menurut Soemanagara (dalam Frebriani & Dewi, 2018, hlm. 3) komunikasi pemasaran atau marketing communication merupakan…
Komunikasi Persuasif: Pengertian, Elemen, Faktor & Teknik
Komunikasi persuasif adalah jenis komunikasi yang sering digunakan oleh banyak orang untuk dapat menyelesaikan masalah atau untuk dapat mempengaruhi komunikan dari segi persepsi, sikap, dan perilaku (Maryam & Paryontri, 2021, hlm. 104). Pada dasarnya, setiap kegiatan komunikasi tentunya diharapkan mampu mengubah perilaku atau sikap orang lain, yakni dengan mendapat tanggapan atau setidaknya reaksi. Akan tetapi, komunikasi persuasif ini spesifik ingin mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu yang menjadi harapan komunikan-nya.
Fungsi Bahasa: Informasi, Ekspresi Diri, Instrumental, Interaksional, dll
Fungsi bahasa yang mendasar adalah untuk menamai atau menjuluki orang, objek dan peristiwa. Setiap orang punya nama untuk identifikasi sosial (Karyaningsih, 2018, hlm. 130). Tanpa melalui bahasa yang secara alami terbentuk dan dikembangkan oleh manusia, orang-orang juga dapat menamai apa saja, objek atau hal abstrak tertentu, termasuk perasaan yang mereka alami sendiri. Penamaan adalah dimensi pertama bahasa dan basis bahasa dan pada awalnya itu dilakukan manusia sesuka mereka, yang lalu menjadi konvensi (disepakati khalayak). Akan tetapi…
Psikologi Komunikasi: Pengertian, Ruang Lingkup, Pendekatan, Ciri, dsb
Psikologi komunikasi merupakan studi perilaku manusia yang berfokus pada ranah komunikasi. Psikologi sendiri sebagai ilmu yang mengkaji proses mental dan perilaku manusia sejatinya merupakan salah satu pemeran utama dalam kajian ilmu komunikasi. Melalui kacamata psikologi dan teori-teori tentang perilakunya, kita dapat menjelaskan bagaimana dan mengapa manusia melakukan komunikasi. Perilaku manusia juga berkaitan erat dengan komunikasi yang dilakukan, baik secara…
Strategi Komunikasi: Pengertian, Jenis, Tujuan, Tahap, Prinsip, dsb
Strategi komunikasi adalah perencanaan dan manajemen yang efektif untuk menyampaikan pesan agar mudah dipahami oleh komunikan dalam menerima apa yang disampaikan sehingga dapat mengubah sikap atau perilaku seseorang (Effendy, 2017, hlm. 35). Salah satu pokok permasalahan utama yang berkaitan dengan strategi komunikasi adalah mengelola konsumsi sumber tenaga komunikasi yang ada untuk menggapai tujuan yang ingin dicapai. Hal tersebut karena komunikasi memiliki batasan tertentu yang harus dimanfaatkan sebaik mungkin agar menjadi efektif, dan strategi komunikasi adalah upaya untuk melakukannya.
Proses Komunikasi: Primer, Sekunder, Psikologis, Mekanistis, Dll
Proses komunikasi adalah segala gejala yang mengalami perubahan secara terus menerus atau segala kejadian yang terus-menerus terjadi pada saat suatu komunikasi sedang berlangsung. Pengertian tersebut di ambil dari definisi proses sendiri yang merupakan segala gejala yang mengalami perubahan secara terus-menerus “atau” segala kejadian yang berlangsung terus-menerus (Hariyanto, 2021, hlm. 28).
Komunikasi Non-Verbal: Pengertian, Klasifikasi, Fungsi, Tujuan, dsb
Komunikasi non-verbal adalah proses komunikasi yang tidak menggunakan lambang verbal atau isyarat yang bukan kata, baik lisan maupun tulisan (Yusuf, 2021, hlm. 83). Komunikasi ini mencakup semua rangsangan non-verbal dalam seluruh konteks komunikasi oleh seseorang dan mempunyai nilai pesan bagi pengirim dan penerima pesan. Sementara itu menurut Hariyanto (2021, hlm. 60) komunikasi nonverbal adalah proses komunikasi di mana pesan disampaikan tidak menggunakan kata-kata. Contoh dari komunikasi non-verbal adalah menggunakan gerak isyarat, bahasa tubuh, ekspresi wajah dan…