Albert Bandura merupakan salah satu tokoh utama yang mengembangkan social learning theory atau teori belajar Ssosial. Social learning theory adalah teori mengenai perilaku belajar manusia yang pada intinya menganggap belajar dilakukan secara internal oleh individu dengan cara melakukan observasi terhadap perilaku kelompok sosial, tidak hanya berdasarkan respons akan stimulus eksternal saja.
Rahasia untuk Mewujudkan Passion (Hierarki Kebutuhan Maslow)
Kita semua pasti sempat berpikiran bahwa untuk meraih kesuksesan, maka yang harus kita lakukan adalah cukup dengan mengikuti passion saja.
Passion dianggap sebagai bahan bakar kuat untuk meraih impian yang bermakna bagi kita. Sayangnya hal tersebut sebetulnya kurang tepat, Karena kenyataannya passion atau hasrat akan aktualisasi diri berada pada hierarki tertinggi dalam piramida kebutuhan manusia.
Sosiokultural sebagai Teori & Pendekatan (Ross, Sumner & Vygotsky)
Sosiokultural adalah teori, pendekatan, atau perspektif yang menganggap sumber utama dari perilaku sosial bukan berasal dari dalam diri individu, melainkan dari kelompok sosial, lingkungan dan budaya yang menyelubunginya. Bukan individu yang memiliki perilaku unik, melainkan keadaan sosial di sekitarnyalah yang membangun seorang individu sehingga memiliki perilaku tersebut. Oleh karena itu teori sosiokultural juga sering disebut sebagai teori konstruktivisme sosial.
Psikologi sosial – Pengertian, Ruang Lingkup & Teori menurut Para Ahli
Psikologi Sosial adalah salah satu cabang ilmu Psikologi yang mengkaji tingkah laku individu dalam situasi sosial, dengan melakukan kajian dan analisis tentang bagaimana manusia mempengaruhi dan dipengaruhi oleh lingkungannya (Mulyadi dkk, 2016, hlm. 3). Artinya psikologi sosial merupakan ilmu yang mengkaji perilaku konkret manusia terhadap situasi sosial dan lingkungan yang menyelubunginya. Lingkungan ini tentunya tidak berupa alam benda saja, melainkan seluruh…
Hakikat dan Prinsip Perkembangan: Pertumbuhan, Perubahan & Kematangan
Sebetulnya manusia sebagai salah satu objek ilmu pengetahuan telah dibicarakan dari sejak munculnya filsafat dan ilmu. Hingga kini dan pada masa mendatang, kita seakan tidak pernah kehabisan materi atau problematika mengenai manusia. Akan tetapi pada setiap pembahasan tersebut manusia seakan tidak pernah menjadi pemeran utama dalam drama-drama yang terjadi pada pencarian hakikat atau suatu kebenaran akan berbagai misteri yang disimpan oleh alam ini.
Tes Intelegensi: Rumus, Klasifikasi Skor, Kelebihan & Keunggulan
Tes intelegensi adalah pengungkapan set kemampuan kognitif yang berbeda-beda dalam segi intelegensinya. Karena perbedaan dalam segi intelegensinya, individu satu dengan yang lain tidak sama kemampuannya dalam memecahkan sesuatu masalah yang dihadapinya. Intelegensi sejatinya bukanlah takaran kemampuan atau kecerdasan seseorang yang absolut. Hanya beberapa set keterampilan dan kompetensi kognitif tertentu yang diuji, dan tidak mendefinisikan kemampuan berpikir seseorang seutuhnya.
Teori Perkembangan Moral menurut Kohlberg (Dilema & Tahap)
Perkembangan moral menurut Kohlberg adalah fenomena kognitif yang merupakan bagian dari penalaran (reasoning), oleh karena itu ia pun sering menyebut moralitas individu sebagai penalaran moral (moral reasoning). Penalaran atau pertimbangan tersebut berkenaan dengan keluasaan wawasan mengenai relasi antara diri dan orang lain, hak dan kewajiban. Relasi diri dengan orang lain didasarkan atas prinsip equality yang artinya…
Neurosains: Pengertian, Tujuan & Pendekatan Multidisiplinernya
Neurosains adalah sistem ilmu baru yang mempelajari tentang sistem kerja saraf manusia melalui pendekatan multidisipliner. Istilah ini berasal dari Bahasa Inggris, yakni “neural” dan “Science” yang artinya “saraf” dan “ilmu pengetahuan”. Dengan demikian, secara etimologi neurosains adalah ilmu pengetahuan mengenai saraf.
Sistem Saraf Manusia: Dari Neuron hingga Saraf Tepi (Lengkap)
Sistem saraf adalah sistem koordinasi (pengaturan tubuh) berupa penghantaran impuls saraf ke susunan saraf pusat, pemrosesan impuls saraf dan perintah untuk memerintah memberikan rangsangan (Warsah & Daheri, 2021, hlm. 61). Seluruh kegiatan tubuh manusia diatur oleh pusat susunan saraf yakni otak dan sumsum tulang belakang. Dengan demikian otak dan sistem saraf adalah dua poros utama dalam tubuh yang akan mengatur segala penerima rangsang atau stimulus yang akan mengendalikan tingkah laku individu.
Aspek Perkembangan Manusia: Fisik, Kognitif, Emosi (Afeksi), Bahasa, dll
Aspek perkembangan manusia, individu, maupun spesifik terhadap peserta didik merupakan berbagai sudut pandang yang dapat digunakan untuk mengkaji, meneliti, maupun sekedar memperhatikan perkembangan yang terjadi pada seorang individu. Perhatian terhadap berbagai aspek perkembangan ini penting dilakukan karena manusia adalah makhluk yang kompleks dan tidak dapat digeneralisir dari satu sisi saja.